Liebster Award: Mengenal Lebih Dekat Siapa Susindra

Cukup lama saya mengacuhkan blog tercinta. Saya sok sibuk dengan urusan mencari pundi-pundi uang berkedok hobi membuat kerajinan flanel. Rasanya... kadang memang melelahkan dan harus rela mengambil jatah tidur. Tapi saya senang, setidaknya saya tak perlu bekerja di luar untuk membantu suami memenuhi kebutuhan rumah tangga dan sekolah anak-anak. Alhasil, saya membuat target pendapatan bulanan dari kreasi flanel saya dan keharusan memenuhi target penjualan atau target pembuatan. Sebagai penanda "SAYA KEMBALI" saya membuat Sweetzee's Giveaway: Hobi & Prakaryaku. Sudah ikut? Saya tunggu sampai tanggal 21 Juni 2014 ya....

2 Minggu lalu saya mendapat colekan halus dari Rosalina Susanti (Blogger Jepara) dan mbak Ketty Husnia (Blogger Purwokerto) untuk mengerjakan Liebster Award. Dua blogger istimewa ini pernah bertemu dengan saya secara langsung di Jepara. Rosa atau Ocha adalah pemilik blog Rhosa Bercerita yang masih muda dan belum menikah. Jika tertarik, monggo dolan ke blognya. Mbak Ketty Husnia adalah pemilik blog unik bertajuk Getoek Goreng. Sangat menunjukkan kecintaannya pada Purwokerto. Mbak Ketty memililki 3 anak dan menjadi ibu rumah tangga seperti saya. Dari perbincangan sekitar 1,5 jam waktu itu, kami sangat klik. Sayang saya harus segera ke Semarang kala itu, jadi pertemuannya tak lama. Ketika saya ke Purwokerto pun saya lupa membawa HP lama yang berisi kontak telponnya. Alhasil, kami tak bertemu di Purwokerto. Ketika mendapat tugas ini, saya hanya bisa berkata, “InsyaAllah saya kerjakan.” Saya serius. Pasti saya kerjakan tapi belum yakin kapan. Mungkinkah menunggu yang ketiga? Hihi... ah tidak... akan sepanjang apa jika menunggu yang ketiga. Rosalina Susanti & mbak Ketty Husnia, terima kasih ya untuk awardnya.

Namanya menerima award, berarti harus bersedia memenuhi tugas ya. Tapi saya punya keberatan khusus mengerjakan semua tugasnya. Boleh kan kalau saya kerjakan 80%-nya saja? Yang bagian meneruskan award tidak saya lakukan karena saya setengah yakin semua teman saya sudah pernah mengerjakannya. Atau belum ya? Saya tahu award ini sejak tahun 2013. Teman-teman tentu sungkan menyebut saya (kalau tidak lupa) karena sudah hampir 2 tahun ini saya menjadi blogger angin-anginan. Nulis posting tidak, blogwalking pun jarang... tapi saya suka kalau ada yang share tentang award dan buka-bukaan aib seperti ini. Jadi lebih mengenal mereka. Hihi...

Dan inilah tatacara penerimaan award ini:
  1. Pasang award di blog kamu
  2. Ucapkan terima kasih kepada blogger yang memberimu award ini, juga sertakan back link ke blognya
  3. Bagikan 11 hal mengenai dirimu
  4. Jawab 11 pertanyaan yang diberikan padamu
  5. Pilih 11 blogger untuk menerima award darimu dan beri mereka 11 pertanyaan yang ingin kamu ketahui dari mereka
Rehat membaca sejenak dengan melihat kreasi flanel Susindra

Point pertama-kedua yaitu pasang award dan ucapan terima kasih di blog. Sudah saya lakukan keduanya ya.... nah... poin ketiga yang 11 hal tentang saya nih... siap buka-bukaan aib? Inilah 11 hal tentang saya. 
  1. Saya punya hobi yang menjadi profesi, yaitu membuat kreasi flanel dan menulis. Alhamdulillah keduanya punya andil dalam menambah pendapatan keluarga. Banyak teman yang mengenal saya sebagai pembuat bunga flanel berlabel Sweetzee & Susindra Craft, dan beberapa teman mengenal saya sebagai pembuat artikel berbayar.
  2. Saya suka warna hitam dan merah, tapi saya paling suka warna pink ketika membuat bunga. Makin kalem makin suka.
  3. Saya selalu mendapat kesulitan setiap kali membeli lipstik. Para SPG akan mendapat dampak langsung dari sulitnya saya menentukan warna yang saya suka. Saya suka lipstik yang punya paduan soft warna merah, coklat dan orange. Biasanya berakhir dengan kejengkelan SPG karena gagal membujuk saya membeli produk lisptiknya.
  4. Saya tinggal di Jepara tetapi sangat ingin pindah ke Semarang atau Bandung. Tapi kelihatannya saya akan menetap di Purwokerto.
  5. Saya lebih suka lagu-lagu lama yang abadi dan terutama suak dengan Dream theater yang intrumentalnya sip banget, syairnya pun dalem.
  6. Saya tidak suka tidur siang dan sering mengandalkan kopi jika mengantuk atau butuh konsentrasi tinggi. Konsumsi rata-rata harian minimal 2 gelas, sering sampai 4 gelas (normalnya).
  7. Saya memiliki banyak ibu, yaitu ibu kandung, ibu angkat, ibu mertua, ibu tiri-angkat, dan ibu menyusui. Jadi saudara saya sangat banyak (sekali). Konflik keluarga saya jauh melampaui semua konflik di keluarga lain mengingat banyaknya jumlah kami. #CapekBanget tapi sumber latihan Sabar-Ikhlas yang bagus.
  8. Memiliki multiple family mengasah saya menjadi pribadi yang misterius sekaligus sangat sabar. Mudah lupa, mudah ikhlas, dan mudah menertawakan duka. Saya mempelajari 3 itu dengan cara yang tidak mudah dan saya mensyukuri nikmat lupa yang diberikan pada saya. Lupa membuat saya mudah bangkit dan move on.
  9. Pada sore hari, ketika bersantai, saya lebih sering berusaha keras mengingat apa yang saya lakukan dari kemarin malam dan seharian ini, bertemu dengan siapa saja, membicarakan apa saja. Adakalanya saya blank dan tak dapat mengingat banyak hal karena nikmat lupa di atas. Tapi saya bersyukur diberi kesehatan dan suami-anak yang sangat mencintai saya. Menyadari hidup saya sangat berarti bagi mereka adalah hal terindah bagi saya.
  10. Saya lebih suka menonton berita daripada gosip selebriti. Saya tidak tertarik pada sinetron Indonesia dan lebih suka menonton Indonesia Lawak Clup atau stand up Comedy. Di rumah kecil kami, ada larangan lisan, “Dilarang nonton sinetron dan acara komedi Bully”
  11. Saya lebih hidup di malam hari. Pagi sampai siang khusus mengerjakan tugas rumah tangga seperti beberes rumah, nyuci, nyetrika dan masak, siang ngantuk jadi untuk lihat film Holliwood terbaru atau mengerjakan artikel pesanan. Sore adalah family time. Malam? Waktunya bercengkrama dengan suami sambil mengerjakan pesanan flanel. Tak jarang kami melakukannya sampai pagi.
Istirahat mata lagi dengan bunga flanel saya

11 pertanyaan mbak Ketty husnia:
1. Mana yang paling kalian suka, suasana malam atau siang hari? Saya paling suka suasana malam hari. Lebih hidup dan otak lebih encer.
2. Mana yang kalian rindukan, masakan Mama atau Mertua? Mama
3. Apa warna favorit kalian? Hitam dan merah. Salem dan putih.
4. Jam berapa kalian mulai beraktifitas pagi? Jam 5 pagi (dengan susah payah)
5. Jika anak-anak di sekitar mengajukan pertanyaan, apakah selalu bisa menjawabnya? Harus selalu bisa menjawab. Tak boleh ada jawaban tertunda karena moment-nya akan berbeda bagi anak.
6. Apa reaksi pertama jika uang kalian hilang dalam jumlah tak terduga sementara sedang butuuuuh banget? Ada sensasi meremang (bulu) di area punggung lalu berusaha keras mengingat sambil mondar-mandir. Jika tetap tak tahu, baru tanya pada orang terdekat.
7. Pernahkah merasakah kekahawatiran ketika badan sakit semua tepat bangun pagi? Pernah, karena memang cukup sering merasa sensasi sakit di sekujur badan ketika bangun.
8. Pernahkah meninggalkan rutinitas rumah? Sering sekali. Apalagi jika ada banyak pesanan.
9. Jika sedang jengkel, mangkel sama tetangga..ngapain ya? Ga ngapa-ngapain. Saya termasuk sabar dengan tetangga. Jika ada yang datang untuk menyampaikan fitnah terbaru tentang saya, saya tetap diam tak bereaksi, setelah cerita selesai baru tanya sumbernya siapa dan apa perlu mendatanginya. Keluarga sangat besar juga berarti mulut yang sangat banyak, apalagi keluarga yang tidak sedarah. Dan tetangga adalah penonton yang penuh semangat yang terkadang ikut bereaksi.
10. Ketika melayat, pernahkah terpikir tentang kematian? Melayat adalah saat tepat untuk mengingat kematian dan beristighfar sepenuh hati dan raga menangis (diam-diam).
11. Ketika mengonsumsi makanan tidak sehat, pernahkah merasa kawatir? Sering sekali. Sayang ya, makanan tidak sehat itu favorit anak-anak. Hehe... ayam goreng.... tiap hari.

11 pertanyaan Rosalina:
  1. Apa alasan utama kamu ngeblog? Karena suka menulis dan ingin dikenal.
  2. Apa hobi utama kamu? Membaca, menulis, membuat keterampilan.
  3. Buku apa yang sampe sekarang kamu anggep paling berkesan buat kamu setelah membacanya? Buku-buku karya NH Dini memberi saya kesan mendalam sejak SMP sampai sekarang.
  4. Siapa penuls favoritmu? NH Dini.
  5. Apa kamu punya sahabat yang kamu dapet dari ngeblog? Lebih dari banyak, dan banyak yang lebih dari saudara.
  6. Tulisan jenis apa sih yang paling suka kamu baca waktu blogwalking? Semua tulisan saya suka, asal ringan dibaca namun tetap informatif.
  7. Apa mimpi terbesar yang paling pengen kamu raih? Naik haji.
  8. Paling sering nulis pada jam berapa? Pada siang hari, terutama setelah jam 1 siang. Pada saat ini saya tidak mood membuat bunga dan menahan kantuk dengan menulis.
  9. Apa blog favorit yang paling sering kamu kunjungi? Blog sendiri & Blogcamp-nya pakde Cholik.
  10. Kalo kamu mengunjungi sebuah blog, apa kamu akan berharap sekali dia berkunjung balik ke blogmu? Tidak. Saya lebih sering jadi silent reader.
  11. Apa 3 kata yang paling menggambarkan diri kamu? Ibu, flanel dan anak patuh.
Wuih.... banyak banget ya tulisan saya kali ini. Selama menulis blog, saya jarang menulis 1000 kata. Rata-rata hanya 500 kata saja. Hehe... Terima kasih ya sudah berkenan membaca semua untuk mengenal siapa susindra lebih banyak.
******

Ada tambahan Liebster award  dari Indira Ramadhita. Saya lanjutkan di sini saja ya. Terima kasih ya Indira. Ini jawaban dari 11 pertanyaan kamu. Maaf ya, jika tetap tidak saya teruskan ke 11 teman lainnya.
  1. Setelah mendapatkan award ini, adakah perubahan yang ingin kalian buat pada blog kalian? Apa itu? Tidak ada perubahan secara khusus sih. Karena jujur saja, waktu nge-blog saya sangat minim. Oia, menjawab tentang silent reader, maaf ya... saya termasuk silent reader dan pengunjung terbanyak di blog ini adalah silent reader.
  2. Darimana biasanya kalian mendapatkan inspirasi untuk menulis? Inspirasi menulis bisa dari mana saja. Kehidupan sehari-hari, dari aktivitas anak, hobi masing-masing anggota keluarga, bahkan ketika keluar rumah untuk belanja pun ada inspirasi menulis. 
  3. Apa kesulitan yang kalian alami ketika menulis? Kesulitan waktu saja sih. Waktu saya sudah terkuras untuk kegiatan ibu rumah tangga dan mengerjakan pesanan flanel/pita. Di kala itu, saya harus menyisihkan 3 jam/hari untuk menulis artikel berbayar. Sayang, kadang 3 jam tidak cukup. 
  4. Jika kalian mendapatkan komentar negative pada sebuah postingan kalian di blog, bagaimana cara kalian menanggapinya? Komentar negatif biasanya saya jawab secara personal, tetapi komentar di posting blog saya hapus. 
  5. Menurut kalian, manfaat nge-blog buat diri kalian itu apa? Ngeblog itu aktualisasi diri. 
  6. Apakah dengan menjadi seorang blogger itu akan menggangu rutinitas kalian yang sebenarnya? Jika iya, pada bagian apa? Tidak. Blog itu belahan jiwa. 
  7. Kapan biasanya kalian lebih mudah mendapatkan inspirasi untuk membuat sebuah tulisan? Kapan saja inspirasi bisa masuk. Kuncinya sering-sering membaca atau menonton TV untuk acara bergenre berita. 
  8. Pernahkan kalian meminta pendapat teman kalian tentang tulisan yang kalian buat sebelum mempostingnya di blog? Jika iya, untuk apa sebenarnya? Seingatku tidak. Ketika mempublish suatu posting, saya biarkan jiwa tulisan itu melayang memenuhi takdirnya. 
  9. Hal yang paling kalian takuti setelah memposting sebuah tulisan di blog itu apa? Selama jadi blogger, saya pernah sekali posting curcol yang saya masukan ke draft lagi. Bukan takut tetapi memang seharusnya hanya ada di diary pribadi, bukan diary online semacam ini. 
  10. Jika kalian sedang mempelajari sesuatu tapi selalu gagal, bagaimana kalian melanjutkannya? Tetap mencoba atau menyerah karena kalian yakin tidak akan berhasil? Alasan? Mencoba terus sampai berhasil. Saya termasuk ulet dan suka pengulangan. Apalagi hobi saya membuat prakarya. kreasi bagus akan didapat setelah mengulangnya 10 x atau lebih.
  11. Apa alasan utama kalian menulis, berbagi, dan mencurahkan isi hati di blog? Membagi hati dan pikiran ke dunia. Menulis apa yang disukai dan membiarkan dunia membacanya.
Sudah dijawab semua ya dek Indira. Semoga menjawab beberapa pertanyaan. Saranku, menulislah saja dan terus menulis. Biarkan dunia mengenalmu. Abaikan tanggapan dari pembaca yang bisa menurunkan semangat menulismu. Menulislah tanpa ragu, agar kamu mengenal siapa dirimu sesungguhnya.

Share:

21 comments:

  1. hmmm jadi lebih banyak tau nih mampir sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... baik-buruknya kelihatan ya mbak.

      Delete
  2. Sukaaa banget sama 11 hal ttg Mbak Susi itu :)

    Emm, Mbak susi mau pindah ke purwokerto??? Sedih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih lama.... masih harus menjaga ibu di jepara. rencananya, setelah ibu tiada, langsung pindah. Tak ada ikatan lagi di sini.

      Delete
  3. Itu bunga Flannelnya dibikin bross kah mbak ?

    ReplyDelete
  4. untuk lpstik aku gak suka yang merah menyala. Semoga mimpi terbesarnya bisa segera terlaksana ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.... terima kasih mbak. Ini salah satu impian terbesarku.

      Delete
  5. Tapi, lipstik yang sering dipake Mba Sus udah cocok koq. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... lipstik yg waktu itu pinjaman... ups...

      Delete
  6. kerajinan, hobi yang mambawa keuntungan, :D sukses selalu bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Bli. Sukses juga ya dengan usaha pie susu-nya. Melegenda diantara para blogger loh.

      Delete
  7. makasih yo mba Susi atas hasil pekerjaan pajang awardnya, nuwunsewu baru sempat dolan .. maklum ibu erte hehehe :)

    ReplyDelete
  8. Saya juga dapat award dr ibu siti fatimah ahmad dr serawak malaysia. Alhamdulillah beliau tidak meminta saya utk menulis ttg hal2 di atas ;)

    ReplyDelete
  9. kl Mas Susi skrg makin identik dg felt craft :)

    ReplyDelete
  10. udah lama gak main award-award kayak gini

    ReplyDelete
  11. lagi musimnya liebster award, kita jadi bisa blak-blakan membuka random fact seputar diri kita..

    ReplyDelete
  12. saya sudah tahu mbak susi selain blogger juga pembuat craft hehehe...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra