10 Pantai Terbaik di Pulau Lombok - Yuk Kita Cari Keunikannya

Pengen banget berlibur lagi. Gairah flash packer saya sedang membara kembali. Mengambil wisata singkat ke suatu kota dan membuat itinerary yang padat. Maklum, dana juga tak seberapa banyak. Hohoho….. perjalanan Jogja, Solo, dan Pekalongan saja belum terposting saking dekatnya waktu piknik singkat saya. Kali ini, saya sudah menghayal berlibur di pulau Lombok untuk melepas rindu.

Saat saya masih kuliah, pulau ini cukup akrab bagi saya. Tahun 2001 – 2002 saya jadi guide untuk seorang eksportir kerajinan tangan. Jika proses pembelian kami lancar dan tersisa waktu, biasanya kami akan jalan-jalan ke salah satu pantai di Lombok. Alhamdulillah, setidaknya pantai Senggigi, pantai Tanjung An dan pantai Kuta Lombok pernah saya kunjungi selama 4 kali ke sana. Satunya lagi mencari jejak tenun Lombok di Suraraya. Berarti kinerja saya cukup memuaskan pelanggan. Alhamdulillah.

Lombok memiliki banyak pantai indah. Keindahannya di atas rata-rata. Pasir putih, pasir hitam, pasir mrica, sampai pasir pink pun ada. Tak heran jika parawisatawan selalu bergantian ke sana. Sektor pariwisata menjadi salah satu pendapatan yang paling besar di sana. Kali ini, saya ingin membantumu yang ingin pergi ke sana, dengan memberi saran 10 pantai terbaik di pulau Lombok. Apa saja?

1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan salah satu ikon wisata bahari Pulau Lombok. Sunsetnya ciamik! Semburat matahari yang hendak tenggelam berpadu dengan pesona Gunung Agung Bali sangat memesona. Di sini kita bisa menikmati kejernihan air laut lengkap dengan pesona alam bawah lautnya. Bahkan, kita bisa melihat beragam biota laut tersebut dengan hanya melihatnya di permukaan atau di pesisir pantai.

Pantai ini sangat wajib dikunjungi jika sedang berada di Lombok. Garis pantai Senggigi cukup luas dan kamu bisa berkendara saja di sana atau menginap. Pantai yang satu sejak lama sangat popular sehingga banyak hotel-hotel terbaik berada di sini. Hotel kelas ekonomi pun ada. Hotel terbaik di Senggigi Lombok dan yang paling nyaman di kantong, semua ada di sini. Jangan khawatir, lokasinya tak jauh dari kota Mataram yang menjadi ibukota pulau di sebelah Bali ini. 

2. Pantai Gili Trawangan

Destinasi wisata pulau Lombok yang satu ini merupakan  pantai favorit yang kerap dikunjungi wisatawan asing. Mau belajar speaking-speaking, bahasa-bahasa, atau français-français? Banyak calon korban belajar yang bisa diajak bicara dengan bahasa asing yang sedang kamu pelajari. Keindahan pantai dan pesona alam bawah laut pantai Gili Trawangan memang sangat ciamik. Ditambah pula alam yang masih sangat asri dan terjaga dari polusi. Dijamin, kamu akan betah lama berlibur di pulau kecil ini.

Pantai ini memanjakan pelancongnya dengan beragam aktivitas pantai seperti scuba diving dan snorkeling. Ada juga glass bottomed boat untuk melihat biota laut yang sangat indah. Berkeliling dengan cidomo juga menjadi tawaran yang menarik hati. Di sini cidomo menjadi transportasi andalan warga. Jadi, benar-benar bebas polusi udara, karena larangan mengendarai kendaraan bermotor. Wah... bisa dibayangkan, betapa segar dan bersihnya udara di Gili Trawangan.


3. Pantai Gili Meno

Di sebelah pulau Gili Trawangan, ada sebuah pulau yang tak kalah indah. Gili Meno namanya. Pantai Gili Meno suasananya jauh lebih sepi karena memang menjual konsep pantai pribadi. Pencari ketenangan seluruh dunia memilih pantai indah ini. Apakah kamu juga? 

Selain konsep pantai privat, Gili Meno menawarkan pesona pantai dan alam bawah laut yang sangat memesona. Terbaik. Hamparan pasir putih berpadu dengan jernihnya air laut. Dan, ada beberapa spot terbaik untuk menyelam. Para wisatawan mengaku sangat puas bisa Diving dan snorkeling di bagian barat pantai yang dikenal dengan sebutan Meno Waal dan Turtle Point.  

4. Pantai Kuta

Saya tidak salah tulis. Di pulau Lombok juga ada pantai Kuta. Silakan ke desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah untuk menemukan pantai unik ini. Iya, pantai ini unik karena pasirnya yang serupa mrica putih ukuran kecil. Zaman saya mudah dulu, banyak wisatawan yang pulang membawa pasir ini, termasuk saya. Saya bawa pasir seukuran botol air mineral ukuran tanggung. Tapi hei.. itu tahun 2001! 

Pesona pantai Kuta Lombok lainnya adalah air jernih, terumbu karang indah, batu-batu  besar, juga bukit Mandalika di sebelah barat pantai. Eksotis sekali. Pantai ini termasuk pantai yang paling saya rindukan. 

5. Pantai Selong Belanak

Ingin datang ke pantai eksotis dengan deretan bukit hijau? Pantai Selong Belanak jawabannya. Garis pantainya membentuk serupa bulan sabit. Lokasinya di desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah. Pantai ini masih cukup sepi jika dibandingkan pantai terbaik lainnya. Sempurna sekali untuk wisata low budget dengan beautiful sunset.  Deretan kapal-kapal kecil warna-warni sangat eye catching di frame kamera. Pecinta foto panorama harus datang. Jangan khawatir, meski belum terlalu popular, wisata kuliner yang menggoyang lidah sudah ada di sini. Jadi, ayo kita ramaikan. 

6. Pantai Tanjung Aan

Dari pantai Kuta Lombok, kita bisa terus menyusuri jalan menuju pantai cantik bernama Pantai Tanjung Aan. Pesona pantai Tanjung Aan adalah sudah lama tersiar. Tentu saja karena keindahan pantai pasir putih dan pantai pasir mricanya. Sebuah batu karang besar menjadi pemisah jenis pasir. Jadi berasa dolan di 2 pantai sekaligus hanya dengan berjalan kaki. Di pantai ini saya melakukan susur pantai dan membeli tenun khas Lombok warna kuning. Ah.. memori yang sangat indah. Oh ya, ombak lautnya cukup besar, mengingat lokasinya yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. 


7. Pantai Tangsi atau Pantai Pink

Pantai berpasir pink? Tentu saja ada! Ayo kita ke Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur ini. Pasir warna merah muda (pink), akan menyambutmu dengan ramah. Mungkin kamu penasaran bagaimana warna pasir bisa pink begitu. Apa iya menyumba pasir seluas itu. Hahaha… saat ini saya jadi ingat Susi kecil yang berkali-kali mengitari TV karena penasaran bagaimana manusia bisa muat di dalam kotak segitu. #capedeh…


Warna pasir merah muda atau pink didapat dari pecahan halus terumbu karang merah yang bercampur dengan pasir. Serpihan karang yang lebih besar bisa ditemukan juga di sepanjang bibir pantai. Keistimewaan lainnya adalah pantai ini memiliki tebing-tebing yang membuatnya semakin eksotis. Untuk arus ombak, tidak terlalu besar dan aman untuk anak-anak. Oh ya, kalau mau ke sana tanpa guide, kamu perlu tahu nama aslinya, yaitu Pantai Tangsi. Selamat berlibur di pantai Tangsi yang berpasir pink!


8. Pantai Seger

Pengen minum es kelapa muda yang seger-seger di pantai Seger! Wuaaah.. pasti asyik sekali bisa berwisata di pantai yang memiliki garis pantai sangat panjang sehingga harus dijadikan kawasan wisata terpadu Lombok. Saya pengen banget bisa ke sini, terutama ingin mengenal legenda masyarakat Lombok, yakni Putri Mandalika. Apa kesamaannya dengan pantai Mandalika Jepara? Wohoho… Jeporoannya selalu keluar. Di pantai ini ada monument Putri Mandalika, so… ayo buruan ke sini. Soal tempat menginap, tenaaang…. Ada beberapa hotel, termasuk hotel terbaik di sini. Asyik banget menginap di hotel yang pemandangannya langsung menghadap ke laut. 

9. Pantai Bangko-Bangko

Suka surfing? Ayo surfing di Lombok! Pantai Bangko-Bangko di Sekotong menjadi spot surfing terbaik di Lombok. Para surfer menyebutnya desert point. Desert point mempunyai  ombak yang sangat ideal untuk atraksi dengan papan selancar. Tak hanya itu, pantai Bangko-Bangko juga menawarkan pesona alam yang eksotis yaitu hamparan pasir berwarna putih dengan air laut jernih berwarna kebiruan. 

10. Pantai Nambung

Mengunjungi pantai yang memiliki air terjun tak banyak. Bahkan jika dihitung seluruh dunia. Pantai Nambung salah satunya. Lokasinya masih di daerah Sekotong, Lombok Barat. Pantai pasir kecoklatan, birunya laut, pesona alam pesisir, ditambah air terjun elok dipandang. Cantik sekali. 

Sebenarnya, air terjun di pantai Nambung berasal dari hempasan ombak besar di dinding karang. Air hempasan yang sangat banyak meluncur deras ke bawah laksana air terjun. Oh ya, langit di sini berwarna biru tosca, jadi unik sekali, kan? 


Woaaa… saya menulis ini sambil mengilar-ilar pengen buruan packing. Indah sekali…. Bagi saya yang sudah menikmati 3 dari 10 pantai di atas, semangat ngetrip-nya jadi lebih berkobar. Semua bagus, semua khas. Bismillah… saya pasti ke sana, segera. Saatnya searching pilihan  hotel terbaik di Lombok untuk artikel yang akan dating, agar liburan aman, nyaman, dan berkesan. 

Share:

10 comments:

  1. Aku tahunya no 1,2 dan 4 saja. Ternyata masih banyak di Lombok. Save lah, siapa tahu ke Lombok, nanti bisa jadi referensi ini pantai. Penasaran jadinya, pengen lihat secara langsung..

    ReplyDelete
  2. Kalau eksplor lagi, kita bakal ketemu pantai-pantai yang jauh lebih keren lagi mbak. Terus bergumam sendiri kalau yang selama ini sudah didatangi itu berasa gak ada apa-apanya.

    Saya yang tinggal di Lombok juga tahunya pantai seputaran itu saja. Bisanya mupeng lihat pantai-pantai cantik hasil jepretan teman-teman yang doyan eksplor.

    ReplyDelete
  3. Semangaaaaatttt. Duuu baca artikel bersemangat kayak begini bikin semangat juga pengen pulang ke Lombok lagi.

    ReplyDelete
  4. Ternyata pantai di Lombok banyak yaaaaa :D
    Hanya bbrp yg kukenal. Semoga kalau ke Lombok nanti bisa agak lamaan dan menjelajah semua TFS Mbk Susi :D

    ReplyDelete
  5. Duh... duh... duuuh..., keinginan saya untuk ke Lombok semakin kemecer iniii :)

    ReplyDelete
  6. Dulu pernah Wisata ke Lombok dan main ke pantai Senggigi. Ternyata memang sangat bagus pantainya, bersih dan sangat mudah di akses. Sangat rekomendasi kalau sedang ke Lombok

    ReplyDelete
  7. Pengen banget ke Lombok. Nyesel pas tinggal di Bali dulu kok ga pernah skalipun ke Lombok padahal dah deket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Masih jauh Mbak. Kalau jalur darat tetep ada belasan jamnya tuk sampai Selaparang.

      Delete
  8. Waktu ke lombok saya benar benar terpesona sama pantai kuta. ya ampuuun bagus bangeeettt

    ReplyDelete
  9. Proud of Indonesia! Negeri sejuta pantai, ngga kalah eksotik sama Maldives

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra