Pesona Pulau Peninsula Bali

Selama di Nusa Dua, saya ke pulau Peninsula 3 kali; malam, sore dan pagi hari. 3 hari di Bali, 3 kali ke sana. Bukan karena tak ada lokasi lain, tetapi waktu di sana sangat sebentar, sehingga hanya bisa menjelajah satu tempat lalu buru-buru menuju acara resmi Asus Zenfone 3 Press launch


Pertama ke sana, tanggal 7 September malam, pukul 10 malam. Tepatnya ketika mengikuti Asus Beauty Sky Light. Saat itu saya cukup kelelahan karena sebelumnya, jam 2 malam, menembus jalanan menuju Bandara A. Yani, dan harus bertahan mengikuti beberapa kegiatan sampai jam 11 malam. Lelah agak terminimalisir dengan menu makanan yang istimewa dan kegiatan bersama teman-teman blogger & media se Indonesia. 

View malam di Peninsula Bay (atau pulau Peninsula) membuat penasaran saya membuncah. Patung-patung bercahaya dari jauh. Kami diajak ke area Hellipad Paninsula yang diterangi lampu-lampu sorot. PIC kontes foto mengingatkan kami jangan jauh-jauh dari rombongan karena tepi laut sangat curam. Bagaimana jika tempat ini terang? Hmm... Maka saya pun kembali keesokan sorenya, pasca acara Asus Incredible Race. 
Hasil jepretan saya di Beauty Sky Contest
Asus Incredible Race selesai pukul 4 sore. Saya langsung mandi, mengguyur kaki yang lelah dengan air hangat di shower. Saya agak berharap mendapatkan kamar dengan bath up. Hahaha... Tapi saya bersyukur banget bisa tinggal di hotel Courtyard Marriot. Tahu maksud saya?

Tak butuh lama untuk meregangkan kaki yang agak kencang. Saya berganti baju, bersiap, dan keluar dari kamar hotel menuju Lobby. Waktu sudah menunjukkan pukul 17:15. Di Jepara sudah sunset, pikir saya. Tapi mengingat jam 6 pagi di Nusa Dua masih gelap, saya nekat mengejar sunset satu-satunya di Bali. dan saya berhasil!


Tanggal 9 September, hari terakhir di Nusa Dua. Saya sudah menikmati sunrise di pantai Menggiat (sendirian juga). Teman-teman blogger Semarang ingin melihat pantai. Saya ikut lagi, dong... Hahahaha. Saat itu pukul 8:45 pagi. Saya belum mempunyai foto patung Arjuna Krisna (karena kemalaman di hari sebelumnya). 

Jadi... 3 hari saya di Nusa Dua Bali, 3 kali saya ke pulau Peninsula demi sebuah foto dan sepotong kenangan. Bukankah itu yang terpenting ketika melakukan perjalanan?


Peninsula Island (saya beberapa kali menyebutnya Peninsula Bay) berada di kawasan BTDC (Bali Tourist Development Corporation. Masih sedikit yang tahu bahwa BTDC telah berganti dengan nama ITDC atau Indonesia Tourist Development Corporation sejak 12 Juni 2014). Saya tetap pakai BTDC karena lebih melekat karena ada kata Bali di situ. Menurut yang saya baca, asal kata Nusa Dua berasal dari 2 pulau atau nusa yang ada di sana, yaitu pulau Peninsula dan pulau Nusa Dharma. Kedua pulau tersebut sudah disatukan dengan pulau utama dan menjadi wisata gratis bagi semua. Ada apa saja di pulau Peninsula?

1. Water Blow, atraksi pertemuan air laut dengan tebing curam di sekitar pulau Peninsula. Air laut di pulau Peninsula cukup besar dan kuat. Beberapa kali percikannya terlalu kuat sehingga membasahi pengunjung yang berada di sana. meski begitu, Water Blow adalah salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi ketika berada di sana. Saya sudah menuliskannya di sini.


2. Patung Arjuna Kresna. Patung Arjuna Kresna atau sebaliknya Kresna menjadi ikon pulau Peninsula. Patung setinggi 17 meter tersebut berdiri di atas sebuah gudang seni berjendela dan pintu kaca. Patung ini mengisahkan kebimbangan Arjuna ketika perang Bharatayudha semakin dekat di tanah Kurusetra. Kresna memberikan wejangan pada Arjuna sehingga lahirlah buku Bhagawadgita. Patung ini dilaunching pada acara Nusa Dua Fiesta 2012 lalu.


3. Nusa Dua Fiesta. Nusa Dua Fiesta digelar setiap bulan Oktober saja, berupa pameran budaya, seni dan wisata. Tujuan utamanya tentu saja, untuk mempromosikan kekayaan budaya Bali khususnya, dan Indonesia pada umumnya. Pastikan kamu datang ke acara ini bulan depan.

4. Pura Dalem Bias Tugel. Ini adalah lokasi sembahyang umat Hindu di sana. Saat saya di sana, akses jalan menuju ke sana ditutup dengan tulisan “dalam perbaikan”. Kalaupun terbuka, pura ini tak boleh dimasuki sembarang orang. Mereka yang masuk harus berbaju adat, tidak dalam kondisi haids, dan tidak dalam kondisi berkabung.

5.  Jogging Track. Saat pagi dan sore, Peninsula Island akan ramai dikunjungi. Sebagian melakukan jogging atau sekadar duduk santai menikmati rerumputan yang terawat. Pepohonan rindang di sekitar membuat siapapun betah duduk-duduk di sana. Angin laut membelai lembut membuat saya mengantuk. Damai sekali.


Ketika akan memasuki pulau Peninsula, kita akan melewati sebuah pantai yang landai dengan karang-karang yang hijau berlumut. Pantai di sekitar sini memang penuh karang-karang tajam. Banyak penduduk atau wisatawan lokal yang menikmati suasana pantai di sana. Saya pun bergabung dengan mereka. Menyenangkan sekali berada di sini. tempat yang asyik untuk bersantai dengan keluarga. Semua serba gratis, bersih, dan tak ada PKL yang menjajakan dagangan. Saya harap bisa mengajak keluarga ke sini lagi, suatu hari, tak lama dari hari ini. Aamiin

Share:

49 comments:

  1. Makin bingung aja kalo ke Bali, makin banyak tujuan wisatanya...

    ReplyDelete
  2. Aku baru tahu pulau Penisula. Keren. Ah Bali lama ga dikunjungi udah banyak tempat-tempat baru aja

    ReplyDelete
  3. Ini Peninsula serasa kita ada di luarnegri yaa mba.

    Pemandangan Nan asri, elok tenan mba.

    Kagak ada PKL pula. Complete euy.

    Thanks for sharing. Nice post!

    Kandida

    ReplyDelete
  4. Masih kagum aja sama foto malam hafinya Asus

    ReplyDelete
  5. 3 kali saya ke pulau Peninsula demi sebuah foto dan sepotong kenangan...
    Er mbak, kl udah tiga kali ke sana berarti paling enggak fotonya ada tiga dan kenangannya smp tiga kali juga dong... *kabur ah sebelum diomelin*

    ReplyDelete
  6. Aih... mau kesana. Tapi nunggu ngumpul dulu pundi pundi kebahagiaannya hehehe. Happy dan seru seruan ya mbak :)

    ReplyDelete
  7. Aih... mau kesana. Tapi nunggu ngumpul dulu pundi pundi kebahagiaannya hehehe. Happy dan seru seruan ya mbak :)

    ReplyDelete
  8. Bali emang ga ada matinya, blm komplit jadi Indonesian People kalo blm pernah ke bali

    ReplyDelete
  9. Saya belum pernah ke bali, dengan postingannya mbba susi menambah informasi nih..Jogging tracknya bagus ya.. asri dan bersih

    ReplyDelete
  10. Betul Mbak, yang terpenting dalam sebuah perjalanan adalah foto-foto, yang dapat dijadikan sekeping kenangan.
    Perjalanan ke Bali selama 3 hari, pasti banyak menyimpan kenangan yang indah ya..apalagi di sana banyak tempat yang bagus untuk dinikmati.

    ReplyDelete
  11. Waktu ini mau ke Pulau Penisula ini juga :(((
    tappi lupa kalo pesawatnya berangkat hari itu, nggak jadi deh :((((((((((((((

    ReplyDelete
  12. Peninsula? Kek nama hotel yah mbak. Waterblow kayanya bagus juga pemandangannya :)

    ReplyDelete
  13. Kalau ke Bali inget pie Bali.
    Sekarang kalau ke Bali (lagi) mau ke Peninsula...

    Banyak destinasi wisata yg keren ternyata...

    ReplyDelete
  14. wah mbak susi ikutan acara asus kemarin yg di bali ya mbak? wah pulau bali makin banyak opsi tempat wisatanya ini, makin bingung kalo ke bali, banyak wisata baru

    ReplyDelete
  15. dulu waktu ke Bali nggak main kesini...cantik ya

    ReplyDelete
  16. Kisah perjalananmu mengingatkanku akan liburan di Bali mbak. Kalo boleh di bilang ya, tiap jengkal pulau dewata itu liburan banget hehe...

    Susnset/sunrise di Peninsula Bay-nya ndak sekalian ditampilin di sini tho mbak?

    ReplyDelete
  17. Baru tahu pantai itu.. Dulu waktu honeymoon ga ke sana soale

    ReplyDelete
  18. Waaa jd pengen ke Bali lagi....
    Itu kalo malam kok ya romantis, lampu temaram2 gitu

    ReplyDelete
  19. Bali ini destinasi wisatanya emang keren-keren.. selain pantainya yang indah, di sebagian tempat wisata juga masing mengadopsi budaya yang kental..

    ReplyDelete
  20. Ke Bali itu backpackeran atau koperan sama-sama punya keseruan beda,

    ReplyDelete
  21. Aku baru tau Peninsula ini. Wah, tempatnya kayak bukan di Indonesia, ya. Cakep banget!

    ReplyDelete
  22. Wah keren banget pulau ini.. Sekalian Piknik yah Mbak xD

    ReplyDelete
  23. Kece bingitsz euy pulaunya. Aku juga mau lho mba Sus diajakin ke sana :P

    ReplyDelete
  24. salah satu tempat yg aku belum kunjungin dibali.. aaak indahnya dan sepertinya tidak sepadat kuta yaa :)

    ReplyDelete
  25. Kan.. Kan.. Jadi kepengin ke sana lagi

    ReplyDelete
  26. Saya agak bingung di bagian ini mbak.

    "Waktu sudah menunjukkan pukul 17:15. Di Jepara sudah sunset, pikir saya. Tapi mengingat jam 6 pagi di Nusa Dua masih gelap, saya nekat mengejar sunset satu-satunya di Bali. dan saya berhasil!"

    Premis 1 : pukul 17.15. Di Jepara sudah mulai sunset.
    Premis 2 : Jam 6 pagi di Nusa dua masih gelap.

    Hehehe.

    Baca peninsula, aku familiarnya nama hotel di sebelah kantorku :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin maksudnya, kalo di Bali jam 6 pagi masih gelap berarti jam 17.15 belum sunset. jadi masih ada waktu buat mba Susi untuk pergi kepantai mengejar sunset...maaf nyempil hehehe

      Delete
  27. Ihiiiiiirr ya baru dari Bali :D
    Senangnya bisa jalan2 :D
    Water blownya serem (kalau bagiku hehe)
    Alhamdulillah akhirnya bisa berfoto di san ya mbak, moga kapan2 bisa kembali mbak :D

    ReplyDelete
  28. wah asik banget ya mba di Peninsula island ada joging track nya, olahraga sambil menikmati udara pantai apalagi keliatannya bersih banget tempatnya

    ReplyDelete
  29. Wiiih asik nih mba susi, ikut acara asus sambil jalan-jalan. Di Bali pula :3

    ReplyDelete
  30. Mba susiiii seru banget jalan2 ke Peninsula! Mauu ihhh *oke masuk wish list* 😁😁😁

    ReplyDelete
  31. Ternyata Bali tak hanya kute, tanah lot, bedugul ya Mbak. Aku terakhir ke Bali pas study tour SMA. Semoga bisa ke sana suatu saat. Aamiin..

    ReplyDelete
  32. seru asik ya mbak jalan jalan ke Bali bersamaan acara asus gitu. Pengen kayak mbak susi..

    ReplyDelete
  33. Pemandangan malam nya romantis yah, Mba. Mba Susi beruntung banget dapat undangan dari Asus.

    ReplyDelete
  34. haduuu, aku belum pernah ke bali... semoga bisa kesana deh kapan-kapan. huhu

    ReplyDelete
  35. foto-fotonya sip banget.
    Bagaimana dengan tarifnya Mbak?
    thank dan salam kenal

    ReplyDelete
  36. Asikasik....masuk catatan nih mba, tempat yang perlu dikunjungi saat ke Bali nanti heheheheh

    ReplyDelete
  37. waaaah... mbak susi bikin kemupenganku bertambah (apalagi ini hihihi)... aamiin untuk doanya...

    ReplyDelete
  38. akk seneng ya dtg acara launching plus traveling ��

    asus treatment bloggernya keren!

    ReplyDelete
  39. Asik banget bisa ke, Bali. Yah, swmoga saya juga bisa kesana lagi. Pengin juga main ke Pulau Peninusa. Tempatnya beraih dan nyaman banget kelihatannya.

    ReplyDelete
  40. Bali memang surganya tempat wisata. Cocok banget tempat itu untuk menyepi. Kapan ya bisa kesana huhuhuh.

    ReplyDelete
  41. cakepnyaaa. pengen ke Balii. liat jogging tracknya kayak di luar negeri, mba. hehe

    ReplyDelete
  42. Saya sudah 3 kali ke Bai tetapi belum pernah mengunjungi tempat ini.
    Tampaknya bagus ya
    Terima kasih reportasenya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  43. Sebuah kenangan di perjalanan setuju mbak ☺

    ReplyDelete
  44. tempat yang indah dan pasti bikin betah ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra