Tutorial Bunga Aster Dari Kain Flanel

Siapa yang kangen dengan tulisan saya? Sok terkenal ya, pakai tanya segala. Maaf... saya jarang bisa meluangkan waktu menulis. Masih bersyukur bisa membaca di sela-sela waktu. Jika menulis, jujur memang harus mempunyai waktu senggang yang banyak karena ATK menulis saya sudah tak ada. Maka, bersyukur tetap bisa membaca dan (kadang) blogwalking tanpa menulis komentar harus tetap disyukuri. Kita kan harus pandai bersyukur di keadaan apapun. Ya kan?

Tutorial Bunga Aster dari Kain Flanel
Sore ini saya iseng pinjam laptop keponakan. Iseng melihat-lihat foto tutorial membuat bunga yang sempat saya siapkan sebelum komputer saya rusak. Beruntung 2 hari sebelumnya sempat pinjam laptop keponakan 'tuk nitip foto. Rencananya... foto-foto ini untuk bahan buku. Tapi karena tak punya komputer, dan tutorial serta pola-pola yang sudah saya buat masih di komputer yang mati, saya memutuskan membaginya saja di sini. Semoga bisa bermanfaat. Dan inilah tutorial membuat bunga Aster Susindra dari bahan kain flanel.

Bahan untuk membuat bunga Aster ala Susindra sangat sederhana. Siapkan 5 bulatan ukuran 5 cm dan 2 benang sari. Jangan lupa lem tembak dan gunting gelombang/zigzag. Tak ada? Bisa dibentuk secara manual. Di pinggir bulatan dirapikan dengan gunting gelombang (boleh dengan gunting zigzag). Rahasia kerapihan bunga Aster flanel adalah bulatan yang sempurna.
Tutorial Bunga Aster Dari Kain Flanel

Dengan bantuan penjepit kertas, lipat dan beri lem bagian tengah bulatan 2 kali hingga mendapat bentuk seperti gambar di bawah ini. Lakukan pada 4 bulatan saja ya.

Tutorial Bunga Aster Dari Kain Flanel
Ambil satu bulatan dan potong sedikit menuju ke tengah agar bisa digulung seperti di gambar ini.
Tutorial Bunga Aster Dari Kain Flanel
 Inilah bentuk akhir kelima bulatan yang kita kerjakan tadi. Ingat ya.... buat yang rapi. Kalau tidak rapi, nanti saya yang malu.... hehe. Ambil sedikit kain keras/vaselin/kertas/kain flanel untuk media menempelkan 5 kelopak kita.
Tutorial Bunga Aster Dari Kain Flanel
 Susun 4 kelopak dulu, lalu ukur kira-kira tinggi kelopak bagian tengah. Setelah pas... baru satukan dan dilem.
Voila.... bagaimana? Mudah banget ya? Ingat selalu rahasia kerapihan yang saya bagi itu. Sepele... tapi banyak yang "lupa". Saya sudah membagi tutorial ini gratis ke beberapa "murid" yang membeli paket belajar membuat bunga pada saya. Dari foto hasil prakarya mereka, saya simpulkan bahwa bulatan mereka selalu tidak sempurna. Jadi hasil akhirnya ya seakan kotak. Hehe.... Siapa hayo... ngaku.....
Segitu dulu ya... semoga bermanfaat. Merasa tutorial in bermanfaat? Klik page Sweetzee & Susindra Craft yuuuukkk..... ada di sidebar samping. Selamat berkarya.
Share:

11 comments:

  1. Cantik mbak Susi....saya sgt suka bkin2 gni...trims ilmunya...

    ReplyDelete
  2. cantik yah, tapi flanel tuh nggak awet. kainnya sering apa ya namanya mbrudul?? tapi suka deh sama tutorialnya :)

    ReplyDelete
  3. wah cantik,patut dicoba...
    Thanks ilmunya :-)

    ReplyDelete
  4. butuh ketekunan ya mbak supaya dapat hadil yang bagus seperti buatan mbak susi

    ReplyDelete
  5. Intinya ada pada bulatan. Kudu rajin ya, Mba.

    Keep Sharing, Mbaaa . . :)

    ReplyDelete
  6. saya boleh ikutan belajar membuat bunga dari kain flanel kan...., siapa tahu saya bisa ngajarin istri di rumah.......keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  7. Cantiiik.... Mbak Susi, izin menyalin tutorial ini yaa.... bisa jadi bahan keg pemberdayaan kelp binaan kami... Dan, ditunggu buku tutorial selengkapnya :)

    ReplyDelete
  8. Bagus bgt mb n jd tw nh cr mbuat bunga aster...tq mb susi di tg tutorial lainnya y....

    ReplyDelete
  9. Wah bgs bgt n mudah buatnya mb kirain susah cz dh lm pingin buat bunga spt itu tp g tw crnya,tq dh d ajarin crny y mb n di tg tuturial2 berikutnya....

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra