Pujian Ala Papa Susindra

Sore ini, pulang kerja Susi membeli ikan tongkol size besar dari pasar krempyeng sebelah kantor. Terbayang sudah menu favorit keluarga nan sederhana, ikan tongkol goreng sambel kecap yang super pedes. Meski repot karena darah ikan tongkol yang menetes-netes di knalpot plus beratnya ikan jika dijinjing dari kantor ke rumah yang jaraknya 10 km, Susi tetap bersuka hati membawakan pesanan papa & anak-anak.
Sampai di rumah Susi langsung mengolah ikan tongkol dengan dibantu papa Susindra. Darah merah ikan tongkol langsung memenuhi area cuci piring. Satu-persatu cacing ikan kami buang, darah dibersihkan hingga ikan bersih & siap digoreng. Sayang, gara-gara lupa beli tomat, menu ikan goreng sambel kecap gagal dibuat. Tak kurang akal, kubuat pindang dulu sebelum mengolahnya menjadi ikan bakar & ikan goreng tepung. Untuk sambelnya cukup membuat sambel trasi mentah ato ibu menyebutnya sambel plelek. Hmm... sedaaaap. Kami pun lahap makan malam ini.
Komentar papa sederhana saja, "Untung masak nasinya pas banget, ya ma? Kalo tidak, mana muat perutku." Yeah, hanya sesimpel itu tapi dalam maknanya. Xixi... kalo masak nasinya banyak, kami akan makan terus sampai ikan, nasi & sambelnya habis saking enaknya, tahu-tahu kami leyeh-leyeh di sofa kekenyangan. Memang ga enak sih kalo punya suami ga pinter muji ato ngrayu. tapi Susi tahu, kok, dia senang sekali dengan makan malam hari ini. Bukti lainnya, jam 10.30 ini papa beberapa kali ngajakin makan malam kedua karena pengen ngerasain masakanku lagi. Xixi... kalo gini, kapan kurusnya hayo...!

Share:

13 comments:

  1. memuji dengan cara yang berbeda ya mbak...

    untuk istri memahami suami :D

    ReplyDelete
  2. wah jadi ikut ngebayangin ikan tongkol ala mbak susi, pasti enak banget...sampe2 si papa mindo hehehe....

    ReplyDelete
  3. Mbak Lely: Pujian yang aneh, ya? Sejak dulu Susi tahu suami Susi ga romantis, beda banget dgn Susi yang SOK Romantis.
    Mbak Nia: Memang enak, mbak Nia. Meski Susi ga pinter masak. Papa & anak2 ga ada yang peaky eater. Apapun masakan mama Susindra dilahap habis. Hehe

    ReplyDelete
  4. kebiasaanku masak nasi juga tidak banyak mbak, alasannya mubazir kalau tidak habis. saya masak sesuai kebutuhan saja kalau kurang ya masak lagi. tapi jeleknya kalau lagi enak makan nasi habis,gantung deh tuh hehehe

    ReplyDelete
  5. Hiks ... :(
    Repotnya gitu, mbak. Udah kalap makannya, nasi habis. Untung juga karena porsi makannya jadi agak terjaga. :))

    ReplyDelete
  6. smaksudnya masakannya enakkkkkk bangettt mbakkkk....

    ReplyDelete
  7. Wah, senengnya dipuji suami. Kalau sudah dipuji, kayaknya udh kenyang, gak perlu makan lagi kali mam hehehe :D

    ReplyDelete
  8. Mbak Fitri: Kalo papa Susindra pemakan segala, mbak. Semua masakan istri tandas tak berbekas kecuali tulangnya. Hehe
    Bunda Dita: Jadi pengen lihat foto langsingnya bunda, nih. Kalo Susi gembrot, mbak. lah won sering makan malam kedua bareng suami.

    ReplyDelete
  9. Mbak Desy: Gampang kok, mbak. Setelah dibersihkan, ikan direbus pake bumbu bawang putih, bawang merah, lombok merah, salam, daun jeruk (1 lbr saja), gula & garam secukupnya. Airnya dikit aja. Setelah matang pindang ikan tongkol bisa digoreng, dibakar, atau dibikin semur.
    Perebusan pertama sih untuk membuang amis & darahnya tongkol. Jadi masakan lebih bersih & lebih empuk.

    ReplyDelete
  10. Pasti sambalnya mantap banget mbak Susi, sambal plus nasi hangat udah kombinasi yg pas banget deh, apalagi tambah ikan.

    ReplyDelete
  11. Bener banget mbak Monda. Pokoknya paduan sempurna tiada tara tuk pecinta masakan pedas.

    ReplyDelete
  12. aku kok belom bisa ya mbak ngolah ikan segar..ga' tahan bau amisnya pasti langsung mual2..hiks..:(

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra