Kopisusu Warung Blogger di Jakarta

Kopisusu Warung Blogger atau #KopisusuWB yang pertama sudah selesai digelar. Berlokasi di Kuningan City, 100 warga komunitas Warung Blogger dijamu dengan sebaik mungkin oleh panitia Kopisusu WB dan Interspace selaku sponsor utama. Saya sebagai salah satu admin sekaligus panitia Kopisusu mengucapkan terima kasih tak terhingga pada semua pihak yang ikut membantu suksesnya Kopisusu Warung Blogger pertama ini.

Kopisusu WB Susindra
Panitia, sponsor dan relawan
Ada teman-teman nonbloger saya yang bertanya-tanya, apa itu #KopisusuWB? Mengapa saya meluangkan waktu ke Jakarta? Ada yang bertanya langsung di komentar, di inbox, atau di kontak pribadi saya. Saya bersyukur banyak teman yang memperhatikan saya sedemikian rupa. Saya senang menjawabnya. Dan untuk teman-teman yang tidak berani bertanya secara langsung, ada baiknya saya menjelaskan di sini.

#KopisusuWB adalah singkatan unik dari Kopdar Mini Suka-suka Warung Blogger. Warung Blogger adalah komunitas blogger pertama saya sejak menjadi seorang blogger. Saya beruntung menjadi salah satu admin grup sejak 3 tahun lalu. Komunitas warung blogger digawangi oleh seorang blogger bersahaja dari Jember yang lebih suka dipanggil Lozzakbar. Peran dan jiwa bersahajanya menjadi dasar dari komunitas ini. Twitter WB telah memiliki 10,3 k follower. Dan grup WB memiliki anggota sekitar 4.500. Jumlah anggota grup tak banyak bergerak karena saya sebagai salah satu admin penerima anggota grup Warung Blogger tidak menerima sembarang anggota. Pemintaan gabung Warung Blogger mencapai 20 orang perhari, tetapi saya belum tentu menerima 20 orang perbulan. Mengapa? Karena kebanyakan tidak lulus syarat pertama menjadi anggota WB, yaitu menghubungi admin untuk memberitahu link blognya. Menurut kami para admin, itu bukan syarat yang mengada-ada. Namanya ingin masuk ke suatu rumah, kita harus mengetuk pintu dan mengucapkan salam dahulu. Akan lebih baik lagi jika memperkenalkan diri dengan baik.

Warung blogger memiliki blog bersama yaitu warungblogger.org. Untuk teman-teman pengguna WhatsApp, ada Pojok WB yang tiap sabtu digunakan untuk sharing ilmu. Ada juga page, dan cabang lainnya. Bagaimanapun, Warung Blogger adalah komunitas besar dengan mimpi besar namun ingin tetap berjiwa sederhana. Misi utama kami adalah membuat semua anggotanya nyaman cangkrukan di dalamnya. Semua etika bergaul di komunitas telah disepakati bersama sejak 3 tahun lalu dan masih relevan sampai sekarang.

Kopisusu WB
Sebagian peserta

Kopisusu WB
Para peserta - foto pinjam pak Dian Kelana
Kopdar kok diberi nama Kopisusu? Seperti penjelasan saya di atas, kesahajaan dan kecintaan pada kopi sangat terasa di antara admin Warung Blogger. Ada bebarapa anggota WB yang sangat menjiwai kesahajaan WB mengkritik #kopisusuWB 1 ini tidak memiliki jiwa WB. Jika bersahaja, mengapa memilih sebuah lokasi kopdar yang bonafid dengan pemateri wahid seperti Dewa SEO dan mbak Shinta Ries? Mungkin bisa saya jelaskan sedikit tentang hal itu. Katakanlah, ini sebuah klarifikasi.

Ide #KopisusuWB pertama kali muncul di event Blogger Nusantara 2013. Saat itu beberapa admin pertama kali bertemu dan kami banyak berdiskusi di sana. Medio 2014, rencana ini digulirkan ke para anggotanya. Animonya sangat luar biasa. Terpilih 6 kota yang menjadi lokasi #KopisusuWB. Meski terlihat diam, tapi kami berusaha mewujudkan mimpi bersama itu. Kami berhasil menggandeng interspace sebagai sponsor tunggal di #KopisusuWB1. Harapan mewujudkan kopdar warung blogger ini sempat diliputi kekhawatiran karena konsep #KopisusuWB berbeda dengan image yang ingin ditunjukkan sponsor utama. Kami tak gentar menghadapi perbedaan konsep dan memilih maju ke depan. #KopisusuWB pun digelar dengan konsep yang ditawarkan pihak sponsor. Yang terpenting adalah, #KopisusuWB pertama terlaksana sehingga #KopisusuWB kedua dan seterusnya akan terlaksana. Apakah konsepnya tetap sama? Hmm... beritahu tidak ya??? Penasaran? Jawaban dari saya adalah.... "kami akan berusaha sebaik mungkin mewujudkan harapan dan saran para peserta #Kopisusu Jakarta yang dititipkan pada kami pada tanggal 24 Januari 2015 lalu di lokasi. Jawabannya ngeles ya.... hihi...

Masih penasaran dengan kelanjutannya? Saya usahakan bercerita lebih banyak di posting selanjutnya. Sementara ini dulu ya. Sudah panjang sekali.

Sekali lagi, terima kasih kepada semua pihak yang membantu suksesnya acara #KopisusuWB Jakarta ini. InsyaAllah kita akan bertemu di #KopisusuWB selanjutnya, semoga di kota kamu. Aamiin...

20 Komentar

  1. Selamat...ditunggu acara kopisusu lainnya

    BalasHapus
  2. Ah rameeeeeeeeee jadi pengen ikutan,,, ntar klo ada lagi ikutan ah :D

    BalasHapus
  3. Saya biasa bicara blak-blakan nih ...
    Saya menikmati kopdar kemarin ...
    Namun demikian saya agak sedikit "berkerut" dengan dominasi sponsor
    Saya mengerti mereka menyandang support dananytas. Namun bykan berasrti mereka bisa "menyetir" komunitas bersahaja ini seperti kehendak mereka.

    Maju terus komunitas Warung Blogger !
    Komunitas deduluran yang penuh kesederhanaan yang tulus

    Salam saya Mbak Sus
    (1/2 : 1)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak NH memang biasa bicara apa adanya. Kadang nyindir juga sih... hihi... dan salah satu warga WB yang tahu benar jiwa WB. Beruntung punya banyak teman blogger yang mau berterus terang dengan pesan kesan yang saya minta.

      Hapus
    2. Mak Nchie: AKu ga berkerutt krn sudah banyak kerut. eeaaa...... kita kan tak hanya amongg tamu blogger, tetapi juga among sponsor. hahahaha

      Hapus
  4. Seru banget ya mbak acaranya, kopisusu pertama tp brjalan dg lancar dan sukses pula. Ditunggu kopisusu kedua ketiga, dan seterusnya yak. Sukses mbak susi n sukses bwt WB

    BalasHapus
  5. Rame banget yaaa yg datang. Ternyata dr seluruh Indonesia yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan mbak, hanya 92 blogger Jakarta yang datang

      Hapus
  6. Mba, sy baru tahu kalo Mba Susi ternyata salah satu adminnya.
    Hebat, euy.
    Sayang, sy ga ikut acara itu.
    Btw terimakasih ya Mba sudah mengurusi anggota WB dgn baik.
    Salam saya kepada admin yg lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah jadi warga WB yang baik mbak.
      Saya admin tergalak - versi teman blogger yg bikin kesalahan.

      Hapus
  7. acara kopdaran selalu seru ya Mbak....maju terus WB :)

    BalasHapus
  8. karena kopdar ini kta jadi ketemuan ya mbak, walaupn gak bisa ngobrol banyak

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah, meski banyak kekurangan tetap bisa terlaksana ya Mbak Sus ^^

    Selalu ada pembelajaran dalam setiap kesempatan.

    BalasHapus
  10. wah, udah baca beberapa posting tentang kopi susu wb ini..
    kelihatan seru banget deh itu :)

    BalasHapus
  11. asik ya bisa kumpul2 spt itu...kopi susu surabaya kapan ya ???

    BalasHapus
  12. Panitianya hebat, konsep acaranya bagus, kebersamaan WB-nya jangan ditanya lagi.. tapi ya itu idem dengan apa yang dikatakan oom Nanang, ada dominasi penyandang dana yang bikin 'kenig berkerut' :D
    semoga ada event ciamik berikutnya dari WB.. reviewku menyusul setelah dapat inspirasi dari postingan ini :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)