Salutation Française - Menyapa dalam Bahasa Perancis

Mengucapkan salam dan menyapa adalah awal dari conversation française yang dirintis Susi untuk teman-teman yang tertarik mempelajari bahasa perancis. Dan di Perancis ada beberapa sapaan yang dapat digunakan sesuai waktu dan suasana pertemuan. Kapan waktu pertemuan, seberapa kenal kita pada lawan bicara, dan dimana percakapan berlangsung, sangat mempengaruhi salam dan sapaan mana yang kita pakai. Berikut adalah contoh-contoh sapaan berdasarkan konteks dan situasinya.

Salam yang sopan dan atau resmi, atau belum saling kenal :
1. Bonjour! (digunakan sepanjang hari, dari pagi sampai sore)
2. Bon après-midi! (digunakan pada sore hari. Dapat diganti bonjour)
3. Bonsoir! (digunakan pada malam hari)

Note : bonne nuit (selamat tidur)

Meskipun termasuk salam yang bersifat formal, kita tetap dapat memakai ketiga salam ini ketika bertemu dengan sahabat atau teman sebaya pada suasana nonformal. Jadi sapaan bonjour! Bon après-midi! Bonsoir! bersifat fleksibel. Nah, jika kita bertemu seorang sahabat atau teman dekat, kita bisa menggunakan salam yang tidak resmi, yaitu: Salut! dan Ça va! kedua salam ini dapat digunakan sepanjang hari, tidak tergantung waktu. Selain itu, masih ada salam lain yang khusus digunakan ketika menelpon seseorang, yaitu Allô ! (halo).

Panggilan.
Ketika memanggil seseorang, tentu disesuaikan dengan kondisi lawan bicara. Laki-laki/perempuan/usia, status pernikahan sangat mempengaruhi bagaimana kita memanggil lawan bicara. Silahkan pelajari beberapa sapaan di bawah ini.

Monsieur : Tuan/pak (sing. Bentuk singulier) bisa disingkat M.
Messieur : Tuan/pak (plur. Bentuk jamak)
Kedua sapaan/panggilan di atas digunakan untuk laki-laki yang belum dan sudah menikah

Mademoiselle : Nona (sing.) bisa disingkat Mlle.
Mesdemoiselle : Nona (plur)
Kedua sapaan/panggilan di atas digunakan untuk wanita yang belum menikah

Madame : nyonya (sing.) bisa didingkat Mme.
Mesdames : Nyonya (plur)
Kedua sapaan/panggilan di atas digunakan untuk wanita yang sudah menikah

Semua bahan di atas sudah Susi siapkan dalam ebook sederhana Susi tentang Salutation Française lengkap dengan latihan-latihan yang membantu teman-teman belajar bahasa Perancis.
Ini adalah artikel pertama Susi tentang Français Facile, namun tulisan ke tiga tentang bahasa Perancis yang dapat ditemukan pada label Français.

2 Komentar

  1. Wah, pengetahuan baru nih....

    Kalo pengin mengucapkan "Aku Cinta Kamu" bahasa prancis-nya apa ya?

    BalasHapus
  2. @ Taufik yang ngaku gendut padahal enggak: Bahasa perancisnya i love you sangat singkat, yaitu je t'aime. Karena itulah orang perancis fasih mengatakan je t'aime.
    Mas Herdoni: Orang Perancis lebih ribet tata bahasanya daripada bahasa Jawa, karena bahasa tulisan & percakapan bisa berbeda. Tapi belajar bahasa Perancis membantu saya mendisiplinkan diri karena bekerja dengan mereka tidak mudah.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)