Babymoon, Ketika Ibu Hamil Ingin Piknik

Ada saja trend baru wisata yang muncul dan diikuti banyak  orang. Salah satunya yang sedang booming belakangan ini adalah babymoon. Ternyata cukup populer di tanah air. Hmm... sebagai salah seorang penyuka traveling sekaligus ibu, saya harus geleng-geleng dengan trend yang satu ini. Ibu hamil, ingin piknik? Duh... Tak bisa menunggu sampai si bayi lahir dan cukup umur tuk diajak naik pesawat?

Babymoon, ketika ibu hamil ingin piknik

Babymoon adalah istilah yang digunakan untuk menyebut liburan pasangan suami istri ketika sang istri sedang hamil. Mungkin digabung dengan honeymoon yang tertunda, ya. Ketika menjalani babymoon, tentu saja bumil harus lebih hati-hati menjaga kesehatan. Suami juga harus siaga. Multivitamin dan kebutuhan ibu hamil harus dikonsumsi secara teratur. Tapi tak hanya itu lho, bumil harus dicegah dari kondisi kelelahan saat berlibur dapat mengganggu perkembangan janin bahkan berisiko menyebabkan keguguran.

Mengingat resiko babymoon juga cukup tinggi - jika pasangan sembrono - namun liburan semacam ini tetap bisa dilakukan dengan aman. Kerjasama suami istri sangat dibutuhkan agar liburan aman dan nyaman. Oleh sebab itu, beberapa persiapan babymoon berikut ini wajib dilakukan oleh pasangan suami istri agar aktivitas liburan tetap menyenangkan dan aman bagi kesehatan :

1. Mengenakan Pakaian yang Nyaman Selama Liburan
Bumil wajib mengenakan pakaian yang nyaman selama liburan. Tujuannya tentu saja agar lebih leluasa bergerak dan tidak mengganggu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Pakaian yang nyaman juga membuat wanita hamil tidak mudah merasa kepanasan selama beraktivitas.
Variasi dress cantik di https://fashion.mataharimall.com/p-235/dress dapat menjadi pilihan yang tepat untuk perbekalan babymoon. Tak sekadar memiliki bentuk yang menarik dan trendi, dress di MatahariMall juga dibanderol dengan harga terjangkau. Jadi, budget untuk wisata tak akan berkurang hanya karena membeli beberapa potong baju yang nyaman.

Jalan-jalan bersama suami saat hamil - foto pixabay
2. Menjadwalkan Kegiatan Secara Cermat
Kegiatan selama babymoon tentu tidak bisa sepadat kegiatan honeymoon atau liburan biasa. Selama traveling, wanita hamil wajib menyisihkan waktu istirahat secara teratur agar kesehatan tetap terjaga. Kurangi rencana untuk bepergian terlalu jauh dan gantilah rencana tersebut dengan kegiatan yang lebih santai dan tidak menguras tenaga.

3. Jangan Lupa Mengonsumsi Makanan Bergizi
Konsumsi makanan bergizi untuk bumil juga perlu diperhatikan selama babymoon. Selain membutuhkan asupan air dalam jumlah cukup, jumlah asupan kalori, protein, serat, vitamin, dan mineral juga mesti dikonsumsi dalam porsi seimbang. Jangan sampai wisata kuliner di tempat liburan membuat wanita hamil jadi kekurangan nutrisi atau mudah sembelit.

4. Membawa Obat dan Vitamin Sebagai Perbekalan
Konsumsi vitamin dan obat yang aman bagi bumil merupakan perbekalan yang tidak boleh terlupakan. Siapkan vitamin dan obat-obatan dalam jumlah mencukupi dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau. Niscaya persediaan obat-obatan akan mendukung kesehatan wanita hamil selama menjalani babymoon.

Patuhi 4 rambu di atas untuk traveling aman bagi bumil. Jangan paksakan jika memang lelah. Batasnya hanya kita yang tahu. Tentunya kita ingin menjalani kehamilan dengan bahagia. Jika babymoon jadi solusi, menga[a tidak? Apalagi saat ini semua sudah lebih mudah. Yang perlu diingat adalah, ibu hamil bahagia adalah yang utama. Jadi, jangan ragu berwisata ketika hamil bila kondisi fisik berada dalam keadaan sehat. Mari tentukan destinasi wisata menarik untuk pengalaman babymoon yang tidak terlupakan.

Share:

23 comments:

  1. Jadi mupeng babymoon nih... enaknya kemana ya... :D

    ReplyDelete
  2. Selama kehamilan sehat ayo aja kalo mau travellinng ya mbak. Aku dulu cuma mudik mengunjungi rumah mertua aja waktu hamil 5 bulan, 6 jam perjalanan naik mobil. Syukurlah nggak kenapa-kenapa dengan baby di perut :D

    ReplyDelete
  3. Wahh, kalau lagi hamil mending di rumah aja, saya yang nggak hamil aja merasa gimana gitu kalau lihat ibu-ibu hamil. Saya jadi ngerasa ngilu sendiri kalau lihat ibu hamil, takut si ibu kenapa-kenapa, kan ada baby nya

    ReplyDelete
  4. Sayang sekali, babymoon ngetrendnya baru-baru ini. Kalau dari dulu, saya bisa ikutan tradisi ini, nih hi..hi..hi

    ReplyDelete
  5. Jadi konon katanya Mba, baby moon ini menuntaskan hasrat jalan-jalan di bumil sebelum bayinya lahir. Kan setelah lahiran, pasti nunggu lama sampai itu bayi bisa diajak traveling lagi, hihi.
    Aku belum pernah babymoon. Mungkin nanti pas hamil anak ketiga, wkwkwk.

    ReplyDelete
  6. Hohooho...
    Belum kebayang tuh, Mba.
    Tapi, soalan milih baju yang nyaman, aku setuju banget deh.

    ReplyDelete
  7. kayaknya kalau aku pas anak pertama bisa deh karena nyaman banget tapi anak kedua , mah , kerjaannya mabok treus dan gak mau makan , tapi mungkin bisa bikin happy ya

    ReplyDelete
  8. Kalau lagi hamil emang harus hati-hati kalau mau travelling.
    Kondisi janin harus jadi pertimbangan utama.

    ReplyDelete
  9. Babymoon, aku sering pas hamil Ranu. :D

    ReplyDelete
  10. Eer ada gitu ya babymoon
    Kudu nunggu brapa lama lagi biar bisa gitu? Hahahai

    ReplyDelete
  11. Hihihii inget dulu pas awal hamil, uda beli tiket eh gk jadi. Nggak dibolehin terbang sm dokternya, benar aja selang sebulan kudu dikuret.

    Gimana pun kudu cek lebih dulu kondisi janin dan si ibu ya, supaya babyloonnya lancar dan fresh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, harus dengan konsultasi dokter

      Delete
  12. Bumils juga harus piknik biar ga strees ya mba

    ReplyDelete
  13. babymoon, saya waktu hamil dulu juga beberapa kali bepergian tapi bukan liburan tapi ikutan mudik. Bahkan pernah berangkat malam naik kapal malam, besok siangnya udah balik lagi dgn naik kapal cepat :D
    kayak seru yah Mbak babymoon gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kalo hamil juga sering bepergian Mbak.

      Delete
  14. baru tau klo istilahnya babymoon. ^^
    perlu keknya, biar psikologi ibunya enak, siap dah lahirannya.

    ReplyDelete
  15. ternayata ada juga istilah babymoon hehe baru tau teh, yang sering denger cuma babybluse maklum belum pernah mengalami hehehe
    terimakasih teh atas ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak. Kamus urban memang terus berkembang

      Delete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra