Pesona Pulau Panjang

Di dekat pantai Kartini Jepara, ada sebuah pulau kecil yang diberi nama pulau Panjang. Masyarakat setempat menyebutnya Gili Dowo - artinya jalan panjang. Entah mengapa, nama Gili Dowo tak lagi banyak dipakai.
Hari minggu, 25 September 2011 pagi kami pergi ke pulau panjang bersama teman-teman naik perahu nelayan di desa Bulu (Ini desa asalku sebelum pindah ke rumah sekarang). Jika tak memiliki koneksi nelayan (yang tentu lebih murah meriah) kita harus ke pantai kartini dahulu lalu menyewa perahu Sapta Pesona atau perahu Pesona Bahari. Keduanya dulunya adalah perahu nelayan yang kemudian di khususkan sebagai perahu angkut ke pulau Panjang  Sayang Susi tidak tahu berapa, yang jelas kunjungan kita di pulau panjang dibatasi. Itulah sebabnya kami lebih suka menyewa perahu nelayan. Selain lebih murah, bisa memuat banyak orang, dan kita bisa seharian di sana.
Perahu Sapta pesona/pesona bahari
Perahu Sapta pesona/pesona bahari merapat di pantai
Kami berniat pesta sate dan rujak ke sana hingga membawa aneka perbekalan. Semua perbekalan sudah ready to use sehingga memudahkan eksplorasi di pulau Panjang. Apa istimewanya pulau ini? Pulau ini menawarkan kesunyian, wisata rohani - ziarah ke makam, serta spot-spot eksotik di beberapa sudut pantai. Jika tak mengenal pulau ini, pasti akan berkomentar, hanya seperti ini saja? tentu saja tidak. Ini dia foto yang berhasil kami abadikan di pulau panjang.
My man ingin menunjukkan rangkaian akar bakau raksasa.
Pojok sepi untuk "menyepi"
Pohon yang mengering menunggu hujan.
2 Susindra menyisir setapak
Tempat penamaman kembali terumbu karang
Tempat penamaman kembali terumbu karang



Akar bakau unik yang selalu siap dieksplore


Ini hanya foto amatir dengan kamera saku. Mungkin tak ada yang spesial, tapi setidaknya bisa mempromosikan pulau Panjang dan pantai Kartini. Siapa tahu para sahabat tertarik berkunjung. Cerita tentang kegiatan seharinya keluarga Susindra dan kawan-kawan di pulau panjang akan dapat dinikmati malam ini berkat bantuan jadwal posting blogger yang sudah on time. Selamat menikmati dan selamat beraktivitas!

6 Komentar

  1. Meskipun amatir tp hasilnya bagus bngt mbak.

    Tempatnya keren bngt, perlu dijaga dan dilestarikan sbg tmpt wisata daerah mbak :)

    BalasHapus
  2. waaahh,, pengen banget rasanya main air, jebur2an di pantai...

    jenuh juga di gunung terus... :D

    BalasHapus
  3. wew asyik nii...
    di daerah jepara ya mbak pantainya...?

    BalasHapus
  4. terumbu karang banyak yang rusak mbak?
    syukurlah ada usaha kembali untuk menanamnya
    bakaunya bagaimana... masih bagus kah?

    BalasHapus
  5. Elok pesonanya Mbak, sungguh sempurna penciptanya ...

    BalasHapus
  6. wah mbak susi cantik...saya juga pecinta pantai lho..eh btw kayaknya lagi gersang yah...itu pepohonan kering, mungkin lebih indah lagi kalo pas menghijau yah...kayaknya dijawa emang lagi kemarau panjang, kata bapak sampai sekarang dijatim terutama tulungagung blom hujan
    wah ternyata jepara menyimpan sejuta keindahan pantai :) sama kayak di Bintan dan juga di HOmetown saya tulungagung..cuman kalo Tulungagung laut selatan

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)