Cara Memilih Resep Masakan yang Mudah dan Praktis

Bagi saya pribadi, perempuan harus bisa memasak. Tak perlu ahli memasak. Cukuplah tahu cara membuat sarapan bagi dirinya dan keluarga. Lebih baik lagi jika bisa memasak menu untuk seharian sehingga tidak mengandalkan jasa catering atau jajan di jalan. Lebih bagus lagi jika punya menu andalan keluarga yang sesederhana apapun sangat diminati anak dan suami.


"Aduh, saya tidak bisa memasak, bagaimana ini?" Mungkin itu pertanyaan khas teman-teman yang belum bisa memasak atau masih pemula di bidang ini. Jangan khawatir, saya juga masih punya pengalaman memasak yang terbatas, kok. Saya belum bisa membuat kue kecuali beli bahan instan yang tingga dieksekusi. Saya hanya bisa memasak sekitar 50 resep dan stag di resep itu-itu saja. Kurang berani eksplore rasa dan kurang kreatif, keduanya jadi jawaban saya. Toh anak-anak sudah punya menu favorit yang ingin saya masakkan lagi dan lagi adalah alasan ngeles yang membuat saya malas mencoba masakan baru. Padahal mudah sekali kalau mau. 

Kamu tahu tidak, kalau ada situs yang menyimpan banyak sekali menu praktis siap coba? Ada kumpulan resep makanan lengkap yang bisa dicoba. Bahkan para pemula pun bisa mencobanya. Yang sudah ahli memasak pun bisa mengeksplore aneka resep pilihan. Saran saya bagi pemula, tak ada salahnya menggunakan buku resep setiap kali membuat masakan untuk keluarga di rumah. Namun jangan sembarang resep yang dipilih karena tidak semua resep dapat dibuat dengan mudah. Berikut ini beberapa cara memilih resep masakan yang mudah dan praktis untuk dicoba:

1. Bahan yang mudah didapatkan
  Perhatikan dan kenali bahan yang digunakan untuk membuat masakan adalah langkah pertama yang harus diperhatikan. Setelah mengetahui jenis bahan yang digunakan, cari bahan yang sekiranya mudah kamu dapatkan. Perhatikan baik-baik semua bahan yang dibutuhkan beserta takarannya. Perlu kamu ketahui bahwa setiap bahan masakan yang dibuat harus menggunakan bumbu yang lengkap. Apabila tidak lengkap, akan menyebabkan rasa masakan menjadi tidak sesuai harapan.


2. Cara memasak yang mudah
   Ketika belajar memasak, sebaiknya kamu juga memilih jenis menu masakan yang mudah untuk dibuat. Usahakan yang tidak membutuhkan teknik khusus ketika memasak. Pilih cara memasak yang lebih mudah. Jika kamu termasuk pemula dan ingin belajar memasak, apabila teknik memasak yang kamu pilih terlalu rumit, itu hanya akan menyulitkan dirimu sendiri. Jangan lupa, pilih cara masak yang mudah dan praktis untuk dibuat. Dengan demikian Anda akan lebih mudah untuk menyiapkan untuk keluarga dirumah.

3. Menu makanan sehari-hari
   Sebaiknya kamu memilih jenis dan cara memasak untuk sehari-hari. Dengan demikian, kamu akan menjadi lebih mahir ketika menyiapkan masakan setiap harinya. Juga, usahakan memilih jenis resep yang menggunakan bumbu yang ada setiap harinya. Akan lebih mudah jika kamu memiliki stok bumbu di rumah seperti bawang-bawangan dan bumbu dapur standar. Jika memang perlu bumbu yang tidak lazim seperti angkak, kayu manis dan sebagainya, jangan ragu untuk menyetoknya juga, siapa tahu butuh eksplor lebih banyak menu masakan. Dengan demikian, memasak akan menjadi lebih menyenangkan.

4. Adanya buku dan video panduan
   Masih ragu memasak sendiri? Saya sarankan membeli buku masakan yang memberikan buku dan video panduan. Dengan demikian akan memberikan kejelasan saat memasak masakan yang ada dalam resep tersebut. Ada banyak sekali jenis buku resep yang ada namun yang menggunakan video panduan akan membuat Anda mengerti lebih cepat. Selain itu pastikan bahwa buku ditulis langsung oleh ahli masak yang berpengalaman.

5. Memenuhi kriteria gizi
   Ketika memilih jenis resep masakan yang ada di dalam resep, ada baiknya juga memenuhi kriteria gizi. Kamu tentu ingin memenuhi kebutuhan gizi keluarga setiap harinya. Carilah resep masakan yang memiliki nilai gizi tinggi. Juga, pakailah selalu bahan masakan yang segar dan berkualitas. Juga, perhatikan proses pematangan. Sebaiknya jangan terlalu matang agar kandungan gizinya tidak hilang.


6. Makan yang disukai
  Memasak apapun, yang pertama adalah memasaklah menu yang  kamu sukai dulu. Ini penting agar ada kepuasan tersendiri selama memasak dan ketika selesai. Apabila kamu dan keluargamu menyukai masakan dalam negeri., ya masaklah menu dalam negeri. Jika suka makanan dari luar negeri, cobalah saja. Tak masalah, yang terpenting kamu senang melakukannya. Jangan mencoba masakan yang tidak kamu sukai walaupun resep makanan tersebut terlihat enak dan nikmat. Pun ketika membeli buku resep masakan, ada baiknya jenis masakan yang disukai saja sehingga lebih bermanfaat untukmu.

Bagaimana? Masih ingin mengatakan kamu tidak bisa memasak? Coba saja dulu... mudah kok. Tak ada yang sulit kalau mau mencoba. Awalilah dengan mencari resep masakan secara online jika kamu masih belum siap membeli buku resep masakan. 
Share:

13 comments:

  1. Awal nikah, aku ya nggak bisa masak mba. Tapi belajar dikit-dikit. Lama-lama mulai suka masak dan simpan resep-resep makanan. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terpenting mau belajar memasak setelah menikah ya Mbak. HIhihi.. demi yang tercinta

      Delete
  2. Hmm.. aku pun menjadi kan "bisa masak" sebagai syarat jadi istriku nanti. #apalah

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah dikit2 bs masak, hihihu

    ReplyDelete
  4. Kalau saya sudah dari kecil di ajarin masak sama orang rumah, meski yang dasar-dasar saja sih. Tapi lumayan juga, kini setelah saya kuliah dikampung orang ilmu dasar itu bermanfaat juga.

    ReplyDelete
  5. Seorang ibu akan kelihatan lebih super jika jago memasak untuk anak2 dan suaminya :)

    ReplyDelete
  6. Masakan rumah yang paling mudah dirindukan...soup :))

    ReplyDelete
  7. Nah pas banget nih buat istri saya yang sedang belajar memasak, bisa jadi bahan masukan buat dia :D

    ReplyDelete
  8. Anak kos langsung delivery ajah hagaa

    ReplyDelete
  9. kalau saya otomatis bu... mie instant sama ceplok telor...
    bahannya mudah didapat dan dimasak tentunya :)

    ReplyDelete
  10. saya biasanya pilih yg praktis2 mba tinggal goreng/tumis tapi lama2 suami bosen hehe

    ReplyDelete
  11. yg pnting bhannya mudah diperoleh, supaya gk ribet

    ReplyDelete
  12. Kalau saya lebih enak mengikuti panduan masak melalui video, Mbak, karena langsung bisa melihat praktek dari orang tersebut :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra