widgets

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berkreasi dengan kain flannel


Saya suka sekali membuat kreasi dengan kain flannel sejak tahun 2009 lalu. Awalnya terpesona dengan aneka kreasi teman lalu bergabung di grup flanelQt. Alhamdulillah, lebih terarah. Saya tak ingat tahun berapa gabungnya, tetapi saya belanja kain flannel pertama seharga 400 ribu. Angka yang lumayan sekali untuk newbie. Namun saya yakin, akan menghasilkan uang kembali.

Saya membuat aneka kreasi kain flannel secara autodidak. Hanya melihat hasil dan menirunya. Lebih sering menjadi karya khas saya dan sangat berbeda dengan yang saya tiru. Karya pertama adalah replika pisang. Hmm… jangan Tanya hasilnya. Tak mirip sekalipun. Lalu mencoba membuat semangka. Alhamdulillah langsung jadi. Pindah ke Strawberry, wow.. ternyata sangat mudah. Lalu saya mulai membuat sajadah, cover alqur’an, dan kaos untuk DnB. Hmm… mereka suka sekali. Ini cerita saya tahun 2009 lalu. Tak semulus di cerita karena saya berhenti total pada tahun 2010 – keasyikan bekerja dan bermain game Farmtown. Haha…
Tahun 2012 ini saya mulai intens membuat kreasi kain flannel lagi. Tak tanggung-tanggung, saya jual ke toko-toko atau menerima reseller dengan system konsinyasi. Yang terakhir ini rata-rata anak SMP-SMA, jadi jangan Tanya omzetnya. Haha… laku bentar kemudian surut 1 bulan dan rame lagi. Uang saku rata-rata di Jepara masih di bawah Rp 5000 ( sebenarnya lebih, tapi terpotong bensin harian).  Kemudian saya belanja cukup banyak dan membuka flannel. Saya enjual bahan dan hasil jadi. Juga menerima kursus kreasi kain flannel. 
Beberapa karya saya yang sudah laku:







Berkreasi dengan kain flannel bisa menjadi terapi ketenangan batin, loh. Rasanya lebih dahsyat daripada hobi menyetrika (Sambil bernyayi nyaring) saya jika sedang galau. Apalagi jika menjahitnya sambil mendendangkan lagu-lagu Opick yang syahdu. Rasanya begitu damai. Ketenangan memang dibutuhkan agar menghasilkan jahitan yang rapi. Terlihat sekali emosi seseorang di karyanya. Maklum saja, kreasi flannel saya terbanyak menggunakan teknik jahit tangan. 
Ada rasa bangga ketika karya kita diterima. Apalagi jika mempunyai pelanggan tetap. Alhamdulillah. 

21 komentar:

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan di sini. :)

  1. bagus baguuuuuuuuuuus bangeeeeeeeettttttttttttttttttttttttttttttttt

    BalasHapus
  2. Subhanallah mbak susi,bagus bangeeettt.
    Arisan kemarin temen2 bikin workshop flanel,jadi penasaran deh

    Btw ternyata temennya mbak ika purwokerto ya :p

    BalasHapus
  3. wah mantaap cantik-cantik kreasinya

    BalasHapus
  4. cantik.
    jadi pengen makan tuh kain flanel :(

    BalasHapus
  5. cantik dan rapi buatannya mbsk
    alhamdulillah hobi bisa menghasilkan, kerjanyapun jafi senang
    sekarang di Jkt lagi trend tempat tisu flanel mbak..., dengan hiasan aneka bentuk makanan kecil2

    BalasHapus
  6. Aduh mbaaaakkk telaten skali.. Jempol!! Seneng liatnya mb.. Paling puas klo hobi bs nambah penghasilan ya mb...

    BalasHapus
  7. Wah keren lho. Kalo dijadiin assesories buat baju anak bagus tuh mbak. Salam berkreasi.

    BalasHapus
  8. Lanjutkan kegiatan positif ini jeng, jangan gampang bosan. Jika ditekuni kelak akan menjadi lahan bisnis yang ngedap-edapi.

    Terus ciptakan kreasi-kreasi baru. Jika ini sudah berjalan dengan mulus, coba kumpulkan tulisan2 di log lalu bukukan..jos deh.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  9. gambar paling atas kok ya mingin2i... kaya cupcake dengan variasi topping. *ngiler*

    BalasHapus
  10. wah Ibu susi banyak bakat nya dan sangat kratif ya..cantik2 kreasi flanelnya

    BalasHapus
  11. ih bagus banget nih pernak pernik nya ini apalagi variasi yang bagus ini

    BalasHapus
  12. ada flanel angry bird XD

    BalasHapus
  13. makin byk aja koleksinya nih mbak.. bagus2 lagi :)

    BalasHapus
  14. @Semua: Terima kasih pujiannya...

    BalasHapus
  15. subhanallah.... bagus bagus banget, klo Kanaya lihat bisa dimakan dikira buah beneran....

    BalasHapus
  16. Keren-keren dan cantik Mba. Bisa jadi home indutri yang dikembangkan tuh. Sip deh......!

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    BalasHapus
  17. tutup tissue nya itu keren mbak...

    lebih seneng lagi kalo menghasilkan banyak cring cring yaaa

    BalasHapus
  18. waaah mantap sekali mbak. saya suka tempat tisu pocketnya :D

    BalasHapus
  19. lucu2 bangettt koleksi kain flanel nya

    BalasHapus