Hal yang Dilarang Dilakukan di Dalam Pesawat Selama Penerbangan

Siapa pun kamu dan tidak peduli seberapa terkenalmu, jabatanmu, bagaimana latar belakang keluargamu, ada beberapa hal yang tak bisa kamu hidari atau manipulasi. Ada beberapa hal yang berlaku untuk siapa saja selama berada dalam pesawat selama penerbangan. Tak bisa dinegosiasi. Apa itu? 
Hal yang Dilarang Dilakukan di Dalam Pesawat Selama Penerbangan
sumber foto Freepik

1. Menduduki Tempat Duduk Penumpang Lain

Jika kamu sedang melakukan penerbangan bersama rombongan dan tidak ingin terpisah atau punya posisi tempat duduk incaran, sebaiknya gunakanlah layanan online check-in sebelum keberangkatan. Hal ini sangat berguna untuk memastikan agar kamu mendapatkan tempat duduk yang kauinginkan. Jika tidak bisa melakukan online check-in, datanglah lebih awal ke bandara. 

2. Mengabaikan Instruksi Awak Kabin
Instruksi awak kabin haruslah dipatuhi sebaik mungkin. Instruksi ini di antaranya mencakup permintaan untuk tidak meletakkan barang yang dapat mengganggu lalu lalang awak kabin dan penumpang lain, menutup meja saat pesawat akan lepas landas dan mendarat, menegakkan sandaran kursi, tidak menggunakan perangkat elektronik saat di dalam pesawat, dan membuka penutup jendela. Bahkan jika awak kabin telah memintamu pindah kursi, kamu juga harus mematuhinya. Pengaturan tempat duduk sangat penting bagi keseimbangan pesawat, terutama saat sedang menaiki pesawat kecil jenis ATR. Serta ada baiknya untuk memerhatikan panduan saat kondisi gawat darurat. 

3. Membawa Barang Berbahaya

Ada banyak barang-barang yang berbahaya dan dilarang dibawa ke dalam pesawat. Bahkan benda tumpul yang bisa menyebabkan orang lain cedera pun dilarang, apalagi segala bentuk senjata tajam, serta senjata api dan bahan peledak.

4. Iseng dengan Penumpang Lain

Tindakan yang termasuk perilaku iseng terhadap penumpang lain sangatlah beragam, mulai dari berbicara mengolok-olok atau tertawa terlalu keras, merebahkan sandaran kursi hingga membuat sempit penumpang di belakang, bercanda melempar-lempar barang ke teman yang duduk di lain barisan, hingga mengambil foto penumpang lain atau pun selfie. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain. Sehingga termasuk juga dalam daftar hal yang dilarang dilakukan di dalam pesawat selama penerbangan.

Jangan  becanda over, jangan pula jaim-jaiman di pesawat. Foto dokpri

5. Boarding Terlalu Cepat

Perhatikan panggilan boarding dengan saksama. Meski yang dipanggil boarding adalah nomor penerbanganmu, bukan berarti sudah waktumu bisa langsung boarding. Terutama untuk pesawat tertentu. Jika saat boarding pesawat menggunakan fasilitas garbarata, pihak maskapai akan mendahulukan penumpang yang duduk di bagian belakang. Tujuannya untuk menghindari kemacetan antrean boarding karena penumpang di barisan depan yang masih sibuk menaruh bagasi kabinnya.

6. Membawa Zat Cair Terlalu Banyak

Para penumpang pesawat terbang tidak boleh membawa cairan lebih dari 100 ml per kemasan ke dalam bagasi kabin. Pengecualian untuk penumpang yang membawa makanan bayi ataupun obat-obatan yang dikonsumsi selama penerbangan, termasuk makanan diet khusus untuk penderita diabetes. Kemudian, untuk para wanita, sebaiknya peralatan-peralatan kosmetik yang berbentuk cairan seperti, sabun, sampo, dan peralatan mandi lainnya (termasuk parfum) sebaiknya ditaruh ke dalam koper untuk disimpan di dalam bagasi check in. Body spray ataupun produk kecantikan lain yang dikemas dalam tabung aerosol sebaiknya tidak usah dibawa saja. Karena tekanan tinggi di pesawat bisa menyebabkan tabung aerosol tersebut meledak.


Itulah beberapa hal yang dilarang dilakukan di dalam pesawat selama penerbangan. Dengan hal ini  semoga dapat menjadi rambu-rambu untuk dijadikan pelajaran ketika sedang melakukan penerbangan.

Share:

5 comments:

  1. Alhamdulillah, tidak satupun yang saya langgar.

    ReplyDelete
  2. bawa benda cair kadang suka lupa yang travel size, terpaksa deh di ikhlasin di sita petugas...

    ReplyDelete
  3. Save ah. Belum pernah naik pesawat sih. :D Ya, barangkali buat nanti kalau pas ada rezeki dan naik pesawat. Hehehehe

    ReplyDelete
  4. Belum pernah ngelanggar sekali pun. Alhamdulillah. :v

    ReplyDelete
  5. Mengabaikan instruksi dari awak kabin sepertinya adalah hal yang paling sering dilakukan ya bun. Kadang orang malas memperhatikan hal penting ini. :(

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra