Jenis-Jenis Gorden Untuk Rumah dan Kantor

Gorden atau tirai merupakan salah satu perlengkapan interior rumah yang wajib ada. Fungsinya untuk menutup jendela agar bisa menjaga privasi penghuni rumah dan untuk menghalangi masuknya sinar matahari ke dalam rumah. Kegunaan lain dari gorden adalah untuk mempercantik dan memperindah interior rumah. Modelnya selalu berubah mengikuti trend. Maka tak heran jika gorden seakan menjadi aksesoris wajib di rumah. 

Gorden tidak hanya digunakan di rumah saja. Di kantor atau ruangan publik pun menggunakannya dengan fungsi yang sama. Bentuknya juga sudah berkembang menjadi kerai, tirai geser, tirai lipat, vitrage, dan beberapa lagi. Berikut ini contoh jenis - jenis model gorden atau tirai yang bisa Anda pilih dan Anda temukan di toko jual gorden yang Anda kunjungi.

Gorden Tipis

Jenis gorden satu ini adalah jenis gorden yang biasanya digunakan sebagai gorden tambahan selain gorden utama. Sesuai dengan namanya gorden tipis memiliki sifat bahan trasnparan atau semi transparan. Gorden ini cocok digunakan pada ruang kamar tidur ataupun ruang tamu. Untuk modelnya sendiri terdapat berbagai macam model ukiran dan berbagai macam pilihan warna.

Gorden Ring Atau Cincin

Gorden model cinicn atau ring adalah jenis gorden atau tirai yang saat ini sedang menjadi trend dan menjadi pilihan karena bentuknya yang simpel. Ring pada gorden sudah menyatu dengan bahan, jadi Anda tidak perlu lagi repot - repot memasang atau mencopot besi penyangkut gorden. Jenis model gorden ini dapat Anda temukan dengan mudah di toko jual gorden di setiap tempat.

Gorden Gulung Atau Roller

Gorden gulung atau roller curtain merupakan jenis model gorden kekinian. Penggunaan gorden model gulung ini digunakan dengan hanya menarik tali yang terhubung pada gorden untuk membuka atau menutup gorden. Jenis gorden roller terdiri dari dua jenis yaitu vertikal dan horizontal. Umumnya gorden roller banyak digunakan untuk perkantoran, tapi tidak menutup kemungkinan penggunaan gorden roller juga digunakan di rumah pribadi.


Gorden Gantung Atau Gorden Tab Gantung

Gorden gantung atau yang juga dikenal dengan sebutan gorden tab gantung berbentuk memiliki bentuk lebih sederhana daripada gorden ring. Penggunaan ring/cincin di tiang gorden ditiadakan, diganti dengan kain yang sama. Ada yang menyebutnya gorden tab karena gantungan pada gorden berjarak yang sama, seperti tab pada keyboard komptuer.

Gorden Tiga Lekuk

Gorden dengan model tiga lekuk ini memiliki bentuk dimana bahan pada gorden dibuat menjadi tiga lekukan dan dijahit pada bagian tengahnya dan bagian bawahnya dibiarkan saja mengembang seperti bunga. Fungsi lebih ke estetika daripada funsi. Gorden jenis model tiga lekuk ini dapat Anda buat sendiri di rumah, Anda bisa mencarinya di internet untuk mengetahui bagaimana membuat gorden tiga lekuk.



Itulah jenis - jenis gorden yang bisa Anda jadikan pilihan untuk melengkapi tampilan interior ruangan Anda. Maka dari itu pada saat Anda ingin membeli gorden, pilih gorden dengan jenis model sesuai desain interior ruangan agar tampilan desain interior ruangan Anda makin terasa. Perhatikan juga warna gorden yang akan Anda pilih, karena warna pada gorden juga dapat mempengaruhi kesan suasana ruangan. 

Dan usahakan sebelum Anda pergi ke toko jual gorden atau Anda mau membeli barang apapun, biasakan untuk mencari tahu informasi mengenai barang yang Anda beli agar Anda dapat memilih kebutuhan barang yang tepat dan sesuai. Selamat Memilih.

Share:

5 comments:

  1. Kesemuanya menggunakan jenis hmm.. yg buat nggantung gorden itu apa mbak? hihi.. kayaknya kesemuanya harus model yang terbaru ya mbak itunya.. hizz.. apasih namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Model lama juga boleh, kok.

      Yg buat gantung itu namanya ring. kalau mau bikin sendiri bisa ke toko Satria jalan Pemuda Semarang.

      Delete
  2. lagi pingin gorden nih mbak. pas banget ada infonya. tfs ya mbak.

    ReplyDelete
  3. duh... jadi pengen usulin ke orang rumah buat ganti gorden. warna biru kayaknya oke nih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra