Cemburu?

Saya sedang pusing dan ragu dengan rasa cemburu. Bukan cemburu pada pasangan, tetapi kecemburuan Binbin pada siapapun yang mengajak kakaknya bermain. Saya tidak tahu bagaimana mengatasinya. yang saya khawatirkan hanya kemungkinan bahaya cemburu ini secara psikologis.

Setiap hari Destin dan Binbin selalu bermain bersama dengan akur. Dan kegiatan bermain mereka akan terhenti jika ada sahabat Destin atau Binbin yang datang. Binbin akan segera naik ke atas dan meninggalkan temannya di bawah bersama Destin. Karena pada dasarnya Destin selalu telaten menemani siapapun teman yang datang bermain, bahkan teman Binbin pun akan tetap dimomong di bawah. Destin mewarisi kebiasaan over-pekewuh saya sehingga suka atau tidak, jika ada yang datang bermain akan ditemani sampai pulang. Dan Binbin dengan kecemburuannya memilih ke atas dan bermain komputer sebentar, setelah itu hanya akan melihat kakaknya bermain di tangga. Jika Destin datang dan menggandengnya tuk bermain bersama, Binbin akan tersenyum bahagia sekali. Tetapi hanya sebentar kemudian Binbin akan duduk menjauh sambil mengawasi kakaknya dari kejauhan. Jika Destin dan teman-temannya bermain kejar-kejaran dan Destin jatuh, maka Binbin akan segera berlari dan "melindungi" kakaknya dengan mengembangkan tangannya. Terkadang dengan mendorong jika "si tamu" tidak paham aksi perlindungannya. Adakah yang bisa membantu saya bagaimana mengatasi kecemburuan ini? Duo DnB ini memang seperti anak kembar saja. Apa-apa harus sama, tetapi jika hanya ada satu, alhamdulillah tetap mau berbagi. Ah... akur... bingung ... sering bertengkar ... lebih bingung. Bagaimana ya?
Share:

13 comments:

  1. Terkadang suka lucu ya memperhatikan gerak-gerik anak..
    Ada rasa cemburu gitu,menurutku biarkanlah Mba sus apa maunya D&B,tinggal kita mengawasi dan mengarahkan dan memberi pengertian aja..

    Mis,ada temen Destin dateng,Binbin ke atas karena cembokur,di kasih pengertian main bareng aja kan lebih rame,seruu..

    Hmm serunya anak laki kalo bertengkar,kalo anak cewe mah diem-dieman,nangis aja hehe..

    ReplyDelete
  2. aaah namanya juga anak-anak sih.
    hahaha.... mungkin karena usianya juga gak terlalu terpaut jauh jadiinya masih suka cemburuan gitu. ntar lama-lama kalo dah gede dan punya kesibukannya masing-masing juga dah ga cemburuan lagi

    ReplyDelete
  3. binbin perhatian sekali ya mbak sama destin.jadi ingat ada adik temannya pascal yang mukul pascal masa saat itu juga dibalas sama alvin

    ReplyDelete
  4. mungkin karena mereka sama-sama laki-laki kali ya mba, jadinya, ketika yang satu ada temannya, yang satu merasa dicuekin. Gpp, kemungkinan itu suatu proses pertumbuhan dari dunia anak. tetap sabar aja Mba Susi ngemongnya. :)

    ReplyDelete
  5. sudah lama Binbin begitu, mbak?
    mungkin lagi proses 'menerima' kali di dia. Dulu adek Egi juga sering cemburu klo abangnya asik sama anak2 lain, tapi lama2 ya dia bisa ngerti. ga jadi serius kok.

    eh tapi ga tau ding, kan blom punya anak hehehe

    ReplyDelete
  6. hahaha aku seperti membaca ceritanya Riku dan Kai. Kai cemburu sekali kalau lihat Riku bermain dengan temannya, atau sepupunya, atu.... sama mamanya. Sering aku godain aku peluk2 Riku dan Kai dengan marah-marah tarik Riku, dan minta dipeluk.
    Problem yang wajar dan dinikmati saja. Lama-lama akan hilang. Asal jangan lupa beri perhatian "seakan" lebih kepada yang bungsu. Sering aku malah di suruh Riku untuk lebih memanjakan Kai :D
    Kemarin Riku bilang padaku: "Mama jangan lupa beli es krim untuk Kai. Untukku ngga usah ya"
    duhh padahal mamanya maunya sama, maunya manjain sulungnya...tapi malah sulungnya sudah tidak perlu. (dia sedang diet sendiri loh)

    peluk cium untuk DnB brothers ya

    ReplyDelete
  7. anak2 memang sepertinya begitu mbak.. Apalagi kl adik-kakak yg setiap saat bersama.. Mungkin sesekali kasih pengertian aja apalagi kl di rasa rasa cemburunya udah sdkt berlebihan :)

    ReplyDelete
  8. diberi pengertian aja Mbak, bahwa teman-teman Destin juga merupakan teman-teman BinBin juga... jadi its OK untuk bermain bersama sama...

    ReplyDelete
  9. ini salah satu tantangan bagi orang tua yang sudah dikaruniai lebih dari satu putra/putri. dan saya belum bisa memberi masukan karena saya belum sampai pada posisi ini. turut mengambil pelajaran dari saran dan masukan teman-teman.

    Salam hangat untuk Dastin dan Binbin,juga papa nya.

    ReplyDelete
  10. mungkin karena Binbin sangat takut kehilangan rasa sayang Destin sehingga ia bersikap spt itu. Sering2 ajak ngobrol aja Mbak kalo main harus sama2 dan saling berbagi

    ReplyDelete
  11. kenapa nggak main barengan semuanya aja mbak? jadi Binbin nggak usah naik ke atas ngehindar-diarahin aja, siapa tahu mau barengan meskipun sama temen2 Destin dan Destin. Unik ya mbak, tapi kalau saya liat keponakan saya ya kakak-beradik beda 3-4thn ya mmg gitu sih mbak. biasane si adek nyari mainan sendiri kalo kakaknya lagi main sama temen2nya

    ReplyDelete
  12. @Mbak Imelda: Saya lega membaca komentar mbak Imelda. Semoga saja waktu bisa membuat Binbin mengerti tentang kecemburuannya.

    ReplyDelete
  13. Terkadang rasa kehawatiran orang tua itu melebihi dari rasa keinginan tahuan seorang anak dalam bersosialisasi kepada lingkungannya, jadi menyebabkan rasa yang selalu timbul akan kehawatiran itu selalu muncul.

    Anggap saja biasa Mba, dan ini merupakan dunia anak yang penuh dengan rasa gado-gado. He...x9

    Sukses selallu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra