Sinopsis Lengkap Film Insidious 3 dan Reviewnya

Film Insidious 3 dibuka dengan kedatangan Quin Brenner, seorang remaja cantik yang mengaku berusaha menghubungi mendiang ibunya ke rumah Elise Rainer. Elise Rainer adalah cenayang yang sama di film Insidious 1 & 2 yang review lengkapnya telah saya tulis sebelumnya. Setting film ini adalah 1 tahun sebelum kejadian yang menimpa keluarga Lambert di 2 film sebelumnya. Elise menegaskan agar Quin jangan pernah menghubungi orang mati karena akan ada hantu parasit yang ikut menempel dan menginginkan jiwanya.

Quin kembali ke kehidupan normalnya bersama Sean (ayah) dan Alex (adik). Ia ingin keluar dari rumah dengan mengambil audisi sekolah teater. Sayang usahanya gagal. Ia malah ditabrak mobil karena berdiri terlalu lama di tengah jalan. Quin mengalami patah kaki dan harus istirahat total. Ketika di kondisi itulah serangan makhluk astral parasit (insidious) yang mengincar jiwanya semakin nyata dan berusaha membunuhnya. Sean  juga menyadari kehadiran makhluk astral yang mengancam jiwa putrinya. Ia pun meminta bantuan pada Elise namun lagi-lagi Elise menolak membantu karena takut dengan ancaman pengantin hitam (bride in black).
sinopsis lengkap Insidious 3
Elise Rainer



Pada saat ini Elise masih berduka. Jack, suaminya meninggal karena bunuh diri setahun yang lalu. Pasca meninggalnya Jack, Elise mencoba menghubungi suaminya namun sesosok hantu mengerikan ikut menyusup keluar. Hantu yang dikemudian hari kita kenal sebagai pengantin bergaun hitam itu berkali-kali mengganggu Elise dan mengatakan ia akan mati ditangannya. Kedatangan Quin membuat Elise kembali menyecap dunia cenayang, namun ia belum siap.

Dengan support Carl, teman cenayang yang memakai dadu di film kedua, Elise sadar bahwa kemampuannya sangat dibutuhkan orang-orang sekitar. Maka ia pun membantu Quin yang ternyata sudah babak belur diganggu hantu yang menjadi parasitnya. Hantu Quin berbentuk laki-laki yang memakai alat bantu nafas (man can't breathe) dan bermaksud membawa jiwa Quin ke dunia gelapnya sebagai peliharaannya. Separuh jiwa Quin telah ditawan hantu ini ketika Elise, Spec & Tucker (2 kru TV) membantu. Mereka semua berusaha membantu mengambil alih setengah jiwa Quin dari tawanan hantu yang menjadi parasitnya. Dengan keyakinan bahwa jiwa yang masih hidup lebih kuat daripada jiwa yang telah mati, Elise menjadi sosok penyelamat. Pada akhirnya, harus Quin sendiri yang membunuh insidious, hantu parasit yang bersembunyi dan mencelakakannya.
The end
sinopsis lengkap Insidious 3
Quin Brenner - remaja cantik yang menghubungi ibunya

Saya kurang antusias ketika menyambut film Insidious 3. Mungkin karena saya kecewa dengan paranormal activity 3-5 yang sudah saya buat sinopsis lengkapnya. Juga film The Conjuring 3 yang memakai judul Annabelle dan sudah ada sinopsisnya di sini. Pasti memaksa dan kurang serem. Entahlah. Tapi yang jelas, seperti itulah biasanya. Film yang sukses besar lalu dibuat franchise malah semakin mengada-ada karena membesarkan 1 spot yang kurang pas. Bahkan meskipun film ini diproduseri oleh James Wan yang kondang membuat pecinta horor Amerika terlonjak ketakutan dari kursi. Saya bahkan tak yakin kalo film ini ditunggui ketika proses pembuatannya. Masa sih hanya begini? Melihat waktu pembuatannya. James Wan pasti sibuk dengan Furious 7. (Tambahan: Ternyata benar, ini adalah film Insidious pertama yang tak tersentuh tangan dinginnya)

Film Insidious 3 ini lagi-lagi saya tonton sendirian di malam hari. Agar aura horornya lebih terasa sih. Lagipula... aduh, suami sekarang pekerja keras sampai lembur setiap malam. Huhu... Terkadang saya merasa kasihan, tapi sulit memintanya mengambil 1 pekerjaan saja. Kerja apa sih kok malam-malam? Menggosok akik! Yoi, sayangku ini membantu usaha jasa pembuatan akik teman hampir setiap malam karena pagi sampai sore kami bekerja di satu tempat yang sama.
Sinopsis lengkap Insidious 3
Elise & hantu yang ditakutinya di film

Seperti saya katakan tadi, film Insidious 3 ini kurang seru, kurang menakutkan dan mudah ditebak.Tokoh-tokoh cenayang & hantu di film pertama diikutsertakan sebagai penghubung cerita. Yang baru hanya tokoh hantu Lilith Brenner di akhir dan hantu bermasker. Hantu laki-laki yang tak bisa bernafas tanpa bantuan masker ini adalah hantu terseram di apartemen keluarga Brenner. Semacam pemimpin sehingga sangat ditakuti oleh hantu lain.

Lepas dari anehnya sosok hantu utama kita, saya sepakat dengan satu hal di film ini. Bahwa setiap tempat memiliki sosok yang menggambarkan penghuni yang telah meninggal. Kalau di Islam menyebutnya dengan nama qorin. Tak semua orang bisa melihat qorin, tentu saja. Tetapi mereka ada. Bedanya sih, kalau versi film ini (atau film hantu Amerika lain), hantu yang ada di rumah atau lokasi-lokasi tertentu adalah hantu orang yang meninggal namun gagal move on ke dunia selanjutnya (The Further). Jadi mereka terperangkap di sini. Lepas dari benar tidaknya sih, saya sendiri enggan berbantah ketika ada teman yang menceritakan hantu yang belum sempurna kematiannya karena bisa jadi benar. Mengapa saya enggan? Karena pengetahuan mengenai dunia lain ini memang sangat classified dan sengaja di simpan Sang Pencipta segala makhluk agar kita tetap beriman pada-Nya.

Dari segi setting cerita, sebenarnya saya agak bingung. Jika dihitung-hitung dari keterangan di film Insidious 2 yang terjadi pada tahun 2011 (1986 + 25 tahun), maka jika film ini terjadi 1 tahun sebelumnya, berarti setting film Insidious 3 adalah di tahun 2010. Namun saya tak banyak melihatnya di setting. Film agak dibuat kuno namun modern. Rumah dan perabot yang vintage, wajah dan mode baju yang tidak menunjukkan kurun waktu. Entahlah. Sepanjang film saya membayangkan film ini settingnya sama tuanya dengan setting film The Conjuring namun laptop yang dipakai sudah terbaru. Maka old & new sangat kontras di sini. Akhirnya, dengan membaca posting lama saya bisa menyimpulkan, setting film berada di tahun 2010.

Ah ya... saya hampir lupa. Film ini juga memberi keterangan bahwa Spec dan Tucker, 2 pemuda high tech yang menangkap keberadaan hantu dengan teknologi baru kali itu bertemu dengan Elise Rainer. Sebelumnya mereka hanya 2 pemuda yang terlalu banyak membual di youtube. Setelah pertemuan tersebut mereka baru benar-benar tahu bahwa hantu bisa ditangkap oleh teknologi. Mereka pun bekerja sama menangkap hantu dan ikut di saat keluarga Lambert tertimpa masalah dengan hantu pengantin hitam.

Insidious: Chapter 3
Rating : 6,6
Produser : James Wan
Penulis & sutradara : Leigh Whannell    
Durasi : 97 menit
Pemain:
Stefanie Scott sbg Quinn Brenner
Dermot Mulroney sbg Sean Brenner
Stefanie Scott sbg Quinn Brenner
Angus Sampson sbg Tucker
Leigh Whannell     sbg Specs
Lin Shaye sbg Elise Rainier
Tate Berney sbg Alex Brenner
Michael Reid MacKay sbg hantu (The Man Who Can't Breathe)

Sumber keterangan : IMDb
Share:

43 comments:

  1. numpang baca reviewnya hehehe, saya ga berani nonton film horror hahahaha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah datang & membacanya

      Delete
  2. Kurang serem yah, Mba? Saya nonton film ini bareng keponakan saya malam hari, alhasil keponakan saya ketakutan waktu tidur. Saya merasa kurang deg-degan nontonnya, film ini tidak saya tunggu tapi penasaran dengan isi film karena ini kan sambungan dari insodious 1dan 2 sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan ternyata prekuel ya. Seperti Conjuring. Somehow, keduanya gagal move on

      Delete
    2. mb, saya kok penasaran sama hantu di insidious 3 ya... itu hantu parker bkan? (parker yg kcilnya di suruh jd cwe dan akhrnya jd pembunuh brkerudung hitam itu yg ada d insidious 1.2.3.)???

      Delete
  3. Film horor itu bikin penasaran. Tapi, aku penakut bukan main. Insidious 1 aja masih kebayang sampe sekarang. Tar nonton yg ini ah bareng si dia. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insidious 1 memang serem mbak. Makanya saya teruskan ke film kedua

      Delete
  4. Ternyata ini Prekuel toh. Keknya biasa aja ya ceritanya. Tapi saya juga penasaran sih pengen nonton

    ReplyDelete
  5. Aku belum nonton, tapi di Trailer semacam menarik.

    Oh iya, film-film sebelumnya pun aku nggak takut sih nontonnya juga, cuma efek kaget dari musiknya memang kerasa. Ciri khas film-film horor :D


    Film ini ditunggu, tapi banyak yang bilang kurang seru jadinya nggak aku tonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ciri khas Hollywood yg bagus. Gak semua bagus sih. Mirip di Indonesia, film horor amerika juga mengalami kemunduran

      Delete
  6. aku sampai saiki nek nonton film horor ga wani mbak..

    moco iki wae mandan pie ngunu rasane

    ReplyDelete
  7. Sudah nonton dan memang terasa hambar. Tak "seseram" yang pertama dan kedua. Yaa meskipun di filmnya hanya terlalu banyak memainkan efek sound untuk mengagetkan penonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap. Tp komposisi horornya pas ya. Imbang lah

      Delete
  8. Aku paling takut nonton film hantu mba. Tp biasanya nonton kalo sudah kepaksa banget dan penasaran. Contohnya pas nonton.part 1 nya itu. Asliii takuuut banget tp penasaran. Itu hantu pengantinnya bikin takut ...

    ReplyDelete
  9. sinopsisnya beneran detail mbak,hehe duh jadi penasaran sama filmnya :D

    ReplyDelete
  10. Elise, ikonik banget utk film Insidious...hehehehe

    ReplyDelete
  11. Udah nonton yang satu sama duanya, kayanya harus di lanjutin dengan yang ketiganya nih. Gak afdol kalau gak nonton yang terbarunya juga.

    ReplyDelete
  12. saya mau baca dulu ahh ceritanya :)

    ReplyDelete
  13. baca dulu ah reviewnya disini, aku belum nonton mbak insidious

    ReplyDelete
  14. Baca reviewnya uda ngerasa gimana gitu, apalagi nonton langsung. Serem

    ReplyDelete
  15. aduh mbaaak...
    aku paling gak bisaaa..nonton film horor mbaaak..
    Aku terlalu cemeen..huhuhu..

    Udahlah aku mah drama korea yang menya-menye aja deh mbaak hehe...

    ReplyDelete
  16. Kapan terakhir nntn film serem? Hambuh aku krg suka eerr krg berani

    ReplyDelete
  17. kalau saya sih biarpun udah baca sinopsisnya tetep aja gak berani nontong :D

    ReplyDelete
  18. Sebenrnya yg ikonik tu elisse sama anak kecil itu yg bikin sukses ini film

    ReplyDelete
  19. Aku baru nonton indisious 2 jd blm ngeuh alur cerita nya,,baca prekuelnya mba jd males nonton yang ke 3 heheh tapi penasaran sama yang 1..masih mikir mw nonton soalnya tiap mlm cm berdua sama anak doang,,suamiku pulangnya tengah mlm terus agak jiper jadinya hehehe

    ReplyDelete
  20. Numpang lewat ea mbak...
    terlalu banyak baca sinopsisnya makin lemah bulu kuduk saya , udah sering d ganggu saat tdur soalnya,,hehe jdiii gak berani nonton kyaknya....Klo boleh tau kok mbak susi kuat kali jiwanya toh?

    ReplyDelete
  21. Menurut saya Insidious 3 nggak terlalu serem, cuma menang ngangetin seperti biasa, bahkan hantunya ngingetin saya sama Dobby tapi kepala Voldemort, dan endingnya saya malah pengen nangis, sedih, dan malah ada bagian lucunya saat hantu yang keujanan itu takut sama "content writer" menurutku malah mengurangi kehorrorannya, Alex juga keliatannya pemberani banget, kalo ayahnya kan lumayan cemas, tapi saya suka sama aktingnya Lin Shaye. :D

    ReplyDelete
  22. kalo ngeri and bagus mending evil dead 2013

    ReplyDelete
  23. Maap nih baru mau ngasih komen dikit, masih bgs n serem 1 dan 2, setingannya masih ala2 jadul, yng ke 3 sdh modern bngt, jd gak ngigit seremnya. Tp menghiburlah..klo suruh nonton 2x sepertinya ogah..

    ReplyDelete
  24. Akhir ceritanya si nenek nya mati gitu

    ReplyDelete
  25. bingung sekali mbak... karena mbak ellis di film kedua masih muda... koq di film ketiga yg katanya beberapa tahun sebelum lambert haunting udah tua.. coba check di insidious 2. awal play... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insidious 2 awal play kan flashback di masa josh masih kecil

      Delete
  26. Ehm... setelah nonton ke3ny kykny alur ceritanya maju mundur y, kalo mw runut nonton 3,1 n 2 jd agak jelas,
    cz di yg ke3 kita tahu asal mulany si elis krjsm 2cow tengil pemburu hantu itu.
    Di insidious1 mreka udah krja brg n akhrny elise meninggal,
    Trus di insidious2 smua mulai jelas..

    ReplyDelete
  27. Lagi diputer di tv chapter 1 and 2 nya. Aku kepo ma yg ke tiga ini. Lebih suka mecahin misteri ceritanya sih.
    Kalu hantu mah masih kalah ma hantu lokal. :D

    ReplyDelete
  28. Hiii... kalo di HBO baru premier tayang pertama kali nanti malam jam 20:00.. penasaran... sinopsis e lengkap bnget neh,trims

    ReplyDelete
  29. Hiii... kalo di HBO baru premier dipitar pertama kali nanti malam jam 20:00.. penasaran... sinopsis e lengkap banget neh, trims

    ReplyDelete
  30. Membaca koment2 jadinya saya takuttt nontonnn filmya..... ngga jdi deh....tapii sepertinya seru. .penasaran sih ya

    ReplyDelete
  31. kapan insidious 4 tayang ya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra