Drama Cina Blossom in Heart (2019)

Saya selesai menonton drama seri Cina Blossom in Heart dua bulan lalu, tapi belum sempat menuliskan di sini. Padahal drama ini meninggalkan kesan kuat pada saya, yaitu ide cerita, latar cerita yang wow klasiknya, dan fashion yang ciamik. Greget banget, pokoknya. Draft-nya sempat mangkrak agak lama karena kesibukan. 



Blossom in Heart adalah judul internasionalnya. Judul aslinya Hai Tang Jing Yu Yan Zhie Tou (Haitang’s Rouge Shine Through in the Rain). Ada versi judul yang paling simpel yaitu Begonia Rouge. Setidaknya yang terakhir itu adalah judul yang dipakai di kanal Youtube Fresh Drama tempat saya menonton.


Drama ini memiliki genre sejarah, bisnis, dan romansa. Cukup komplit untuk ukuran sebuah judul drama dengan 50 episode. Jumlah episode drama di Cina memang cukup banyak. Rata-rata di atas 50, meskipun ada juga yang 36an episode. Contohnya Joy of Life yang sudah pernah saya review, jumlah episodenya 48.


Sinopsis lengkap Begonia Rouge: Blossom in Heart

Drama ini mengisahkan tentang kehidupan cinta Gu Hai Tang di kota Kunyang. Ia datang ke kota ini untuk mencari ayahnya, seorang ahli make up dengan skill dewa, yang hilang sejak 10 tahun lalu. Gu Shunqi, namanya, terakhir dilihat keluarga, saat pergi dengan seorang lelaki pincang (Paman Yan), dengan janji akan kembali setelah membantu sebuah keluarga tua yang berpengaruh. Gu Hai Tang datang bersama ibunya dan adiknya Gu Xiahe. 



Nasib membawa Hai Tang kepada dinamika keluarga ningrat yang sejak zaman dulu mempunyai usaha di bidang kosmetik. Mereka keluarga keturunan pembuat produk kecantikan untuk kerajaan. Hai Tang dan Lang Yue Xuan saling jatuh cinta. Namun Hai Tang ditipu oleh keluarga ningrat ini sehingga menikah dengan Lang Yue Ming, anak pertama mereka. Yue Ming bersembunyi di paviliun terpisah, sejak mengalami kebakaran hebat di wajahnya. Dia khawatir jika keluar akan membuat reputasi keluarganya sebagai produsen kecantikan kulit akan berantakan gara-gara dirinya memiliki wajah monster. Luka bakar di wajahnya, anehnya tidak dapat sembuh dengan traetment apapun di dunia. Tentunya, Sobat Susindra harus membayangkan seperti apa kondisi tahun 1900an saat itu, ya.


Terjebak dalam pernikahan yang tidak dikehendaki, Hai Tang berusaha keras mendapatkan surat cerai. Dia bertaruh dengan ibu mertuanya, jika ia berhasil menyembuhkan luka bakar di wajah Yue Ming, ia akan mendapatkan kebebasannya. 


Tentu mudah ditebak, bahwa Hai Tang berhasil menjadi janda, alias mendapatkan kebebasannya kembali. Permasalahannya tidak sesimpel itu. Kebebasan ini membuat dua kakak beradik, Lang Yue Xuan dan Lang Yue Ming berseteru dengan sengit. Yue Ming yang berpikiran sempit perlahan menjadi kejam, sedangkan Yue Xuan yang sadar bahwa ia hanya anak angkat berusaha melupakan cinta sucinya.


Ada 3 tokoh perempuan yang menjadi penjaga api seteru, yaitu Miao Lan, menantu keluarga Lang yang perlu dikasihani meski ia licik dan culas. Dia sudah menjadi menantu sekaligus janda selama 16 tahun. Dia menikah sejak kecil, sebagai penangkal balak bagi anak kedua keluarga Lang. Nasib buruk tak bisa dihindari, kematian tetap menjemput, meninggalkan Miao Lan kecil menjadi janda di keluarga kaya. Tugasnya menjadi penyisir rambut ibu mertua, serta tugas seperti kepala pelayan. Ia menjadi bulan-bulanan kekesalan ibu mertuanya. Sebagian karena kesalahannya sendiri, tentu.



Perempuan kedua adalah Feng Chun Yan, nyonya utama keluarga Lang. Dia lebih mencintai Yue Ming karena darah dagingnya, namun menyayangi Yue Xuan yang pandai membuat suasana menjadi gembira serta pandai berbisnis. Kedekatan dua anak laki-laki ini adalah prioritasnya, sehingga dia sangat membenci Hai Tang yang membuat mereka sering bertengkar.



Perempuan ketiga adalah Long Mo Hua, anak penguasa kota Kunyang bernama Long Deshui. Dia menjadi penguasa tertinggi karena suasana perang. Bisa dikatakan, dia mampu mengubah nasib siapapun di kota sekehendak hatinya. Mo Hua sangat mencintai Yue Xuan dan berupaya mendapatkan hatinya. Dua anak-bapak ini sosok yang cukup membingungkan. Mereka bukan antagonis, berhati baik, solider, tapi menjadi penjaga bara konflik. Oh iya, Long Mo Hua adalah sahabat karib Hai Tang.


Begitulah, kurang lebih konflik dari drama seri berepisode 52 ini. Cukup kompleks dan seru. Apalagi latar dan fashion-nya sangat bagus. Kualitas sinematografinya juga bagus banget. Bangunan-bangunan tua nan indah menjadi daya tarik yang memanjakan mata. 


Daftar pemain Blossom in Heart (Begonia Rouge)

Pertama kali saya tertarik menonton karena ada Deng Lun sebagai pemain utama pria. Saya mengenalinya sebagai pemain drama seri Princess Agent yang sangat saya tunggu season duanya. Tapi saya juga tahu kalau Princess Agent Season 2 itu mustahil adanya. Padahal saya masih gemas tak terkira dengan endingnya. Ada selentingan kabar bahwa Ziao Liying akhirnya mau tanda tangan untuk season 2. Kesuksesan drama ini memang luar biasa. Bagi saya, masih menjadi drama Cina terbaik sepanjang masa, meskipun novelnya diakui sebagai hasil plagiasi sana-sini. Cukup mencoreng muka para artis papan atas yang memerankannya, ya. Itu salah satu alasan mengapa tarik ulurnya sangat lama. 


Saya ingin segera melihat Chu Qiao (Ziao Liying) seharusnya bisa menyelamatkan Yuwen Yue (Lin Gengxin)!!


Nah, di drama Cina fenomenal ini, Deng Lun memerankan sosok putra mahkota Kerajaan Liang bernama Xiao Ce yang nakal dan ganjen. Karakter nakal, ganjen, pintar merayu, dan dandy masih diperankan di drama Blossom in Heart ini. Karakter yang sama, sehingga saya curiga kalau karakter Yue Xuan ini dikembangkan dari karakter Xiao Ce.



Aih saya melantur. Daripada berlama-lama, ini lho nyaris semua pemainnya:

1. Deng Lun sebagai Lang Yuexuan

2. Dong Li Wu You sebagai Lang Yue Xuan muda

3. Li Yi Tong sebagai Gu Hai Tang

4. Qi Xin Rui sebagai Gu Hai Tang muda

5. Ying Hao Ming sebagai Lang Yueming

6. Liu Sheng Yu sebagai young Lang Yueming

7. Zhang Ya Zhuo sebagai Long Mohua

8. Alex Fong sebagai Lang Sinian

9. Carman Lee sebagai Feng Chunyan

10. Huang Wen Hao sebagai Shi Qizhou

11. Gao Si Wen sebagai Lang Qingqing

12. Lu Xing Yu sebagai Uncle Quan

13. Cai Yi Jia sebagai Gu Xiahe

14. Jiang Wen Wen sebagai Fan Zhen

15. Li Bao Er sebagai Shi Diwen

16. Zhang Zi Xuan sebagai Ying Ge

17. Lu Ben Juan sebagai Miss Yi

18. Bai Shan sebagai Tian Yu

19. Gong Si Le sebagai Adjutant Hu

20. Tan Tian Ming sebagai Master Shang

21. Bai Ru sebagai Gu Shunqi

22. Zhu Ling Wu sebagai Xin Qiao

23. Ren Sheng Hua sebagai Xiao Yu

24. Guo Wei (1980) sebagai Han Duanwu

25. Lu Chun Sheng sebagai Housekeeper Shi

26. Feng Bo Han sebagai Housekeeper Long

27. Jin Ning sebagai Wan Ru

28. Zhang Si Chen sebagai young Wan Ru

29. Liu Guo Ji sebagai Old Qi

30. Wu Shu Lin sebagai Chief Yi

31. Duan Xi Yan sebagai Yuan Fang

32. Stokes Andrew Charles sebagai Hua Jili

33. Lou Jia Hao sebagai Da Peng

34. Liu Jia Yu sebagai Meng Chu

35. Xi Lu sebagai Miao Lan

36. Shi Ning sebagai Long Deshui

37. Tong Tong sebagai Mrs. Shi

Yang saya sebut itu nyaris semuanya, setidaknya yang disebutkan dalam cerita.


Review Blossom in Heart (Begonia Rouge)

Bagi pecinta karakter imut, lucu, romantis dan selalu berpakaian modis, Deng Lun atau Allen Deng adalah sosok yang pas banget memerankannya. Wajahnya tidak ganteng, tapi dia cocok jadi tipe play boy dan cassanova. Natural sekali. Kemistrinya dengan Li Yi Tong juga sangat bagus. 



Li Yi Tong cantik tapi lebih ke manis dan enak dilihat. Sosok perempuan mungil yang cekatan, dan pekerja keras. Di film ini, ada beberapa posisi kamera yang membuat Deng Lun seperti tinggi jangkung jika disejajarkan dengan Li Yi Tong. 


Latar film berganti-ganti antara pabrik kosmetik klasik yang bagus sekali lengkap dengan seragam kerja dan para pegawai. Juga produk yang sedang diolah. Setting film ini memang sangat memukau. Digarap sangat serius.




Rumah keluarga Lang seperti istana dengan perabot klasik yang uwuw eloknya. Indoor dan outdoor sangat bagus. Ruang kamar sang nyonya rumah yang terbaik, disusul pavilyun Yue Ming, kamar Yue Xuan, dan ruang makan. 




Fashion yang dipakai keluarga Lang juga konsisten temanya. Nyonya rumah dengan OOTD khas perempuan ningrat kuno, lengkap dengan sanggulnya. Miau Lan, sang menantu janda bajunya juga sering berganti tapi tak jauh dari warna putih sebagai simbol statusnya. Lang Si Nian, sang kepala rumah tangga dan Yue Ming si anak kandung berpakaian tradisional yang dimodernkan, sementara Yue Xuan yang moderat selalu berpakaian Barat. 


Rumah Hui Tang yang kecil dan sederhana juga tampak klasik dengan perabot kuno. Saya suka sekali jika keluarga kecil ini yang jadi fokus cerita. Rumah kecil dengan ruang makan di luar, ada tempat ternak dan kebun sayur mini. Rumah idaman, benar.

 

Saya harus angkat topi pada He Shu Pei sebagai sutradaranya. Juga aplaus pada Qian Li penulis naskah. Memang asli bagus banget, ini. Rasanya saya ingin menontonnya berkali-kali. Mungkin setelah itu saya tidak lagi kecewa dengan ending drama Begonia Rouge ini. Sama seperti kecewanya saya pada drama Joy of Life.

Seragam kerja


Saya sangat menikmati drama dari seri 1 – 50. Bagus sekali. Beberapa terasa original atau mungkin karena referensi drama romansa saya tidak sebanyak yang seharusnya. Ketika semua misteri hilangnya ayah Hui Tang dan penyebab Yue Xuan kehilangan memori masa kecilnya. Juga kenapa tokoh antagonis Shi Ji Zhou bisa semena-mena itu dan Lang Si Nian selalu takluk. Kisah tarik ulur dua pemain senior ini terkait dengan masa lalu keluarga mereka dan keluarga Gu. 

Sedikiiit spoiler, keluarga Gu Hai Tang ternyata juga dari keluarga penjaga kecantikan keluarga kerajaan. Makanya keluarga Gu punya resep kuno ramuan yang dapat mempercantik kulit secara luar biasa. Film buatan Guangsha Media ini harus diberi 9 jempol. Endingnya terlalu mendadak seperti dipaksa segera tamat, sih. Mungkin seharusnya sampai 58 episode saja. Jadi, penguraian masalah lebih elok. 

Tapi bagaimanapun, drama seri Cina Blossom in heart layak ditonton. Selamat berkelana di mas lalu, di masa pertengahan westernisasi di Cina, ya!



Beberapa sumber dari:

https://mydramalist.com/25312-hai-tangs-rouge-shines-through-in-the-rain/cast

https://dramapanda.com/2017/09/hai-tang-jing-yu-yan-zhi-tou.html

https://wiki.d-addicts.com/Blossom_in_Heart




32 Komentar

  1. Pemainnya banyak juga. Dan saya tidak banyak yg ingat. Hehehe iya meskipun nama tokoh utama. Berasa masih asing, soalnya saya tidak pernah nonton drama Korea...

    BalasHapus
  2. Mba ulasannya lengkapp bangett 😍
    Aku bukan penggemar Drama kore tapi kayaknya mau coba nonton ini deh :)

    BalasHapus
  3. Itu pemain lakinya sering saya tonton filmnya, rata-rata bagus-bagus filmnya :D
    Film China sebenarnya bagus-bagus, dulu sering nonton di channel apa ya? setiap hari Jumat mesti ada film drama yang bagus :D

    BalasHapus
  4. Saya jarang nonton film china, tp baca ulasan ini jadi pengen nonton Blosssom in Hearth ini hehe

    BalasHapus
  5. Ada Deng Lun, sukaaaaa.....
    Mau nonton ah,
    Saya suka dia waktu di Ashes Love
    Di Princess Agents emang bikin gemes tapi cuma sebentar :D :D

    BalasHapus
  6. Sepertinya film ini banyak menyuguhan fashion ya mbak. Dari fotonya kelihatan baju-bajunya lucu dan modis♡ saya enggak terlalu paham drama cina sih, satu-satunya yang saya tau tuh Meteor Garden,wkwkwk. Tapi ini tampak menarik, bisa jadi wishlist tontonan deh nanti saat senggang.

    BalasHapus
  7. Wah seru banget nih kayaknya. Drama dalam dunia fashion dan kecantikan yg menarik untuk diikuti.

    Saya sampe sekarang masih suka ragu nonton drama serial Cina. Karena jumlah episodenya lumayan banyak. Tapi ntar pengen coba yg ini. Menarik soalnya.

    BalasHapus
  8. Settingnya keren, cerita juga pernak-pernik tentang fashion yang menarik...wah jadi penasaran, meski endingnya dibilang mengecewakan. Pas karena saya suka kisah klasik begini. Noted, bisa jadi list tontonan saat PSBB jilid baru ini

    BalasHapus
  9. Wah sepertinya bisa masuk wishlist tontonan nih...sepertinya banyak yang lucu-lucu ya dan memanjakan mata karena fashion yang keren

    BalasHapus
  10. Sukses bikin saya penasaran ini. Saya suka setting klasik, konflik yang rumit dan berat. Semuanya ada di sini, ya.

    BalasHapus
  11. catet ah judulnya. ini sih wajib nonton. aku tertarik sama fashionnya. stylenya menggoda manggil-manggil aku

    BalasHapus
  12. Sejak awal, waktu Mbak Susi bilang ide cerita, latar cerita yang wow klasiknya, dan fashion yang ciamik sangat memukau ... sudah bikin penasaran. Dan memang Mbak Susi bisa menjelaskannya dengan lebih detail dalam tulisan ini.

    BalasHapus
  13. Panjang juga ya mbak sampai 50 episode. Dulu film china sama drakor jadi tontonan setiap Hari meskipun hanya lihat gambar bergerak karena ga ngerti bahasanya ��.

    Sekarang sudah ga pernah nonton lagi ��

    BalasHapus
  14. Menarik juga sebagai alternatif tontonan. Jarang soalnya saya nonton series China

    BalasHapus
  15. Huaa baca ulasannya jadi kepengin nonton juga, ini dvd ya mba? ��

    BalasHapus
  16. Judulnya banyak juga ya, ada yang versi internasional, versi cina, versi simpelnya.


    Aku kayaknya bakal nggak sanggup nonton sebanyak itu episodenya mbak, drakor yang cuma 16 aja aku sering bosan.

    Tapi dari foto-fotonya aku setuju sih kalo setting tempat dan fashion pemainnya keren-keren.

    BalasHapus
  17. wah kamu suka drama china ya mba, aku jarang banget sih nonton drama china, ada satu yang ku suka love o2o bagus deh mba

    BalasHapus
  18. OMG! keluarga penjaga kecantikan keluarga kerajaan dan aku langsung penasaran dengan ramuannya. boleh kali diintip lalu dipraktekin kak, biasanya dari hal nyata dan beneran hehehe

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Aku sebenarnya bukan pecinta drama china begini tapi baca ulasan film ini jadi kepo deh

    BalasHapus
  21. Wahhh akhirnya nemu juga yg Kasi rekomendasi drama cina, krn jujur ku udh mulai bosen nntn drama korea.. thx yaaaaa jd WL ku selanjutnya ni

    BalasHapus
  22. Film ini ternyata banyak versi judulnya juga ya. Jadi penasaran dech sama film ini, soalnya Kak Susi ngasih nilai 9 jempol. Apalagi disebutkan fashionnya keren2. 😁

    BalasHapus
  23. Udah beberapa kali baca tentang drama China ini mulai mengerti jika saya memang lambat dalam menangkap topik yg dibahas. Saya masih belum hafal tokoh yang berperan dalam ceita ini.

    BalasHapus
  24. Ya ampun baca ini kok aku jadi mupeng ya hahah jadi pengen nonton juga. Keliatan banget serunya. Kerennya bukan cuma nyajiin romansa doang tapi ada pelajaran juga yang bisa kita dar dari sejarahnya ya.

    BalasHapus
  25. Pemainnya cantik-cantik, setting tempatnya bagus2. Baca tulisan ini aku berasa ada di dalamnya.

    Btw aku jadi pingin nonton hehehe

    BalasHapus
  26. Aku nggak mengikuti drama cina, tapi kalau lihat sinematografi dari Blossom in Heart ini sepertinya ada perkembangan ya? Jadi nggak itu2 aja yang biasa khas dr ornamen2. Baju2nya itu loh, kece

    BalasHapus
  27. Dengan latar ceritanya (masa lalu), auto sukak sama kostumnya. Film/drama Cina denga latar masa lalu, kostum-kostumnya menarik. Btw, wajah-wajah pemainnya mirip-mirip sama artisnya drakor yang kerap saya lihat sekilas-sekilas. (secara saya gagap utk mbedain wajah-wajah mereka, )

    BalasHapus
  28. Sudah lama gak nonton drama serial CHINA atau Mandarin, padahal zamannya Thao Ming Tse dulu tergila-gila banget sama dramanya yang segar dan pemainnya yang kece.

    BalasHapus
  29. membayangkan Fashion yang dipakai keluarga Lang beneran terlempar ke masa lampau. Nyonya rumah dengan OOTD khas perempuan ningrat kuno pasti membuat kita terasa beneran dizaman kerajaan

    BalasHapus
  30. Wooohh 50an episode. Aku terakhir nonton drama 50 episode tu drama korea tapi lupa judulnya apaan hehe.
    Genre sejarah? Hmmm ini settingnya masih pakaian2 kuno tapi glamour gtu ya buat bbrp pemainnya :D
    Eh jd ini ceritanya itu ada flashbacknya juga ya mbak adegannya?

    BalasHapus
  31. Iyaya...aku suka drama-drama China yang menanamkan kekuatan khas negara China yang semuanya herbal, dari alam. Makanya kecantikan wanitanya pun...mashaAllah.
    Seperti boneka semua yaa....

    BalasHapus
  32. Ulasannya kumplit banget kak, aku jadi tertarik buat nonton, seru juga ini ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)