BOM Yang LEZAT

Jepara sedang musim durian sekarang. Termasuk terlambat jika dibandingkan daerah lain, namun seingatku musim durian di Jepara  menjelang akhir tahun seperti ini. Bagi kita, durian adalah buah yang lezat dan selalu ditunggu, tetapi tidak bagi warga negara asing. Mereka membenci bau dan rasa durian. Itulah sebabnya di banyak area umum ada tanda NO DURIAN PLEASE! Statusnya setara dengan NO BOM, PLEASE!
Foto Duren Petruk pinjam dari Oemahdurenruby.com
Kebetulan di rumah saya sejak tanggal 15 Oktober kemarin ada 2 orang Perancis, Pascal dan Dominique yang sedang bekerja.  Kami harus menyelesaikan 1 kontiner furniture dalam 12 hari. Tepatnya Sabtu ini hari pengiriman barang ke kontiner. Jadi sejak pulang dari Surabaya saya belum pernah menganggur sejenak. Beruntung saya sudah membuat banyak sekali draft hingga tinggal co-past ke blog kemudian mengatur jadwal tayang. Tiap hari kerja-kerja-dan kerja. Melebihi pekerja rodi karena saya dan suami bekerja 20 jam/hari sebagai tenaga finishing, tenaga packing, dan sebagai mandor. Itulah sebabnya mengapa saya membutuhkan kopi 4-6 cangkir mug/hari. Baru mencium baunya saja semangat kuli saya meningkat apalagi meminumnya. Hehe... 
Dominique dan Pascal. maaf saya ngumpet karena benar-benar
baru pulang dari Surabaya langsung disambut kerjaan
Kapan lagi bisa mendokumentasikan bule kerja di rumah? Sayang
tiap kali Pascal ikut bekerja saya/suami sedang sibuk
dan lupa memfoto.
Ketika sedang asyik bekerja, tiba-tiba Pascal memanggil Dominique sambil menyebut durian. Ternyata tetangga sebelah sedang makan durian. Mereka berdua datang ke rumah demi membaui durian. Ini kali pertama dan mungkin satu-satunya Dominique memiliki kesempatan “gouter” durian. 
S: “Tu veux gouter durian, Dominique?”  {1}
D: “Mais oui. Mais sans odor. Il est très fort” {2}
P: “La premiere fois quand j’ai gouté le durian, je vomis toute de suite. C’était terrible. J’ai sorti tout mes repas que j’ai mangé ” {3}
S: “Mais c’est parce que tu as mangé le durian Petruk. C’est très speciale de Jepara. Et ça coute très cher. Cent cinquante mille! Et il faut donner le dépo pour payer. Quand le durian jette a la terre, il vas te sonner pour prendre le durian que tu as choisi. Moi, je ne peux pas acheter le durian même si j’ai l’argent. Et durian Petruk est très fort. Je peux manger 2-3 durian dans la meme temps, mais pas le Petruk. La moitié.” {4}
P: “Ah, bon. Mais je ne veux plus essaiyer. Dominique il est courieux.” {5}
S: “Ce n’est pas parce que Pascal n’aime pas durian que tu n’aimeras pas. Essayer! Gouter!” {6}
P: “Vous des indonésiens aiment beaucoup durian. Mais nous, c’est comme merde.”
Hihihi.... saya tidak tahu apakah Dominique akan tergiur oleh bujukan saya. Tapi jika saya ke suatu negara yang mungkin hanya akan saya kunjungi sekali itu, akan saya coba apa saja selama tidak diharamkan agama. Champagne? No!. Le cochon? Jamais dans la vie! Fromage? YES! Même s'il y a quelque fromage qui goute comme le pus. Ah, non. C'est une blague. J'aime bien le fromage même s'il est trop plain comme le lait de boeuf. {7)

Artinya:
{1} S: “Kamu mau mengincip durian, Dominique?”
{2} D: “Ya, tapi tanpa baunya.”
{3} P: “Pertama kali mencoba durian, aku langsung muntah. Mengerikan sekali . Aku memuntahkan semua makanan yang aku makan.”
{4}S:  “Itu karena kamu makan durian Petruk. Itu durian spesial asli Jepara. Dan harganya sangat mahal. 150 ribu. Dan kamu harus memberi deposit dulu ketika masih di pohon. Jika sudah jatuh kamu akan ditelpon untuk mengambil durian pilihanmu. Aku, aku tidak bisa membeli meski punya uang. Dan durian Petruk sangat kuat. Aku bisa makan 2-3 durian sekaligus, tapi hanya bisa makan separuh durian Petruk.”
{5} P: “Oh, ya? Tapi kau tidak mau lagi mencobanya. Dominique penasaran.”
{6} S: “Jika Pascal tidak suka, bukan berarti kamu tidak akan menyukainya Dominique. Cobalah. Incip!”
{7} Champagne? Tidak! Daging babi? Takkan pernah seumur hidupku. Keju? Ya! Meskipun ada beberapa keju yang rasanya seperti nanah di kaki. Ah, tidak. Saya hanya bercanda. Saya sangat suka keju Perancis meski rasanya tawar atau seperti susu kerbau. 
(Ada 380-an jenis keju di Perancis yang dibuat dari aneka susu yang bisa diperah dengan aneka cara pengolahan. Yang jelas karena tiap hari garam-keju selalu dibersihkan, jadi rasanya sangat tawar. Seperti minum susu dengan bau yang lebih menyengat.)
Share:

14 comments:

  1. jadi ingat fear factor disalah satu tantangannya hrs makan durian hihihi mereka merasa jijik ,padahal aku suka bgt. mbak knapa pascal tidak datang bersama alvin :-D komen asal

    ReplyDelete
  2. berarti aku adalah salah satu dari orang asing itu tan --"
    sekali-kalinya dulu waktu aku masih SD, bapakku nekat beli duren n disimpan di kulkas. pagi hari dalam keadaan aku masih tidur, bapak buka kulkas. baunya yang ampun itu membuatku langsung bangun n nangis histeris. jadi deh sampe sekarang orang rumah gag ada yang berani lagi beli duren kalo ada aku.

    ReplyDelete
  3. aku suka bangettttttt sama durian lhooo
    tempo hari yg orang Korea nginep di rumah, cuma 1 orang doang yang suka, yg lain engga hehehe

    seru banget ya mba godain mereka buat makan durian hehehe

    ReplyDelete
  4. sekarng bule untuk kerja rodi ya mba...

    ReplyDelete
  5. wah aku gak suka durian krn baunya itu lho..

    ReplyDelete
  6. @ Mbak Lidya - Mama Pascal Sayang sekali saya tidak ikut ya mbak. *padahal jika ikut juga akan gagal di round 1. Hehe

    ReplyDelete
  7. @ Mbak nicamperenique: Kita punya kesukaan yang sama, mbak. *Durian lover*

    @Baha Andes Bule sangat kuat dan rajin bekerja. Beda dengan kita yang sering mengeluh terlalu lelah.

    ReplyDelete
  8. makane enggak heran majikanku yang asli Mesir itu enggak doyan sama sekali durian.. tapi lucune malah doyan pentol cilok.. ampe saya mikir dia asli mesir apa tidak ya hehe

    ReplyDelete
  9. @Lozz Akbar Hahahaha..... ternyata cilok memang merajai pasar camilan lezat, ya....
    Saya dan suami juga suka sekali cilok. Tiap anak2 beli, pasti deh kami ikut antri di belakang. *Malu-maluin, deh*

    ReplyDelete
  10. Mba Sus, aku ga suka durian, jd kalo main ke Jepara gpp kok ga usah beliin durian petruk hehehe...

    ReplyDelete
  11. hehee padahal durian tuh enak ya Mbak
    tapi orang bule gak suka...

    ReplyDelete
  12. Kayaknya perlu bikin grup @DURIANmania di pesbuk nih...
    salam kenal dari durian lover..

    ReplyDelete
  13. Say no to durian!!!

    Bauuu

    tp bulenya betul bantuin?? Waa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra