Tips Agar Facebook Kita Tidak Dihapus

Dua hari yang lalu saya dikejutkan oleh kebenaran bahwa satu account facebook dapat dibuka di beberapa komputer dalam waktu yang sama. Ini sungguh terjadi dan membuat saya ngeri. Bayangkan saja, saya dan suami dapat online di satu account bersamaan dan saling memberi komentar/update status. Imagi liar saya mengingat curhat adek yang mengatakan facebooknya pernah dibuka seseorang dari Rusia (Saya agak lupa nama negaranya). Banyak juga cerita pengambil-alihan facebook yang berujung pada hilangnya account kita.  

Apakah facebook kita bisa di-hack? Sulit untuk menjawab tidak karena facebook sedemikian terbuka. Semua orang dapat dengan mudah membuat grup, page, bahkan aplikasi! Karena itulah kita harus super hati-hati jika mengikutinya Baca kembali posting saya untuk membedakan aplikasi yang mencurigakan agar tidak terjerat. Apalagi sampai aktif mengirimkan link viral bervirus ke account teman. Huaaaa..... segera teliti satu persatu aplikasimu, ganti password-mu, dan yang paling penting dari yang terpenting, jangan membubuhkan data diri terlalu banyak di info. Daaaannnn... jangan menyamakan password facebook dan email Anda.

Apakah account facebook yang hilang selalu karena di-hack? Tentu saja tidak. Bisa jadi itu kesalahan sahabat sendiri yang sembrono. Beberapa daftar kesalahan yang mungkin dilakukan sahabat hingga mendapat warning facebook bahwa account Anda akan dihapus:
1. Mengirim permintaan teman terlalu banyak dalam satu waktu.
2. Menulis kalimat yang sama di wall (milik sendiri/teman) beberapa kali.
3. Terlalu sering memposting link/url/gambar milik orang lain
4. Ketahuan memiliki lebih dari 1 account (keduanya akan dihapus facebook)
Saya pernah mendapat warning 1, 2, dan 3 ketika masih aktif bermain Mafia Wars 2-3 tahun yang lalu. Sejak itu saya sangat berhati-hati.

Apa yang harus sahabat lakukan jika mendapat warning ini? Cool down dulu. Jangan melakukan kesalahan yang sama. Dan sebaiknya jangan buka facebook untuk beberapa hari dulu. Dan jika ternyata facebook kita telah dihapus, segera mengirimkan email ke disabled@facebook.com. Jika facebook sahabat dinilai layak kembali, sahabat akan mendapatkannya kembali dalam 2-3 hari. 
Share:

7 comments:

  1. sejak punya akun facebook, saya terbilang jarang online, bahkan sempat beberapa kali buka tutup. Dan alhamduillah, sejauh ini belum pernah mendapatkan masalah. Semoga tidak akan. Terima kasih informasinya, setidaknya saya harus lebih bijak dan waspada lagi bermain di facebook.

    Salam hangat untuk keluarga tercinta.

    ReplyDelete
  2. @Abi Sabila Iya, harus lebih hati-hati. Bahkan ternyata ada larangan membuat account lebih dari satu dan resikonya akan dihapus. Mungkin karena sdah terlalu banyak penggunafacebook, ya.. jadi lebih ketat sekarang.

    ReplyDelete
  3. @Ummi NabilAmin, mbak. Jk kita tidak neko2, tetep aman, kok. Saya saja yang sering tidak bijak menggunakannya. Jadi beberapa kali mendapatkan masalah.

    ReplyDelete
  4. 2 minggu yll, FB punya suami sempet kena hack ato virus ...sy coba benerin ga bisa2....
    sy sendiri ga tau kenapa, akhirnya minta tolong temen buat benerin, dan bisa dengan sukses...
    kata temen kena virus kok...:(

    ReplyDelete
  5. fbku aku set https, dan ada pesan email bila dibuka dari tempat lain (walau masih 1 komputer tapi pakai beda browser)

    ReplyDelete
  6. bisa dicoba tipsnya nii...
    :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra