Tips Tidur Nyaman di Kursi Sofa Bed

Kursi adalah salah satu elemen penting dalam menentukan konsep sebuah rumah. Konsep rumah minimalis atau pun klasik tak lepas dari benda yang berfungsi sebagai tempat duduk ini. Keberadaannya menjadi furniture utama di ruang tamu. Saat tamu datang, biasanya kursi yang pertama kali dilihat. Tak heran jika ia menjadi pusat perhatian. Beragam jenis kursi mulai dari klasik sampai kursi sofa bed dapat dipilih sesuai selera. 

Mempunyai kursi sofa bed di ruang tamu menjadi salah satu gaya rumah yang paling digandrungi. Kursi jenis ini memang menawarkan luxury. Jenisnya pun cukup banyak. Ada pula kursi sofa yang bisa dibongkar menjadi tempat tidur yang nyaman. Busa empuk membuat tamu dan tuan rumah betah duduk. Warna-warni kain sofa mudah disesuaikan dengan warna ruang tamu yang dipilih. 

Sumber Pixabay
Adakalanya, kita berakhir tertidur di sofa. Misalnya, ada tamu di rumah lalu kita mengalah dan memberikan kamar padanya. Atau, tertidur saat menonton film. Sedang marahan dengan pasangan lalu memutuskan tidur di sofa? Hmm… apapun alasannya, tak mengurangi kenyataan bahwa sofa pun bisa menjadi tempat tidur yang nyaman jika kita mau. Beneran nyaman?

Secara umum, sebenarnya ada 5 bahaya tidur di sofa, yaitu: 

  • Sofa biasanya kurang bersih. Tempat duduk yang satu ini bisa jadi menyimpan sisa makanan seperti remahan kue, es krim yang jatuh, minyak di jajan yang menempel, dan lain-lain. Sofa menjadi tempat tumbuh kembang jamur, bakteri, dan virus. Jadi, pikirkan kembali rencana tidur di sofa atau cari solusi keadaan ini.
  • Ketika bangun tidur dari sofa, biasanya leher terasa sakit atau kaku. Rasa ini terjadi karena kita menggunakan lengan sofa sebagai bantalan leher. Padahal kita tahu, ketinggian sofa membuat leher tertekuk ke dalam namun ditarik di bagian leher belakang. Posisi ini bisa sangat berbahaya. Bahkan saat tidur menyamping malah juga bisa berbahaya bagi otot leher. 
  • Sofa membuat badan pegal-pegal karena posisi tidur kurang nyaman, tertekuk, atau terlalu meringkuk karena tidak bisa membebaskan posisi tidur. Apalagi jika panjang kaki melebihi panjang sofa. Otomatis, tak semua anggota tubuh berada di sofa. Ketidaknyamanan lain biasanya terjadi karena sofa terlalu empuk sehingga badan seperti “tenggelam”.
  • Bahan kain sofa biasanya tidak berpori dan tidak menyerap keringat. Makanya, saat tidur di sofa, kita sulit tidur karena kegerahan. Biasanya, solusi yang diambil adalah menghadapkan kipas angin ke tubuh atau menghidupkan AC dengan suhu dingin tertentu. Bahaya lain yang mengancam adalah masuk angin.
  • Sofa biasanya berada di ruang tamu, depan TV, dan alat elektronik lain. Apalagi jika kita tertidur dalam kondisi TV dan lampu menyala. Tidur kita akan sulit nyenyak. Paparan cahaya dan gelombang elektronik bisa membuat otak tidak benar-benar istirahat saat tubuh kita tidur. Metabolisme tubuh juga bisa terganggu.



Sumber MatahariMall

Hmm.. kelihatannya kok tidur di sofa berbahaya, ya. Untung ada sofa bed. Apa benar, kita bisa tidur nyaman di kursi sofa bed? Jawabannya iya! Tips tidur nyaman di kursi sofa bed adalah:

  • Beri alas matras pada sofa bed. Memberi alas matras bisa membuat tidur kita di sofa menjadi lebih nyaman.  
  • Beri alas/cover sofa bed untuk mencegah gatal atau bahaya jamur/virus/bakteri. Pemberian alas ini juga bisa mengurangi efek panas dari bahan kain sofa. Jadi kulit bisa bernafas, kita tidak kegerahan, serta bisa tidur nyaman.
  • Hindari tidur di lengan sofa/sofa bed. Lebih baik meringkuk di dalam badan sofa. Bahkan misalnya menambahkan jaket/kain lain agar lebih nyaman pun tak bisa mengurangi bahaya sakit leher pasca tidur berbantal lengan sofa. Kecuali, kita menambahkan matras cukup tebal sehingga tinggi matras sama dengan tinggi normal bantal
  • Pakai bantalan agar posisi tidur nyaman. Kita tahu, di bagian terdekat lengan sofa biasanya melengkung ke bawah. Tak ada bantal? Jaket, tas, baju, piyama, atau kaos pun bisa digunakan. Jadi posisi kepala tidak lebih rendah daripada badan.
  • Buat dirimu senyaman mungkin, jangan terlalu meringkuk, kaki jangan menggantung, kepala jangan terlalu mendongak. 
  • Matikan semua lampu, TV, dan alat listrik di sekitarmu. Biarkan tubuhmu benar-benar beristirahat sehingga saat bangun badan akan segar kembali.
  • Pakai selimut agar tidur bisa nyaman dan hangat

Begitulah 5 bahaya tidur di sofa dan 7 tips tidur nyaman di kursi sofa bed versi saya. Mungkin teman-teman mau menambahkan?


Share:

10 comments:

  1. Wah itu sofanya bagus dan fleksibel,

    ReplyDelete
  2. aku ini kebiasaan banget juga suka meringkuk mba, hahhaha nggak tahu kenapa. Lebih banyak nyamannya ya ketimbang bahayanya heheh.
    Tapi bener sih bobo di sofa bikin badan pegel-pegel mba.

    ReplyDelete
  3. klo saya dmna aja nyaman, yg penting datar.. hee

    ReplyDelete
  4. Sofa bed tempat tidur aku dan suami kalo wiken. Biasanya kalau ga kemana-mana pacaran depan di depan TV aja. Dia nonton aku tidur.

    ReplyDelete
  5. Letakkan meja atau kursi di dekat sofa agar tidak jatuh saat tertidur pulas.

    Pengalaman saya sih begitu kak :-)

    ReplyDelete
  6. anti tidur d sofa kecuali terpaksa mba....
    bangun2, badan pegel n leher kaku

    ReplyDelete
  7. tidur di sofa beneran bikin pegal..kadang tak sesuai panjang tubuh.. dan kurang lebar jadi agak sulit ganti posisi tidur.. tidur disofa gak sehat lah..

    ReplyDelete
  8. Saya termasuk yang suka banget tidur di sofa, entah kenapa padahal kakinya ga muat hehe. Bisa kucoba tipsnya nih termasuk kasih alas sebelum ditiduri.

    ReplyDelete
  9. saya nggak suka tidur di sofa
    bawaannya badan pegel2 kalo bangun apalagi lagi hamil begini hehe...
    btw tipsnya boleh juga dicoba mbak..

    ReplyDelete
  10. Kalau di rumah kursi terbuat dari kayu jadi kalau tanpa alas badan bisa pegel

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra