Jenis Pomade, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Beberapa tahun ini, banyak pria yang membawa kaleng minyak pomade ke mana pun. Traveler blogger yang kece memakainya. Penjaga pantai yang berbodi yuhui pun demikian. Bayangkan, mereka yang keluar dari air laut tapi tatanan rambutnya masih terjaga. Rahasianya ada di pomade, minyak rambut yang berguna untuk menata rambut agar lebih klimis dan rapi. Apakah kamu salah satunya? Atau penasaran di mana membeli pomade? Pomade memang tak dijual bebas di toko terdekat, tapi kamu bisa membeli dengan mudah secara online. Saya punya rekomendasi penjual pomade murah Bukalapak yang memberikan banyak pilihan. Setiap jenis pomade memiliki karakteristik masing-masing. Untuk itu, kamu harus menyesuaikan dengan jenis rambut agar tidak menimbulkan masalah.
foto pinjam dari Bukalapak BearCellular 

Berikut ini jenis pomade, manfaat, kelebihan dan kekurangannya:


1. Pomade atau Petroleum Based atau Pomade berbahan dasar minyak. Bagi penyuka aktivitas outdoor, sebaiknya melapisi rambut dengan pomade. Gunanya untuk mempertahankan tatanan rambut lebih tahan lama. Cuaca panas di luar juga rawan keringat. Pomade yang berbahan dasar minyak membuat tatanan rambut tetap bertahan meski kepala berkeringat, bahkan saat hujan sekalipun. Tak heran jika Pomade menjadi andalan penyuka gaya rambut qquiff atau pomp. Ada kelebihan tentu ada kelemahan. Kelemahan pomade adalah sulit dibersihkan, sehingga harus mengulang pemberian shampoo beberapa kali saat keramas. Ulangi sampai rasa lengket dan berminyak hilang atau berkurang. Jangan resah, sekarang sudah ada Water Based Pomades atau pomade berbahan dasar air. 

2. Water Based Pomades atau pomade berbahan dasar air
Secara tekstur mungkin kamu akan mengira bahwa pomade berbahan air ini hampir sama dengan pomade berbahan dasar minyak, tapi fungsinya lebih seperti wax. Pomade ini akan memberikan kesan natural dibanding pomade yang berbahan minyak. Pomade ini cocok bagi pemilik rambut sleeky lebih panjang atau rambut sedikit bergelombang. Berbeda dengan pomade berbahan minyak, jenis pomade water based ini lebih mudah dibersihkan. Cukup dengan keramas biasa untuk menghapusnya.

3. Mix Based Pomades/ pomade berbahan dasar campuran air dan minyak. Jenis pomade ini dibuat dengan bahan dasar campuran minyak dan air. Ketahanan dari jenis pomade ini hampir sama dengan pomade berbahan minyak. Tapi sayangnya, efek mengkilat yang diberikan tidak sama dengan kedua jenis pomade sebelumnya. Jenis pomade ini dirasa lebih cocok digunakan untuk kamu yang ingin tatanan rambut tahan lama dan juga mudah dibersihkan.

4. Pomade Impor dan Lokal. Banyak merk pomade yang berada di pasaran Indonesia, seperti Schmiere, American, Imperial, Murrays, Uppercut Deluxe, dan Suavecito Pomade yang diimpor. Sedangkan, merk lokalnya antara lain Apache dan Serdadu Pomade dengan berbagai variannya. Sebagian besar, toko online yang jual pomade murah lebih menyukai jenis pomade import, seperti Suavecito dan Murrays dengan berbagai variannya. Jenis pomade import memiliki efek mengkilat dan tekstur yang memuaskan sehingga lebih banyak pria yang sering menggunakan jenis pomade ini. Seperti halnya Murrays yang tersedia dengan berbagai varian berbahan dasar minyak. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 90.000 sampai Rp 100.000. Sedangkan, untuk pomade berbahan dasar air dapat kamu jumpai dari produk Suavecito yang akan memberikan rambut mengkilat original. Harga yang dibandrol sekitar Rp 160.000.
Pomade Suavecito - Bukalapak

Indonesia memiliki produsen lokal yang mengeluarkan beberapa produk pomade. Serdadu adalah pomade berbahan dasar minyak. Harga jual pomade murah yang ditawarkan pastinya lebih terjangkau dibanding pomade import, yakni Rp 80.000. Produk Serdadu ini cukup unik dengan nama produknya, yaitu Kaliber 50 mm (beraroma kopi cokelat dan lebih tahan lama) dan 45 mm (beraroma susu jahe, lebih ringan). Begitu juga dengan Apache Pomade yang dijual dengan bahan dasar minyak, tapi merk ini akan meluncurkan jenis pomade berbahan dasar air juga, yaitu super heavy dan original slick.

Bagaimana? Mau membeli pomade agar tatatan rambutmu sekeren traveler blogger atau penjaga pantai? ;)

Share:

10 comments:

  1. Pomade mah terkenal sejak jaman dlu ya mba. Aku ingat adikku doyan banget pakai pomade

    ReplyDelete
  2. Sepupuku yg SD uda pakek pomade loh, Mbak. Huahahah. Gaya banget :p

    ReplyDelete
  3. Owh jadi itu manfaat dan kelebihan pomade, thanks atas infonya...

    ReplyDelete
  4. Wah... gak kebayang tuh gimana kecenya si penjaga pantai rambutnya tampil klimis lantaran pake pomaade ya Mba, hihi..

    ReplyDelete
  5. Mau beliin ini buat bojo tapi dia habis cukur gundul >.<

    ReplyDelete
  6. Sbenernya saya seneng liat rambut saya pake pomade tapi sayangnya, tapi suka suker (risih) soalnya kalo berkeringat suka lengket2..hehe

    ReplyDelete
  7. hihihi.. aku boleh pake pomade ga ya? tapi aku kan kudungan.. ntar bau ga sih? eh salah pomade kan emang buat cowok.. hihihi

    ReplyDelete
  8. kalau pakai pomade rambutnya jadi lebih klimis. hihi. jadi inget pas zaman mas sepupuku pakai pomade juga. :D

    ReplyDelete
  9. Emak emak gahol yang memperhatikan pomade dsebagai kebutuhan anak muda masa kini, sungguh luar biasa :) salut

    ReplyDelete
  10. Wah, iya nih sekarang saya sering liat orang pakai ini walaupun saya sendiri tidak. Padahal zaman dahulu orang kalau pakai pomade pasti disindir, entah kenapa. Sekarang malah jadi tren.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra