Salutation Française - Menyapa dalam Bahasa Perancis

Mengucapkan salam dan menyapa adalah awal dari conversation française yang dirintis Susi untuk teman-teman yang tertarik mempelajari bahasa perancis. Dan di Perancis ada beberapa sapaan yang dapat digunakan sesuai waktu dan suasana pertemuan. Kapan waktu pertemuan, seberapa kenal kita pada lawan bicara, dan dimana percakapan berlangsung, sangat mempengaruhi salam dan sapaan mana yang kita pakai. Berikut adalah contoh-contoh sapaan berdasarkan konteks dan situasinya.

Salam yang sopan dan atau resmi, atau belum saling kenal :
1. Bonjour! (digunakan sepanjang hari, dari pagi sampai sore)
2. Bon après-midi! (digunakan pada sore hari. Dapat diganti bonjour)
3. Bonsoir! (digunakan pada malam hari)

Note : bonne nuit (selamat tidur)

Meskipun termasuk salam yang bersifat formal, kita tetap dapat memakai ketiga salam ini ketika bertemu dengan sahabat atau teman sebaya pada suasana nonformal. Jadi sapaan bonjour! Bon après-midi! Bonsoir! bersifat fleksibel. Nah, jika kita bertemu seorang sahabat atau teman dekat, kita bisa menggunakan salam yang tidak resmi, yaitu: Salut! dan Ça va! kedua salam ini dapat digunakan sepanjang hari, tidak tergantung waktu. Selain itu, masih ada salam lain yang khusus digunakan ketika menelpon seseorang, yaitu Allô ! (halo).

Panggilan.
Ketika memanggil seseorang, tentu disesuaikan dengan kondisi lawan bicara. Laki-laki/perempuan/usia, status pernikahan sangat mempengaruhi bagaimana kita memanggil lawan bicara. Silahkan pelajari beberapa sapaan di bawah ini.

Monsieur : Tuan/pak (sing. Bentuk singulier) bisa disingkat M.
Messieur : Tuan/pak (plur. Bentuk jamak)
Kedua sapaan/panggilan di atas digunakan untuk laki-laki yang belum dan sudah menikah

Mademoiselle : Nona (sing.) bisa disingkat Mlle.
Mesdemoiselle : Nona (plur)
Kedua sapaan/panggilan di atas digunakan untuk wanita yang belum menikah

Madame : nyonya (sing.) bisa didingkat Mme.
Mesdames : Nyonya (plur)
Kedua sapaan/panggilan di atas digunakan untuk wanita yang sudah menikah

Semua bahan di atas sudah Susi siapkan dalam ebook sederhana Susi tentang Salutation Française lengkap dengan latihan-latihan yang membantu teman-teman belajar bahasa Perancis.
Ini adalah artikel pertama Susi tentang Français Facile, namun tulisan ke tiga tentang bahasa Perancis yang dapat ditemukan pada label Français.
Share:

15 comments:

  1. Wah, pengetahuan baru nih....

    Kalo pengin mengucapkan "Aku Cinta Kamu" bahasa prancis-nya apa ya?

    ReplyDelete
  2. Menurut WikipediA bahasa Perancis merupakan bahasa yang paling banyak dituturkan ke-11 di dunia. Mantap sekali bila kita juga dapat menguasai bahasa Prancis ini utamanya bagi mereka yang akan belajar atau bekerja di Eropa. Disanapun ternyata ada 'etika' dan 'cara' menyapa yang baik dan sopan. Ada 'tata krama'nya bagaimana kita menggunakan kata atau istilah dengan tepat dan benar. Trims sharingnya. Salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  3. @ Taufik yang ngaku gendut padahal enggak: Bahasa perancisnya i love you sangat singkat, yaitu je t'aime. Karena itulah orang perancis fasih mengatakan je t'aime.
    Mas Herdoni: Orang Perancis lebih ribet tata bahasanya daripada bahasa Jawa, karena bahasa tulisan & percakapan bisa berbeda. Tapi belajar bahasa Perancis membantu saya mendisiplinkan diri karena bekerja dengan mereka tidak mudah.

    ReplyDelete
  4. duh mulut dan lidah berbelit2 coba bacanya mbak. tapi thanks jadi nambah ilmu

    ReplyDelete
  5. Huaaaaa, bingung. Asli! Bahasa Prancis adalah bahasa yang membingungkan. Mungkin belum terbiasa kali ya ^_^

    ReplyDelete
  6. Mbak Lia: Hehe.. kalo niat belajar gampang kok. Ntar Susi posting pengucapannya. Biar makin mudah belajarnya.

    ReplyDelete
  7. Bang Aswi: dah dicoba ngis titik2nya belom? Masa sih ga bisa? Itu hanya pengulangan2 terus, loh. Maksudku biar terbiasa.

    ReplyDelete
  8. iya mbak, akan lebih baik lagi jika diberi cara pengucapan dalam lidah orang indonesia :)
    Dan saya mau tanya, basa prancis ada tingkatan seperti basa jawa (krama inggil, krama alus, ngoko) gitu ga mbak? lalu untuk pemula sebaiknya belajar lewat mana?

    ReplyDelete
  9. Sebenarnya tidak seperti tingkatan bahasa Jawa. Hanya saja, jika belum kenal atau dengan atasan, alangkah sopannya jika memakai vous dalam percakapan.
    Kategori sopan santun di Perancis juga tidak sama seperti di Indonesia kok. Ambil amannya dengan belajar pakai Tu dan Vous dan gunakan dengan bijak agar mendapat kesan baik.

    ReplyDelete
  10. saya sebelumnya belum pernah belajar bahasa perancis. tapi kali ini saya diminta untuk menulis novel menggunakan bahasa perancis. bisakah anda membantu saya?. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, telat membacanya. saya mau loh kalo ada job pakai bahasa perancis

      Delete
  11. cara muda berbicara dengan bahasa prancis gmn mbak ?

    ReplyDelete
  12. cara muda berbicara dengan bahasa prancis gmn mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak berlatih, mbak. di youtube ada. lebih cepat kalo punya teman berbahasa perancis. saya beruntung punya teman2 francophone.

      Delete
  13. embak. Susi tahun 2017 april.. kami akan diberangkatkan S2 ke Perancis.., jadi dalam waktu singkat 6 bulan ini kami harus menguasi nhsa perancis, selain les, agar saya dapat fasih berbahsa france, cara apalagi yang bisa buat mbag Susi??.. target delf kai b2...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra