Drama Seri The Twin Flower Legend

Suka nonton film yang sudah tamat atau on going? Saya suka. Agar saya lebih hidup. Setidaknya masih nyaman lah nonton drama seri 2 x 42 menit setiap hari. Maksud saya, menonton 2 episode perhari dengan durasi 42 menit. Oleh karena saya skip pembuka dan penutup, jadi tak sampai 40 menit. Kok? Iya, saya nontonnya di WeTV.

Drama Seri The Twin Flower Legend


Kali ini saya menonton drama seri Cina The Twin Flower Legend. Sinopsis singkatnya, tentang petualangan cinta dua orang saudari kembar yang saling salah paham. Mereka mengira mencintai satu orang, padahal yang dicintai itu juga kembar, hanya saja, salah satu dari mereka menjadi Penguasa Istana Kegelapan. Kedudukan ini amat sangat dirahasiakan. 

Ketidaktahuan ini membuat keduanya terpisah fisik meski hati berpaut. Si kakak, Hua Mujin, menyerah dengan membiarkan dirinya dianggap tiada. Sang adik. Hua Jinxiu, membuat dirinya menjadi ibu tiri orang yang ia cintai, dengan segala risikonya. Mereka terlibat dalam intrik dan kekacauan dunia. Saat itu ada 5 dinasti dan 10 kerajaan yang terus menerus berseteru, saling serang dan hancurkan.

Itu sinopsis super singkatnya, tanpa spoiler. Saya tipe pereview film/drama yang suka detail cerita.....

Sinopsis lengkapnya

Hua Mujin dan Hua Jinxiu adalah putri kembar dari Hua Bin yang sangat dicari oleh orang-orang yang mencari kekuasaan. Ia memiliki buku tentang strategi perang yang mumpuni. Keluarga ini bersembunyi di balik bukit curam dengan pertahanan alam. Tapi mereka terpaksa bercerai berai karena musuh mengejar mereka. Mujin dan Jinxiu, demi keselamatan mereka, dijual sang ibu ke keluarga Jenderal Besar Yuan. Di sana takkan ada yang berani menyerang mereka. Sang ibu yakin, kecerdasan dan kecerdikan dua anaknya akan bisa menyelamatkan mereka. Tak terhitung jumlah mereka hampir tiada. Dua anak bersumpah bersaudara dengan Yu Feiyan, Song Minglei, Yao Biying. 

Drama Seri The Twin Flower Legend


Yuan Feibai, anak sang majikan, sejak kecil di atas kursi roda. Diam-diam ia mengenali penyelamatnya, dan mencintainya, yaitu Hua Mujin. Apalagi si Mujin ini juga berhasil membuatnya dapat berjalan 10 tahun kemudian. Dia merasa hutang budi yang besar dan makin mencintainya.

Feibai adalah anak kesayangan. Yang sangat dilindungi ayahnya. Melihat anaknya mencintai budaknya, sang ayah tetap menikahkan mereka. 

Saya tak tahu kapan Mujin mulai mencintai tuannya. Si Gadis Kayu, demikian ia dipanggil karena pandai pertukangan, pergi meninggalkan suaminya karena mengira dirinya ditipu. Ia mengira suami dan adik kembarnya terlibat cinta. Kelak baru ia tahu bahwa ada Feibei lain yang menjadi pangeran kegelapan di rumah itu, yang mencintai dan dicintai oleh adiknya. Namanya Sima Yun.

Oh iya, Muijin pandai strategi perang, karena memang dilatih sendiri eroleh ayahnya. 

Jinxiu, adik kembarnya, tipe yang tangkas dan mempunyai kemampuan beladiri yang cukup. Si cantik ini bermata ungu. Kecantikan menjadi bencana bagi hidupnya. Ia hancur karena istri majikan ingin mengendalikannya dengan paksa. Jinxiu sangat ingin pergi dari Rumah Yuan namum kakaknya tidak mau. Ada Biying, adik angkat mereka yang selalu lemah karena diracun oleh putri Jenderal Yuan yang cemburu. Si putri menyukai Song Minglei yang sangat perhatian pada Biying.

Sima Yun saat menyamar sebagai Yuan Feibei


Dalam keputusasaan, Jinxiu bertemu dengan Sima Yun yang menyamar menjadi dirinya. Mereka saling jatuh cinta. Jinxu tak pernah tahu bahwa yang dicintainya berbeda dengan yang dicintai oleh kakaknya. Ia bertekad menjadi istri ayahnya Feibei demi masa depan laki-laki yang ia cintai itu. Masa itu memang masa chaos dan sebagai 1 dari 5 dinasti besar, semua anak Jenderal Yuan saling memperebutkan kedudukan mereka. Meskipun, semua anak tahu, tak ada gunanya mencari muka di depan ayahnya.

Menjadi istri tak membuat Jinxiu lepas dari berbagai bahaya..... sementara kakaknya karena suatu peristiwa, dinyatakan melarikan diri dengan Duan Yuerong, berkelana sebagai pedagang, setelah dinyatakan telah dibunuh oleh suaminya. 

Bagaimana endingnya? Masih sangat panjang ceritanya. Satu yang pasti, keluarga Yuan akhirnya menjadi pemersatu daratan Cina, menaklukkan semua kerajaan kecil yang ada dan menjadi kaisar yang pertama. Akan ada kejutan kecil dan twist pada endingnya, dan layak ditonton sampai akhir.

Ini spoiler yang kentara

Review karakter

Drama ini punya banyak sekali karakter. Seperti khas drama seri. Apalagi jumlahnya 66 episode.

Mao Xiaohui berperan sebagai Hua Mujin, putri Hua Bin yang banyak dicari orang karena menurut legenda, ia menguasai beberapa ilmu yang mampu menguasai dunia. Hua Bin menyerahkan kitab tersebut pada Hua Mujin. Gadis yang tulus ini menyerahkan hati dan kepandaiannya pada orang yang ia cintai sehingga menjadi pemersatu daratan Cina untuk pertama kalinya.



Jie Xuan sebagai Hua Jinxiu, adik kembar Mujin yang bercirikhas mata ungu. Dia sangat cantik. Nasib Jimxiu memburuk karena kecantikannya, dan pada akhirnya ia menjadi pendendam dan berakhir menyepi di semacam biara bagi istri yang durhaka pada suami.

Yu Xiaotong berperan sebagai Yuan Feibai dan Sima Yun. Sebagai Fei Bei, ia adalah anak emas yang lahir sebagai putra mahkota. Ia baik hati sehingga saat mencapai posisi tertinggi sebagai kaisar, ia menyerahkan semuanya pada Sima Yun. 
Sima Yun adalah adik kembarnya yang diberi tugas menjadi penguasa kegelapan di rumah keluarga Yuan. Gua itu adalah harta benda keluarga Yuan yang paling berharga dan konon bisa membuat mereka menjadi satu-satunya penguasa. 

Kenny Kwan menjadi Duan Yuerong, keponakan raja di bagian selatan yang pada akhirnya menjadi raja di sana. Selama menjadi pangeran, ia berkelana bersama Hua Mujin, cinta pertamanya dan satu-satunya. Yuerong bermata ungu seperti Jinxiu.

Chen Zhengyang sebagai Song Mingley, keponakan Jenderal Yuan. Ia menyamar menjadi budak di rumah pamannya untuk balas dendam dan karena dipaksa bibinya. Ibu Minglei meninggal karena dibunuh ayahnya, namun sebelumnya ia menahan panah yang ditujukan pada suaminya. 
Mingley dicintai oleh putri satu-satunya Jenderal Yuan, yaitu Yuan Feiyan.

Zhang Yilong menjadi Yu Feiyan, satu dari sahabat kental Mujin dkk. Ia adalah anak seorang jenderal yang hilang. Ia memiliki tubuh yang sangat kuat. Pada akhirnya ia memilih melawan ayahnya sendiri untuk membantu teman-temannya.

Yang Yi sebagai Yao Biying, keponakan kandung Song Mingley yang lugu dan berbadan lemah. Ia bura-pura menjadi Mujin bagi Yuan Feiyu dan tinggal di istana utara. Feiyu adalah putra Jenderal Yuan dengan Ratu dari gurun tersebut.

Dan masih banyak lagi.



Fun Fact

Syuting film ini dimulai tahun 2016, dan baru benar-benat selesai tahun 2018.
Sutradaranya radarai oleh Ng Gam Yuen sehingga tata riasnya mirip Princess Agent. Wow, tapi tidak menor. Wow di sini adalah perubahan wajah karena make up sangat kentara. 

Informasi lainnya

Drama The Twin Flower Legend mempunyai judul asli 长相守. Film ini disutradarai oleh Ng Gam Yuen; seorang produser, sutradara dan penulis naskah terkenal di Hongkong dan Cina. Dia adalah sutradara dari dua drama seri yang sangat terkenal yaitu Princess Agent dan Legend of Fei. Keduanya besutan baru, 2020. 

Drama seri terkenal yang lama adalah Legend of Condor Heroes versi tahun 2008. Ng Gam Yuen menjadi penulis naskah dan sutradara. Untuk diketahui bahwa film Trilogi Jin Young yang pernah tayang di Indosiar tahun 1900an itu memang selalu dibuat remake setiap beberapa tahun sekali. Seperti fan movies. Dan saya hampir selalu menonton kembali. Saat ini saya sedang menonton Legend of Condor Heroes versi 2017. Saat itu saya memang sedang malas menonton. Kalau Trilogi ketiga, Dragon Sword and Heaven Sabre versi 2019, saya sudah menontonnya 2x. 



Kenapa saya menonton? Karena tahun 2020 ini ada versi baru lagi dari Return of Condor Heroes (ceritanya Yo Ko atau Yang Guo) dengan Thomas Tong sebagai Yang Guo dan Mao Xiaohui sebagai  di Gadis Naga Kecil (Xiao Long Nu) alias Bibi Lung. 

Sekarang paham kan, mengapa saya tiba-tiba ingin menontonnya? Karena si Hua Mujin ini yang memainkan pesan Bibi Lung. Tampaknya, Mao Xiaohui memang sedang naik daun dan mendapatkan banyak peran utama. Saat ini ia sedang syuting film Together bersama Yangyang, yang bertema corona. 

Oke... tampaknya saya sudah tidak fokus, dan ini berarti saya harus mengakhiri dulu review dan sinopsis drama seri ini.

26 Komentar

  1. Racunnnnn......hahahaha
    Saya juga penggemar wetv, terlebih kalo ada yang ikutan komen, rameeee...
    SEdang nonton You are my destiny nih :D :D

    BalasHapus
  2. Jadi endingnya gimana? kok dipenggal sih terus lompat-lompat.
    Ternyata, mulai kurang fokus ya.....

    BalasHapus
  3. Ah Mbak ini bisa saja. Kalau Mbak yg kurang fokus, apalagi saya nih. Hehehe...
    Saya jarang serius kalau nonton drama atau film. Selalu cepat bosan gitu. Tapi kalau baca, saya selalu menghabiskan nya. Meski banyak istilah asing, coba memahami dan menempatkan. Seolah saya merasakan nonton juga kan ya jadinya

    BalasHapus
  4. Sudah lama gak nonton serial Cina, seru nih pas baca sinopsisnya. Nanti kucoba nonton deh tapi setelah serial yang antri mau dinonton diselesaikan juga hahaha

    BalasHapus
  5. Dramanya bagus banget makeup sama kostumnya. Asli niat banget ini, pengen nonton jadinya hihi

    BalasHapus
  6. Drama cina emang dari dulu keren dan seru alur ceritanya.
    Waktu kuliah dulu sering tuker tukeran film drama cina sama teman2...
    .. Tapi akhir2 ini malah nonton nya drama korea mulu...

    BalasHapus
  7. Aku team drama on going mbak, biar ga maraton nontonnya, hehe
    Aku blm nonton drama cina ni

    BalasHapus
  8. Wah prosesnya nyampe 2 tahun ya, ini pasti ceritanya udah kompleks sekali apalagi menyangkut hubungan di dinasti. Terus tahun ini ada yg versi barunya, yg ngikutin pasti jd penasaran gimana versinya :3

    BalasHapus
  9. Kalau saya suka yang sudah tamat
    Gampang penasaran soalnya. Jadi lebih suka yg sudah ada endingnya. Film cina yang model kolosal gini saya suka, soalnya suka takjub sama kostum dan make upnya..cantik-cantik. Di samping ceritanya memang seru dan konfliknya kadang tidak terduga

    BalasHapus
  10. Menonton film dengan gaya busana lampau seperti ini udah lama banget deh. Kapan ya terakhir diriku nonton sampe lupa. Apalagi kakak nyeritain Return of Condor Heroes ... oh maaayyyy... film wajib tonton saat malam deh hahaha

    BalasHapus
  11. jarang banget nih ada yang review drama china kayak gini. biasanya drama korea teruss.. baca sinopsisnya seru banget kayaknya..

    BalasHapus
  12. Ah iya, banyak bener karakternya. Aku gak kebayang penulis skenarionya apa gak puyeng ya mengingat tokohnya sendiri

    BalasHapus
  13. Wow....
    Aku juga dulu suka banget sama Bibi Lung.
    Ya...walau drama zama segitu, ku tak paham apa artinya "bibi" yang dicintai oleh keponakannya sendiri.

    Eh, gitu gak siih..?
    Semacam hubungan cinta terlarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Susi, kalau dilihat dari jalan ceritanya...ini berdasarkan sejarah sesungguhnya kah?
      **keluarga Yuan sesungguhnya yang memersatukan daratan China?

      Hapus
  14. Saya untuk drama cina kurang tertarik dengan tema dinasti kerajaan begini. Tapi diakui, untuk kostum dan tata latar tuh totalitas banget (sempet liat tapi ga lanjut nonton)
    Utk drama series ini keliatan nya kisahnya cukup kompleks ya..

    BalasHapus
  15. Kalau aku kadang yang sudah lama kadang yang lagi on going. Biasanya teracuni karena penasaran haha
    Dan aku biasanya nonton drakor ga pernah nonton serial cina.

    BalasHapus
  16. Seru ya nonton drama china bikin deg-degan pastinya sampai tamat semoga happy ending

    BalasHapus
  17. Racuuuun, tapi aku belum bisa nonton. Semenjak di samarinda jarang nonton karena ga enak aja kalau nonton apalagi nonton berepisode2

    BalasHapus
  18. Kisahnya rumit yaa, jadi penasaran sama endingnya, happy enggak, ya? Udah lama banget enggak nonton serial, apalagi yang settingnya klasik begini, padahal dulu suka.

    BalasHapus
  19. Makasi rekomendasi filmnya mom, aku jarang si nonton film kolosal china gini, kebetulan ni nemu.

    BalasHapus
  20. wuah nonton di wetv ya, aku belam pernah sih
    boleh juga ya memulai nonton di wetv
    diawali dgn nonton drama seri twin flower legend
    hohoo

    BalasHapus
  21. Ini kok tokohnya mirip sm artis sinetron Indonesia yak, siapa ya namanya gak hafal. Tapi wajahnya syantik banhet ya.. aku jadi pengen nonton juga kisah twin ini

    BalasHapus
  22. Udah lama ga nonton serial Mandarin :) takhir nonton yang Thao Ming Tse,, soalnya habis itu ga ada serial Mandarin yang di putar di layar televisi. Nanti download WeTv deh, penasaran

    BalasHapus
  23. Kalau ngeliat dari pengembangan karakternya ini sepertinya menarik ya, ceritanya kompleks juga dan bikin penasaran dari alurnya

    BalasHapus
  24. Suka banget aku kalau drama-drama korea kerajaan. Menceritakan budaya budaya banget ya kak.

    BalasHapus
  25. drama china ternyata ada juga film yang mengisahkan anak kembar ya mba, kayanya seru nih ternyata pasangan yang dicintainya juga kembar dan disitu ada konflik kesalahpahaman jadi tidak bosan gitu.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)