Menghapus Pesan Viral di Facebook

SeCapek hati karena pesan inbox kamu selalu mengirim pesan viral ke teman? Sama, saya juga. Tapi sebaliknya. Saya capek menghapus pesan viral teman-teman yang berisi link-link karena sering beruntun. Bayangkan saja, dari 1490 jumlah teman, sekian orang sudah terkena. Link-link yang dikirim secara viral di facebook ini bisa jadi berupa malware facebook, pishing, atau virus facebook. Lebih capek lagi, ketakutan kapan giliran inbox facebookku kena jika 1 hari puluhan pesan seperti itu masuk? Takuuuuuuuutttt.......
Bagaimana cara menghilangkan viral inbox di facebook? Pertama-tama, ingat-ingat dulu, aplikasi mencurigakan apa yang kamu pasang di facebookmu? Selanjutnya, jangan sembarangan memasang aplikasi yang tidak kamu ketahui validitasnya. Hanya sesimpel itu? Yap... itu salah satu caranya. Jangan lupa baca ini agar lebih kenal facebook kamu. Cara membuangnya gampang, kok. Buka privacy account kamu, trus hapus aplikasi2 yang mencurigakan itu. 
Bagaimana cara tahu aplikasi itu mencurigakan atau tidak? mudah saja. Lihat gambar di bawah ini dan lihat perbedaannya.
Hanya basic information yang bisa diakses. Aman.
Meski banyak yang diminta, validitasnya terjamin. 
Aplikasi ini mencurigakan karena permintaan yang saya beri kotak
Aplikasi mencurigakan juga karena bisa akses informasi teman yang
facebooknya terkena

Setiap kali mengakses aplikasi baru di facebook, pasti ada variasi gambar di atas. Baca baik-baik ijin permintaan/request permission yang diminta. Jika aplikasi tersebut meminta ijin mengakses data kapan saja, mengakses informasi profil termasuk teman, segera abaikan. Semakin sedikit akses yang diminta suatu aplikasi, semakin baik.
Apa saja daftar yang rawan dan perlu dibaca baik-baik sebelum ikutan? 
1. kalender ultah,
2. Siapa saja yang bisa melihat profil kita
3. Yang berhubungan dengan persahabatan (siapa teman terbaik kita, dll)
4. dan aplikasi lain yang pasti membuat siapa saja tertarik.
Well, basicnya itulah yang dituju. Membuat aplikasi yang sekiranya menarik perhatian pengguna facebook agar ikut. Dari situ nanti facebook kita di hack. Informasi kita, password, bahkan pencurian identitas ataupun uang. Saran saya, jangan menulis terlalu banyak diinfo kita. Apalagi no telpon dan alamat lengkap atau informasi yang lainnya. Jangan samakan password facebook dengan email. Ganti pasword kita secara berkala. Segera teliti satu persatu aplikasi yang pernah kita ikuti, jika mencurigakan, segera buang. Sebelum memasang aplikasi, buka page-nya dulu, baca-baca posting teman2 yang sudah ikut, berapa yang puas, berapa yang kecewa. Lebih baik belajar dari pengalaman orang lain daripada menyusahkan diri sendiri.
Sudah, itu dulu. Saya bukan ahli per-facebook-an. Hanya prihatin dengan semakin banyaknya teman yang terkena aplikasi facebook yang mencurigakan hingga endingnya menyengsarakan saya dengan mendelete inbox/sms secara berkala serta mencari2 contoh aplikasi di facebook khusus untuk posting ini. Hehe... (saya tidak pernah ikut aplikasi macam-macam hingga tak ada recent apapun di facebook saya. terpaksa pinjam facebook suami untuk tahu aneka aplikasi yang ada di facebook. xixi...). Trims ya papa tercinta, mau berpusing-pusing membantuku.
Share:

10 comments:

  1. aplikasi kaya gini notifnya suka bikin ganggu :-/

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah sudah saya hapusi mbak, aplikasi2 yang nggak penting. akhir2 ini justru banyak permintaan aplikasi games, saya sukanya cuma 1 Cafe World semoga aman aja.

    ReplyDelete
  3. walaaah..aku sudah agak menjauhi fb.. udh males bukanya. anyway, TFS

    ReplyDelete
  4. Pesan seperti tentu sanga menganggu karena kita harus mendeletenya. Termasuk spam di email kita ya jeng. Namun kadang email beneran juga masuk ke spam sehingga mau tidak mau kita harus meneliti dulu jangan sampa pesan penting terdelete juga walaupun nanti bisa di restorate.

    salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  5. iya memang nyebelin itu. saya juga lagi ngapusin aplikasi2 gak penting di fb

    ReplyDelete
  6. walah bu,,
    saya fb-an jarang sekali pake aplikasi2 yg ditawarin.. game pun ga pernah nyoba, jadi email pun rada aman.. :D

    ReplyDelete
  7. aku kadang suka tergoda mengikuti kuis yang ada di teman. Tapi begitu saya tahu hasilnya, langsung hapus aplikasi itu dari akun hehehe. Jadi tau hasilnya dulu baru hapus....tidak sampai 1 jam :D

    ReplyDelete
  8. selama ini ga pernah perhatiin tuh bu. Thx ya udh kasih tips yg bermanfaat....kalau gitu lanjut ke fb ah lihatin aplikasi2 yg ga jelas...

    ReplyDelete
  9. hmm...apa kira² FB ku kena virus yang di maksud Mbak Susi ini ya,,soalnya FB ku di PC gak bisa dibuka sedang pakai HP bisa,,padahal koneksi lancar jaya,,ntar aku buang semua aplikasi yang menjurigakan,,terima kasih Infonya Mbak,,,

    Salam.....

    ReplyDelete
  10. Facebook saya baru malam ini di-lock katanya kena virus. Kelihatannya karena aktivitas terbaru saya yang kena patroli FB. Nasib. Pertama kali coba langsung kena.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra