5 Cara Mudah Mempercepat Koneksi Wi-Fi

Salah satu ciri masyarakat modern adalah membutuhkan laptop untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Mulai dari menyelesaikan pekerjaan, mengirim email, menggunakan media sosial, hingga menonton video, semuanya dilakukan dengan bantuan laptop. Performa laptop istimewa membutuhkan koneksi Wi-Fi yang berkualitas. Tanpanya, kemampuan maksimal sulit tercipta.

Pasti kesal rasanya jika harus berhadapan dengan koneksi Wi-Fi yang lemot. Aktivitas yang ingin dikerjakan akan terganggu dan terasa membuang-buang waktu. Tentu tak mau merasakan hal ini kan, ya? Padahal sangat mudah dicegah. Ingin tahu cara mudah mempercepat koneksi Wi-Fi? Coba lakukan 5 cara mudah mempercepat koneksi Wi-Fi di bawah ini dan rasakan bedanya.

1. Mempertimbangkan Letak Router Dalam Ruangan

Router adalah perangkat yang memancarkan sinyal Wi-Fi ke seluruh ruangan. Jadi, tentu saja router harus ditempatkan di bagian tengah ruangan. Hindari meletakkan router di dekat jendela karena hal ini membuat sinyaol Wi-Fi menjadi dominan di bagian luar ruangan.

2. Meletakkan Router di Tempat yang Tinggi

Perangkat router didesain untuk mengirimkan sinyal-sinyal Wi-Fi ke arah bawah. Sehingga koneksi Wi-Fi akan menjadi lebih efektif bila router diletakkan di tempat yang tinggi. Cobalah untuk menempatkan router di ruang kerja atau ruangan lain di rumah yang sering menjadi tempat mengakses internet. Sehingga aktivitas bekerja atau sekadar browsing pun akan semakin terbantu.

3. Jangan Lupa Memperhatikan Posisi Antena

Posisi antena router ternyata juga menentukan pancaran sinyal Wi-Fi yang dihasilkan. Pastikan posisi antena berada dalam keadaan vertikal sehingga sinyal bisa terpancar secara lancar dalam bentuk horizontal. 

4. Menjauhkan Router Wi-Fi dari Perangkat Elektronik Lain

Perangkat elektronik lain seperti TV atau microwave menghasilkan gelombang elektromagnetik yang bertentangan dengan koneksi Wi-Fi. Sehingga hal ini bisa menyebabkan kecepatan koneksi Wi-Fi menjadi kurang maksimal. Solusinya, segera jauhkan router Wi-Fi agar sinyalnya tidak terganggu dengan perangkat elektronik lain.

5. Memeriksa Kekuatan Sinyal Wi-Fi

Kuat lemahnya sinyal Wi-Fi juga bergantung pada sistem pemancar pusat. Ada bagian-bagian rumah yang didukung oleh kekuatan sinyal yang besar dan ada pula yang tidak. Demi mendapatkan hasil terbaik, lakukan pengecekan kekuatan sinyal sebelum meletakkan router di posisi yang tepat.

Bila sudah memiliki koneksi Wi-Fi yang unggul, jangan lupa siapkan laptop canggih untuk mendukung segala aktivitas kita. Kini ada laptop ASUS harga 3 jutaan yang disuguhkan oleh MatahariMall untuk memenuhi kebutuhan kita.

Akses yang mudah ke situs MatahariMall membuat kita jadi lebih hemat waktu bila ingin berbelanja online. Selain laptop, aneka gadget dan kebutuhan rumah tangga lainnya juga tersedia secara lengkap di toko online ini. Coba deh belanja di MatahariMall, mudah, murah dan cepat. Mau yang lebih? Ada! Buka MatahariMall dan nikmati penawaran harganya yang istimewa.

Share:

24 comments:

  1. makasih banget mbak atas informasinya...bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak di sini

      Delete
  2. Waaaaah makasih banyak infonyaaa. Kebetulan wifi dirumah akhir-akhir ini suka lemot. Ntar aku coba praktekin cara-cara diatas aaaaahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo Mbak. Alhamdulillah wifi di rumah saya selalu lancar, makanya bisa memberi sedikit saran

      Delete
  3. aku pake wifi dari hp. mau praktekin cara di atas juga. tfs mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang saya tethering dari HP juga Mbak, jika di luar rumah.

      Delete
  4. saya biasanya wifi-an dari HP, tethering gtu aja Mbak.. heheh.
    ini rencana kantor mau beli router wifi gtu sambil nunggu pemasangan internet dari Lintas Arta, mau coba deh tips Mbak.. thanks yah Mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak Diah. Selamat mencoba. InsyaAllah bermanfaat

      Delete
  5. aku masih sering nebeng wifi hehehe..makasih infonya ya mbak

    ReplyDelete
  6. Thankyou infonya mba. Btw, aku naksir itu laptop Asus yang bisa muter-muter ituu hihi. Tapi mahaaal huhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha..... ada harga ada rupa Mbak. Ayo nabung...

      Delete
  7. Aku jg pake wifi mbak, semakin tinggi emg semakin bagus sinyalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Router memang didesign memancarkan sinyal ke bawah, jadi harus lebih tinggi.

      Delete
  8. Makasih infonya ya Mba.. Aku sering nebeng wifi kantor..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi.... Yang nebeng-nebeng itu asyik lho Mbak

      Delete
  9. Pengalaman pribadi, juga gitu..

    ReplyDelete
  10. Jadi harus lebih teliti lagi ya mbak intinya, sepertinya saya tidak begitu memerhatikan deh mbak kalau masalah wifi kalau saya biasanya kalau merasa lelet baru saya lihat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... sekarang sudah tahu kan? :D

      Delete
  11. Meletakkan router di tempat yang tinggi, itu saya yang terlupa.
    Ternyata berpengaruh ya mba, karena terasa sering nggak lancar koneksinya
    Siip, makasih sharingnya mbaa

    ReplyDelete
  12. bener banget ya kadang letak router mempengaruhi wifi

    hahaa, emak2 pencari wifi niy kalo dirumah qiqiq

    makasih mbaa sharingnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra