Resep Terong Sambel Kelapa

Sudah lama saya tidak menulis resep masakan, ya. Terakhir itu yang posting Oseng-oseng daun talas (daun lompong) dan Opor batang kelapa itu. Saya mau bagi resep masakan favorit keluarga yang sederhana tapi nikmat, mudah didapat tapi ngangeni. Terong sambel kelapa – lidah jawa membacanya terong sambel kelopo. Wuih... enak banget, loh.



Bahan terong sambel kelapa:
  • 1 terong hijau atau 2 terong ungu, kupas dan potong memanjang besar.
  • ¼ butir kelapa, diparut.
  • 5 buah cabe merah
  • 5 buah cabe rawit
  • ½ siung bawang putih
  • Sedikit kencur (sekitar ½-nya bawang putih yang dipakai)
  • Trasi, gula dan garam secukupnya


Cara memasak sangat gampang
  1. Rebus terong sampai matang, buang airnya.
  2. Uleg semua bumbu yang ada sampai halus, lalu masukkan parutan kelapa. Setelah tercampur rata, baru masukkan terong ke dalam sambal kelapa tadi. 

Masakan sederhana ini favorit ibu banget. Beliau lebih suka memakan sayur ini hanya ditemani nasi, tanpa lauk. Jika diberi lauk, tidak akan disentuh kecuali benar-benar ingin. Masa kecil saya cukup sering memakan sayur ini. Mirip dengan sambel jambu mete, menu yang satu ini sering disantap tanpa lauk. 

Mungkin, mungkin ya, untuk sedikit mengingatkan zaman serba susah itu. Istilah paling sering dipakai di sini sih, zaman asu rak enak (zaman anjing tidak enak dimakan). Nah loh... kenapa pakai anjing segala.... jangan tersinggung loh ya. Ini kan Cuma memberitahu istilah dan budaya lokal saja. ;)

Jadi... mau memasak sayur terung sambel kelapa? Monggo dicoba dan bagi fotonya dengan saya di media sosial. :) 

Share:

20 comments:

  1. Wah, kalau saya lebih suka terong disambalin Mbak hehehe

    ReplyDelete
  2. Makasih resepnya Mbak, siap untuk dicoba.

    ReplyDelete
  3. Eh... rasanya mirip urap gitu gak sih? Enak kayaknya

    ReplyDelete
  4. ini makanan sy banget ... rasanya tuh maksyus .... hehe

    ReplyDelete
  5. wah belum pernah makan terong di buat begini nih..

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Kutantang kau makan pedas. Pengen tahu saja selevel apa. :p

      Delete
  7. Weh, baru tahu terong masak bumbu kelapa. Biasanya kalau ada terong ya dibikin balado maupun lodeh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelihatannya tak banyak yg kenal masakan ini mbak. Di semarang yg cuma 80 km tidak ada.

      Delete
  8. simpel ya... tp tampak menggoda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya orang desa yg dididik ala desa, mbak. Hehehe

      Delete
  9. uwaaa,ini enak banget mbak..eh eh,tau nggak...baruuuu aja aku bikin sambel terong buat makan malam,hayuk mbak barteran heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 enak tuh mbak. Suamiku auka terong sambel, saya suka terong sambel kelapa. Sama2 sambel, tapi bahan dan cara memasaknya beda. Hihihihi

      Delete
  10. Replies
    1. Monggo Mbak Fanny. Terima kasih audah mampir

      Delete
  11. belum pernah nyoba, biasanya di sambal balado udah bikin nambah terus :D

    ReplyDelete
  12. Aku juga orang jawa mba tapi di tempatku ga ada terong sambel kelapa kayak gini adanya pare. Dan aku juga suka makan pare yang pake kelapa, enak!

    ReplyDelete
  13. Hmm bumbu kelapanya seperti trancam ya.. cuman beda di isi.. wah kapan2 bole dcoba ni

    ReplyDelete
  14. Waduh... pagi pagi lihat kayak gini..
    ane tuntut hlo mbak karena melakukan perbuatan yg membuat orang lain lapar. wkwkwkwkw...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra