Review dan Sinopsis Lengkap Film Annabelle 2014

Mencari  Review dan Sinopsis Lengkap Film Annabelle 2014 yang lengkap? Ini dia untuk kamu.

Tahun 1968, sesi wawancara Dona dan Angie dengan pasangan legendaris yang dikenal mengumpulkan benda terasuki (benda demonik).Ed dan Lorraine Warren, pasangan yang sudah dikenal dan diakui kinerjanya oleh para pendeta Katolik dan memiliki ijin meng-exorcist.  Dona dan Angie menceritakan keanehan boneka porselen Dona yang bisa bergerak sendiri, melakukan hal-hal aneh yang menakutkan. Setting ini sama persis seperti setting awal film The Conjuring. Saya pernah menulis review dan sinopsis film The Conjuring sebelumnya.

Dari sinilah setting mundur 1 tahun sebelumnya, ke kisah suami istri John & Mia Gordon dan menjawab pertanyaan siapa (boneka) Annabelle sebenarnya.

Santa Monika, 1967, sepasang suami istri berbahagia menantikan kelahiran anak pertama mereka. Sang Istri, Mia adalah wanita yang sangat lembut dan senang menjahit. Tipe ibu rumah tangga yang baik. John adalah dokter di rumah sakit. Mereka merupakan sepasang suami istri yang agamis dan rajin ke gereja (Katolik?). Mereka juga ramah terhadap tetangga. Tetangga samping rumah mereka adalah sepasang suami istri paruh baya yang tengah bersedih karena anak gadis mereka menghilang 2 tahun lalu. Nama anak gadis itu adalah Annabelle Higgin.

Mia sangat mengidamkan sebuah boneka porselain koleksi terbatas (tidak disebut Annabelle di awal) sejak lama. Sebuah boneka berukuran lebih besar dari biasanya mengenakan sebuah gaun pengantin  untuk melengkapi koleksi boneka di kamar yang ia siapkan untuk anaknya. Dan ia begitu bahagia ketika suaminya berhasil mendapatkan boneka tersebut. Tak dijelaskan dalam kata bahwa boneka tersebut bernama Annabelle. Hanya boneka koleksi yang berhasil didapat sang suami dengan menguras banyak tabungan mereka dan koneksi tertentu. Pada malam yang sama, suami istri tetangga mereka dibunuh, dan pembunuh tersebut juga mengincar keluarga Gordon. Mia berhasil menghubungi 911 dan tiba tepat waktu sebelum mereka terbunuh. Mia dan Gordon hanya mendapat luka ringan.
Annabelle Higgin
Penyerang mereka adalah Annabelle Higgin dan kekasihnya. Mereka adalah anggota sekte RAM yang berusaha mencari boneka yang diidamkan Mia. Annabelle diketahui sebagai anak gadis tetangga mereka yang hilang itu. Si laki-laki tak dikenal ditembak mati polisi sementara Annabelle mengunci diri di dalam rumah. Dia menulis huruf A di tembok sebelum bunuh diri sambil memangku boneka Annabelle. Darahnya menetes masuk ke dalam boneka. Entah alasan apa tak dijelaskan, penyerang itu memang datang untuk mengambil boneka tersebut. Kalimat “Orang-orang gila melakukan hal-hal gila” diulangberkali-kali di film ini.

Pulang dari rumah sakit, mereka tak memiliki kecurigaan apapun pada boneka Annabelle (kita sebut begitu agar mudah) mereka. Beberapa peristiwa aneh terjadi dan boneka Annabelle tergeletak di dekat situ membuat mereka takut pada boneka Annabelle. Ketika mereka sepakat membuangnya, terjadi kebakaran di dapur. Mereka membuang boneka Annabelle dan segera melupakannya. Apalagi bayi perempuan cantik mereka telah lahir. Bayi bernama Lea menyempurnakan hidup mereka. Mereka juga pindah ke apartemen di lantai teratas. Mereka masih rajin ke gereja yang sama, dan berramah tamah dengan tetangga. Salah satunya Evelyn.

Mereka tak boleh lupa pada boneka Annabelle, tentu saja. Karena boneka tersebut ditemukan di salah satu kotak yang mereka bawa pindah. Peristiwa menakutkan pun terus saja terjadi. Kali ini lebih mengincar dan menyakiti Mia. Tetangga mereka, Evelyn memberitahu bahwa yang mengganggu mereka bukan hantu. Hantu tinggal hanya sekitar TKP pembunuhannya. Kemungkinan besar itu adalah iblis yang berusaha mengambil jiwa. Mia yakin iblis mengincar jiwa Lea, bayi mereka. Pendeta Perez membawa boneka tersebut ke gereja namun ia mengalami kecelakaaan di pintu masuk gereja. Pendeta Perez dirawat di RS tempat John bekerja. John segera pulang ke rumah setelah menyadari bahaya yang mengancam istrinya. Rupanya iblis mengincar jiwa Mia. Mia dimanupulasi agar melihat bahwa nyawa Lea terancam bahaya jika ia tidak bersedia mempersembahkan jiwanya. Lea bertekat mempersembahkan jiwanya ketika suami dan Evelyn datang. Evelyn menggantikan Mia dan mempersembahkan jiwanya bagi iblis.
Mia yang diincar jiwanya

Wuih... sinopsis film Annabelle saya lengkap ya. Sudah plus keterangan sana-sini. Sekarang saya mau menambahkan beberapa fakta di film Annabelle yang saya tangkap.

  1. Boneka Annabelle tidak dirasuki arwah Annabelle. Intinya, boneka  Annabelle tidak bergerak sendiri, atau melakukan sesuatu sendiri. Sosok hantu Annabelle Higgin selalu berada di sana dan karena ia merupakan anggota sekte yang memanggil iblis, bahkan bisa jadi Annabelle Higgins adalah penjelmaan iblis (karena iblis meniru manusia). Sosok Annabelle datang dalam wujud gadis kecil sekitar 12 tahun dan Annabelle dewasa ketika bunuh diri.
  2. Meski tak dirasuki, hantu (iblis?) Annabelle terikat pada boneka tersebut.
  3. Latar belakang film ini tidak jelas. Mengapa sekte RAM sangat menginginkan boneka itu selain ia adalah boneka yang limited edition? Apakah boneka tersebut salah satu boneka istimewa karena di abad 19 ada kebiasaan membuat boneka menyerupai anak gadis yang meninggal dan kadang rambut boneka adalah rambut asli gadis yang meninggal (kebanyakan nonton film supernatural-nya Jared & Jensen). Yang jelas, secara tersirat dikatakan, boneka tersebut harganya sangat menguras tabungan.
  4. Endingnya aneh, menurut saya. jika iblis mengincar jiwa tertentu, ia takkan melepaskan untuk jiwa yang lain. Jadi ending film Annabelle seharusnya adalah kematian Mia.
  5. Boneka Annabelle sejatinya adalah hanya boneka rekaan Holywood saja karena boneka yang asli menghantui Dona dan Angie di pembuka film adalah boneka Raggedy Ann yang imut. Sebuah boneka buatan tangan dari kain dengan rambut khas berwarna merah dan hidung segitiga. Sosok boneka porselain setinggi 40 cm dengan bentuk mirip anak perempuan akan terlihat lebih menyeramkan daripada sebuah boneka ilustrasi buku anak-anak seri Raggedy An & Andy.
  6. Jangan memandang boneka (Annabelle) sebagai boneksa seram. Memang jika dibandingkan jaman sekarang, bentuk wajah boneka Annabelle menyeramkan. Sebagai perbandingan, coba lihat koleksi awal boneka barbie tahun 1959 yang terkenal itu dan kamu akan paham maksud saya. boneka Annabelle adalah boneka cantik pada masa itu dan menjadi idaman setiap anak perempuan di dunia. Wujudnya menyeramkan setelah ratak di pipi dan dimatanya. Hehe
  7. Film ini berlatar belakang agama Katolik, jadi budaya tentang hantu, setan dan iblis tentu berbeda. (Saya menontonnya karena suka penasaran saja dan tak terlalu merasa horor karena beda budaya dan kepercayaan dengan saya).
  8. Jika Annabelle adalah spin of dari film The Conjuring (karena kesannya kuat di film tersebut) kemungkinan akan ada Annabelle 2 dan tiga
Menurut saya film Annabelle ini tidak semenakutkan film The Conjuring. Jika bukan karena ketegangan kira-kira di tiap 15 menit sekali, saya pasti sudah menguap tak tentu dan tak mau melanjutkan menonton ini. Suami saya tertidur sebelum menit ke 30. Percakapannya monoton dan sering diulang. Latar belakang kisahnya kurang jelas dan menurut saya diada-adakan. Seperti dipaksakan. Bisa jadi karena kesan yang kuat di film The Conjuring membuat spin off ini dibuat. Sayang, James Wan gagal membuatnya seberkesan The Conjuring.

Saya akan menulis secara khusus apa itu boneka Raggedy Ann yang sebenarnya.
Rageddy Ann adalah boneka ilustrasi dari buku seri anak-anak karya Johny Gruelle (1880 – 1938). Buku Johny Gruelle sangat diminati karena buku dan tokoh boneka diluncurkan bersama-sama. Pada masa itu, konsep pemasaran seperti ini termasuk sangat brilyan. Boneka Raggedy An dibuat dari kain perca dengan ciri khas berambut merah dari benang dan hidung merah berbentuk segitiga dan dipatenkan dengan nomor D47789 pada tanggal 7 September 1915. 5 tahun kemudian tokoh kedua, Raggedy Andy (kakak Ann) diperkenalkan dengan ciri khas baju sailor dengan topinya. Boneka Raggedy Ann dan Andy adalah simbol ketulusan, keberanian dan kejujuran. Sampai sekarang kita bisa membeli boneka ini dan atau membeli pola bonekanya. Tercatat, dari 1918-1977, ada sekitar 45 seri buku anak-anak Raggedy An yang dibuat. Bagus juga untuk bahan bacaan anak-anak. Ada film, skenario drama, komik dan media lain dengan tokoh utama Raggedy Ann. Keterangan lengkap Raggedy Ann bisa dibaca di sini.
Boneka Raggedy Ann asli

Buku seri Anak-anak

Pencipta tokoh Raggedy Ann

Raggedy Ann awalnya adalah sebuah boneka yang dibuat Gruelle untuk anaknya Marcella. Gruelle menggabung 2 puisi James Whitcomb Riley. “The raggedy Man” dan “Little Orphant Annie” hingga menjadi Raggedy An. Sayang sekali Marcella meninggal di usia 13 tahun setelah vaksinasi. Entah karena latar belakang ini atau yang lain, kisah boneka Raggedy Ann yang menghantui mahasiswa keperawatan tersebar luas dan memberikan horor tersendiri. Dari kisah horor inilah tokoh hantu Annabelle diciptakan. Sebuah boneka porselain cantik (pada masa itu) merupakan boneka limited edition yang sangat dicari-cari. Memakai boneka asli Raggedy Ann akan nampak kejam karena boneka itu masih memiliki penggemar setia sampai sekarang dan masih jadi franchise yang bagus.

Selamat menonton


Tertarik dengan sinopsis film horor Amerika populer lain yang sudah saya tulis?
The Insidious 2
Share:

41 comments:

  1. Replies
    1. Ga serem kok mbak. serius. kutemani nonton?

      Delete
  2. saya belum nonton n di kota saya nggak ada bioskop.
    jadi nunggu versi CD/DVD nya deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. sementara nunggu bisa lihat the conjuring.

      Delete
  3. Wuih, reviewnya lengkap.
    Benar, Mak Susi, Annabelle kurang horor, saya sudah nonton dan saat nonton malah banyak yang ketawa-tawa, jadi makin nggak seru nontonnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa... rugi yo mbak, sudah nonton di bioskop penonton lain asyik heboh sendiri. :(

      Delete
  4. Baca sinopsisnya aja serem, Mbak Susi :((

    Btw, apa kabar kripik tempe? :P

    ReplyDelete
  5. aku jadi takut sama boneka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. boneka kok ditakutin? santai saja.

      Delete
  6. Pingin nonton film ini jadinya...

    ReplyDelete
  7. ampun deh mak. sy kl sama boneka yg mirip bgt dg manusia takut. apalg yg bisa bunyi. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... jangan takut... boneka ini tidak bergerak sendiri, apalagi bersuara.

      Delete
  8. Kalau yang namanya film horor nontonnya pakai tegang ga Mba ? Pasti seru juga ya kalau nonton bareng.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan mas. Dan seneng jiga akhirnya si mas mau nonton film horor bareng. Awalnya dari film The Conjuring. hihi.. tapi kadang 1/2 film dia sudah pergi karena ga betah. :v

      Delete
  9. seperti biasa aku nonton dvd nya aja mbak nanti :)

    ReplyDelete
  10. Saya pernah lihat acara apa ya di tivi ttg film2 horor yang asalnya dari kisah nyata. termasuk Anabelle ini .... kesannya seram sih Mbak karena saya pernah mengalami keseraman2 dalam bentuk lain jadinya saya tidak berminat utk nonton film ini. Menarik buat saya utk nambah wawasan bahwa ada banyak hal yang terjadi di dunia ini yang memang diizinkan Allah utk terjadi. Dan bahwa makhluk halus itu memang ada :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, makhluk halus memang ada dan nyata.

      Delete
  11. stuju bgt dgn endingnya yg aneh, yg diincar Mia yg mati yg lain.....belum lagi diakhir cerita disisipin quotes yg mnrt saya agak menyesatkan >>>
    "....menghargai apa itu pengorbanan" dan mgkn pengorbanan ydm disini ya suicide itu tadi *kurang logis*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, memang tidak logis, bagaimana gereja katolik tidak mempermasalahkan bunuh dirinya Evelyn di ending cerita.

      Delete
  12. Replies
    1. Hehe... makasih kunjungannya bunda Kanaya.

      Delete
  13. ane liat film nya ga serem serem amat., tapi kalo baca dari atas ko merinding ya ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Bayu, berarti posting say berhasil membuat pembaca tertarik, penasaran, dan mendapat sensasi horor. Terima kasih pujiannya.

      Delete
  14. mbak Susi Susindra, film thrilller atau film horoor yang paling serem yang pernah mbak tonton apa? soalnya lagi heboh hebohnya donlot film horror :)
    Sebelumnya terima kasih mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Film Final Destination selalu menjadi film terseram bagi saya. Kebetulan2 yg bisa terjadi. Mengingatnya saja masih membuat merinding.
      Kalau film tentang hantu, masih tahan karena beberapa kali bertemu hantu beneran. Apalagi jika beda budaya dan beda keyakinan. Lebih seperti "menikmati dan mengamati".

      Delete
  15. gak terlalu horor tapi ngebosenin gak mak? jangan-jangan saya juga malah tidur di bioskop seperti suaminya mak Susi... :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tingkat horor itu seperti tingkat makan pedas, mk. hihihi...

      Delete
  16. gak terlalu horor tapi ngebosenin gak, mak? jangan-jangan nanti saya malah ketiduran kaya' suami mak susi... :)))

    ReplyDelete
  17. Kalau conjuring uda pernah, tapi anabel belum. Filmnya Serem mana tuh kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih seram the Conjuring (ebih all out cerita dan perannya)

      Delete
  18. pengen liat filmnya ihh :(, kaya yang seru :)

    ReplyDelete
  19. Menurut saya yang bikin serem itu, sound effect nya.

    ReplyDelete
  20. Penasaran sama film ini. Tapi mau nonton kok ya takut sendiri
    :)))

    ReplyDelete
  21. film nya serem bener ini hahaha. makasih sinopsis nya mas

    ReplyDelete
  22. .yg sutradarain 'Annabelle' bukan James Wan kok. Yg sutradarain tu John Leonity, temennya James Wan. James yg produserin film ini. Alasan James gak sutradarain film Annabelle soalnya dia yang menjadi sutradara film 'Fast and Furious 7' kemarin. The Conjuring 2 yg harusnya tayang tahun ini juga akhirnya jadinya 2016, itu pun belum pasti. Kalo disutradarain James, sudah pasti film ini serem. But, tysm buat sinopsisnya ((:

    ReplyDelete
  23. aq pernah nntn tp gx srm kok

    ReplyDelete
  24. aq pernah nntn tp gx srm

    ReplyDelete
  25. pingin nonton tapi kayaknya kayak the conjouring 2 gak seram2 amat gt

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra