Belajar Kriptografi di JavaLamp

Ketika hasrat menulis sulit dibendung, saya memutuskan kembali ke ranah blogger. Saya kembali berusaha menjadi ratu kontes blogger. Dan ternyata.... ada banyak sekali kontes menulis di blog bulan ini! Jika sehari 1 posting kontes, saya butuh 2 blog agar bisa ikut semua. Akhirnya blog anak-anak yang saya karantina setahun ini kembali tayang ke blogosphere.


Apa sih asyiknya ngontes? Tak munafik saya mengakui, saya senang dengan HADIAHNYA. Terutama saya senang mendapat hadiah buku. Saya punya satu rak baru karena puluhan buku yang saya terima dari hasil kontes blog. Buku sudah menjadi my most favorite thing in the world. Bangga sekali melihat koleksi buku bertambah tanpa mengeluarkan kocek. Setelah hadiah, apa yang paling saya suka? TANTANGAN. Selalu ada tantangan menulis baru yang memaksa saya terus belajar. Inilah my truly passion. Belajar banyak hal baru. Dan alasan yang ketiga adalah SILLATURRAHMI antarblogger. Dari posting kontes saya mendapat banyak sekali teman baru dan banyak sekali teman akrab. Jalan yang mudah untuk menemukan more and more friend. Dan alasan yang tak kalah penting adalah mendapat BACKLINK yang banyak. Ya! Posting kontes akan menyedot banyak pageview dan bagus sekali jika kita mendapat backlink dari situ. Apa alasan sobat blogger ketika mengikuti kontes blog?

Kemarin siang saya menemukan sebuah Giveaway - kontes menulis yang menurut saya seru. Mereview blog. Wah, saya cukup sering mereview sahabat saya. Saya putuskan untuk bookmark dulu dan mengerjakan malam hari. Lalu saya menyadari tema blog yang akan saya review itu tidak saya kuasai. Saya awam dengan Java, Linux, Apache, Mysql, dan PHP. Cukup ironis karena dulu blogger diawali oleh mereka. Seperti kacang lupa kulit saja. Tak kurang akal, saya melhat daftar tabel. dan sampailah mata saya pada label HTML. Yah, saya butuh belajar HTML untuk menghias blog saya. Senang juga membaca posting tentang HTML. memang masih sedikit, Namanya juga blog baru. Baru 6 bulan dan topik yang diambil terlalu banyak. Saya harap mas Darto Irwan Setiawan (maaf kepedean memanggil mas) rajin memposting tentang HTML. Lalu mata saya sampai pada Kriptografi. Woaaa.... ingatan saya kebali pada novel Dan Brown yang berjudul BENTENG DIGITAL. Saya suka banget buku ini dan belajar sedikit kriptografi. Saya pun menelusuri posting keenam kriptografi dan kriptologi yang ada. Saya mencoba mengenal plainteks dan chiperteks, enkripsi dan deskripsi. Juga Kriptanalisis. Pembahasan yang menarik.Saya suka. Baiklah, saya mengaku, dibagian contoh algoritma kriptografi substitusi kepala saya agak berasap. Saya perlu mengulang dan menulis ulang agar paham. :D

Untuk tema dan materi blog, saya akui, ini niche yang bagus. Mas Darto hebat. Tapi untuk tampilan blog. haduh... (yang kenal gaya tulisan review saya pasti senyum-senyum). Tapi kali ini saya tidak memakai kebiasaan review blog saya. Takutnya para sahabat bosen dengan gaya review saya. Jika mas Darto dan para sahabat tertarik dengan review lengkap saya, bisa membaca di Inspirasi Enny Mamito dan Bunga Krisan untuk Mama Kinan. Lumayan lengkap tips di 2 posting itu. Terutama tentang tata letak widget agar navigasi pengunjung blog lebih mudah. (Psst... sebenarnya saya agak curiga kalau mas Darto sengaja tidak menata tampilan blognya dulu. Benar tidaknya, saya tidak tahu. ) Jadi kali ini saya tak menyentuh ranah tampilan ciamik ala emak-emak seperti 2 review sebelumnya. Hanya sedikit saran tentang navigasi saja. Lagi-lagi demi kenyamanan pengunjung dan pemilik blog.

Sebaiknya widget teratas adalah kolom search, lalu lanjut ke about me dan follow me. Agar pengunjung fokus ke pemilik blog dan blognya. Baru di bawahnya label/kategori yang dibuat cloud agar ringkas. Arsip blog berbentuk dropdown saja agar ringkas. Share it dan widget-widget kurang penting sebaiknya ditanggalkan saja. Di tiap posting selalu ada tombol share lengkap bawaan standard blogger. Itu saja sih saran saya untuk tampilan blog. Saran yang lebih komplt sudah pernah saya tulis di 2 review di atas.


 Ada yang memperhatikan tanggal posting giveaway ini? Saya penasaran dengan cara membuatnya. Posting tertanggal 17 Agustus sementara sekarang saja masih 31 July. :D Serius, saya penasaran sejak awal.

Nah, ini review saya untuk blog JavaLamp. Apa reviewmu? Masih ada waktu seharian ini. Buruan bikin reviewnya. Hadiahnya sangat mengoda iman.

Tulisan ini diikutsertakan dalam kontes menulis blog "It's Giveaway Time!!" di blog JAVALAMP.
Share:

19 comments:

  1. Yeayyy...mbak Sus jadi ratu kontes lagi hehehe.
    Gudlak ngontesnya mbak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah adanya, teh Orin cantik. :)

      Delete
  2. eh GA ini diperpanjang? gk tau klo DL nya diperpanjang :D
    *brb* *nyemplung ke blog*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru tahu Giveaway ini kemarin, mbak. DI Webe

      Delete
  3. GA atau kontes memang jadi penyemangat ngeblog ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener sekali. label posting sudah jadi yang terbanyak di blog ini. Hehe

      Delete
  4. Wah bakal jadi saingan berat ini Mbk Sus.

    Saatnya menebar mantra ini. Heheheee...

    Betul sekali Mbk. Sayapun jg tidak dapat memungkiri suka hadiah dan menyambung silaturahmi ketika ikutan contes.

    Dan sekarang sampai kualahan ngikutin contes. Karena di Buku catatan saya masih ada lebihsepuluh contes yang rencana saya akan ikuti.

    Pokok'e dledek iki awak'e

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, sudah 3 maam begadang khusus untuk blog.

      Delete
  5. Iya Mbak, aku juga penasaran itu kok bisa Agustus ya?

    ReplyDelete
  6. Iman yang tergoda, jadilah postingan, sedeeeep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua hal kecil bisa jadi bahan postingan, mbak.:)

      Delete
  7. Lagi2 teropong saya mendeteksi ada postingan baru berjudul Javalamp its Giveaway Time, tapi setelah ke TKP nggak ketemu

    ReplyDelete
  8. wah,bertebaran giveaway ya sekarang....sukses GA nya mbk susi :D

    ReplyDelete
  9. Jadi takut direview sama mbak Susi *lossfokus, geer lagi hihihi*
    Tampaknya blog yang kontennya keren ya mbak karena topik begini kan spesifik dan dibutuhkan


    Moga menang kontesnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelak, dikit demi sedikit aku akan banyak mereview blog sahabat bukan hanya untuk kontes. Sebenarnya duu sering mereview sebagai catatan pribadi di label blog sahabat, sih. Lalu lama hiatusdan proyeknya tdk diteruskan.

      Delete
  10. Saya tertarik dengan tulisan diatas, saya juga memiliki tulisan serupa mengenai kriptografi , kunjungi balik ya http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/kommit/article/view/1041
    Terimakasih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra