Gurindam Muharram Plus 33


Assalamualaikum, sahabat.
Selamat tahun baru Muharram 1433 Hijriyah bagi yang merayakannya.

Saya membuat sebuah posting khusus untuk kontes unik sahabat bertajuk Gurindam Muharram plus  33 yang mengharuskan pesertanya membuat sebuah gurindam minimal 4 kalimat serta memposting triple 11 untuk bermuhasabah agar ke depan lebih baik. Ada yang belum tahu arti muhasabah? Ya, introspeksi, mawas diri, evaluasi diri, menghitung-hitung perbuatan yang telah dilakukan. Bukankah menjelang dan di tahun baru kita harus bermuhasabah agar menjadi pribadi lebih baik? Yuk kita ikuti ajakan yang baik ini!
*******

banyak harta tiada beramal
bagai otak tiada akal

Banyak ilmu tiada dibagi
ibarat benda tiada arti

banyak teman tanpa silaturahmi
hidup akan terasa sepi
*******
Itulah gurindam saya. Tak mudah menemukan posting tentang cara membuat gurindam yang benar karena kebanyakan hanya mengutip deskripsi gurindam dari wikipedia. Bukan deskripsi Gurindam yang mudah dipahami kecuali telah membaca Gurindam 12 yang terkenal karya Raja Ali Haji pada 23 Rajab 1263 H.

Selain gurindam, mbak Thia dan mbak Keke sebagai sohibul kontes meminta triple 33, yaitu:

A. Sebelas hal terbaru tentang saya dan keluarga:

  1. Saya dan keluarga tinggal di Jepara.  Kami menyebut diri kami keluarga Susindra yang berasal dari gabungan nama Susi dan Indra. Dan kami memiliki dua putra ganteng bernama Destin dan Binbin Susindra
  2. Tiga bulan ini suami saya lembur tiap malam kecuali maljum sehingga saya bete berdua dengan Binbin tiap malam. Destin terlelap sekita pukul 7.30-8.00 sedangkan Binbin jam 9.00-10.00. Tapi saya bahagia karena Binbin ternyata anak yang sangat kocak dan membuat saya terus saja tertawa. 
  3. Saya memiliki saudari kembar (Ida) yang memiliki 2 anak perempuan yang sangat saya idamkan, kebalikan dengan saya yang memiliki 2 anak laki-laki. Menjawab beberapa pertanyaan teman, Ida bukan blogger dan tak bisa mengoperasikan komputer. Sayang dia tidak tertarik sama sekali pada komputer. 
  4. Kami sedang nerves karena menyambut semesteran sekolah Destin. Persiapan kami lebih heboh daripada Destin termasuk membuat perjanjian/kesepakatan jadwal harian Destin. Hoho.. sulungku sudah bisa diajak tanggungjawab. Senangnya.... semoga jadwalnya dipatuhi.
  5. Gagal memotong rambut Binbin yang gondrong. Susah sekali memotong rambutnya. Kami sudah heboh ke salon untuk potong rambut sekeluarga dan tetap gagal. Binbin tetap dengan rambut ala Korea-nya yang keren sementara kami bertiga pulang dengan rambut lebih cepak. Padahal cara potongnya tandem. Papa potong rambut sambil memangku Binbin yang dipotong.  Strategi memakai bantuan komputer seperti cerita di sini sudah tidak mempan lagi. Hiks... jadi orang tua = super kreatif.
  6. Dua hari ini kami sukses membuang game counter strike yang selalu dimainkan duo D&B tanpa banyak kesulitan berarti. Ini suatu pencapaian, loh, karena tak mudah. Beruntung ada game cars pixar yang lebih sesuai dengan usia mereka. 
  7. Saya baru saja mendapat cucu-ponakan yang ketiga belas 2 bulan yang lalu, dan adik bungsu saya baru saja menikah 3 minggu yang lalu. So... tugas kakak telah usai. Tinggal observasi saja.
  8. Saya bungsu dari keluarga yang sangat besar karena kami keluarga poligami.  Keponakan tertua saya lebih muda 2 tahun dari saya dan pernah digosipkan pacar di SMA. Hahaha.... 
  9. Bulan ini saya puas pesta duren karena banyak sahabat atau partner kerja yang silaturahmi ke rumah membawa duren. Ya, Jepara sedang banjir duren dan rambutan.
  10. Setelah posting ini saya hiatus lagi sebentar. Saya sering mengalami pusing kepala/disorientasi  akibat terlalu banyak di depan komputer. Saya takut kejadian pingsan di depan komputer terjadi lagi. Juga anehnya indra pengecap saya masih belum normal seperti cerita di sini. Jadi maafkan saya sekali lagi jika jarang berkunjung ke bog sahabat.

B. Sebelas resolusi di tahun 1433 Hijriyah:

  1. Jadi muslim yang baik, belajar menjalankan 5 tombo ati-nya Opick.
  2. Menjadi ibu dan istri yang lebih baik lagi dengan mengurangi porsi kerja dan online.
  3. Hidup lebih sehat dan teratur, mengurangi kebiasaan begadang dan terlalu banyak di depan komputer.
  4. Belajar memasak yang bergizi buat keluarga. 
  5. Membeli sebuah elsapek murmer agar kerja lebih mudah.
  6. Pindah rumah yang lebih nyaman.
  7. Belajar menulis yang lebih baik, tidak selalu menuruti mood.
  8. Lebih rajin mengisi blog berbahasa Inggris dan Perancis agar kebiasaan online-nya lebih berguna.
  9. Mengawali usaha non-mebel dengan membuat toko kecil untuk pemasukan harian.
  10. Belajar menjadi sahabat yang baik dengan rajin silaturahmi
  11. Resolusi terbesar saya adalah dapat mengendarai motor dan mobil lengkap dengan SIM-nya agar mobilitas saya tidak tergantung suami dan pegawai.

Saya harap ke 11 resolusi saya tercapai tahun ini. Amin.

C. Sebelas yang berkesan untuk dikenang atau keburukan yang takkan diulang:

  1. Meski membuat anggaran belanja bulanan serta mencatat pemasukan-belanja, kami masih sering ingkar karena keperluan mendadak. Harus lebih patuh pada anggaran yang dibuat.
  2. Kemarin saya diingatkan tentang pentingnya asuransi jiwa dan pentingnya dana tak terduga karena seorang pegawai mengalami kecelakaan dan kami yang harus menanggung 100% biaya rumah sakitnya. Harus dianggarkan.
  3. Mendapat banyak hadiah dari para sahabat blogger dari kontes, akan selalu saya kenang dan banggakan.
  4. Tahun ini saya mengenal banyak sekali sahabat blogger maupun sahabat maya yang sangat baik hingga hidup saya terasa lebih berwarna. This is the beauty of blogging. (2 quote dari 2 blogger yang sangat saya kagumi).
  5. Kebiasaan lupa waktu jika di depan komputer, harus lebih disiplin lagi
  6. Kebiasaan begadang semalaman atau tidak tidur berhari-hari, harus dicegah dengan belajar tidur siang. Saya tak pernah bisa tidur pagi, siang atau sore hingga jika gagal tidur semalaman saya harus menunggu sampai malam berikutnya untuk tidur.
  7. Mengurangi konsumsi kopi. Sampai minggu ini kecanduan kopi sudah teratasi.
  8. Kebiasaan telat mandi, hehe..... harus dihilangkan.
  9. Saya dan suami sangat suka cabe dengan tingkat pedas yang tidak normal. Satu mie instant dengan 10 lombok setan seperti gambar ini baru puas. Harus diet lombok demi kesehatan.
  10. Menyiapkan menu instant yang digoreng untuk keluarga. Meski selalu ada sayur, tetap saja, kurang sehat. So... kembali ke resolusi di atas, belajar memasak yang bergizi bagi keluarga.
  11. Kurang olahraga. Sudah sepakat dengan jadwal harian Destin hari ini, jalan-jalan pagi tiap subuh.

Saya dan keluarga. Semoga cukup mewakili perkenalan keluarga kami

Selamat tahun baru 1433 hijriah untuk semua sahabat Rumah Susindra. Semoga resolusi para sabahat di tahun ini tercapai. Amin.

*******
"Tulisan ini saya ikutsertakan di acara Gurindam Muharam Plus 33 yang diselenggarakan oleh Mbak Yunda Hamasah dan Mbak Lyliana Thia


Share:

26 comments:

  1. yaaah... kok mau hiatus mbak..? tapi sesekali tengok2 lah ya blognya mbak... :-D

    mbak Sus, jad penasaran sama sosok kembarannya mbak Susi.. bisa gtu ya... mbak susi dua anak cowok, sedangkan kembaran mbak susi dua anak cewek... bener2 udah lengkap sudah :-D

    semoga dua D&B semakin pintar dan semoga semua yang dicita-citakan bisa tercapai di tahun baru ini, amin.. :-)

    kami catat sebagai peserta, terima kasih atas partisipasinya, mbak Susi :-)

    ReplyDelete
  2. baru tahu loh kalo jeng susindra ini punya sodara kembar. duh, kemana aja yah..

    semoga resolusi dan keinginannya tercapai semuanya,

    moga menang juga dengan kontesnyaa!

    ReplyDelete
  3. Terharu dan tersanjung aku Mbak, ternyata Mbak Susi memenuhi janjinya untuk ikut perhelatan kami, terima kasih sangat ya Mbak ;)

    Semoga do'a, harapan dan usahanya sucses tahun ini ya Mbak, D dan B makin kompak dan jadi anak sholeh...
    Resolusi ke 11 samaa Mbak, saling mendo'akan yaaa...

    Karena hiatusnya atas pertimbangan kesehatan, aku setuju Mbak, semoga segera pulih yaaa...

    ReplyDelete
  4. biarin tuh mbak Sus, si Binbin gak usah dipotong dulu rambutnya biar sama gondrong dengan unclenya hehehe

    met hiatus mbak Susi.. semoga menemukan formula yang efektif ya untuk mengatasi masalah saat di depan komputer

    sukses buat kontesnya

    ReplyDelete
  5. @ Mbak Lyliana Thia & @Mbak Yunda Hamasah: terima kasih sudah diijinkan ikut serta sudah dicap peserta. :) Juga terima kasih do'anya.

