Warung Blogger - Warungnya Para Intelek


Saya paling suka ke warung kopi ibu. Meski tak setiap pagi. Selain untuk nunut sarapan, saya juga mengantar anak-anak menengok neneknya. Itu karena sekarang ibu sering berada di dua rumah bergantian, mana yang disukai ibu. Makanya, lebih enak nongkrong di warung ibu pagi-pagi. Biasanya sih bertemu orang yang itu-itu saja. Maklum, warung kopi ibu memang sangat sederhana. Yah, uang 5000 perak sudah membuat pengunjung kenyang. Karena pengunjung utama ibu adalah tukang becak, tukang bersih2 kota, dan beberapa anak sekolah. Ada juga beberapa nenek yang setia di sana.

Menu sarapan di warung ibu:
Sebungkus nasi urap khas Jepara. harga Rp 1500 dan kopi mix

Sayur urap/gudangan

Nasi urap dibungkus daun jati


Teman sarapan pagi  seharga 500 perak

Jika belum kenyang, ada ketan seharga 1000 perak

Nongkrong bareng pengunjung warung ibu banyak memberi kekayaan batin. Terkadang memang sulit memilah-milah karena tak jarang berupa cemoohan. Seperti ketika seorang pemulung lewat, ada yang nyeletuk, "Cuma pemulung saja nggaya mau pergi haji. Dia berangkat tahun ini, lo." Saya mengartikannya sebagai, "Luar biasa ketika sebuah keinginan, do'a dan usaha digabungkan, pemulung yang rumahnya masih kurang layak bisa naik haji.". Banyak sekali pelajaran hidup yang dapat saya ambil dari nongkrong di warung ibu. Tak jarang gosip-gosip terkini sekitar Jepara. 

Selain warung ibu, saya juga sering nongkrong di warung maya, tempat para blogger intelek berkumpul. Namanya Warung Blogger atau biasa disingkat WEBE. Grup ini muncul pertama kali secara sensasional pada tanggal 25 mei 2011 yang digagas oleh satpam dunia maya kita, Uncle Lozz. Alhamdulillah mbak Lidya langsung meng-add saya pada hari itu juga. Sehingga saya punya banyak kesempatan ngangsu kawruh di warung blogger. Saya menyebut diri saya sebagai bakul pecel di warung blogger karena sebagai penjual pecel, saya selalu di warung dan memperhatikan meski jarang berkomentar. #Jika bakul pecel ngomong terus nanti ludahnya muncrat-muncrat, dong. hehe.

Apa sih keuntungan bergabung dengan warung blogger?
Banyaaaak..... selain silaturahmi dengan sesama blogger, kami juga tahu kabar terbaru para sahabat. Bisa mempromosikan blog pula. Bisa mengenal sahabat baru. Info kontes-kontes blog juga selalu up to date. Bisa saling support. Intinya sama-sama belajar dan belajar bersama-sama untuk menjadi blogger yang baik.

Setiap hari selalu ada blogger baru yang tertarik bergabung sehingga dengan cepat anggota warung telah mencapai 780-an. Seharusnya bisa jauh lebih cepat dari itu, namun para satpam berupaya sangat keras mencegah masuknya blogger2 yang membahayakan persatuan. Jadi seleksi tetap ada. Maka berbahagialah sahabat yang telah masuk ke grup ini. Apa sih seleksinya? Gampang. Penuhi persyaratan ini.

Syarat menjadi anggota Warung Blogger:
1. Belajar bertanggung jawab. Manakala apa yang kita tulis memang salah, seharusnya kita berani mengakui dan meluruskannya.
2. Tidak menulis sesuatu yang berpotensi menyinggung perasaan orang lain.
3. Lucu itu perlu, tapi hindari humor yang "jorok" dan "rendahan". Yang disini pasti paham apa yang dimaksud.
4. Dilarang berstatus yang mengandung unsur SARA dan SARU (mengutip poin no 3)
5. Tidak berstatus/memasang/share link terlalu banyak dan beruntun dalam satu waktu yang berdekatan.
6. Tidak mengajak warga melakukan ketidakpatutan dalam dunia tulisan dan blog.
7. Buat anda yang mau gabung dimohon untuk mengirimkan pesan ke admin tentang alamat URL blognya masing-masing, demi kelancaran admin untuk mengkonfirmasi.


Mengapa ada persyaratan segala? Tanpa bermaksud membatasi diri, namun tahun lalu, ketika usia warung ini masih sangat muda, terjadi beberapa insiden kecil yang sempat meresahkan warga warung. Yaitu beberapa anggota yang berselisih paham di warung dan masing-masing menggunakan pembenaran sendiri. Ada pula isu sara ketiga seorang blogger anti-jawa masuk. Juga isu keagamaan ketika seorang blogger mengatakan agama yang dianutnya yang paling benar dan yang lain salah. Juga, blogger baru yang memenuhi seluruh wall warung dengan link-link blognya untuk memperkenalkan diri. Sejak itulah t.o.s di atas dibuat bersama-sama dan disepakati bersama-sama. Juga, satpam dunia maya bertambah untuk menjaga keharmonisan warung. 

Sebenarnya, inti dari komunitas ini adalah satu., 
Filsafat warung blogger sudah disiratkan oleh mbak Lely sebagai pembuat logonya

Ngopi Asyik Bareng Blogger, Rumah untuk berbagi Informasi, Ilmu, serta senyuman dengan membangun kebersamaan dan Silaturahmi yang Indah.



13 Komentar

  1. Wah, WB dibangun di masa depan. 25 Mei 2012, ahahaha~ :P

    BalasHapus
  2. WB tempat untuk bercanda ria melepas penat setelah beraktifitas,,tapi kok masih akan datang mau di bangun Mbak,,salah ketik kayaknya hehe "25 Mei 2012" hehe

    BalasHapus
  3. urapannya uenak & murah bgt njih..
    pengen ik mb....:)
    hehehe

    BalasHapus
  4. Jujur ...
    saya sudah jarang ...
    atau bahkan hampir tidak pernah ke WB lagi ...

    sebab ... dengan berjalannya waktu ... saya tidak sanggup menghafal sekian banyak Blogger yang datang (... dan pergi) disana ...

    belum lagi thread-thread yang Ibu Susi sebutkan dipostingan ini ... (membuat saya agak kurang nyaman)(terlalu massal ...)(kurang personal)

    Tapi itu duluuuu ...
    semoga sekarang sudah membaik ...

    salam saya Bu

    BalasHapus
  5. @Una & @Sofyan: Hihi.. iya. Baru tahu kalo salah ketik. Kukoreksi dulu, deh.

    BalasHapus
  6. @Pak Nh18: Iya, benar pak. Sebenarnya banyak (termasuk admin) yang ingin menjadikannya grup tertutup tapi karena waktu itu telah mencapai 500 anggota, jadi tak bisa lagi. Sekarang sudah umum.
    Meski banyak sekali, sebenarnya juga lebih banyak yang pasif atau menitipkan link saja.

    BalasHapus
  7. Waahh...cara dagang nya uapiik tenan mba yuu :D Nay juga jarang nongol di WB tapi tetep memperhatikan satu2 maklum diriku minderan...#nyengir

    BalasHapus
  8. kayaknya seru, ikutan gabung ah :D

    BalasHapus
  9. aku udah bergabung di WB waktu pertama kali terbentuk....tp aku ajrang nongkrong disana hehehe.....soale kalo udah nongkrong disana, kerjaan bisa terbengkalai....

    BalasHapus
  10. aku tahu gudangan itu waktu pertamakali ke semarang mbak, kalau disinikan namanya urab ya

    BalasHapus
  11. Lah saya baru tahu kalau pembukaan warung itu tanggal 25 Mei

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)