Pertolongan Pertama Saat Disengat Kalajengking

Pernah disengat kalajengking? Saya pernah. Dua kali! Berikut ini kisah pertolongan pertama saya saat disengat kalajengking.

Kisah pertama dituturkan ibu dan diamini bapak. Saat itu saya masih usia batita. Tak jelas umur berapa. Katanya saat saya berusia 6 bulan, namun disanggah karena katanya, saat itu saya sudah bisa berjalan dan sedang ikut bermain pasaran (masak-masakan dengan daun dan batu bata). Begitu tersengat, P3K zaman dahulu adalah menghancurkan kalajengking yang menggigit untuk dijadikan obat. Karena tak membaik, saya langsung dilarikan ke UGD. Peristiwa disengat kalajengking kedua terjadi seminggu yang lalu. Karena usia dan berat badan, sengatan kedua ini tidak berbahaya, hanya menyisakan rasa panas dan nyeri yang tidak terlalu mengganggu. 


Sekilas tentang kalajengking

Kalajengking adalah sekelompok hewan beruas dengan delapan kaki (oktopoda) yang termasuk dalam ordo Scorpiones dalam kelas Arachnida. Kalajengking masih berkerabat dengan ketonggeng, laba-laba, tungau, dan caplak. Ada sekitar 2000 jenis kalajengking. Mereka banyak ditemukan selatan dari 49° U, kecuali Selandia Baru dan Antarktika (Wikipedia).

Semua spesies kalajengking berbisa. Jenis racunnya adalah neurotoksin (racun syaraf. ada satu jenis kalajengking berbisa sitotksi (racun sel), namun tak ada di Indonesia. Sengatan kalajengking tidak berbahaya, hanya memberikan efel lokal di area yang disengat (rasa sakit, panas, nyeri dan bengkak. Ada 4 level sengatan kalajengking yang perlu kita ketahui agar bisa menangani dengan cepat. Saya mengambil informasi tips aman hadapi sengatan kalajengking dari Brilio:

1. Level 1, ukurannya lebih kecil, badan agak gemuk, warna coklat, spesies Liocheles Sp. Racun kalajengking jenis ini tidak berbahaya, 
2. Level 2, spesies Heterometrus Sp; ukuran lebih besar, warna hitam. Efek racunnya adalah panas, gatal-gatal dan bisa terjadi alergi jika terjadi pada 
3. Level 3, Lychas mucronatus yang berwarna kuning. Kalajengking ini lebih berbahaya karena bisa menyebabkan demam 1-2 hari
4. Level 4 atau spesies Lychas mucronatus, yang racunnya bisa mematikan. Berita baiknya, spesies ini tidak ada di Indonesia.

Sekadar informasi, kalajengking yang ada di Indonesia adalah spesies 1, 2 dan 3. 

Suatu kebetulan yang aneh kala saya sedang ndeprok manis di depan laptop, ada seekor kalajengking jenis Heterometrus Sp kecil yang menyusul. Rumah saya memang di desa, yang level tanah dan lantainya hampir sama rata akibat pelebaran jalan. Kebetulan juga, saya sedang duduk manis di lantai teras depan, membawa meja kecil dan laptop. Kalajengking yang tengah tersesat namun tak tahu arah karena matanya rabun langsung menyengat “benda” besar yang tiba-tiba bergerak di depannya. Sengatan terasa bersamaan ketika saya menurunkan betis kiri saat menengok ke belakang, hendak berbicara dengan suami.

Bagaimana rasanya ketika disengat kalajengking dan pertolongannya? 

Gambar dari pixabay

Saat disengat kalajengking, rasanya panas, dan nyeri. Sakiiitt…. Tapi saya tak boleh berlama-lama menahan sakit. Berikut ini 4 cara pertolongan pertama saat disengat kalajengking tanggal 25 oktober lalu, 

1. Saya harus tenang. Jika panik, racun akan lebih cepat menyebar.
2. Saya mencuci bagian yang disengat kalajengking dengan sabun dan air mengalir. Saya gosok pelan di sekitar sengatan. Hasilnya rasa nyeri sangat berkurang, namun rasa panas menyebar ke bagian yang terkena gosok.
3. Saya minum susu putih (untuk pertumbuhan Destin dan Binbin), hangat-hangat, harapan saya jika ada efek racun, akan terminimalisir. Baiknya minum air kelapa muda, sih.
4. Saya mengoles bagian yang panas dengan Nutrimoist CNI yang mampu menyerap panas pada kulit akibat luka bakar, melepuh atau bengkak akibat sengatan serangga. 

Efek racun kalajengking sangat berpengaruh pada berat badan seseorang. Semakin besar, efeknya semakin samar. Jika melihat ciri fisiknya, yaitu kalajengking muda, berwarna kuning, dengan tubuh lebih ramping, kelihatannya jenis spesies Lychas mucronatus yang berada di level 3. Efek samping yang saya rasakan adalah leher kepala agak kaku dan badan sedikit demam. Seharusnya saya melanjutkan P3K-nya dengan:

5. Minum obat anthistamin atau acetaminophen. Saya tidak melakukan P3K keempat ini. Saya selalu mengatakan saya baik-baik saja, jika ditanya suami. Karena memang saya baik-baik saja. Rasa panas sudah hilang, nyeri dan bengkak kecil di bagian yang disengat tidak mengganggu. Maka saya pun tetap beraktivitas normal.

Bagaimana jika disengat di kebon (alam liar)? Kabarnya, siput, pacet atau bekicot bisa jadi obat sementara untuk menghilangkan bengkak dan nyeri sebelum dibawa ke dokter atau tenaga medis terdekat (jika efeknya lebih parah). Karena seperti saya terangkan di atas, selain level bisa kalajengking beragam, efek racun kalajengking juga berdasarkan berat badan seseorang. Di awal saya kisahkan bahwa ibu dan bapak membawa saya ke UGD karena efeknya sangat menyakitkan dan berbahaya bagi Susi kecil. Makanya, jika hal serupa terjadi pada anak-anak, segera lakukan tindakan P3K di atas sebelum dibawa ke UGD. Minimal bisa mengurangi kesakitan anak sedikit. 

Mengapa NutriMoist CNI harus ada di rumah sebagai salah satu obat P3K?


Nutrimoist CNI merupakan produk perawatan kulit berbentuk krim yang serbaguna dan efektif. Kita tahu bahwa kecelakaan kecil di rumah terkadang terjadi, seperti tersanyat pisau, memar akibat terantuk benda tumpul, gatal karena gigitan serangga, kulit mengelupas, terciprat minyak goreng, terkena panci panas, atau terkena knalpot. Bisa ditambahkan beberapa list lagi, sih, tapi stop saja ya. Saya merinding saat menuliskannya, karena saya takut pada rasa sakit. Jika membayangkan rasa sakit, saya bisa heboh dan kesakitan di tempat yang sama. Beneran, lho, rasa sakit tersebut bisa saya rasakan hanya dengan membayangkan saja. Makanya peristiwa patah tulangnya Binbin membuat saya kehilangan seperempat logika. Selain saya ketakutan sendiri, kaki saya di bagian yang sama ikut berdenyut sakit selama Binbin sakit. Maaf, out of topic.

Krim ini bisa menyerap panas akibat luka terbakar, melepuh, atau bengkak. Jadi sangat efektif sebagai obat P3K. Apalagi krim lembut berwarna putih ini mempunyai antiseptic yang mampu membunuh bakteri dan mencegah pengembangbiakannya. Tak hanya itu, si putih ini juga mempercepat peremajaan sel kulit sehingga penyembuhan luka lebih cepat. 

Saat menulis ini, jari tengah kanan saya tersayat bagian terdekat pegangan pisau. Tepatnya di jari tengah bagian tengah. Saya memasak di rumah Mbakyu menggunakan pisau baru yang tak biasa saya pakai. Ketika memotong ikan, kepalan jari saya terlalu dekat dengan tajamnya pisau. Tanpa babibu, bagian tersebut berdarah. Nutrimoist CNI membuatnya cepat sembuh, padahal darah saya termasuk agak sulit beku. Tersayat sedikit saja bisa tiga minggu baru menutup (tanpa pengobatan). Kali ini cukup 2 hari saja, kulit menutup kembali meski belum sempurna. Yang terpenting luka menutup. Sebelum mengenal Nutrimoist CNI, saya pakai salep biop******** untuk menutup luka. 

Setelah tahu ada satu krim untuk banyak penyembuhan, saya lebih memilih Nutrimoist berada di kotak P3K saya. Kehebatannya dalam merawat kulit berasal dari kandungan bahan-bahan alami yang diramu dari ekstrak empat tanaman langka Cina, yaitu: Panax ginseng, Polygonum cuspidatum, Polyganum multiflori, dan Angelica sinensis. Produk ini aman untuk semua jenis kulit. Silakan dicoba. Tak hanya obat pertolongan pertama yang kamu dapatkan, tetapi juga pelembab kulit yang bagus. Saat saya memakaikan di betis yang bengkak, kulit saya lebih halus dan lembut. Memar akibat terbentur atau kelelahan pun bisa memudar. Benar-benar krim serbaguna!

Apakah kamu punya kisah menarik semacam ini? Bagi di komentar, yuk….. 

Share:

20 comments:

  1. Ya ampun, Mbak. Merinding aku bacanya :(

    Dulu temenku pernah disengat kalajengking di kosannya. Dia langsung demam. Kami bawa ke UGD, takut banget kenapa napa.

    Waktu itu bingung mesti gimana. Jadi cumak kompres sengatannya aja pakek aer anget. :(

    ReplyDelete
  2. Wah.. Selama ini sy tahunya nhtrimoist utk membuat bercak di kulit hilang seperti akibat luka maupun cacar. Ternyata sbgi obat luka bs jg ya mb susi

    ReplyDelete
  3. Astag horor juga ya, tapi saya jadi tau nih mba, kalau kena sengatan kalajengking ga boleh panik. Soalnya saya panikan orangnya.

    ReplyDelete
  4. aku wis merinding wae mbak mocone..

    lhaa di masjid di ngaliyan banyak banget kalajengking

    ReplyDelete
  5. Waduh jangan sampe deh terkena sengat kalajengking, ngerii. Thanks sharingnya mbak, jadi tau pertolomgan pertama yg harus dilakukan jika tersengat kalajengking.

    ReplyDelete
  6. Ooo jika panik racuk malah cepat menyebar ya, Mbak, baru ngeh saya, berarti ini mungkin terkait erat dengan peredaran darah yang lebih cepat jika panik ya...

    ReplyDelete
  7. Seminggu yang lalu saya digigit lebah yang lumayan gede aja serem dan takut kenapa2nya, apalagi kalajengking ya mak, makasih buat sharingnya mak :)

    ReplyDelete
  8. hiiy ngeri bacanya mbak, kebayang rasanya kena kalajengking.. alhamdulillah bisa ya pake nutrimoist, belinya dimana?

    ReplyDelete
  9. Duh.. Merinding.. Aku kalau lihat kalajengking aja udah pengin lari bawaannya.
    Alhmd smg ga pernah tersengat.
    Kalau aku dulu kena dampa, hewan yang Kecil2 warna merah dan suka ngumpul di pohon itu.. Habis digigit trus jd demam, kulit jd merah spt eksim. Alhmd diobatin ke puskesmas sembuh dan ga nyebar2

    ReplyDelete
  10. Aku takut sama binatang satu ini, langsung mlipiir deh meskipun kecil.
    Wah untung ada penolongnya ya Mbaaa, meskipun kecil tapi berkhasiatnya itu loh, Joss!!

    ReplyDelete
  11. Wahhh..saya cuma beberapa kali mendapati kalajengking di kamar saya waktu dulu masih sering dinas untuk perkebunan sawit..makasih tipsnya loh mba..

    ReplyDelete
  12. Astaghfirullah serem banget disengat kalajengking. Iya sih harus tetap tenang supaya aliran darah lancar. Kalau gugup, aliran darah makin cepat dan racun cepat menyebar

    ReplyDelete
  13. Trauma banget jika ada seorang yg terkena sengatan serangga, krena pernah tau adik kandung tersengat waktu pake sepatu.Alhasil sykses bikin kaki bengkak.

    ReplyDelete
  14. Untung juga sih selama ini belom pernah digigit kala jengking...
    tapi aku sering banget digigit nyamuk...
    mungkin lain kali perlu nyoba ya biar ngersain gimana rasanya digigit kala jengking... heheh

    ReplyDelete
  15. Harusnya si kalajengking pakai gugel mep ya biar nggak kesasar :D

    ReplyDelete
  16. Kalajengking itu mengerikan sekali, euy Mbak. Untunglah saya belum pernah mengalaminya. Dan memang obat-obat pertolongan pertama seperti nutrimoist ini wajib dalam lemari obat kita di rumah ya

    ReplyDelete
  17. ternyata kalau dibaca dengan teliti, racun kalajengking itu ada 4 level ya. dulu sebelum tahu jenisnya, bayangan saya kalau tersengat kalajengking itu pasti sangat berbahaya dan bikin orang pingsan. he

    Terima kasih informasinya mba

    ReplyDelete
  18. Serem banget, Mbak *_* Dulu waktu aku kecil, kakak2ku kan cowok semua, hobinya hiking dan ngumpulin kalajengking untuk dipelihara. Gede2 gitu hiyy.. untung belum pernah kejadian ada yg disengat

    ReplyDelete
  19. Nutrimoist serba bisa ya Mba digunakan untuk berbagai keperluan? Efektif nih :)

    ReplyDelete
  20. Wah, ini yg dipake temen sekamarku, Mba. Dia pake buat kulit keringnya gitu.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra