Penipuan Atas Nama Telkomsel Poin


Siang kemarin, 10 november 2011, kembali saya mendapati kasus penipuan atas nama Telkomsel Poin. Kakak kandung saya tiba-tiba menelpon dengan perasaan gembira yang terdengar jelas pada telpon saya. Bagaimana tidak? Seseorang yang mengaku dari telkomsel menelpon dan mengabarkannya menerima hadiah uang ratusan juta secara tiba-tiba akan menjadi shock tersendiri. Apalagi saya yakin sekali jika suara penelpon yang sangat manis dan enak di telinga menjanjikan masa depan semanis madu. Kakak saya menelpon karena ingin meminjam no rekening bank saya untuk transfer hadiah yang akan dia terima hari ini juga.

Saya mendengarkan uraiannya dengan sabar. Menanyakan beberapa detail penelponan tersebut sambil berusaha tidak terlalu mengecewakannya. Saya memintanya untuk datang ke GRAPARI JEPARA di jalan Pemuda.  Kebetulan memang sangat dekat dengan rumahnya. Memang terdengar nada kecewa di suara kakak, namun saya tetap berpendapat bahwa kita tetap harus waspada terhadap penipuan. Kemudian saya memintanya mengirimkan no telpon si penelpon. Mengetahui no telpon ini termasuk penting untuk mengenali penipuan. Dan benar saja, no telponnya +6282178834393. 

Dengan sangat terpaksa saya menelpon kembali kakak saya untuk melupakan hadiah uang tunai-nya karena telpon tersebut jelas-jelas penipuan atas nama Telkomsel poin. No telpon yang menghubungi kita seharusnya adalah 116 untuk Simpati dan Kartu As, dan 111 untuk kartu Halo. Lagi pula, menurut surat edaran GM Corporate Comunication Telkomsel Ricardo Indra, pengumuman telkomsel poin disampaikan melalui surat. Bukan melalui telpon, apalagi mentransfer sejumlah uang saat itu juga. 

Lagi-lagi, kita para konsumen harus lebih cerdas dan waspada dari penipu karena tak ada tindakan tegas aparat untuk kasus penipuan seperti ini. Terus WASPADA.... WASPADA... WASPADA .. DAN WASPADA!!!!!!!!!!!!!!

Share:

17 comments:

  1. Saya juga sering mendapatkan sms yang memeritahukan bahwa saya mendapatkan hadiah ini itu. Tapi karena sudah mengetahui seluk-beluk penipuan seperti itu ya cuek bebek saja.

    Diantara ribuan yang di tilpon mungkin ada juga yang kena karena tidak mau bertanya dan terlalu gembira sehingga terlena. Oleh karena itu kita beritahu famili kita utamany yang ndeso2 agar tak gampang percaya terhadap tilpon2 yang menjanjikan yang enak2.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. aku jarang sekali tuh dapet telpon atau sms penipuan ratusan juga atau hadiah mobil/motor

    yang ada cuma sms MAMA MINTA PULSA
    hahahahaa

    ReplyDelete
  3. sdh jelas klw penelponnya penipu, waspada harus digalakkan...,jgn trmakan bujuk rayu sms berhadiah maupun penelpon tak dikenal

    ReplyDelete
  4. untung belum sempat dirugikan secara materi walaupun secara emosional sudah tertipu ya bunda :D

    ReplyDelete
  5. sms seperti itu pasti langsung saya abaikan.

    ReplyDelete
  6. Ibuku dulu sering mbak dapat telepon seperti itu, ada yang bilang dapat hadiah TV, Motor, kulkas...ujung2nya dsuruh datang ke tempat mereka. Trus aku larang aja dan kasih tau klo ini penipuan...ibuku sempat kecewa tapi akhirnya menyadari....

    heran yach masih ada aja orang2 yang cari uang dgn cara sprti ini...

    ReplyDelete
  7. kalau benar biasnaya hadiah diambil di grapari ya, dulu aku pernah dapet dari indosat ditelp dan disuruh ambildi galeri

    ReplyDelete
  8. Masih ada aja ya Mbak yang model beginian, bener kata Mbak Susi, tetaplah WASPADA... waspadalah ;)

    ReplyDelete
  9. Emang paling sebel kalo udah masuk telpon/sms yang ngasih tau kalo dapat hadiah gini sama sms yang mama minta pulsa itu...hihihi...

    O iya, pernah juga tuh mbak, tengah malam sekitar jam setengah 1-an gitu, ada telpon masuk ke ponsel saya. Kedengeran suara pemuda gitu, nangis2, bilang, "mama...aku ditangkap mama...". Trus gak berapa lama, masuk lagi telpon, katanya dari kepolisian ngasih tau kalo anak saya ditangkap karena mabuk-mabukan di jalan... Dasar penipu ya, tapi sayangnya masiiihhh ada aja orang yang bisa tertipu sama yang kayak gituan...

    ReplyDelete
  10. emang bener ya jaman sekarang nih musti waspada :O yang bikin kejahatan makin kreatif soalnya

    ReplyDelete
  11. itu mungkin bukan dari telkomsel mba tapi dari patnernya atau instansi yang mengatas namakan telkomsel
    memang rakyat indonesia perlun di edukasi tentang hal tersebut,supaya kejadian ini tidak terus berulang setiap tahunnya

    ReplyDelete
  12. @Semua: Saya jawabnya esok ya... hari ini saya hanya punya waktu online yang minim.

    ReplyDelete
  13. Wahhh iyaa tuh banyak penipuan.
    Telpon rumah juga sering ada yang nelpon menang mio lah apa lah~ ckckck...

    ReplyDelete
  14. namanya mau menipu idenya ga ada matinya yah?....mulai sekarang kita mesti sebarkan berita2 seperti agar tidak ada yang tertipu lagi...thx info nya mbak

    ReplyDelete
  15. Wah, saya sering juga dapet telepon percobaan penipuan begitu, Mbak. Untungnya saya orangnya gak mudah percaya sama orang lain, apalagi yang gak dikenal gak kelihatan mukanya. ya sudah, aman deh. Hehehe...

    ReplyDelete
  16. penipuan model kyk gini sepertinya msh ada aja ya, tp kok sepertinya jg yg berakhir di meja hukum ga ada, entah...

    ReplyDelete
  17. saya bisa mendapat sms telkomsel poin. namun jika menyangku penipuan. alhamdulillah belum pernah.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra