Hampir Tertipu Hadiah Grand Livina di Kopi ABC

Kemarin malam ibu memberi kami sebuah kupon kotak hologram kecil dan kertas lipatan yang berasal dari kopi ABC yang beliau seduh. Sebuah kupon kotak bertuliskan "Selamat....!!! Anda mendapatkan Grand Prize 1 unit mobil Grand Livina." serta kertas terlipat rapi yang memberitahu secara detail cara pengambilan hadiah. Keduanya sangat meyakinkan karena dilengkapi stempel serta tanda tangan banyak pihak, termasuk General manager PT Santos Jaya Abadi, Polda Metro jaya, Dirjen Pajak, notaris, bahkan berbagai surat ijin yang tampak meyakinkan. Tak lupa nomor RKP atau rahasia kupon pemenang. Seingat kami, pemenang hadiah di kopi ABC berada atau menyatu dengan bungkus kopi ABC, bukan terpisah seperti ini.
Kupon Kecil bagian Depan

Kupon kecil bagian belakang


Kertas Lipat yang harus dikirimkan via Pos (bagian depan)

Kertas Lipat yang harus dikirimkan via Pos (bagian belakang)

Tak banyak reaksi yang kami tunjukkan kecuali menanyakan detail penemuan kupon tersebut pada ibu. Padahal dalam dag dig dug serrr .... hati agak berharap jika ini benar. Beruntung, kami punya kebiasaan cek dan ricek dengan cara googling dulu agar yakin. Mengapa? Karena ada 2 hal yang menarik perhatian kami, yaitu tulisan dalam kupon dan kertas lipat:
1. Untuk hadiah berupa uang/grand prize/hadiah utama, pemenang di bebankan administrasi sementara atau biaya balik nama (BBN) untuk kelengkapan surat-surat kendaraan STNK BPKB sebelum kendaraan di antarkan ke alamat pemenang. 
2. Layanan promo yang harus dihubungi adalah 021 5064 8610 dan atau 085 219 421 421 atas nama Efendi.

Yang menarik awalnya adalah kesalahan tata bahasa untuk di-bebankan dan di-antarkan. Rasanya tak mungkin perusahaan sebesar itu salah mengeja kata. Berkah belajar di fakultas pendidikan bahasa serta seringnya ikut karya ilmiah, jadi Susi teliti sekali dengan tata bahasa Indonesia. Juga, kalimat membayar administrasi dulu. please! Jika membayar dulu, bukan hadiahh dong! Setelah kami googling, ternyata biaya yang telah dibayarkan mereka yang tertipu adalah sejumlah Rp 3.700.000,- untuk biaya BBN, STNK, serta BPKB. Yang menarik kedua adalah pemberian gambar foto beserta nama disebelah layanan telephonique. Dan layanan telepon yang tersedia bukan berupa hotline, tapi nomor rumah dan nomor GSM. Ada 2 sumber yang cukup banyak membahas penipuan ini yaitu di sini dan di sana

Jika sahabat mendapatkan kupon hadiah undian kopi ABC yang terpisah dari bungkusnya, tidak berupa hologram bulat menyatu dengan bungkus, berupa kupon atau sejenis, lebih baik langsung bakar saja. Berikut email resmi dari PT Santos jaya Abadi yang Susi kutip dari sini.


***
Dengan Hormat ,
                  
Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih untuk email yang dikirimkan. Pada kesempatan ini kami dari PT.Santos Jaya Abadi ingin memberikan penjelasan mengenai promo“GELEGARRR KOPI ABC” yang diadakan oleh kopi ABC, yaitu :


   1. Bahwa undian yang di keluarkan oleh kopi ABC adalah berbentuk hologram bulat  seperti koin yang melekat atau menempel jadi satu dengan bungkus di bagiandalam tidak terpisah dan tidak bisa dilepas. Bukan berupa kupon gesek, kertas laminating ataupun surat-surat pemberitahuan.


   2. Bahwa kami hanya mencantumkan no.layanan konsumen bebas pulsa yaitu 0-800-1-726867 (SANTOS) di kemasan kopi ABC, tidak ada no.contact person atau nomor lain yang harus dihubungi (Bila ada no.telpon selain layanan bebas pulsa dapat di pastikan hal tsb adalah modus penipuan).


   3. Bahwa promo telah di perpanjang sampai dengan 30 Juni 2011 dan pemenang tidak dipungut biaya apapun (Bila sudah di minta transfer sejumlah uang bisa di pastikan itu adalah modus penipuan).


   4. Bahwa Kopi ABC / PT.Santos Jaya Abadi tidak pernah bekerja sama dengan pihak/instansi manapun (termasuk pihak kepolisian).


   5. Bahwa kami sudah mengumumkan mengenai promo berhadiah langsung dari kopi ABC di koran KOMPAS tgl 01 September 2010 dan media lokal lainnya.


   6. Berikut ini adalah sedikit informasi yang ingin kami sharing kepada Bapak/Ibu, yaitu mengenai pernyataan pihak kepolisian terhadap aksi penipuan yang menggunakan nama perusahaan dan juga pihak kepolisan.http://megapolitan.kompas.com/read/2010/11/10/1041588/Jangan.Percaya.Undian.Atas.Nama.Kapolda-5


   7. Bila yang anda dapatkan di luar dari penjelasan di atas harus di waspadai sebagai bentuk penipuan yang sedang marak saat ini.


   8. Bahwa semua informasi dari konsumen sudah kami tindak lanjuti sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku mengenai penipuan dan pencemaran nama baik dengan melaporkannya ke POLDA METRO JAYA dan saat ini sedang dalam proses penyelidikan.


   9. Berikut ini adalah sedikit informasi yang ingin kami sharing kepada Bapak/Ibu, yaitu mengenai penangkapan pelaku penipuan dalam kopi ABC di daerah Bogor.http://www.tempointeraktif.com/hg/kriminal/2010/12/22/brk,20101222-300872,id.html




Demikian tanggapan yang dapat kami berikan, terima kasih untuk perhatiannya.




Hormat kami,                                               
Customer Service

***

Pertanyaan kecil yang kami pertanyakan berdua adalah, bagaimana kupon semacam ini bisa ada di bungkus kopi ABC? Apakah ada orang dalam, ataukah penipuan sudah semakin canggih yaitu dengan membungkus sendiri kopi ABC palsu? Lalu, dimana memesan bungkus yang sangat serupa itu, ya? Hehe.. itu sih kerjaan polisi, ya?
Ah, beruntung kami terbiasa googling jika ada hal baru dan menarik. Loloslah kami dari penipuan semacam ini. Grand Livina Gratis. Siapa yang menolak?

23 Comments

  1. betul banget mbak
    untung dicek dulu ya jadi bisa tahu ini beneran atau penipuan
    bisa jadi pelajaran berharga bagi yang lain agar lebih hati - hati

    ReplyDelete
  2. Wach aksi waspada Mbak Susi memang jitu ya...

    Ternyata masih banyak yang model beginian ;)
    O tidak bisa...

    ReplyDelete
  3. saya pernah dapet! yeee...dapet kupon kek gitu aja, terus ku buang, hehe..
    percuma juga. kalo mau kaya ya harus bekerja, itu aja kan bu? hehe

    ReplyDelete
  4. Saya baru saja sabtu kemarin berbincang dengan seorang Tukang Langganan keluarga kami, yang biasa membetulkan kerusakan di rumah ...
    dia juga nemu kupon serupa ...

    Dia penasaran ...
    Pingin datangi langsung ke alamat TKP nya ...
    Saya bilang saja ... Bang ini kayaknya penipuan nih ... kalo abang disuruh transfer uang ... jangan mau ... ini penipuan ...

    Si Abang masih tetap penasaran ...
    Lalu saya bilang ... ya udah kalo abang pengen datang kesana ... bawa temen ... dan liat apa yang ada disana ... dan jangan kecewa kalo ternyata abang nggak dapet apa-apa

    Salam saya

    ReplyDelete
  5. setuju sama langkahnya mba susi, kalo dapet tentang sesatu yang mencurigakan biasanya saya (dan suami) selalu googling dulu. siapa tau beneran, kan mau banget.

    ReplyDelete
  6. aku jadi inget mbak, dulu pernah liat tayangan investigasi gitu deh. jadi si pelaku beli produk berhadiah itu, trus di'olah'dirumah. jadi dibongkar secara halus, masukkan kertas, trus dipasang lagi *agak lupa detailnya*
    trus produk2 itu disebarnya di supermarket2 terkenal. bukan toko2 kelontong. ini dilakukan supaya tampak meyakinkan. kan ga mungkin sampe supermarket besar itu nipu.
    mungkin ibu mbak susi kebetulan dapet yang seperti itu.

    hebat ya orang2 jaman sekarang, otak pinternya justru dipake untuk hal2 negatif seperti itu ;(

    ReplyDelete
  7. wah temenku pernah juga dapat kertas kayak gitu...untung dia juga ngga mudah percaya, pokoknya kalo dibilang dpt hadiah tapi disuruh setor dulu sejumlah uang, udah bsa dipastikan kalo itu penipuan.....

    ReplyDelete
  8. intinya jangan mudah percaya,,banyak sekali cara untuk meraup untung yang besar dengan "mengatas namakan" perusahaan atau orang lain..terima kasih Mbak infonya

    ReplyDelete
  9. Sekarang penipuan makin canggih ya mbak. Makanya perlu cek and ricek. Kalau yang menipu lewat sms, saya pernah tuh nelpon buat iseng dan penipu sempet naik pitam soalnya saya bilang "kalau nipu yang canggih dikit dongg" hehehe :D

    ReplyDelete
  10. Makin canggih aja modus penipuan saat ini.
    Kalo saya pernah dpt sms dr no indonesia pdhk saya di hk. Bunyinya dpt uang sekian puluh juta. Suruh hubungi no telp yg trcantum. Ada yg blng ini penipuan melalui hipnotis suara. Ada temen yg iseng tiap telp dimintai pulsa 50rb ampe beberapa x tnp sadar katanya.
    Ehmm emang musti hati2

    ReplyDelete
  11. harus lebih berhati-hati ya. untung punyaanak yang pintar ya.
    gini loh mbak kasus ini pernah ada di detergen. jadi penipu itu membeli detergen bubuk dan membukanya dengan hati-hati lalu memasukkan kupon undian kedalamnya. lalu diamenyebarkannnya lagibiasanya ke mini market.dia berpura-pura membeli sambil manaruh barang yg sudah berisi undian itu

    ReplyDelete
  12. kalo aku dapet honda jazz dari PT Orangtua.. hahaha

    ReplyDelete
  13. hebat yah...sekarang kalau mau nipu. Tapi modus mereka adalah orang2 yg tidak kritis. Padahal mbak susi yg kritis pun udh H2C (harap harap cemas) dan berharap emang bener2 dapat mobil hehehehe...
    Namanya manusia, kalau dapat hadiah siapa yang ga seneng ya mbak....
    Kata Bang Napi bilang... Waspadalah...Waspadalah..

    ReplyDelete
  14. Sahabat semua, terima kasih. memang kita harus waspada, ya. Jangan sampai tertipu. Modus penipuan memang semakin canggih.

    ReplyDelete
  15. wow.. untung Mbak Susi teliti yah, dan terimakasih sudah membaginya juga disini dengan kami Mbak

    eh iyah, aku sekalian mau mengucapkan terimakasih mbak, bingkisannya udah nyampek. hehehehhe.. baru aja masuk rumah, tadi pas mau masuk komplek diajak kenalan sama satpam dulu, eh ternyata dapet titipan surat. yang isinya dari Mbak Susi
    :D
    cihiy udah aku pake-pake nih mbak gelang,cincin sama kalungnya.
    makaish yah Mbak sekali lagi
    :)

    ReplyDelete
  16. iya niy mba kita emang harus lebih hati-hati...
    salam kenal yaa

    ReplyDelete
  17. Yups seperti yg diatas d bahas.. saya jga dpt lg nih d daerah Bogor baranang siang.. waktu nyapu halaman, pekerja saya nemuin undian ini.. untung cri info dlu d sni ternyataaaa.. yah kirain dpt mobil.. mobil2an aj dah

    ReplyDelete
  18. aq jg pernah punya pengalaman seperti itu..
    dulu yg kasih hadiah adalah Sinarmas..
    hahaaa..
    geli aja pas keluar rumah dan ternyata banyak yg dapet undiannya....
    :P

    ReplyDelete
  19. Wah makasih gan udah share

    Kebetulan di dearah gw juga ada yang dapet. Terus minta tolong diliatin kertasnya. Kirain beneran soalnya langsung dapet dari bungkus kopi. Pas di search ke google dapet blog ini. Ternyata itu palus. Terus kata-katanya juga memungkinkan soalnya pake ada photo polisi segala. Yang anehnya cuman pajak ditanggung 25%. Masa menang tapi pajaknya besar ? Untung liat kesini jadi pasti. Hati-Hati saja kalau ada yang kaya gitu. Liat di situs resmi ABC nya ternyata bungkus kopi yang beruntung berlogo hologram bukan kertas kaya gitu. Tapi yang bikin anehnya kenapa bisa masuk ke bungkus kopi ? Itu Pt.Santosa Jaya sama persis sama yang ada di bungkus kopinya

    ReplyDelete
  20. Aku barusan dapet seperti diatas namun tak yakin dan tak mungkin dapat hadiah semudah ini, mobil idaman lagi. Terus gogling...eee ternyata proyek penipuan..trim' dech infonya.

    ReplyDelete
  21. November 12, 2013 Jam 8.30 malam - sehabis makan bersama istri dan anak seperti biasa saya menikmati rokok sampoerna menthol di terrace depan rumah saya - sehabis rokokan saya melepas pom saya - tiba2 mata saya tertuju ke sebuah kertas terbungkus rapi dengan penasaran saya buka perlahan2, seperti cerita2 di atas isinya sama dalam kupon itu dan tampak sangat meyakin kan. saya tanya istri" siapa yang beli kopi ABC " karna saya ngk biasa minum kopi ABC. koq ada kupon kayak gini di terrace rumah siapa yang bawa?. istri saya bilang jangan di ambil serius udah banyak yang tertipu. besok paginya saya google dan blog ini sangat meyakin kan lagi - yang tadinya hampir percaya juga, terimaksih mbak Susi atas sharingnya .... tetapi saya masih punya satu PR yang harus saya cari sendiri " SIAPA YANG BAWA SAMPAI KE DALAM RUMAH" berbahaya ini, jadi ber hati hatilah sahabat

    ReplyDelete
  22. Pagi ini sye dpt jg grand livina bro... !!! hadiah utamanya banyak yaa...?? Cma no.contac personnya beda2 tiap kupon undian...tolong pak polisi hub no ini.. 0813 1651 1177 - 021 32379881.. smpe jg kalimantan barat.
    Trimaksih infonya... modus nih..hati-hati ingetin sodara2 qt..

    ReplyDelete
  23. Saya jg dapat grand livina.. banyak ya hadiah utamanya..
    Siapa yg masukkan dlm kemasan kopi ABC ya..?
    Trimaksih info modusnya.. modal dusta..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)