Hamil Sehat Adalah Hak Janin

Sudah dua kali saya mengalami hamil dan keduanya dalam keadaan sehat dan prima. Saya bisa beraktivitas dengan normal bahkan ketika hamil saya merasa jauh lebih sehat daripada tidak hamil. Orang Jawa menyebut kehamilan sehat saya sebagai hamil kebo (kerbau). Hamil kebo adalah kondisi dimana bumil dalam keadaan prima selama kehamilannya. Banyak wanita yang menyatakan iri dengan saya untuk kesehatan saya selama hamil. Dan saya dengan suka hati membagi resep hamil sehat ala Susindra. Bagi saya, hamil sehat adalah hak janin


Saya bangun pagi dan langsung menikmati susu hangat buatan suami. Kelihatan sepele, namun kasih sayang suami di pagi hari mencerahkan seluruh hari saya. Ucapan selamat pagi dan kecupan kecil melengkapi hidangan pagi ala suami ini. Selama hamil saya sangat menjaga kesehatan saya. Saya rajin memeriksakan kehamilan. Saya meminum pil penambah darah dan multivitamin yang diberikan setiap kali saya memeriksakan kandungan. Pil penambah darah dan multivitamin ini membuat tensi darah saya normal di 110. Pada hari-hari biasa, dengan kebiasaan makan tidak teratur dan begadang, tensi saya hanya 90/60 sampai 100/70.

Selama hamil saya makan secara teratur, 3x sehari. Pada jam 10 dan jam 3 saya nyemil sayur atau makanan lain seperti kolak dan burjo. Semua serba teratur. Saya juga tidur paling telat jam 10 malam, itu saja setelah diomeli suami dan dipaksa-paksa tidur. Meski hamil, saya berusaha membedakan ngidam dan keinginan atau kebiasaan moody ibu hamil yang diidentikkan dengan ngidam. Jadi secara psikologis saya malah lebih tenang dan nyaman. Suami bahkan mengatakan, “Ma, kamu kalo hamil kok malah lebih mandiri dan giat bekerja? Hamil lagi, ya..?” Nah loh… 


Di hari-hari biasa saya sering minum banyak kopi dan teh. Selama hamil, saya tidak mau mengkonsumsi teh, kopi, soda, dan banyak makanan yang saya tahu berakibat buruk bagi kesehatan saya selama hamil. Setiap kali sangat ingin saya mengatakan, hamil hanya 9 bulan, setelah itu saya bebas menikmati kesukaan saya lagi. Hanya cara berdamai dengan diri selama hamil, sih, karena selama menyusui saya juga tetap diet teh, kopi dan soda. :D

Saya tetap giat bekerja dan bahkan keluar kota jika dibutuhkan meski hamil tua. Kebiasaan ke luar kota ini juga seperti refreshing bagi saya. Makanya, jika hamil saya malah terlihat lebih muda dan segar. Apalagi aktivitas malam bersama suami juga tetap rutin. Saya mengakhiri hari dengan segelas susu hangat dan tidur karena aktivitas yang melelahkan seharian, serta persiapan besok bekerja.

Pada kehamilan pertama (Destin), saya bekerja sebagai guide dan sering keluar kota bersama buyer. Pada kahamilan kedua (Binbin) saya tetap bekerja di perusahaan yang sama sambil merintis dua usaha, yaitu Mebel Susindra dan koperasi pemuda mandiri. 3 pekerjaan dengan 3 kantor yang berjauhan sebenarnya membuat saya sering kelelahan. Namun saya menjalaninya dengan gembira sehingga tidak mengganggu kehamilan. Memang, pada usia kehamilan 6 bulan saya sempat mengalami mulas-mulas akibat motor yang saya boncengi menerabas beberapa di lubang-lubang dalam, namun ahamdulillah bedrest 3 hari membuat saya sehat kembali. Menurut saya, segala sesuatu jika diterima apa adanya dan dinikmati sesuai porsinya, pasti akan membuat kita tak terganggu. Memang.. yang menyebalkan dari hamil adalah perasaan begah-kenyang dan demam yang rasanya seakan selamanya. Tetapi saya tidak membiarkan diri saya menggunakan ketidaknyamanan itu mengganggu saya. Hamil berarti pengeluaran ekstra dan harus bekerja ekstra juga untuk mengimbangi dana yang dikeluarkan. Makanya saya sangat ngoyo bekerja setiap kali hamil. Dan saya termasuk beruntung ketika hamil karena pilihan-pilhan yang saya ambil selama hamil. Bukan hanya keberuntungan karena trah hamil kebo seperti yang dikatakan semua sahabat, kerabat dan tetangga.


Nah, tips hamil sehat sudah. Bagaimana sih cara cepat hamil? Perlakuan saya sama. Jika saya ingin hamil lagi, saya akan menyiapkan kondisi tubuh saya agar prima dulu. Sama seperti tips-tips di atas, sih. Susu, makan dan tidur teratur, berpositif thinking, dan tetap aktif bekerja. Intinya membuat tubuh sehat. Ini penting bagi saya yang terbiasa cuek dengan tubuh sendiri. Makan sesukanya, begadang, malas mandi (ups! Haha), baca sambil tidur, dll. Saya memang tidak menuliskan olahraga teratur karena untuk yang satu ini saya masih belum melakukannya. :( padahal sangat penting. Saya yakin, pertemuan pertama sperma dan telur juga menentukan kualitas anak. Nah, kebetulan, nih, ada blog yang bisa membantu pasutri mempersiapkan kehamilan di caracepathamils.com. Artikelnya sangat lengkap dan bermanfaat. Implementasinya bisa juga sampai masa hamil dan menyusui. Intinya... yuk berikan hak janin kita dengan cara hamil sehat dan seimbang...
Share:

28 comments:

  1. Untuk membuat sijanin tetap sehat,ketika hamilpun banyak juga persiapan, pantangan, keinginan, aturan. Memang hebat deh seorang ibu (y)

    ReplyDelete
  2. siap untuk hamil yg ke-3 mbak? qiqiqi
    saya selalu menikmati setiap kehamilan sampe bb pun selalu naik 23kg, hahaha

    ReplyDelete
  3. @Asep Saepurohman: demi masa depan anak sendiri, semua harus dipersiapkan sebaik mungkin. Bukan tentang membeli banyak keperluan yang terbaik, tetapi lebih ke apa yang dibutuhkan bayi yang sering tak nampak.
    @Bundanya Nay dan Carissa: Sama, mbak. Tiap kali hamil bb selalu nambah dan tak mau turun ke semula. Dari bb 42 menjadi ... haha... pipi mbemku tak mau kalah dengan pipi mbem Binbin.

    ReplyDelete
  4. Jujur, kalau Allah menghendaki, aku pengen hamil lagi yang ketiga nih mba, Insya Allah deh yaaa

    ReplyDelete
  5. Kayaknya, aku tipe Mb Susi dech, saat hamil malah sehat banget dan mandiri :-) Semoga aku diizinka-Nya untuk hamil lagi, tfs ya mb :-)

    ReplyDelete
  6. @Mbak @yankmira dan @Mbak Keke - MamaYundaHamasah: Semoga keinginan hamil lagi terkabul ya... Amin.
    Suami saya sebenarnya juga pengen anak ketiga, tetapi saya merasa kami belum siap finansial dan belum bisa membayangkan reaksi Binbin. Ijin Destin sudah didapat, tapi syaratnya... "Harus adek laki-laki lagi, ya..." haha.. padahal kami sangat ingin anak perempuan.

    ReplyDelete
  7. Suatu hari nanti (jika saatnya telah tiba dan kami diberi titipan oleh Nya, Amin), saya berharap Hana juga hamil kebo. Dan saya akan bangun pagi, gosok gigi, mandi, sholat subuh, lalu membuatkannya secangkir teh panas, karena dia pembenci susu sejak kecil.

    ReplyDelete
  8. Meski saya bukan pihak yang hamil, tapi saya berusaha melakukan banyak usaha untuk menjaga kehamilan istri saya Mbak. Dan saya beruntung karena saat istri hamil, yang menjaga nggak cuma saya tapi ada bapak & ibu mertua.
    Sehingga ketika saya bisa kerja dengan tenang. Dan yang namanya menjaga kehamilan, nggak bisa dipilah2 pada usia kandungan berapa tapi harus kontinyu.
    Dan satu lagi, meskipun lagi hamil sebaiknya tetap beraktifitas meski dengan porsi yang disesuaikan...
    -------------
    Mbak Susindra mau tambah lagi???

    ReplyDelete
  9. hihihi suami jadi ketagihan lihat istrinya hamil ya

    ReplyDelete
  10. iya saya pernah baca kalau mau kehamilan sehat ya harus jg menerapkan pola hidup sehat makan makanan sehat juga :D

    ReplyDelete
  11. Ah...semoga saya bisa segera menerapkan tips-nya mba Susi ini ^^

    ReplyDelete
  12. @Masbro & @Pak Marsudiyanto: Saya yakin pasti termasuk suami siaga. :)

    ReplyDelete
  13. @Mbak Lidya - Mama Pascal: Bukan ketagihan, mbak. Memang pengen nambah 1 anak lagi. :D

    @Corat - Coret [Ria Nugroho]: Benar, mbak. Pola hidup sehat, makanan sehat, dan pola pikir yang positif tentang kehamilannya.

    & @Orin: Alhamdulillaaah...

    ReplyDelete
  14. Mohon maaf baru sempat berkunjung, ada masalah sama koneksi internet beberapa hari yang lalu.

    Dalam postingan di atas belum terdapat kata kunci 'cara cepat hamil', mohon diedit kembali dengan menyertakan minimal 1 kata kunci 'cara cepat hamil' (tanpa tanda kutip) yang diberikan link ke http://caracepathamils.com/

    :)

    ReplyDelete
  15. sip ;)
    sudah dicatat sebagai peserta ^_^

    ReplyDelete
  16. wah mbak sus ikutan kontes hehehehe. . . moga menang ya mbak sus. . . atas pengalamannya juga hehehhe. .

    Kunjungan malem. . . .. . :)

    ReplyDelete
  17. toss sy juga termasuk yg hamil kebo.. tp emang enak ya hamil kebo itu.. :)

    ReplyDelete
  18. Terima kasih tips-tips nya, Mbak. Aku tahun ini sih pengennya hamil kedua. Soalnya umur Vales udah 4 tahun. Tapi aku agak sedikit trauma. Aku lemas banget selama hamil Valeska meski tetap bisa kupaksakan kerja. Udah gitu selama hamil aku langganan pilek dan sangat susah makan. Padahal semua obat dan vitamin dari dokter sudah kutelan tanpa mikir. Nyium aroma nasi mual. Pegimane tuh? Udah gitu ngelahirinnya susah pulak. Sakitnya Rabu, lahirnya Minggu. Itulah yang kadang bikin aku ragu untuk hamil lagi :(

    ReplyDelete
  19. Lagipula selama hamil, aku bikin susu sendiri, jarang banget dibikinin suami. Apalagi sebuah kecupan. Jauuuuuuuhhh....

    *ngadu* :D

    ReplyDelete
  20. mau nanya nih mbak, kalo ibu hamil memang kecenderungannya tensinya turn yah?.. koq sempet bca beberapa artikel, banyak yang menyebutkan tensinya pada rendah pas hamil.
    #penasaran

    ReplyDelete
  21. @Gaphe: Naik turunnya tensi tergantung bumil, Gaphe. Ada yang turun, ada yang naik. Kalau aku cenderung naik & stabil. Penderita darah tinggi biasanya naik.
    Itu tergantung asupan makanan, kondisi psikologis, dll. Karena hamil itu sangat melelahkan. rasnya seperti kekenyangan setelah kalap makan dan rasa kenyang ini selama 9 bulan. jadi emosi, mood dan tensi sering tidak stabil. (cmiy, ya.. karena ini yang kupahami dari dulu)

    ReplyDelete
  22. @Tabah: Terima kasih, Tabah...
    @ke2nai: Iya, enak banget. :D
    @DewiFatma: Kita punya pengalaman melahirkan yang sama, mbak. Aku juga trauma untuk proses kelahiran. :'(
    Hamil yang ini pastikan suami juga ikut andil dengan membuatkan susu & kecupan, ya... hehe.. it's small but deep impact. Dengan semua rasa (bisa dibaca sebagai kesakitan) kita hamil, dua sumbangsih suami itu akan mencerahkan hari kita, mengirim sinyal positif karena kita tidak merasa sakit sendiri. Semoga hamil kedua ini nanti dapat hamil kebo ya mbak... Amin.. YRA

    ReplyDelete
  23. kunjungan siang mbak sus. . ..

    ReplyDelete
  24. hihihi gak nahan ama komen suaminya mbak Susi, milih lebih baik istrinya hamil biar mandiri dan energik
    tapi emang seneng ya mbak klo hamilnya gak manja.
    moga2 ntar bisa yg seperti itu ah, amin :)

    ReplyDelete
  25. Duh, ini postingan bener2 bikin saya terinspirasi. Terutama bagian ini: Memang.. yang menyebalkan dari hamil adalah perasaan begah-kenyang dan demam yang rasanya seakan selamanya. Tetapi saya tidak membiarkan diri saya menggunakan ketidaknyamanan itu mengganggu saya. Hamil berarti pengeluaran ekstra dan harus bekerja ekstra juga untuk mengimbangi dana yang dikeluarkan. Makanya saya sangat ngoyo bekerja setiap kali hamil.

    Thank you for sharing ya, Mbak. BTW, saya izin sharing di http://www.facebook.com/tingkahanak ya. Semoga banyak Bunda2 lainnya yang juga terinspirasi seperti saya.

    Salam kenal. :)

    ReplyDelete
  26. blog yg menarik dan smoga byk yg mengunjungi..:) terima kasih

    ReplyDelete
  27. I’m not that much of a online reader to be honest but your blogs really nice,
    keep it up! I'll go ahead and bookmark your site to come back in the future. Many thanks

    my web blog: cara hamil lebih cepat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra