Pentingnya Asosiasi Pengusaha Online

Jalur jual beli secara online atau yang disebut dengan Online shop sudah lama menjamur. Berita tentang penipuan online shop pun sudah lama beredar dimana-mana. Tips berbelanja online pun banyak yang telah dishare. Namun apakah bisa mengurangi berita penipuan di online shop?

Berbelanja secara online, saya pribadi dan beberapa teman suka melakukannya. Tak perlu capek-capek mencari, berjalan-jalan, dan tak perlu capek menganggarkan dana transport dan makan. Dan yang lebih menyenangkan adalah…. Belanjaan lebih fix karena kita mempunyai waktu lebih panjang dalam memilih-milah mana yang akan dibeli. Ongkos kirimpun jauh lebih murah dibandingkan belanja sendiri. YA! SAYA PELAKU AKTIF ONLINE SHOP YANG SUKA BERBELANJA ONLINE SHOP. 

Suatu hari saya mendapat undangan melalui event di facebook JEPARA tentang pentingnya membuat sebuah asosiasi pengusaha online di Jepara. Sebuah undangan yang menarik, karena saya sendiri adalah pelaku aktif online shop. Apalagi saya sedang tahap pembuatan website khusus untuk penjualan produk mebel secara online. Saya kan sudah 2 tahun ini punya yang masih versi blog. Pengen saya pindah ke web serius. :)

Dari rapat inilah saya terkejut mengetahui banyaknya informasi penipuan dengan kedok penjualan mebel Jepara secara online. MasyaAllah…. Ini sangat memprihatinkan. Orang-orang yang biasa memanfaatkan toko online untuk promosi mebel seperti saya bisa terancam gulung tikar dan diumpetin dipojokan jika tak ada asosiasi yang menjamin dan memverifikasi usaha kami. Dan dengan penuh semangat dan optimism, saya menyambut kelahiran APLINE dengan penuh harap. Apa itu APLINE?

APLINE adalah sebuah asosiasi pengusaha online dari Jepara yang resmi didirikan sebagai wadah berkumpulnya para pengusaha yang menggunakan jalur online selling. Hal ini sangat diperlukan karena begitu pesatnya pelaku Bisnis online di Jepara, sehingga diperlukan wadah untuk menampung aspirasi anggota di dalamnya (Copas dari Ketua APLINE JEPARA – Maskur Aulia). Teknisnya memang masih digodok bersama-sama, namun dari yang saya ketahui, nantinya pengusaha yang tergabung dalam APLINE akan diverifikasi dan dijamin kebenaran datanya. Tentu saja, penjaminan tidak sampai ke arah penjaminan penjualan. Namun pembeli mebel secara online bisa lega mengetahui tempat pembelian mebel online yang terpercaya. Ah... akhirnya..... saya punya harapan besar pada asosiasi ini. Ada banyak hal perlu dibenahi dan disosialisasi. Siapa tahu asosiasi remi ini bisa membuat program pelatihan bagi anggotanya. Kita tunggu kiprah dan kerja APLINE bersama. 

Salam sukses selalu. Mohon maaf jika artikel SENIN JEPARA sering absen tayang sekarang karena porsi bloggingnya berkurang tajam dan lebih sering posting kontes untuk lebih menjalin silaturrahmi dengan sesama rekan blogger. Happy Monday! Dan I LOVE JEPARA ALWAYS!

23 Komentar

  1. Semoga dengan terkoordinasinya pengusaha On Line, bisa lebih maju dan dipercaya.

    BalasHapus
  2. Iya mbak. Semoga wadah baru ini makin memperbaiki citra pengusaha mebel Jepara ya.

    BalasHapus
  3. enak ya, mba susi. ada asosiasinya. kalo di tegal masuknya TDA Tegal raya, ada yang memang divisi retail khusus toko online. :)

    BalasHapus
  4. Masih proses pendirian. semoga saja cepat selesai

    BalasHapus
  5. penting sih adanya asosiasi online shop.. gara2 si penipu itu, online shop agak sedikit dicap negatif,,
    klo di sidoarjo belum tau sih mak :D
    klo di surabaya ada wadahnya yaitu WOSCA

    BalasHapus
  6. kasihan sekali kalau yang serius jualan karena ulah penipu ini ya mbak

    BalasHapus
  7. sebenarnya kayak kaskus kan,,beritanya baru ada penipuan....
    ide bagus tu dibuat asosiasi...
    online shop kan semakin cool...
    jd asosiasi ini bisa bertugas merating mana online shop yg recomended...
    :)

    BalasHapus
  8. Mas Anam, mbak Sari, MasHerdoni, mbak Mira, dan mbak Lidya: Semoga semua harapan penjual dan pembeli trcover di asosiasi ini.
    Imam & Dihas: Wah, kaskuser, nih. Memang sempat ada yang share di kaskus.
    Terima kasih dan salam sukses selalu!

    BalasHapus
  9. sy termasuk yg suka belanja online :)

    BalasHapus
  10. dengan adanya forum ini di harapkan bisa mempermudah para pelaku bisnis online.. :)

    BalasHapus
  11. Menurut saya asosiasi penting agar para pengusaha online memiliki mitra yang dapat memberikan pengarahan, pencerahan serta membantu jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

    Asosiasi bisa memperkokoh kedudukan para pengusaha sehingga tak mudah digoyag-goyang oleh pihak lain.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain itu jd lebih jelas soal keamanan dan kenyamanannya ya pak :)

      Hapus
  12. Penting banget kayaknya mbak Sus sebuah asosiasi untuk memberi stempel BONAFID untuk usaha-usaha online

    BalasHapus
  13. online shop semakin banyak tp masih banyak jg penipunya................online yang benar dan valid lebih baik,.....semangat :)

    BalasHapus
  14. Pakde Cholik, mas Budi, uncle Lozz,Hatdi Joo: Terima kasih tanggapannya. Semoga menjadi support tambahan bagi rekan semua

    BalasHapus
  15. Wah, bagus banget nih idenya. Karena Jepara banyak pengusaha, jadi memang penting adanya semacam asosiasi seperti itu.

    Jepara bisa menjadi contoh nih. Semoga tidak ada penipuan bisnis online lagi, setelah ada asosiasi semacam ini. :)

    BalasHapus
  16. Semoga sukses! Seharusnya jangan hanya di Jepara ya, asosiasi seperti ini, kalo perlu seluruh indonesia

    BalasHapus
  17. intinya itu "komunikasi", hrs ada komunikasi yg baik diantara kedua belah pihak. dan saya mendukung adanya APLINE ini

    BalasHapus
  18. Semoga asosiasi yang terbentuk akan berjalan lancar sesuai tujuan awal, Sukses!

    BalasHapus
  19. makin banyak ya wadah bisnis online,,
    semakin bersemangat ngeblog nh

    mksih infonya mba :)

    BalasHapus
  20. Perlu mbak. Sebab ke depan tentu akan semakin banyak lagi pengusaha online di negeri ini. Jadi mereka butuh semacam naungan. Dan konsumen juga perlu sebuah rekomendasi dari asosiasi,mana yang terpercaya dan mana yang tidak saat mereka berbelanja

    BalasHapus
  21. perlu banget ya Jeng..
    mudah2an segera jadi web khususnya ya.

    BalasHapus
  22. aku juga sering belanja online
    tapi ya pilih pilih gitu liat track recordnya. kalo yang ga jelas macam spammer di pesbuk biar kata harganya miring ga berani

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)