    @Gaphe: Hehe... kamu hiatusnya kelamaan, tuh.

    @Uncle Lozz Akbar: Hehe.... kasian dipanggil nduk terus. Makasih ya do'anya.

    ReplyDelete
  6. berkunjung sob..salam blogger
    sukses selalu yah..
    salam

    ReplyDelete
  7. kalau malam jum'at lemburnya berdua mbak susi ya hehehe.
    bulan lalu aku masak minim minyak loh mbak, baru sadar minyak 2 liter tidak habis, seringnya dikukus dan rebus

    ReplyDelete
  8. Mbak susi...mungkin keluhan pusing kalo di depan komputer karena mata...soale suami juga punya keluhan yg sama...pas pake kacamata sekarang udah agak mendingan......

    ReplyDelete
  9. Ow, baru tahu saya kalau Mbak Susi ternyata punya kembaran..

    Biarkan Binbin gondrong Mbak, kayaknya keren, hehe..

    Hehe, kalau Mbak Susi kebiasaannya telat mandi, saya malah punya kebiasaan buruk jarang mandi, heee..

    ReplyDelete
  10. wah triple 11 :p
    Mikir dulu apa yg sudah terjadi pada diri saya..

    ReplyDelete
  11. Semoga 11 Muhasabahnya tercapai mbak Sus. Amiin. Sukses juga dengan kontesnya :-)

    ReplyDelete
  12. hiatusnya jangan lama2 tp ya bu,, ehehe

    mengamini semua doa danharapannya, semoga segera terwujud..

    Binbin biarin gondrong dulu aja bu, biar kaya saya tuh yang dulu.. heheh

    ReplyDelete
  13. Semoga semua impiannya tercapai ya mbak.... dan sukses juga di kontesnya yaa :)

    ReplyDelete
  14. semoga mbak susi sehat2 selalu, tidak kambuh penyakit pusingnya ya mbak.

    kembarannya yg difoto diatas ya mbak,sama2 ayu...

    wah berhasil membuang game yg mungkin mengganggu mmg suatu pencapaian ya mbak.

    semoga harapan2 mbak susi tercapai yaa...salam mbak.

    ReplyDelete
  15. ouw,kirain susindra itu nama mba teryanta itu nama gabungan antara suami toh,heheh
    kalau bulan ini aku pesta rambutan,soalnya dijakarta lagi musim rambutan mba bukan durian,

    ReplyDelete
  16. ikut mengamini apa yg diinginkan ya mbak :D

    salam kenal dan izin follow....

    ReplyDelete
  17. Waaw sudah jadi simbah tho :P
    Ya meski cucu ponakan :)

    ReplyDelete
  18. Semoga Hiatusnya membuahkan hasil dengan pulihnya kesehatan Mbak Susi, AMIN

    ReplyDelete
  19. @Mbak Lidya - Mama Pascal: Kalo maljum dilarang lembur menggunakan mesin, mbak. Tapi ya iya lah. Saya bisa ngamuk kalo ditinggal dolan maljum. Xixi...

    @Mbak Nia: Kemungkinan iya, mbak. ternyata tidak hanya didepan komputer, tapi dimana aja rasanya mata agak gimana... gitu.

    ReplyDelete
  20. @Masbro & @mas mabrurisirampog: Weleeeehhh... saya juga suka. Tapi kasihan anaknya.

    ReplyDelete
  21. Waaaa keluarga besar banget dong ya mbak....
    Wah saya jarang bw, tau2 udah banyak banget tulisannya mbak susi

    ReplyDelete
  22. semoga menang!!!
    salam anak jepara ^^

    ReplyDelete
  23. he??? jadi belum pulih mba? Ywd gpp hiatus dulu, sing penting mba Susi sehat dulu, soal berkunjung atau posting lagi, bisa nanti2 kok.
    saya prihati nih, tempo hari mas pakies yang hiatus karena matanya kelelahan, sekarang mba Susi, semoga lekas sehat semua deh ya ...

    btw, untuk kontes gurindamnya, semoga beruntung ya mba

    ReplyDelete
  24. sepertinya Gurindam ini menyenangkan dari puisi
    ah belajar ah

    ReplyDelete
  25. Poin C yang nomer 5 sama sebelas sama mbak dengan saya, tapi kelupaan nggak saya tuils :D

    saya juga suka cabe, kadang sampe lupa diri trus jadinya ya sakit perut >.<

    semoga keinginannya mbak Susi tercapai

    ReplyDelete
  26. Mba Susi, maap gw dah lama ga mampir dimari eh rumahnya dah tambah keren ajah neh :-)

    Mba Sus, nama dikau tercanum tuh dalam list pemenang Gurindamnya Jeng Tia. Congrats yah Mba, asyiiikkk dapet hadiah lagi neh hehehe

    seneng deh baca postingan ini, jadi lebih kenal dengan Mba Susi. Hayoooo ngumpetnya jangan kelamaan yah Mbakyu, kangen!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra