Belajar SEO (lagi)

Belajar SEO tidak sesulit yang dibayangkan. Di dunia maya ini banyak sekali tersebar ebook-ebook gratis tentang SEO atau Optimasi mesin pencari google ini. Ada yang ahli, merasa ahli, maupun belum ahli. Yang sulit adalah menentukan mana yang benar-benar berguna buat kita. Kalau aku sih .... masih tahap belajar. Jika bukan karena repot terus-menerus menjelaskan caranya melalui chatting dengan sahabat-sahabat wanita, lebih baik sharing ilmu saja.

Menurutku, tujuan utama SEO adalah meningkatkan jumlah pengunjung, sehingga blog kita mendapatkan trafik kunjungan yang tinggi. Banyak yang terjebak dengan usaha mereka mendapatkan rangking mesin pencari tertinggi atau minimal di halaman pertama, dengan semua keyword yang mungkin. Aduuuh ... itu adalah pr yang sangat banyak. Padahal tak jarang pengunjung pertama itu hanya pengunjung sambil lalu yang tidak memiliki keinginan untuk kembali merambah blog kita. Jadi menemukan pengunjung yang tepat yangharus kita lakukan.

Aku pribadi punya beberapa ebook panduan SEO, namun aku mengambil yang simple dulu, yaitu:

   1. Menambahkan konten
   2. Membuat web/blog yang meyakinkan.
   3. Membuat Keyword yang tepat
   4. mengoptimalkan keyword yang ada

Menjawab tantangan pribadi pada tanggal 1 april lalu di belajar SEO a la kadarnya, aku mulai melancarkan jurus pertama, yaitu menambahkan konten. Membuat web/blog yang memberi manfaat bagi orang lain dengan kata lain, membuat orang mau datang kembali untuk mencari ilmu yang baru dengan cara menambahkan konten (secara periodik, sebisa mungkin 1-2 hari sekali) yang diminati dan jujur sesuai kemampuan. Alhamdulillah, hasilnya mulai kelihatan. yap, blog yang sempat terlantar berbulan-bulan ini mulai mendapatkan pengunjung. Bahkan untuk beberapa keyword, aku telah naik peringkat. Beberapa naik di halaman pertama dan kedua. Enggak nyangka banget, kan?

Aku memang tidak sekaligus melakukan langkah-langkah di atas, karena SEO diibaratkan menyiram air. Tidak mungkin aku menyiram 4 ember sekaligus untuk satu pot tanaman. Melakukan itu hanya membuatmu terkena pinalti dari google maupun mesin pencari yang lain. Ih ... ga mau banget.

Sabar, ya .... tahap kedua dan selanjutnya akan aku posting. Yang penting, lakukan seperti yang aku lakukan dulu. Karena tahap pertama ini akan menghasilkan tahap kedua. Sementara tahap ketiga dan keempat mulai sulit dan berhubungan dengan html.
Re-post dari blogku duniamamasusi. Semoga bermanfaat!

Gambar dari pixabay.com
Share:

5 comments:

  1. thanks info nya mbak, pengen belajar nih harus curi2 waktu

    ReplyDelete
  2. ajarin mba..aku belum ngerti neh..

    ReplyDelete
  3. @Mbak lia & BundaAzam: aku juga masih belajar, kok. Kita belajar bersama-sama saja. :)

    ReplyDelete
  4. SEO langkah dasar bagi blogger untuk mengelola blognya. Trims motivasi dan pencerahannya. Ternyata belajar SEO tidak sesulit yang dibayangkan.

    ReplyDelete
  5. informasi yang sangat menarik dan mengagumkan yah utnuk itu salam kenal dari saya dan jangan lupa kunjungan baliknya
    Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra