Rahasia Mendapat 1 Juta Pageview

Alhamdulillah, akhirnya blog susindra ini mencapai 1 juta kunjungan pertama. Waktunya juga tepat di tanggal 1 Mei yang biasa disebut MayDay. Jadi lebih mudah saya ingat dan jadi kenangan tersendiri.

Beberapa teman mungkin penasaran, apa istimewanya blog bernama Susindra Craft ini sehingga mencapai 1 juta pageview? Apa rahasia mendapat banyak kunjungan blog? 
Rahasia mendapat banyak kunjungan di blog Susindra pernah saya tulis beberapa kali, silahkan tengok di posting berlabel My Blog. InsyaAllah banyak ilmu SEO sederhana ala saya di sana. Saya ingin menulis lebih banyak sampai saya (dengan bodoh) menyadari, saya hanya sebutir pasir di dunia blogger yang masih cetek ilmunya. Agak menyesal rasanya karena telah meracuni diri dengan pendapat itu sehingga saya berhenti berbagi rahasia blogger padahal sekecil apapun ilmu itu, bisa jadi bermanfaat bagi orang lain. Maka saya ingin mengurai kembali rahasia menulis blog saya dengan bahasa yang berbeda. Semoga ini rahasia yang dicari teman-teman. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan. InsyaAllah saya bagi di posting yang lainnya.


1. Waktu atau usia blog
Blog Susindra Craft saya mulai dari tahun 2010 dan diawali dengan peristiwa pahit. Blog pertama saya yang bernama Dunia Mama Susi dibekukan sementara oleh google pada bulan April 2010 karena sering lupa log out. Meski dapat saya minta balik, saya tidak minat menulis di sana lagi. Saya pindah ke blog ini. 
Seperti mendapat cambuk yang sangat sakit, saya mendapat semangat baru untuk ngeblog dengan aktif. Saya rajin blogwalking untuk memberitahu teman-teman bahwa saya berganti blog dan mohon kunjungi blog baru saya ini. Saya memasukkan link blog teman ke blog agar dapat intens blogwalking. Seperti keranjingan, saya posting sewaktu-waktu. Hampir setiap hari! Silahkan lihat foto ini dan amati tanggalnya. Yap, itulah saya dan histori awal blog saya. Tercatat, posting blog pertama ini adalah tanggal 15 Mei 2010. Ini juga sekaligus sebagai pernyataan maaf karena saya sering salah menyebut dan merayakan ultah blog saya di bulan April 2010. :) 
Pageview awal blog susindra.com
Alhamdulillah, 15 hari sebelum ultah kelima, blog Susindra Craft sudah mencapai 1 jitu kunjungan. Ini adalah sebuah kado ultah yang luar biasa bagi saya. Semoga saya tidak lagi melakukan banyak kesalahan yang berujung hiatus berbulan-bulan seperti tahun-tahun sebelumnya. Kelihatannya penjelasan saya mbladrah dan tak jelas, padahal maksud hati saya mengatakan, “Pageview 1 juta pasti akan didapatkan semua blogger seiring dengan waktu. Itu adalah keniscayaan kecuali memutuskan berhenti. Jadi tetap menulis dan menulis, tak perduli kendala apapun.”
Realtime pageview saya hari ini
Inilah hasil perjalanan waktu saya menulis blog. Gambar ini real time, saya capture tanggal 1 Mei 2015 jam 18:30. Terlihat seluruh aktivitas selama 5 tahun dan posting apa yang menjadi primadona di blog ini. Oh ya, mungkin informasi ini bermanfaat, saya menyadari waktu reset kunjungan harian blog saya setiap pukul 7 pagi. 

2. Navigasi blog
Ketika bertandang ke blog teman, saya sering membaca posting utama dan terbaru. Namun adakalanya, ketika saya punya waktu banyak, saya membaca informasi siapa pemilik blog. Tak jarang saya tertarik membuka posting lama yang judulnya mencuri perhatian saya. Apalagi jika si pemilik blog sedang membuat giveaway yang meminta pesertanya mereview blognya. Bayangkan jika itu adalah pengunjung yang mendapatkan artikel kita melalui posting blog yang nyantol di pejwan google untuk keyword tertentu. Maka navigasi blog yang mudah dipahami adalah salah satu cara untuk meningkatkan kunjungan blog. Karena itu, ada beberapa widget yang wajib dimiliki oleh sebuah blog yaitu: siapa pemilik blog (jika perlu dengan kontak personal yang bisa dihubungi), label/kategori blog yang menarik, kolom pencarian/search, arsip blog, random post (bisa dari linkwithin atau dengan html tertentu seperti di sidebar kanan saya). Sebenarnya jika menerangkan di bagian ini, butuh 1000 kata sendiri. Maka saya persilahkan membaca posting saya yang ini dan ini yang merupakan blog review. InsyaAllah sudah cukup memadai dan tetap up to date. Jika ingin lebih banyak lagi, silahkan membuka label/kategori My Blog dan Tips Blogger. Saya menulis rahasia saya berkali-kali dengan label itu.
Silahkan mengamati template saya dan memasukkan widget yang ada. InsyaAllah efektif navigasinya
3. Kekuatan tulisan
Rahasia mendapat banyak kunjungan blog adalah kekuatan tulisan kita. Tak ada yang lebih hebat dari pada ini. Maka jargon konten blog adalah raja tidak akan pernah hilang. Meski sekarang dunia blog telah lama teracuni oleh AGC dan copaser, namun tulisan kita akan tetap bertahan di permukaan tertinggi. Maka saya sarankan menulislah dengan ikhlas untuk berbagi. Jangan patah semangat ketika mengetahui bahwa posting kita telah dicuri dan dicopas blogger lain. Apalagi jika dijadikan bahan postingan oleh pemilik blog yang memakai blognya untuk menghasilkan uang. Saya mengenal beberapa blog kotor yang seluruh isinya adalah hasil copas dari blog/berita. Bahkan pemiliknya tak merasa perlu mengedit ulang atau sekedar menekan enter untuk menandai paragraf. Copy, buka new posting, klik html, paste lalu publish. Dengan cara ini seluruh link dan hiasan postingan yang dicopas akan hilang. 

Sakit hati postingan saya diperlakukan seperti itu? Saya telah mengalami ribuan ujian keikhlasan sehingga perlakuan seburuk apapun jarang saya masukkan ke dalam hati kecuali jika diingatkan selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Saya menulis untuk berbagi dan tak semua kebaikan kita akan dibalas dengan kebaikan. Namun itu tetap lebih baik daripada tidak berbagi bukan? Seperti guru TK yang mengajarkan calistung dan tak mau berteriak, “Hei! Aku yang pertama kali mengajarkan calistung pada presiden Jokowi!” - misalnya.

Posting blog saya adalah buah pikir saya, namun nasibnya tetaplah ditentukan oleh pembacanya, termasuk robot perayap yang akan menentukan seberapa tinggi nilai posting saya. Maka saya tak jera menuliskan apa yang menjadi hobi saya, passion saya, ketertarikan saya, dan apa yang menurut saya saat itu layak saya beritakan di blog. Setelah itu? Biarlah ia menentukan nasibnya sendiri. 
Meski dicopas lebih dari 20 blog, malah semakin melejit di atas
Menurut saya, robot google lebih cerdas dan awas. Jadi jangan mencak-mencak jika posting blog kita dicopas blogger lain. Adem saja sambil membatin, "Semoga tulisan saya lebih diakui daripada tulisan copaser." Saya berdamai dengan diri sendiri seperti ini karena saya sempat ngambeg menulis ketika tahu posting saya banyak diposting ulang tanpa menyebutkan nama saya. Salah satunya adalah tutorial membuat bunga mawar dari kain flanel yang diposting ulang copaser lebih dari 20 kali. Tapi saya tersenyum dan mengikhlaskan tindakan semacam ini karena artikel ini memiliki 135.985 kunjungan, menyumbang 8000 kunjungan perbulan, 2000 kunjungan perminggu, dan berada di posisi pertama pencarian google. Bisa tengok gambar realtime pageview di atas untuk melihat bukti jumlah kunjungan posting ini di gambar atas.

4. Uang dan hadiah bukanlah prioritas menulis blog
Saya melihat kecenderungan mencari uang atau barang melalui blog dari teman-teman. Ada rasa iri melihat pundi-pundi yang dihasilkan teman blogger dan berusaha menirunya. Saya termasuk blogger yang tak menampik nilai posting yang ditawarkan  pencari blogger review. Gratis juga ok saja. Ada sebuah website yang mencari content writer murah meriah yang memakai jasa saya sehingga blog saya sempat terbengkelai. 2 posting perhari selama 3 bulan. Meski dengan malu saya akui bahwa saya tak sanggup memenuhi kewajiban 60 posting perbulan, saya mencobanya. Tertatih-tatih di antara kewajiban menyelesaikan pesanan bunga flanel yang menjadi sumber pendapatan utama saya. Saya senang melakukannya. Meski sempat dikecam beberapa blogger yang merasa gaji sekian adalah penghinaan bagi diri sendiri, saya tetap istiqomah menulis. Baru segitu rezeki saya.... maka harus saya terima. Nilai plusnya adalah: saya berlatih menulis secara terstruktur, harus pandai mengolah data kecil namun akurat dan harus minimal 300 kata. Ide kecil bisa menjadi tulisan yang semoga bermanfaat bagi pembacanya. Manfaat lain? Saran saya, menulislah untuk niat beribadah. Jika sudah tiba saatnya, tulisan kita akan dihargai mahal. Kota Roma tidak diciptakan dalam waktu semalam. Ah, sebenarnya saya juga ada rasa iri dengan blogger yang sering mendapat rejeki dari review sih, karena saya sangat jarang dapat job review. Saya juga iri dengan teman yang bisa ikut acara blogger karena saya tinggal di kota kecil yang jauh dari gempita kegiatan blogger. Cari teman blogger di Jepara saja sulit. Tapi rasa iri itu saya jadikan penyemangat untuk tetap menulis meski tak semenyenangkan teman blogger lain. Apalagi saya jarang bisa ikut giveaway. Padahal yang satu ini sangat efektif menyumbang pageview loh.

5. SEO itu bukan dewa yang harus dipahami
Banyak sekali tutorial SEO di blog, tapi sebenarnya bahkan master SEO sendiri adalah murid yang selalu dituntut untuk belajar. Mengapa? Karena tak ada yang tahu algoritmatika sejati google yang selalu dirubah. Google tidak membayar sangat mahal pegawainya jika mereka bukan orang-orang yang kreatif menciptakan ilmu baru. Itu yang saya pahami. Setidaknya, saya pernah membaca pengakuan  di blog master SEO ketika saya masih penasaran akan rahasia SEO. Ketika membaca posting itu pada tahun 2013, saya memutuskan, saya tidak perduli dengan pejwan, serp, dan keyword. Saya menulis yang saya mau dan saya menikmatinya. SEO pemula tetap saya pertahankan, tentu saja. Adakalanya saya bermain keyword di blog saya dengan menulis sesuatu yang dibutuhkan pencari informasi. Saya suka menonton film horor, maka saya beberapa kali memposting sinopsis film horor terbaru yang ternyata pageviewnya luar biasa. Saya memposting tutorial membuat bunga flanel yang pageview-nya tak kalah mencengangkan. Saya terkadang menulis berita yang sedang populer dan sesuai dugaan, meledak! Artikel-artikel semacam ini sering menjadi artikel abadi. Tips yang mungkin dicari orang, berita unik, dan apapun yang sering dicari pembaca. 
10 sumber pageview terbaik. temukan sumber kunjungan yang bisa kamu tulis
SEO sederhana saya yang lain adalah: keyword yang natural di blog, link tulisan di posting blog, mengenal Google Analityc & Webmasterblog, template yang ramah dan cepat loadingnya, membuat blog mobile friendly, blogwalking ke blog baru. Oh ya, menulis sepanjang ini sebaiknya dihindari. Tulisan yang ideal itu (menurut saya) 300-500 kata.

6. Share! Share! Share!
Posting apapun tetap butuh diperkenalkan pada dunia. Biasanya setelah memposting saya share di grup facebook Warung Blogger, KEB, IIDN Semarang dan Blogcamp. 4 grup ini wajib bagi saya. Tak hanya share, saya sering membuka grup ini untuk blogwalking. Sumber blogwalking selain dari 4 grup ini adalah radar blog yang saya beri nama Sahabat Susindra. 
Selain share manual di facebook, saya memiliki akun networkblog dan G+ yang saya setting membagi posting blog saya secara otomatis. Jika ini belum cukup, teman-teman yang telaten bisa membagi dengan media sosial lain seperti twitter, path, instagram, dan lain-lain. Maafkan saya, untuk yang terakhir saya sebutkan itu, saya masih sangat jarang. 
Oh ya, di bagian terbawah ada Vlog yang saya sematkan. Kabarnya, Vlog bisa mendatangkan trafik yang luar biasa. Saya penasaran dengan kabar itu dan memasangnya 2 minggu ini. Saya sedang mencoba mengirim vlog (meski belum pernah diacc). Tapi justru itu yang membuat saya makin penasaran. Apa rahasia mengirim vlog masih menjadi misteri yang harus saya pecahkan. 


Wuih... tulisan saya panjaaaaang sekali. Padahal masih banyak yang harus saya ceritakan. Memang, ya, menulis rahasia mendapat banyak kunjungan blog itu tak bisa ditulis dalam 1 posting. Teorinya banyak dan kebanyakan hasil menebak/pengalaman pribadi. Selamat mencoba. Oh iya, saya hampir lupa, ada sebuah buku bagus yang harus dibaca jika ingin istiqomah menulis blog. Buku ini mengajak para blogger pingitan, blogger baru, blogger yang surut semangat menulisnya untuk menjadi blogger baru dan layak disebut Neo Blogger. 


76 Komentar

  1. wow mantap sekali, umur blog nya mungkin hampir sama dengan blog saya, tapi punya saya pageview nya baru setengah nya

    BalasHapus
  2. Uwow kereennn mak...bs sampek puluhan gt y mak pengunjung perpostingan...kece daahhh..tengkiu tipsnya ya mak :)

    BalasHapus
  3. wow,keren bangettt..selamat ya mbak. makasih tips kerennya^^

    BalasHapus
  4. Viva blog memang bagus, mba. Pageview terbanyak dari viva selama dua tahun masih awet. Tetep dapet kunjungan rutin. Biasanya artikel yg diacc yg unik dan orisinal. 500 kata juga udah cukup. Yg penting konten sesuai dg judulnya.

    BalasHapus
  5. "Uang dan hadiah bukanlah prioritas menulis blog" poin ini sangat nohok banget Mbak. Dan dari hari ke hari semakin sering bersinggungan dengan blogger lain semakin tahu ngeblog itu esensinya adalah berbagi dengan hati.

    Makasih Mbak untuk sharingnya :D

    BalasHapus
  6. Mantap Mak, selamat berkarya lagi di dunia blog ^^

    BalasHapus
  7. kerenn euuuy. jd semangat lg

    BalasHapus
  8. Kapan yah bisa tembus satu juta seperti yang di alami blog ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seiring berjalannya waktu suatu saat nanti pasti bisa mas

      Hapus
  9. aduh mba, tulisannya mnyentuh dan menyemangati saya. makasih ya, saya sering angot angotan kalau update blog. semoga sukses selalu untuk mbak.

    BalasHapus
  10. Mantap.makasih sharingnya.
    Telaten dan konsisten ya mbak.
    Salam kenal

    BalasHapus
  11. Kereen mba Susi, selamat ya mba, blogku masih jauh dr PV sejuta niih

    BalasHapus
  12. Wuiiih keren banget nie mbak, pageviewnya udah tembus ampe 1 juta ya... tapi memang diperlukan sebuah kesabaran dan konsistensi ya mbak, terimakasih atas sharingnya sangat memotivasi dan menginspirasi banget nih :)

    BalasHapus
  13. Mantap banget mba...wah jadi envy aku...tapi jadi motivasi juga nih...emg dunia blogger gak ada yg pasti yg penting tetap fokus semangat dan konsisten posting dg niat berbagi ya...semoga apa yg kita tulis bermanfaat...maka cepat atau lambat kita bisa memetik hasilnya kan?
    Makasih tipsnya mba susi...tambah semangat saya ngeblognya hihi...

    BalasHapus
  14. Selamat ya! Jleb banget postingannya :)

    BalasHapus
  15. Bunda keren, Motivator banget..meguru ke Bunda ah :D

    BalasHapus
  16. Bunda keren, Motivator banget..meguru ke Bunda ah :D

    BalasHapus
  17. Kerennn mak. Makasih sharingnya. Sungguh menginspirasi. Salam kenal ya

    BalasHapus
  18. Komplit ilmunyaa.. :D
    Terima kasiiih mak, salam dari solo..

    BalasHapus
  19. Kereeeeennnn..... Semoga saya juga bisa seperti Mbak :) Padahal blog saya sudah dari 2009, tapiii masih jauuhh jam terbangnyaa :(

    BalasHapus
  20. Keren banget mbak. Saya masih seratus ribuan. baru sepersepuluhnya. Terimakasih sudah berbagi tips. Iya, saya pernah coba bikin tulisan yang ngehits dan pengunjungnnya masih banyak sampai sekarang.

    BalasHapus
  21. Sebelumnya aku ucapkan selamat ya Mbak atas pencapaian ini dalam dunia perbloggeran... Sharring-nya di atas membuka mataku utk tekun menjadi seorang blogger... Aku juga sudah cukup lama jadi blogger ttp baru akhir2 ini giat nulis... Walaupun artikelku belum seberapa banyaknya ttp aku bangga koq karena itu tulisanku sendiri... Sukses ya buat mbak Susindra...

    BalasHapus
  22. Masya Allah, angka yang belum pernah ada dalam pikiran saya*ketahuan deh beda jauh pageview saya.hehe..

    Terima kasih sudah berbagi mak, bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  23. Setuju mbak. :) bagi saya ikhlas berbagi itu sangat penting. Terlebih bagi blogger penuh waktu yang menggantungkan hidupnya pada blog. Terkadang yang menjadi keinginan hanya ambisi untuk mendapat uang, sehingga kurang memperhatikan kualitas dan dampak yang didapatkan dalam tulisannya. :) cmiiw, salah kenal

    Salam.
    www.virmansyah.info

    BalasHapus
  24. Luar biasa mak..felicitation! selamat yaaa. Saya harus banyak belajar dari mu mak..dan tips nya juga sangat penting, karena seringkali terlupa. .cheers dan sukses terus dengan blognya maaak 😊😇😊

    BalasHapus
  25. Selamat ya Mbak, punya saya masih jauuh bingiit :D
    Maklum umur blog saya di BS ini baru 4 bulan jadi masih harus mbabat alas.

    BalasHapus
  26. Barakallah mbaaa..kereeen sangaat!

    BalasHapus
  27. wah selamat ya.. saya baru 2 bulan ngeblog wajar lah masih 1000 pengunjung

    BalasHapus
  28. mbak Susi tetap bertahan menulis walau sempat istirahat
    konsistensi dan keseriusannya jadi contoh banget buat aku
    terima kasih sudah berbagi mbak

    BalasHapus
  29. Woww....luar biasa mbak. Selamat ya mbak. Tulisan ini juga sangat inspiratif. Mungkin satu-satunya gangguan adalah ukuran foto yang terlalu kecil. mungkin bisa disetting 'large' kali ya, hehee...soalnya mau lihat angka-angka itu, meski nge-klik foto deh biar jelas, hehee....

    BalasHapus
  30. keren mba..moga2 aku bisa seperti ini juga.... tapi hrs diakuin, utk posting sehari 1, susah buatku :D Krn kerjaan kantor yg menyita waktu bgt..sampe rumah aja kdg jam 9 mlm... kalo msh hrs nulis blog, aku remuk mba :D...Makanya target cuma seminggu sekali...

    BalasHapus
  31. Poin 4 mak.... sesuatu banget...
    Hehe
    Plus sebenarnya saya pengen banget bisa sebanyak ini komentarnya di blog. Spertinya mmg harus rajin bw lagi :D

    BalasHapus
  32. Keren Mbak Susi ^^b
    Semoga Evi bisa jadi kayak Mbak Susi

    BalasHapus
  33. Selamat mbak, sudah sampai 1 juta
    Jadi semangat nih mau menyusul, walaupun PV masih sedikit :D

    BalasHapus
  34. selamat yaa Mbak....keren 1 juta lho :)

    BalasHapus
  35. keren banget, umur blog kita hampir sama mak, tapi pageviewnya jauhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh :D

    BalasHapus
  36. Tips bagus dan bermanfaat
    Saya tambahkan satu lagi, lakukan Fetching di Google Webmaster Tool agar artikel cepat terindeks. Ini juga saya lakukan.
    Selain blogwalking juga sangat ampuh
    Terima kasih tipsnya yang komprehensif
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  37. Thank you makk, saya jadi semangat nih.. Blogwalking ke blog saya ya makk..
    Http://beautyasti1.blogspot.com

    BalasHapus
  38. Four thumbs up, Mak Susi. Sy pemula banget di dunia blogging. Masih hitungan bulan. Suka banget sama kalimat ini: menulislah untuk niat beribadah. Jika sudah tiba saatnya, tulisan kita akan dihargai mahal. Kota Roma tidak diciptakan dalam waktu semalam.
    Semoga semangat Mak Susi menular ke blogger balita ini :D

    BalasHapus
  39. Tentang artikel yang lagi trend dan horor emang sukses juga aku tulis. Dan pengen nulis serial horor rutin seminggu sekali tiap kamis, hihiii promo terselubung nih :D

    BalasHapus
  40. Info yang sangat bermanfaat mak untuk nubi seperti saya. Thanksa ya :)

    BalasHapus
  41. Terimakasih mak ilmunya..sangat bermanfaat sekali..semoga makin bersemangat lagi menulis di blog..

    BalasHapus
  42. Terimakasih mak ilmunya..sangat bermanfaat sekali..semoga makin bersemangat lagi menulis di blog..

    BalasHapus
  43. Selamat ya mba..... dan makasih udah sharing :)

    BalasHapus
  44. lupa log out apa sm dgn lgsg tutup browsernya ya mbak? hihihihi keseringan nih kalo saya, takut kalo2 diblok jg.
    terimakasih mbak Susindra, informasinya bermanfaat sekali.
    Sharing is caring.....

    BalasHapus
  45. MEmang pengaruh ya mbak kalau lupa log out?

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya lupa nguapin selamat, keburu klik komen tadi

      Hapus
  46. Sisi lain jg 2010 mbak, tp yo baru buat nulis 2011 akhir hahaha. Kuncinya, menulis ikhlassss

    BalasHapus
  47. Lupa log out bisa dibekukan Mbak? Baru tahu. Saya gak pernah log out. Tapi kalau buka blog, kok mesti masukkan user name dan password ya?

    BalasHapus
  48. Selamat mba Susi..dan trims sdh berbagi tips ini.. :)

    BalasHapus
  49. selamat mba dan terimakasih ilmunya. benar, menulis itu ibadah :)

    BalasHapus
  50. siiiip tenan Mbak Susi...pokoknya banyak ilmu deh kalo mampir kemari..bismillah semoga bisa punya domain sendiri dan melesat bak roket Susi :)

    BalasHapus
  51. penuh perjuangan... menambah semangat buat ngeblog lagi mbak... thanks sharingnya... :D

    BalasHapus
  52. Jd perjuangan tersendiri yah mbak utk mencapai itu... salut euy sama semangat menulis dan berbaginya mbak Susi...

    Tetep semangat utk ke depannya yah mbak.. tips nya bermanfaat sekali mbak, thank you for sharing.. ^_^

    BalasHapus
  53. selamat mbak Susi ..untuk 1 juta pageviewnya..


    apa kalau jarang log out bisa terancam ya mbak?saya kalau online jrg banget blognya log out.


    hmmm saya juga penasaran sih ama ilmu per-SEOan >.<

    nah ituuuuuu kurangnya saya, ngeshare hasil isan di blog..terima kasih mbak Susi tipsnya..insya Allah saya cobain :-)

    BalasHapus
  54. mbak,, aku kehilangan "kekuatan" untuk menulis

    BalasHapus
  55. Makin mantap blognya, selamat ya.
    Cukup lama blog saya terlantar begitu saja, pageview-nya pun makin minim heuheu...

    BalasHapus
  56. Selamat ya mba Susindra. Salut sama sampeyan menulisnya konsisten dibanding saya, hehe...

    salam,
    http://alrisblog.wordpress.com

    BalasHapus
  57. selamat untuk 1 juta PVnya :)

    BalasHapus
  58. Thanks for sharing, Mbaaak.. :D

    Aku jugak yakin semua blogger bakalan nembus satu juta pageviews asal tetep nulis. :D

    BalasHapus
  59. Terima kasih semua teman-teman blogger. InsyaAllah saya jawab satu-satu secara bertahap sambil memasukkan link blog ke Sahabat Susindra.

    BalasHapus
  60. Hehehe.. sama dengan saya, Mbak. Mencari blogger di Gresik itu juga susyah. Ada, tapi mereka mastah SEO :D

    BalasHapus
  61. Blognya udah sesepuh nih...
    Selamat ya udah sampai 1 juta page view..
    Blog saya aja belum sapmai segitu :v
    Terakhir ada tulisan "blog Susindra Craft sudah mencapai 1 jitu kunjungan" itu ada typonya..
    Emang disengaja ato gimana?

    BalasHapus
  62. 1 juta pageview, macem berbisnis ya. Setiap dapat 1 juta dollar pertama diperingati sbagai sejarah

    BalasHapus
  63. mksh sdah share ilmunya mb...sy juga pengin lo didatengi jutaan org..hebat y mbak.

    BalasHapus
  64. Waah, saya baru aktif ngeblog empat bulanan ini..sedang menuju 30 pageview. Hihi

    Semoga segera bisa capai 1 juta view.

    Salam kenal dari blogger super newbie ya mbak..

    BalasHapus
  65. Wah.. Sukses mak atas pencapaiannya..

    BalasHapus
  66. waaaa langsung bookmark artikel ini, penting banget soalnya. Makasih yaaa...

    BalasHapus
  67. tulisannya emang panjang mb susi tapi banyak ilmunya, saya suka

    saya baru pertama kali ke blog ini, sdh saya folow juga spaya selalu dpt updata. ma kasih ya mb, ilmunya

    BalasHapus
  68. kapan ya bisa sampe sejuta aku mah :(

    BalasHapus
  69. Nggak akan ada yg sia-sia kalo dari awal niat kita berbagi ya mba, tfs...jadi selfreminder buat saya kalo sharing is caring. Always :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)