Sinopsis Paranormal Activity: The Marked Ones.

Akhirnya film Paranormal Activity: The Marked Ones bisa dinikmati penggemarnya. Saya ikut penasaran dengan film ini. Asyik saja melatih kontraksi jantung dengan film-film horror seperti Paranormal Activity, The Conjuring, The Insidious, yang semua sinopsisnya sudah saya buat di blog ini. Kesan ngerinya terasa tidak nyata karena beda budaya. Tetap saja, dapat sensasi horornya ketika nonton. Beda banget jika menonton film horror Indonesia yang secara budaya terasa “lebih” dan kadang nampak konyol karena pembuat film memiliki keterbatasan ilmu permistisan dan perhantuan Indonesia. Pasti tanya, kok saya bisa berpendapat seperti itu? Beberapa kali saya diajak diskusi, baca literature, mengalami fenomena perhantuan, dan punya teman diskusi yang tahu hal seperti ini. Minimal sedikit tahu. Maklum, saya tinggal daerah yang permistisan masih kental. Bukan hanya kota Jepara saya, ya. Di Kudus, Demak, Semarang, dan kota-kota sekitar ini punya mitos hantu yang sama kok.
Paranormal Activity 5 The Marked Ones
Poster Paranormal Activity: The Marked Ones  - pinjam dari Paramount Picture
Kembali ke film hantu yang rilis januari ini. Saya tertarik (lagi). Akhirnya saya membuat sinopsis film Paranormal Activity lagi untuk kalian penggemar film ini. Film Paranormal Activity ini mengambil setting lokasi di tempat lama dan baru. Semua pemain inti film Paranormal Activity 1-3 ikut bermain. Seperti penggabungan aneka pertanyaan atau imaginasi penggemarnya.Menurut saya kurang bagus sih. Paranormal Activity sudah kehilangan jiwanya. Semoga saja hanya saya yang kecewa. Oh iya, film ini seharusnya menjadi film Paranormal Activity kelima, namun film Paranormal Activity 5 baru akan release bulan Oktober nanti. Ini hanya semacam pemanasan atau pendahuluan cerita. Nah loh... Tapi ada negara yang nekat melabeli film ini dengan judul Paranormal Activity 5

Sinopsis Paranormal Activity (5?)di mulai Jesse (Andrew Jacobs) yang lulus SMU di Oxnard California. Suatu hari tetangga mereka (Ana) meninggal dunia secara misterius. Jesse dan temannya Hector masuk ke rumah Ana untuk melihat-lihat TKP. Di sana Jesse seperti digigit sesuatu di tangannya. Beberapa hari kemudian Jesse dan sahabatnya Hector (Jorge Diaz) diserang 2 preman. Jesse membela diri dengan mendorong keduanya, dan mereka mati. Jesse mulai menyadari perubahan tubuhnya.  Ia memiliki kemampuan seperti superhero. Tentu saja ia merasa senang. Sampai kemudian ia mendapati tubuhnya berubah. Sejak saat itulah Jesse berubah perangainya. Ia menjadi resah.
Paranormal Activity 5 The Marked Ones
Jesse - Paranormal Activity - Foto pinjam Paramount Pictures
Paranormal Activity 5 The Marked Ones
Foto pinjam Paramount Pictures
Jesse menggunakan alat untuk berkomunikasi dengan arwah. kalau di Indonesia pastilah semacam Jelangkung. Tetapi di film ini, alat tersebut digambarkan sebagai alat elektronik. Lain hari, Jesse menemukan ruangan di bawah kamar perempuan yang ia sukai. Ia kembali menyelidiki ruangan itu dan menemukan banyak barang aneh di sana. Foto-foto film lama 2 tokoh utama film Paranormal Activity, Katie dan Christie. ia juga menemukan foto ibunya bersama Ana (wanita yang mati itu).
Paranormal Activity 5 The Marked Ones
Foto pinjam Paramount Pictures

Jesse menjadi makin murung dan pemarah. Matanya menghitam. Hector dan temannnya mencari bantuan pada Ali Rey (Paranormal Activity II yang selamat) yang ternyata masih terus mencari tahu tentang iblis yang mencari tubuh untuk dirasuki. Ali Rey memberi mereka sebuah alamat yang ternyata tempat ritual (di film Paranormal Activity 3). Di sana keduanya diserang oleh Jesse yang sudah dirasuki. Mereka berhasil menyelamatkan Jesse namun lagi-lagi sosok hantu membawa pergi Jesse. Akhirnya Hector mengajak Arturo (kakak Oscar) dan teman mereka. Berempat mereka pergi ke tempat ritual kembali untuk mengambil Jesse. Di sana mereka terlibat pertarungan dan hanya Hector yang selamat. Ia terlempar ke pintu gerbang menuju rumah Katie & Micah (setting film Paranormal 1 berakhir). Hector terbunuh di sana dan itulah ending film paranormal Activity The Marked ones.

Masih seperti pendapat di review sebelumnya, menurut saya film ini terlalu memaksa. Kehadiran tokoh-tokoh dan lokasi di 3 film sebelumnya memang dijadikan korelasi, tapi tetap tak merubah pendapat saya. Lupakan pendapat pribadi saya dan nikmati film horror yang lebih intens dari 4 seri sebelumnya. Di film kelima ini Landon sang Director dan penulis cerita berusaha menghapus kekecewaan penggemar di film ketiga dengan menghadirkan digarap lebih hati-hati dan kesan latinnya.


Selamat menonton


Tertarik dengan sinopsis film horor Amerika populer lain yang sudah saya tulis?

Share:

16 comments:

  1. sepertinya menarik tapi menyeramkan juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku tidak menyeramkan loh. Dibandingkan 2 film garapan James wan, film ini biasa saja.
      Kalah teknik dan tata suaranya.

      Delete
  2. sebenarnya aktifitas paranormal Indonesia dan luarnegri boleh dikatakan sama saja,
    namun yang beda adalah kemampuan mengangkat hal itu dalam bentuk hiburan yang menegangkan memang berbeda...karena luarnegeri memakai patokan budaya eropa dan dunia sekitarnya sebagai sasaran marketnya, sedangkan Indonesia, memakai patokan budaya indonesia saja sebagai marketnya...jadi sudah jelas berbeda cakupan luasan jangkauan imajinasi untuk membangun budaya horror sebagai hiburan yang menegangkan namun menyenangkan...
    keep happy blogging always....salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang harus dikritik sebenarnya para produser film yang mengejar komersial saja. Film horor Indonesia jauh kualitasnya karena tidak nampak alami. humor jorok, wanita sekseh, aneka macam hantu yang jadi cameo sepanjang film, dan anehnya (bahkan FTV juga).... khas banget melihat pemain film pergi ke kuburan di malam hari. padahal scene sebelumnya siang hari. Saya pribadi, jauh2 dari kuburan mulai menjelang senja. Dan demi menambah kesan horor, selalu ke kuburan malam hari. aktivitas yg aneh dan tak masuk akal.

      Delete
  3. Replies
    1. Selalu bisa jadi referensi film horor terbaru ya mbak? hahaha.... sebenarnya sih aku memang senang nontonnya, penasaran kelanjutannya, dan niat menarik massa ke sini.
      Menurutku film horor Hollywood tidak serem kok. Khas dengan footstep, suara yng lantang dan bikin degdegan. yang jelas tak ada komedi di film horor. Meski seringnya membawa unsur agama yang bikin tak nyaman nontonnya.

      Delete
  4. waaah...mak susi hobby juga nonton horror ya :D...aku juga, padahal penakut bangeeet...biasanya modal bantal gede atau lengan (suami) untuk nyumput :D..aku ngg begitu suka yang seri ini...tapi insidious 1 et 2 dan the conjuring udah nonton...tetep yang paling nakutin adalah horor indonesia..inget abis nonton Jelangkung terus numpang bobo ama mamah :D...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lumayan berani kalo nonton film yang tidak berdarah-darah mbak.
      khusus jelangkung, saya takut nonton, dulu jelangkung 1. entah mengapa, waktu hamil Binbin 2008, saya malah senang nonton film ini. rekor banget, loh. waktu nonton Jelangkung 1 pertama kali di rumah sendirian pada malam jum'at. hanya berteman Destin yang tertidur dan Binbin yang anteng di dalam perut. :D

      Delete
  5. wow, ulasannya menarik minat utk cari film ini ah! Trims, Mba Susi! Ulasannya keren. Ga nyangka lho jika dirimu penyuka film horor. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... beberapa yang bertemu di BN 2013 lalu memandang saya dengan horor loh mbak. hahahaha

      Delete
  6. Ga nyangka lho jika dirimu penyuka film horor. :D

    ReplyDelete
  7. Kalo devil's due ada ngga mbk sinopsis nya dibuat ?

    ReplyDelete
  8. Kalo devil's due ada ngga mbk sinopsis nya dibuat ?

    ReplyDelete
  9. Di barat dan timur, fenomena seperti ini menarik menjadi bahan diskusi dan tontonan. Dunia lain yang masih sedikit sekali kita ketahui keberadaannya. Disana misteri selalu menyelimutinya. Salam cemerlang!

    ReplyDelete
  10. Sdah nnton semuanya sendirian kaka diajak nnton mlah tidur

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra