Supermoon 6 Mei 2012

Subhanallah.... senang sekali rasanya mengetahui akan adanya fenomena alam supermoon sebentar lagi. Melihat bulan lebih besar dan terang dari biasanya.Saya pernah menulisnya pada tanggal 19 Maret 2011 lalu di artikel siap-siap melihat supermoon
Apa itu supermoon? Apa keistimewaannya? Supermoon, adalah bulan yang terlihat jauh lebih besar karena bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi. Teknisnya purnama akan terlihat lebih besar 14% dan cahayanya lebih terang 30%. Seperti bebeberapa gambar di bawah ini.


Supermoon tahun 2011

Hari minggu, 6 Mei 2012, supermoon akan terjadi kembali. Bentuk awam yang kita lihat tanpa bantuan teleskop adalah bulan purnama yang sangat terang dan lebih besar dari biasa. Fenomena alam ini terbilang langka dan jarang berulang. For your information, ya.... beberapa hari ini dan beberapa hari ke depan ada fenomena lain yang terjadi yaitu bulan, Venus dan Jupiter berada dalam garis sejajar. Saat saya menulis ini, bulan sudah meninggalkan Venus dan Jupiter. Tahu kan? Rotasi bulan jauh lebih cepat dari 2 planet di atas? Jadi beberapa hari lalu seakan-akan bulan diapit 2 bintang. Menurut kepercayaan Jawa kuno, itu pertanda bencana. Well, better not believe bad mythe, ya... Ini kan periode rutin orbit bulan, Venus dan Jupiter.

Nah, supermoon tanggal 6 Mei ini. Jangan lupa. Setelah itu, tanggal 11 sampai 17 Mei ini Venus dan Jupiter terlihat hampir sejajar dan sinar mereka lebih terang. Bisa dilihat di arah barat daya setiap matahri terbenam. Masih ingat ga sih, Maret lalu ada bintang berwarna kemerahan yang lebih besar dari biasanya? Yep, 5 maret lalu adalah jarak terdekat Bumi dengan Mars selama 2 tahun terakhir. Awalnya saya tidak tahu, tetapi Destin yang sangat suka melihat bintang dan berita luar angkasa membuat saya sedikit aware dengan fenomena-fenomena langka yang terjadi. Dia bertanya, "Mungkinkah bintang yang merah itu planet, ma?" Yah, semoga cita-cita Destin menjadi ilmuan tercapai karena dia sangat suka. Bahkan dongeng favoritnya sejak kecil selalu tentang bintang dan benda angkasa lain.

Gambar pinjam dari yahoo.

12 Komentar

  1. maaf ga sengaja komentku tadi kehapus

    subhanallah....
    menarik sekali artikelnya mbak
    Makasih infonya, sungguh aku ga ngerti kalau nanti malam ada kejadian luar biasa

    BalasHapus
  2. susi... kemarin aku udah mulai lihat meski belum sempurna.
    Lalu nanti tgl 21 Mei di Jepang bisa melihat gerhana matahari

    BalasHapus
  3. @Mbak icha diyah: Sama-sama. Nanti malam kita bisa lihat sama-sama dari rumah kita sendiri2. :)
    @Imelda: Wow! Semoga terlihat di Indonesia. Nanti sepulang kerja akan kucoba cari infonya, mbak.

    BalasHapus
  4. ah syukurlah akhirnya "nongol" juga..

    BalasHapus
  5. mudah2an bisa terfoto dengan hapeku...trims infonya mbak Susi

    BalasHapus
  6. thank infonya mba...semoga belum liat nich baru mau mantengin langit ntar malam...

    BalasHapus
  7. Tfs ya mbak :-)

    Semoga kami bisa lihat :-)

    BalasHapus
  8. thx utk mbak Susi, krn info ini sy akhirnya bisa ngajakin anak liat supermoon semalem utk peretama kalinya :)

    BalasHapus
  9. wah aku baru tahu mba,soalnya dari kemarin istirahat dikamar :(

    BalasHapus
  10. supermoon...
    jadi inget werewolf nih Mbak

    BalasHapus
  11. supermoon yang kemarin saya sengaja menunggu, membuka pintu dan jendela, duduk di kursi kecil depan rumah, subhanallah.... indah sekali....

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)