Cara Praktis Merawat Batik Kesayangan

Punya pakaian batik kesayangan dengan motif menarik? Pasti pengen warna dan motif batiknya awet karena jumlahnya tak banyak. Bahkan pecinta batik fashion yang punya seabrek koleksi pun tetap hati-hati merawatnya. 


Pakaian batik kini memang semakin digandrungi generasi muda karena pilihan motifnya beragam dan modelnya modern. Tidak mengherankan kalau penggunaan batik semakin meluas untuk acara-acara santai. Pasti kita tidak ingin batik kesayangan lekas rusak atau warnanya memudar. Demi menyiasati hal tersebut, yuk simak dan cobalah cara ampuh merawat batik berikut ini :

1. Batik Tidak Perlu Direndam
Mencuci baju batik memang tidak perlu direndam terlebih dahulu. Karena biasanya baju batik tidak terlalu kotor. Merendam baju batik hanya akan membuat warnanya jadi lekas pudar atau luntur. Kita hanya perlu mengucek baju batik secara perlahan-lahan agar sisa keringat dan kotoran yang melekat bisa segera hilang.

2. Mencuci Batik dengan Sabun Khusus
Baju batik dulu biasanya dicuci dengan buah lerak agar warnanya tetap awet dan memudar. Namun kini kita tidak perlu susah payah menggunakan buah lerak untuk mencuci batik. Karena ada produk deterjen khusus yang pas untuk motif batik. Kalau kita menggunakan deterjen khusus, pasti batik kesayangan jauh lebih awet dan warnanya tampak seperti baru.

3. Menjemur Batik di Tempat Teduh
Agar warna baju batik tetap seindah baju baru, sebaiknya kita menjemur batik di tempat teduh. Angin dan hawa panas dari matahari sudah cukup untuk mengeringkan batik. Sengatan sinar matahari akan membuat baju batik cepat memudar. Warnanya pun tampak kurang menarik dan kumal jika terlalu lama terkena sinar matahari.

4. Cara Menyetrika Batik yang Benar
Kalau ingin tekstur dan warna baju batik tetap awet, sebaiknya kita menyetrika baju batik dengan temperatur rendah. Kini banyak sekali setrika yang temperaturnya mudah diatur sesuai jenis kain. Lihat saja harga setrika Maspion murah  di MatahariMall yang memiliki kualitas istimewa. Selain setrika Maspion, ada pula merek setrika lain yang tidak kalah murah dan berkualitas. MatahariMall memberikan keleluasaan bagi kita untuk memilih setrika sesuai kebutuhan dan dana. Memesan setrika dan perabot rumah tangga di MatahariMall tentu sangat praktis, hemat dan menyenangkan.

Yuk segera belanja di MatahariMall dan nikmati promo serta harga istimewanya sekarang juga!

Share:

18 comments:

  1. Thanks infonya Mbak, secara aku punya beberapa batik yg warnanya rusakkk

    ReplyDelete
  2. mudah sebetulnya mencuci batik, ya. Sayang banget kalau warnanya sampai pudar

    ReplyDelete
  3. bener bangeeet, batik itu bisa dibilang rentan pudar warnanya kalo perawatannya nggak bener :D

    thankyou sharingnya mbaak ^^

    ReplyDelete
  4. Iya Mbak, kalau perawatannya ga tahu, batik jadinya mbluwek gitu yak. Ternyata ga usah direndam yak.

    ReplyDelete
  5. Aku suka banget pake batik.
    Hihhii...sampe suami juga ditularin.
    Karena batik Indonesia yang kaya, jadi gak pernah bosen kl pergi, batik lagii...batik lagi.


    Kalau nyetrika nya dibalik dl, ngefek ga yaa, mba?

    ReplyDelete
  6. Wah, trma ksh tipsnya bu. Slma ini perwatan saya krg tepat buat pkaian batik. Nambah ilmu kerumahtanggaan..

    ReplyDelete
  7. Suamiku suka sekali pakai BAtik, mba. AKu pun gitu, Wah jadi tahu nih caranya merawat batik :)

    ReplyDelete
  8. TFS mbak..jadi tahu merawat batik

    ReplyDelete
  9. Ahh aku butuh tips ini karena aku suka teledor soal merawat batik, jadi cepet lusuh deh, huhuhu.

    ReplyDelete
  10. Makasih banyak infonya mbak, baru tau kalo mencuci batik tidak perlu direndam.

    ReplyDelete
  11. Biasanya aku cuci pake shampoo, kalau suaminpake batik hari Rabu, biasanya aku ga nyuci barengan sama baju lainnya, karena perlu khusus cara nyucinya ehh sering kelupaan dan pas esok mau dipake baru ingat tuh abtuk belum di cuci haha..

    ReplyDelete
  12. kadang nyuci batik asal cemplung aja sama baju lainnya..alhasil batiknya jadi bladus n gak bagus lagi..tfsmba..emang kudu ati2 nih nyucinyaa

    ReplyDelete
  13. Waah thank you tips & infonya mba, baju2 batikku kurang terawat hihihi, tapi aku punya koleksi kain batik yg dijaga banget! Disayang2 soalnya banyak motif kuno & aku sayang banget :D

    ReplyDelete
  14. Kalo perawatannya bagus, batiknya awet ya Mbak Susi

    ReplyDelete
  15. Batik yang saya pakai paling lama setahun, kalau tidak warnanya pudar pasti ukurannya yang tidak sesuai lagi :p

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra