7 Tips Mencari Situs Belanja Online yang Aman


Akhir tahun begini, omzet penjualan online biasanya meningkat tajam. Situs belanja online membuat promo akhir tahun yang disambut positif pembelinya. Momen yang sering dimanfaatkan para pencuri data juga. Karena itu, kehati-hatian adalah hal yang mutlak dilakukan oleh penjual dan pembeli online. Saya memiliki 7 tips mencari dan berbelanja di situs belanja onlin terkemuka secara aman. Maklum saja, penipuan banyak yang mengatasnamakan situs belanja online terkenal. 7 tips mencari situs belanja onlin yang aman adalah:

1. Belanja di toko online yang sudah terkenal. Manfaatkanlah sejumlah layanan pencarian internet yang terpercaya seperti google, yahoo atau bing. Cari track record tempat belanja yang kamu inginkan di sini dan carilah testimoni para pelanggannya, kelengkapan pendukung belanja seperti FAQ, jalur komunikasi yang disediakan, system pembayaran, jasa pengiriman, tentang situs belanja tersebut, dan widget untuk melihat status order.
2. Bookmark situs belanja yang kamu inginkan. Cara ini bisa mengurangi kemungkinan anda salah masuk ke web pharming yang mengklon situs belanja (terkenal) yang anda kunjungi. Berhati-hati sangat penting karena situs belanja terkenal biasanya menjadi interest para penjahat internet.
3. Pastikan situs belanja yang kamu inginkan memiliki secure payment dengan SSL Encryption dan PCI Standard lain. Ini penting sekali.

4. Berhati-hati dengan penawaran diskon melalui email. Pastikan berkali-kali kesamaan alamat email yang dikirim dengan yang ada di situs belanja tersebut. Jangan mudah percaya jika ada email untuk meminta update password account-mu, bisa jadi itu penjahat phising.
5. Periksa ulang laman pembayaran yang menggunakan pihak ketiga seperti ebay atau paypal. Pastikan kamu berada di link yang benar.
6. Berbelanja online (banyak) di situs online terkenal sebaiknya menggunakan debit atau kartu kredit yang sudah mempunyai standard pengamanan ganda. Jadi kita dibantu pihak bank untuk memverifikasi juga.
7. Komputer yang dipakai bertransaksi harus aman dan memiliki antivirus yang baik serta terupdate. Setelah belanja online selesai, segera akhiri semua aktivitas online dan matikan (restart) komputer.

Itulah beberapa tips aman berbelanja secara online. Kehati-hatian perlu dilakukan kedua belah pihak agar tak ada yang dirugikan oleh penipuan secara phising maupun pharming. Sedikit informasi, phising adalah penipuan melalui email yang salah satunya adalah meminta update password. Cara ini sering berhasil menipu para pemakai facebook awam yang tidak berhati-hati. Dan pharming adalah penipuan dengan cara mengklon atau membuat laman web yang sama persis seperti situs yang diinginkan. Para sahabat tentu ingat beberapa kejadian penipuan online dengan cara pharming ini menimpa nasabah bank. Jangan sampai kita mengalami kejadian seperti mereka. Kehati-hatian sangat diperlukan.

Saya harap, 7 tips mencari situs belanja aman ini bisa membantumu menemukan situs belanja yang resmi dan aman. Karena saya tahu betul, berbelanja secara online itu sangat menyenangkan. Banyak situs belanja yang menawarkan sistem COD (Cash On Delivery) atau bayar di tempat. Berbelanja secara online juga bisa kita lakukan sambil bekerja atau blogging. Saya sendiri yang berada di kota kecil jauh dari mall atau depstore. Saya terpaksa harus pergi ke kota tetangga yang cukup jauh jika ingin berbelanja bahan kerajinan, baju atau buku. Saya cukup sering kecewa karena tidak menemukan apa yang ingin saya beli di kota tetangga dan pindah ke kota tetangga lain. Selain boros bensin, boros waktu, juga sangat melelahkan. Belum termasuk barang belanjaan bahan craft saya yang biasanya sangat banyak

Sejak aktif online tahun 2009 lalu, saya lebih suka berbelanja secara online kecuali jika mengagendakan berrekreasi bersama keluarga ke mall kota sebelah. Sesekali memanjakan anak dengan kuliner franchise yang tidak ada di kota saya. Tetapi saya tetap lebih suka berbelanja secara online. Terutama berbelanja baju merk tertentu yang tak selalu ada. 


Kamu pasti sudah pernah melihat iklan Zalora di TV atau media cetak dan online. Juga di social media. Zalora ini salah satu situs belanja aman yang saya rekomendasikan karena memiliki semua yang kamu butuhkan. Trackrecord dan testimoni positif, jalur komunikasi yang disediakan sangat lengkap (facebook, twitter, blog, kakao Talk, Google+, pinterest, bahkan youtube). Tersedia banyak informasi pengiriman, pembayaran, cara pemilihan ukuran yang tepat, bahkan pengecekan status order sehingga pembelinya merasa aman. Keamanan juga diberikan karena situs belanja ini memiliki secure payment dengan SSL Encryption dan PCI Standard lain. Pilihan pembayaran dan jasa pengiriman pun sangat lengkap. Merk dagang yang disediakan sangat banyak, hampir semua ada. Bahkan baju buatan designer terkenal pun ada di sana. Dan…. Ada promo gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Bukankah itu menarik? Oh iya, semua gambar yang saya ilustrasikan berasal dari situs Zalora. jadi, sudah pasti keamanannya.
Share:

27 comments:

  1. Harus hati2 memang ya mbak kalo mo belanja online ...
    Kalo Zalora memang terpercaya ... saya sdh membuktikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Meski belanja di situs belanja yang terkenal kredibilitasnya tetap harus waspada dengan tindakan penipuan dari para pelaku kejahatan internet. mereka sering memanfaatkan celah.

      Delete
  2. direkomendasikan. matur nuwun deh mbak. jadi lebih nyaman nantinya. kebetulan belanja on-line baru beberapa kali saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Zalora memang rekomended mas. Pelayanan dan keamanannya diperhatikan banget. bahkan status pemesanan kita juga terupdate. jadi ga was-was.

      Delete
  3. Zalora ...salah satu shop on line yg credible ya mbak.

    ReplyDelete
  4. Aku sering dapet email penawaran harga mbak. bahkan kadang diskon 75%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Zalora, mbak?
      kalo aku sering dapat penawaran dari Agoda. pernah pesen hotel di sana.

      Delete
  5. sebaiknya memang cari took online yg dipercaya :)

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah belanja di Zalora ik mbak.btw reviewnya yuhuiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua reviewku yang yuhui.... wkwkwk....

      Delete
  7. asyik dapat job review nih. keren, lengkap dan mudah dipahami reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dapat kepercayaan. jadi makin semangat mereview.

      Delete
  8. Wah bagus banget informasi ini. Luar biasa. Terimakasih atas share nya ya :)

    ReplyDelete
  9. sbenarnya bkn soal belanja online aja yg kudu ati2. Byk penipuan bkn berarti smua suka menipu :D

    ReplyDelete
  10. biasanya tanya teman2 dulu aku sih apa pernah belanja disitu gitu deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bertanya teman bisa jadi rekomendasi bagus mbak.

      Delete
  11. zalora sudah terkenal dengan kualitas yang bagus pada pelayannan dan pada amannya transaksi belanja online, rekomended deh buat zalora

    ReplyDelete
  12. kalo saran saya gunakan market place atau pihak ketiga kaya rekber kaskus atau tokopedia, emang agak ribet tapi untuk pertama2 bisa juga,., pembelian selanjutnya baru langsung aja ke penjualnya ,., saya juga jualan peralatan olahraga www.walakirisport.com emang susah mengedukasi pasar bahwa saya bukan penipu tapi karena banyak penipu pembeli jadi parno

    ReplyDelete
  13. Hooh, marketplace ternama juga belum tentu terjamin karena pengiriman barang tetap dilakukan oleh toko / distributornya sendiri. Kalo ada klaim suka rada susah

    ReplyDelete
  14. Mantap tips nya nie. Mengidentifikasi toko online penipu sebenarnya rada-rada gampang susah :D. Tapi sebahagian@ mungkin telah ditulis dalam artikel ini. Toko online yg dapat dipercaya, sebenar@ dapat dilihat sebesar mana keseriusan pendiri@. hal ini bisa dilihat dari website toko online (Gratis atau Berbayar). responsive@ toko online atau tidak, bisa dikontak atau tidak. dan hal2 lainnya yang ingin dilihat. Any way,, tulisan ini bravo deh :D

    ReplyDelete
  15. Betul, dengan berbelanja di situs yang sudah terkenal, akan mengurangi kemungkinan kita ditipu. Paling tidak, mereka mempunyai kontak yang jelas,sehingga saat terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, kita dapat menyakan pihak situs tersebut.

    ReplyDelete
  16. Iya betul sis, sekarang banyak sekali toko online abal-abal. Kebanyakan sih pancingan nya melalui harga yang terlalu murah. Kalau aku pribadi sih sudah nyaman belanja di toko online ini karena sudah beberapa kali transaksi tidak ada masalah yang cukup berarti.

    ReplyDelete
  17. tips yang sangat bermanfaat sekali. Terima kasih uda mau berbagi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra