Recovery Hard disk Mati Berhasil!

Ternyata suami membaca keluhan saya  di blog beberapa hari ini tentang master foto tahun 2008-2009 yang hilang. Dan sore kemarin dia meluangkan waktu merecovery hard disk kami yang tak terpakai. Sebenarnya sih kami kurang yakin hard disk mana yang berisi foto2 itu karena jumlah hard disk kami yang mati sudah lumayan. Agak curiga, kelihatannya di hard disk yang sudah dihibahkan teman dan sudah diformat ulang. Alhamdulillah ternyata hard disk yang benar.
Sedari sore mas Indra merecoveri hard disk rusak kami. Hard disk 160 giga itu dipanggil kembali semua isinya yang berformat jpeg. Hasilnya luar biasa. 32.718 gambar jpeg dengan size sekitar 9 giga berhasil terecoveri kembali pada pukul 8.30 malam. Jadilah kami keasyikan memilih-milih mana gambar yang kami cari. Tentu saja sambil bereuni sedikit tentang kapan dan bagaimana foto-foto itu dibuat.  Sampai menjelang pukul 11 malam kami belum selesai mengecek semua gambar. Yah, bagaimana lagi. Memilih-milih gambar yang dicari diantara 32 ribuan, dan menggunakan komputer Pentium 4. Bisa dibayangkan betapa beratnya computer kami bekerja.

Oh iya, mbak Nchie pernah bertanya tentang tarif recovery hard disk rusak yang 50 ribu per giga. Waktu itu suami menjawab, jika kita sekota, pasti menyenangkan sekali bisa membantu secara gratis. Tarifnya memang mahal. Tetapi jangan salah paham, ya. Sebenarnya bukan Rp 50000 x 80 giga, tetapi dihitung berapa giga data yang direcovery. Jika hanya foto, kemungkinan masih di angka 200 ribuan. Gitu deh mbak, jawabannya. Oh iya, jika ada yang lebih paham ini, boleh deh mengoreksi keterangan saya.

Saat ini saya masih memilah-milah foto sesuai tanggalnya melalui keterangan di foto. Karena pasca recovery, semua file mempunyai nama recovery_1 sampai recovery -32718. Ternyata sangat melelahkan. Dan sayang saya terlalu lelah hari ini setelah beraktivitas di kebun & panen pepaya yang super banyak. Hanya bantu-bantu kakak panen sambil meresakan nikmatnya menjadi petani. :)

11 Komentar

  1. Nostalgia dengan file lama yg dianggap hilang. Wah pasti banyak kejutan ya Mbak :)

    BalasHapus
  2. wah mas indra pinter bisa balikin data gitu. . . klo data di HP yang udah kehapus bisa dibalikin lagi yak mbak. . . ???

    BalasHapus
  3. @Susu Segar: Ntar kutanya suami, ya. Kami tak pernah suka hape bagus, kalo komputer, iya.
    Oh iya dapat koreksi dari suami, komp dekstop kami bukan p2, tetapi p4. xixi.... feels like P2 karena berasa jadul sekali & lemot. Xixi..

    BalasHapus
  4. hebat suaminya Mba Susi bisa recovery data HD
    dulu temen kantorku jg ngabisin duit ratusan ribu untuk recovery HD laptop dia yang crash untung dibayarin kantor :P

    BalasHapus
  5. klo file yang ilang bisa kembaliin lagi gimana ya caranya bun? padahal... Nay udah save as, eh.. pas restart malah ilang file2nya :(

    BalasHapus
  6. Baca comment ada 'pepaya california' langsung balik lht gambarnya..ternyata mmg hanya ada foto hardisk saja...penasaran pengen tahu pepaya california sih...hehee

    BalasHapus
  7. Ikut senang aku Mbak, pasti foto2nya berharga semua :)

    Pepaya Chalifornia, aku pernah baca tentang budidaya ini, bahkan siapa yang mengembangkannya juga pernah dibahas dimajalah, kalu g salah sudah meninggal lho Mbak, seorang doktor perempuan asal IPB, aku lupa namanya. Semoga jadi amal jariyahnya ;)

    BalasHapus
  8. aiyyh seneng nya yang telah kembali phto2 na.. kan photo ituh bermoment :D

    BalasHapus
  9. rajin ya mbak suaminya, aku punya tuh harddsik yang perlu di recovery tapi gak diapa2in sama suamiku hehehe

    BalasHapus
  10. sy juga pengen bgt merecovery hard disk sy.. Foto2 anak sy dr lahir sp umur 2 tahun disana semua dan sy gak punya back up.. Pasti seneng bgt kl bisa di recovery..

    BalasHapus
  11. oh harddisc rusak bisa dibetulin ya???

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)