Pengalaman pertama ikut kontes di blog

Photobucket

19 januari 2011, saya bertandang pertama kali di blog pakde Cholik dari posting KUCB mbak Lidya. Saat itu saya pertama kali meninggalkan jejak di kontes KUCB. Tak dinyana, siang itu juga saya mendapat kunjungan balik sekaligus undangan untuk mengikuti kontes Unggulan Cermin Berhikmah yang disingkat KUCB. Merasa tertantang, karena lama tidak menulis cerpen, saya segera membuat cerita tentang seorang murid SD bernama Lara. Pada hari itu juga saya mendaftarkannya.  

Setelahnya saya tetap intens berkunjung sambil belajar membuka diri. Mengapa membuka diri? Karena sebelumnya saya adalah blogger pingitan. Saya hanya menulis, tak memiliki sahabat blogger. Kalau tidak salah waktu itu hanya berjumlah 11 sahabat. Setiap kali membaca komentar para sahabat di blog pakde, dan saya merasa cocok, saya langsung berkunjung. Terkadang hanya menjadi silent reader. Saya langsung memasukkannya ke daftar BlogTeman. Saya yang terkadang cerewet ini sering malu menampakkan diri. Setelah nyaman dengan gaya bahasa dan cerita, baru saya masuk ke kolom komentar.  Sejak saat itulah saya memiliki banyak sekali teman.  Saat ini sudah mencapai 143 teman.  Ini sungguh-sungguh pencapaian tersendiri.

17 Februari 2011, saya membaca di Cbox, Bang Aswi memberi selamat pada saya karena menjadi juara 2 KUCB. Juga ucapan selamat yang mengalir di kolom komentar. Terkejut, excited, tak percaya. Saya segera membuka blog pakde Cholik dan menemukan nama saya, serta hadiah yang saya terima. Subhanallah... hadiah uang Rp 300.000,- serta sebuah buku untuk kontes pertama saya! Itu lebih dari sesuatu banget! Saya heboh memberitahu rekan kerja saya (waktu itu saya masih ngantor). Saya segera menelpon suami, setengah menahan tangis serta teriakan bahagia, saya menceritakan pencapaian terbaru saya. Hiks.... selalu ada yang hangat tiap menceritakannya.
Hadiah Buku dari kontes KUCB dan hadiah buku untuk
posting ke 1000 pakde Cholik. difoto jadi satu karena datang
bersamaan.
Itulah pengalaman pertama saya yang sangat berkesan di dunia perblogeran, dan menjadi titik awal mengapa akhirnya saya menjadi banci kontes. Bukan ingin mengejar hadiah semata, terlebih untuk meramaikan hajat sahabat, belajar berukuwah di blogosphere, serta menantang diri sendiri untuk menulis.

Apakah selalu pengalaman indah? Tentu saja tidak. Saya lebih sering tidak menang, dan ada beberapa posting kontes saya yang bahkan tidak dikunjungi sohibul hajat. Ada keinginan untuk mengedit kembali -- membuang tulisan "posting ini dibuat khusus untuk ..." namun tak mau saya lakukan. Posting tersebut memang posting kontes, kok. Meski pemilik kontes tak bersedia meninggalkan jejak di posting tersebut. @_@ Ah, yang penting kita berpartisipasi. InsyaAllah mendatangkan sahabat baru. Seperti Mbak Una, pemilik hajat ini yang menyambut baik permintaan saya untuk ikut kontes meski kami baru saja mengenal.  Semoga berkenan ya. Syukur-syukur jika bermuara sama seperti cerita di atas. ;)

*******
Artikel ini dibuat khusus untuk meramaikan First Giveaway mbak Sitti "Una" Rasuna Wibawa yang memiliki blog Corat-Coret Una

31 Komentar

  1. Eh serius mbak, pernah ikut kontes tapi ga dicek? o_o

    Hihihi makasih banyak yaaa mbak, segera kucatat :)

    BalasHapus
  2. @Sitti Rasuna Wibawa: Sepuluh rius. Agak kecewa, sih. padahal sudah tanya dulu boleh atau tidak. Mungkin terlewat. Tapi memang tak dikunjungi sama sekali.

    Terima kasih ya.. langsung direspon dengan cepat. Rasanya bahagiaaaa... banget. :)

    BalasHapus
  3. seneng banget ya mbak, pertama kali ikut kontes & langsung menang.

    saya juga gitu, pertama kali ikut giveaway di acara mama Cal-Vin yg lomba foto itu, yang jurinya Mbak Susi ..:)

    BalasHapus
  4. pertama ikutan,menang Allhamdulillah ya mbak, jadi ketagihan gak?

    BalasHapus
  5. @ Mbak dey: Iya mbak Dey. Saya masih ingat foto itu. :)

    BalasHapus
  6. Dear.

    1. Mohon maaf banget karena jarang sekali ngeblog dan bewe... jadi deh selalu ketinggalan berita....

    2. wooow 19 Januaray 2011 itukan tanggal wedding anniversary gw yang ketiga..... kok bisa persis sama tanggal dan bulannya yach....

    3. Thank you so much udah bersedia mampir ke blog kami...... di tunggu kedatangan selanjutnyaaa..


    regards.
    ... Ayah Double Zee ...

    BalasHapus
  7. @Zulfadhli's Family: Terima kasih kunjungannya.... wah sekarang kok ayah Zul yang rajin blogging, ya?

    BalasHapus
  8. wah, senangnya :) selamat ya pencapaian, ya. aku gak rajin ikut giveaway, baru 2 kali. nanti mau ikutan lg, ah. hehehe :)

    BalasHapus
  9. Pengalaman pertama yang membahagiakan ya Mbak ;)

    Meskipun dapat hadiah itu 'sesuatu' tapi utamanya menjalin persahabatan ya Mbak, sama denganku, senang punya sahabat blogger bisa saling berbagi meskipun belum pernah jumpa ;)

    BalasHapus
  10. hehehe ingat zaman KUCB ya mbak Sus.. saya juga ikutan dulu, tapi kok belum kenal mbak Sus ya?

    BalasHapus
  11. wah saya baru-baru ini ikutan kontes dan mulai ketagihan walaupun belum pernah dapat...hehehe. semoga giveaway ini kita sama-sama dapat...

    BalasHapus
  12. @ Mbak Yunda Hamasah: Iya, mbak. Utamanya adalah silaturrahmi. Hadiah adalah yang dipikirkan kedua.
    @ Mbak niQue: Hehe... iya mbak. Banyak yang seperti kita. Baru tahu kalau diri mampu setelah ngontes.

    BalasHapus
  13. @Lozz Akbar: Saya kenal kamu pertama kalli waktu kontes mbak Anazkia Thia. Kamu mengaku sebagai uncle Vania. hehe.... Itu kunjungan pertama kita. Di posting ultah ketiga Vania.

    @Abenx jobkolom: Untuk blog berumur 30 hari, sudah sangat bagus. Selamat datang di rumah susindra. Dan Terima kasih doanya

    BalasHapus
  14. kalau saya, ikut giveaway kalau cocok dengan temanya..dan ga pernah menang hehehehe

    emang ga hoki kali..

    BalasHapus
  15. kalo saya sudah seneng rasanya bila ikut kontes trus disapa balik sama yg punya hajat....:-)
    salam kenal dan sukses ya ngontesnya !

    BalasHapus
  16. Aaaah keren mba Sus menang di kesempatan pertama *salut*

    Semoga yg kali ini jg menang ya mba ;)

    BalasHapus
  17. jeng Sus itu, emang Te-O-Pe dech.. Salut n Good luck..
    Pha kabar mbak?? Lama Gak berkunjung nich..

    BalasHapus
  18. Kalo saya pertama ikut kontes di blognya pakde saat masih bernama Askat. Jadi keterusan untuk ikut meski waktu saya mepet banget dengan memanfaatkan waktu istirahat.

    Sukses selalu buat Mbak Sus sekeluarga

    BalasHapus
  19. kebanyakan sepertinya dari Pakdhe akhirnya jadi banyak sahabat. saya pun demikian, pertama kali ikut2an ngontes dan berani tampil ya gara2 ikut kontesnya pakdhe.. :D
    Awalnya emang cukup sebagai silent reader, hehehe
    Pakdhe emang luar biasa

    BalasHapus
  20. klo atma malah sering mau ikutan giveaway mbak tp waktu yang tidak bersahabat dengan saya.jadi batal dech,untuk posting ajah sering atma colong2 waktu...hehehe...

    BalasHapus
  21. kita itu diciptakan oleh Yang Maha Pencipta dengan segala kelebihan dan kekurangannya ...

    Nah ...
    Makhluk yang bersyukur adalah mereka yang mampu mendayagunakan kelebihan tersebut untuk hal bermanfaat ... menghibur orang lain ... memberi pengetahuan pada orang lain ... information sharing dan sebagainya ...

    So berbahagialah Bu Susi ...
    tidak semua orang dikaruniai kemampuan untuk menulis


    Salam saya Bu Susi

    BalasHapus
  22. saya pertama ikut kontes di tempat pak de juga mbak

    BalasHapus
  23. aku malah belum pernah ikut kontes mba,sekali pun,hehehe
    mklumlah kurang percaya diri

    BalasHapus
  24. @tiffa: Pastinya, ya.... Aku tahu kamu pandai menulis. Posting untuk giveaway Susindra kamu langsung menarik hatiku. :)
    @ Mas Yayat Mas Yayat yang bukan Blogger Pemula: NH Dini adalah pengarang wanita favorit saya. Alhamdulillah jadi koleksi berharga saya.
    @Mbak Dewi: Mbak Dewi banyak kesibukan. tentu saya paham betul itu.

    BalasHapus
  25. @Bang Mandor Ibnu: Amin... memang banyak blogger yang berhutang budi pada pakde Cholik.
    @bensdoing: Saya juga. Cukup diberitahu jika tulisan kita tercatat di buku peserta sudah senang sekali. Itulah sebabnya saya selalu menulis "SEMOGA BERKENAN" setiap kali mendaftarkan tulisan saya.
    @Mbak Orin: Terima kasih. Semoga terkabul ya...

    BalasHapus
  26. @Mbak Yuniari Nukti: Bukan kontes ini, mbak. Waktu itu kontes mereview buku. Bisa dlihat di daftar review buku jika mau meneliti satu persatu komentarnya dan mendapati komentar pemilik hajat.

    BalasHapus
  27. Kayaknya saya akan rutin berkunjung ke blog mba Susindra. Walau gak ada kontes saya akan konsisten kasih comment jika ada posting baru.

    BalasHapus
  28. Perjuangan Kartini sungguh hebat padahal jaman itu ya agak sulit ya.

    Lha sekarang banyak Kartini2,seharusnya juga semakin hebat.

    Semoga berjaya walau tidak bersama saya.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)