Gerakan Pungut Sampah Jepara

Setiap tanggal 9 April, jalanan sepanjang alun-alun Jepara sampai masjid Mantingan akan dipenuhi penonton. Pada hari itu, start pukul 13:30 sampai selesai akan berlangsung Kirab Budaya Buka Luwur. Biasanya saya punya foto-foto karnaval yang sering saya sebut dengan Karnaval Hari Jepara seperti tahun-tahun sebelumnya. Kali ini agak beda. Saya memilih menjadi relawan sampah Jepara saja daripada hanya menonton acara. 

gerakan-pungut-sampah-jepara
Gerakan Pungut Sampah Jepara
Acaranya seru, edukatif, dan alhamdulillah sukses. Saat ini kami sedang bersiap mengadakan #GerakanPungutSampah secara massif kembali di Jepara Batik & Tenun Carnival 2016 sembari membagikan tas blacu dalam rangka hari Bumi yang seharusnya tanggal 22 Februari. Sengaja dirayakan lebih awal di keramaian agar lebih mengena. Akan ada aksi baca puisi, teatrikal dan sebagainya. InsyaAllah saya tulis di sini.

Sekilas tentang Kirab Budaya Buka Luwur Jepara, 

Jika teman-teman penasaran seperti apa, silakan membuka posting Galeri Foto Kirab Hari Jadi Jepara tahun lalu. Fotonya lengkap mulai dari 3 wanita terhebat Jepara sampai ke pernik unik budaya Jepara yang tertangkap di kamera saya. 

avatar-ratu-kalinyamat-di-prosesi-kirab-budaya-buka-luwur-jepara
Avatar Ratu Kalinyamat di Kirab Budaya Buka Luwur Jepara

Gerakan Pungut Sampah

Gerakan pungut sampah diawali dari ide mas Kemal dan Mas Rizki dari komunitas Jepara Inspiration Project JIP) yang bergerak di bidang sosial, lingkungan dan edukasi masyarakat. Fokus utamanya adalah pada Gerakan Pungut Sampah sambil berkampanye malu membuang sampah sembarangan. Keterangan lengkap bisa langsung di JIP Fanpage.

Artikel mengenai Gerakan Pungut Sampah Jepara, ingin saya tulis sejak dua minggu lalu, tetapi kegiatan ini tetapi masih blank saja. Maklum, baru pertama kali (akan) mengikutinya. Kalau sekarang, karena sudah terlaksana, lebih enak menjelaskannya. Apalagi saya aktif di dalamnya. Dapat tugas membuat jargon. Ehm... seru sih ya.... nanti saya bagi contoh jargon Gerakan Pungut Sampah Ala saya. Sekilat info saja, yang membuat tulisannya suami, saya yang bagian kata-kata. Saya tidak bisa membuat tulisan indah, hanya bisa menulis (sedikit) kreatif sambil bermain kata.


9 April 2016 siang, peserta mulai banyak berdatangan. Beberapa malah sudah siap sejak jam 9 pagi karena ikut kelas Akademi Menulis Jepara.  Termasuk yang datang awal karena ingin mendengar sesi sharing Mas Nur Hadi alias Adi Zam-Zam, penulis cerpen terkenal di Jepara. Selain ikut sesi sharing, saya dan suami kebagian bikin “papan” kampanye. Dapat setengah di sana setengah di sini, ceritanya. ;)

Pukul satu siang, pembekalan di mulai. Peserta diberi penjelasan tentang bagaimana membagi sampah dan mengapa serta teknis #Gerakanpungutsampah. Kami terbagi menjadi 5 kelompok agar ebih mudah. Kebetuan saya masuk kelompok B, yaitu kampanye sambil bersih-bersih area yang dilalui karnaval dari Masjid Agung Jepara sampai Polres Jepara. Teknis di lapangan, karena peserta sangat bersemangat, kampanye diteruskan sampai melewati jembatan Kanal.  Hahahahaha....

Pembekalan peserta gerakan pungut sampah Jepara

Secara umum, gerakan pungut sampah pada Kirab Budaya Buka Luwur Jepara berjalan lancar. Semua peserta sangat menikmati perannya sebagai duta kampanye sampah. Beberapa sangat bahagia menjadi bagian dari peristiwa bersejarah. Iya, karena sebagian besar merupakan keikutsertaan yang pertama. Saya pun demikian. Berikut ini foto-foto galeri #GerakanPungutSampah pada tanggal 9 April 2016 lalu. Foto lengkap ada pada facebook saya.

Peserta gerakan pungut sampah Jepara berfoto bareng

Gerakan pungut sampah Jepara bergabung dengan peserta Kirab Budaya Buka Luwur

Gerakan pungut sampah Jepara siap bersihkan mantanmu...ups... sampahmu

Gerakan pungut sampah Jepara

Gerakan pungut sampah Jepara menginspirasi siswa SD

Gerakan pungut sampah Jepara bukan demo di Kirab Budaya Buka Luwur 

Gerakan pungut sampah Jepara adalah kampanye dan gerakan simpatik warga agar sadar sampah

Kelompok B Gerakan pungut sampah Jepara - ternyata dominan perempuan, pantas jadi pembawa bendera kampanye, hehe

Jargon Gerakan pungut sampah Jepara dibuat lucu dan seru
Jargon Gerakan Pungut Sampah Jepara

Jargon Gerakan Pungut Sampah Jepara

Jargon Gerakan Pungut Sampah Jepara
Kamu KEREN karena sudah buang SAMPAH pada tempatnya. SUER!!! Itu misi utama #GerakanPungutSampah, yaitu mengedukasi masyarakat agar malu membuang sampah di sembarang tempat. Demi edukasi ini, kami rela turun ke jalan. Tunggu aksi kami selanjutnya pada Car Free Day Jepara dan kegiatan-kegiatan lain di Jepara. Gerakan Pungut Sampah Jepara: Swear.... Gak nyampah itu ASYIK! 
Share:

20 comments:

  1. Acara yg keren mbak. Moga2 qcara pungut sampahnya ga cuma setaun skli aja tp dibidayakan setiap hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg mingguan di CFD Mbak. Yg tematik gini bulan ini 2x

      Delete
  2. Keren ih bisa terjin langsung buat ikug andil urusin kota. Sy lihat di fb, ada beberapa foto pas mungut sampah juga cuma diliatin aja sana orang sekitar, memang memberi contoh itu gak mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... yg penting mau diberitahu dan merasa malu jika membuang sampah sembarangan. lama-lama akan melekat dan guyup

      Delete
  3. Mba Susi keren, warga Jepara yang TOP. Btw aku sempat liat soal foto yang dicatut itu. Pesannya baik sih tapi kok caranya ngono yo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Mbak Ety melihatnya ya. Begitulah. Saya no comment saja

      Delete
  4. orang keren itu yg buang sampah pada tempatnya :)

    ReplyDelete
  5. Hmm orang jepara memang keren, tapi kalau ditempat saya belum ada nih rencana saja belum ada apalagi prakteknya.

    ReplyDelete
  6. Pemuda Jepara memang kereen! Kelompok Mba Susi semangat sekali ya mba..he..he..he. Terus berlanjut meskipun jalurnya sudah selesai. Hebat, deh!

    ReplyDelete
  7. Idenya kreatif.. Semoga diikuti kota kota lainnya ya mba

    ReplyDelete
  8. Sepintas seperti sepel ya mba, soal sampah. faktanya memang sebagian masyarakat masih belum peduli untuk buang sampah pada tempatnya

    ReplyDelete
  9. Wah event keren nih, mba susi, dan jepara semoga semakin bersih :)

    ReplyDelete
  10. Awaaas, mantan mesti minggir, ada tempat pembuangan yang cocok nih, hihiii... Keren deh pemuda Jepara kegiatannya :)

    ReplyDelete
  11. Saya pernah ke Jepara Mbak, dari Semarang cuma 1 jam. Di sana saya makan bakso di warung pinggir jalan, pokonya menyenangkan banget deh jalan jalan ke Jepara, lain kalai jika ada kesempatan saya ingin berkunjung lagi

    ReplyDelete
  12. Ini yang kemarin dibahas di grup itu ya? Sukses terus mba memajukan Jepara

    ReplyDelete
  13. keren ka.. Gak nyampah itu ASYIK!
    anak2 harus mendapat edukasi ini dari kecil #GerakanPungutSampah HEBAT!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra