Poke artinya apa, ya?

FBlovers, siapa diantara kalian yang belum pernah mendapat poke dari teman? Susi yakin pasti semua sudah pernah. Tahu ga sih arti poke sebenarnya? Kalo di facebook Indonesia sih artinya colek. Mungkin maksudnya ditowel di pundak kali ya?

Susi paling sering dapat poke dari teman-teman cowok. Jarang sekali dapat dari teman cewek. Iseng-iseng sih, Susi terjemahin pake terjemahan google. Hasilnya ternyata poke berarti kantung dan sodokan untuk grup nomina. Bisa berarti verba juga, yaitu menyodok, menusuk, mengaduk-aduk, mencungkil (ngeriii…), meninju (ih!), membongkar-bongkar (what?). Ih, kok serem-serem banget, ya?

Iseng kucari di bahasa Perancis, karena ada teman yang pernah menyatakan kebingungan dan ketersinggungannya dengan kata poke.

Dalam bahasa Perancis, poke berarti poussée (dorongan), petit coup (mengibaskan tinju), coup de poing (pukulan tinju), coup de tisonner (pukulan menusuk).  Di ranah verba memiliki arti pousser (mendorong), tisonner (menusuk), se mêler (mencampur), atau bahkan allons faire l’a***r (mari berc***a). Tuing-tuing.

Wah, makin ngawur saja. Pantes saja banyak orang Perancis yang tersinggung jika di-poke teman. Haha… Akhirnya, aku menemukan grup facebook asal Perancis yang membahas bab khusus tentang poke, namanya J'ai enfin compris la signification du POKE. Makin kubaca, makin Susi tertawa. Haha…. Unik sekali grup ini. Tapi… banyak loh yang berterima kasih atas penjelasannya yang cukup lengkap.

Menurut grup ini, poke memiliki 2 arti. Arti pertama adalah tepukan lembut di pundak. Hampir tak ada artinya kecuali ingin bilang kikoo/coucou, lol, je suis là, méga cool, ça va ? (Kiku! Haha.. aku di sini. Keren, kan? Pakabar?)

Arti kedua agak fulgar, nih. Artinya baisser/ciuman. Saking vulgarnya, ada tuh grup yang menyatakan “Enough with the poking, let’s just have ***” Haha … arti yang ini nih yang ga enak kalo ada yang cemburu. Makanya, kalo tertarik ulasannya cari link-nya sendiri di facebook, ya?

Pencarian kedua di Wikipedia. Perpust onlen yang cukup lengkap. Gini nih katanya "Many facebook users use this feature to attract attention or say "hello" to their friends." (Banyak fb-user menggunakan poke untuk menarik perhatian atau berkata halo ke teman yang lain) Lebih lanjut "When we created the poke, we thought it would be cool to have a feature without any specific purpose."  (saat kami menciptakan poke, kami pikir akan keren jika ada feature yang tidak memiliki tujuan khusus.)

Gimana nih teman? Masih mau ber-poke ria, poking war dan saling meng-poke? Gunakan dengan bijak, ya… Jangan sampai ada yang dirugikan akibat poke kita.
Share:

13 comments:

  1. Manusia makhluk sosial yang unik sekali. Hidup menjadi lebih indah ketika kita saling berkomunikasi dengan santun, saling memperhatikan dan menghargai. Poke sebuah istilah yang 'kedengaran lucu' bagi telinga kita pokoke oke deh. Senang juga bila kita dapat poke.

    ReplyDelete
  2. kalau di poke sebaiknya gimana ya mbak?poke balik atau tidak

    ReplyDelete
  3. Mas Herdoni: haha... seneng dapat poke karena arti pertama ato kedua, nih?
    Mbak Lia: Kalo itu terserah saja, mbak. asal ga saling balas poke aja. Ga ada habisnya deh. Hehe ... kalo aku sih dari dulu ga pernah balas poke. mending nulis di wallnya saja. :)

    ReplyDelete
  4. he he kejawab juga pertanyaanku tentang Poke...

    ReplyDelete
  5. yang nge-poke banyak untung ga' pernah nge-poke balik soalnya kok kaya'nya risih..hihihi

    ReplyDelete
  6. wah untuk bahasa daerah tertentu poke itu aatinya jorok loh mbak. mudah-mudahan ada yang menjelaskan setelah saya

    ReplyDelete
  7. berarti kalau saya simak sama dengan nyenggo ya ...

    ReplyDelete
  8. dari awal sebenere ndak paham juga maksut dan fungi "poke" di FB.. hahahaa [lugu bgt siih] dan kl ada yg Poke ke FB-ku pas ti tak abaikan karna ndak ngerti maksute colek2 apa-aaan.
    hahahha...
    jadi ngerti stelah baca blog ini.. sip dah.

    -CitraCiprut-
    n_n

    ReplyDelete
  9. POKE itu siP OKE .. Haha itu bahasa gaul mas, mba .

    ReplyDelete
  10. POKE itu siP OKE .. Haha itu bahasa gaul mas, mba .

    ReplyDelete
  11. dlm bhs madura artinya vagina mbk, kalo aku sich gak setuju penyebaran kata poke itu, krn bisa merusak peradaban khusus madura

    ReplyDelete
  12. thx penjelasan mba" aku bingung tadi mo tanya ma siapa?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra