A note of Mom-blogger, craft-lover, & French Guide from Jepara

SAYA

Jika ke laman ini, pasti ingin mengenal siapa Susindra. Benar?

Siapa Susindra

Susindra sebenarnya adalah akronim nama saya dan suami. Susi + Indra = Susindra. Ketika memutuskan menikah, kami menyatukan nama kami menjadi Susindra sebagai tanda penyatuan hati. Meski tidak secara legal berubah, namun nama lengkap saya adalah Susi Ernawati Susindra. Nama pena saya di dunia menulis cetak adalah Susi Susindra.

Wisata alam sekeluarga
Saya seorang blogger dari Jepara. Meski memegang label blogger daerah, saya tetap bebas mengembangkan diri. Fisik bolehlah terkurung di kota kecil, tetapi hati, pikiran dan prestasi saya  melanglang bebas. Saya yang punya hobi mbolang bisa tiba-tiba berada di kota nun jauh di sana untuk mengikuti kegiatan blogosphere. Kegemaran saya membaca juga mengantarkan saya pada pintu dunia yang ingin saya jelajah. 

KOMUNITAS

Saya senang berkomunitas. Saya senang mengumpulkan teman. Di skala nasional, saya adalah admin Warung Blogger paling tegas mendisiplinkan anggotanya. Saya juga menjadi founder dan admin grup Mompreneur Indonesia. Terbukti, bahwa dengan internet, jarak menjadi tak memiliki batas.

Di Jepara, komunitas saya lebih banyak. Saya seorang WAHM atau working at Home Mom. Waktu saya lebih banyak untuk membaca, menulis, dan melakukan pekerjaan rumah. Namun di hari Jumat, Sabtu dan Minggu adalah hari “kerja” bagi saya yang berkomunitas di Perpusda Jepara. 

Di ultah Akademi Menulis Jepara I

Hari Jumat, saya mengampu 2 kelas pelatihan blog bagi ibu-ibu dan umum. Pada hari Sabtu saya menjadi salah satu pengampu di kelas Akademi Menulis Jepara. Selain 2 yang saya sebutkan di atas, saya adalah founder dan koordinator Blogger Jepara Community (JBlog). Komunitas lain yang saya ikuti secara aktif adalah Institut-Ibu Profesional Jepara, Akademi Menulis Jepara (AMJ), Forum Lintas Komunitas Jepara (FOLKOM), Pa-Kar (Padat Karya – komunitas penjahit). Hari minggu adalah hari keluarga sekaligus hari berkomunitas. Ada saja pertemuan di hari Minggu dan kadang bentrok jadwal. Sejauh ini, anak-anak have fun mengikuti komunitas saya. Semoga mereka kelak jadi pribadi yang ramah dan pandai berorganisasi. Aamiin 

Impian 


Impian terbesar saya adalah memiliki novel best seller ber-setting Jepara. Riset saya cukup lama dan semakin dalam. Kadang saya tersesat dan asyik di satu topik. Mengapa Jepara? Karena kota kecil di ujung utara pulau Jawa ini sejatinya memiliki banyak sekali tokoh-tokoh melegenda sejak abad ke-7. Asimilasi budaya di sini juga sangat menarik. Saya senang menjelajah Jepara dan mencatatnya di blog khusus, Blogger Jepara

Gaya traveling saya simpel saja
Impian lain saya bisa backpacking ke seluruh nusantara, ke Perancis, dan terutama sekali, umroh & haji. Memang butuh waktu mewujudkannya, tapi impian adalah salah satu cambuk untuk berusaha lebih keras.

Apa yang saya tulis di blog

Blog saya ini biasa disebut sebagai blog gado-gado. Padahal harapan saya sih bisa disebut Lifestyle Blog. Atau bisa kita samakan saja? Baiklah, CAKRAWALA SUSINDRA adalah sebuah Lifestyle Blog yang dikelola oleh penggila buku, film, bunga, dan kerajinan tangan. Sering menulis tentang parenting berdasarkan cerita sehari-hari. Suka mbolang sendirian atau wisata keluarga lalu menulisnya. Cukup up to date jika sedang ringan hati mengikuti perkembangan terkini. Saya senang mereview: produk, film, buku, dan blog teman. Saya senang mereview film sampai detail. Saya senang mengurai detail film untuk belajar tekniknya. Apalagi ya? Hmm.... cukup itu dulu deh... 

Blog Cakrawala Susindra

Prestasi

Saya malu di bagian ini. Apalah saya ini jika dibandingkan para blogger nge-hits. Prestasi saya standar sekali. Prestasi terbesar saya mungkin blog ini. Meski dikelola kurang profesional, tetapi memiliki jangkauan sangat luas. Yang sering membuat saya terpana adalah jumlah pengunjung unik yang kadang melampai angka seribu. Juga jumlah laman terbuka yang sering di atas tiga ribu. Sampai saat ini saya masih belum paham tentang SEO, tetapi alhamdulillah google baik sekali pada saya.

Blog Cakrawala Susindra ini membuat saya bisa mendapatkan penghasilan bulanan yang lumayan, menjadi pembicara, dan berani membuka kelas menulis serta ngeblog. Masih secara gratis.... Keren? Aduh... menurut saya itu cuma panggilan hati dan keinginan memiliki teman menulis dari kota yang sama. Rasanya lebih menyenangkan jika punya banyak teman penulis dan blogger di Jepara. 


Saya senang mengikuti lomba. Alhamdulillah berhasil menjadi 50 besar Srikandi Blogger Indonesia (Januari 2014), mendapat undangan di MICE 2014 sebagai blogger di Jakarta (10-11 Desember 2014), Juara harapan beberapa lomba blog berskala nasional seperti Pegi-Pegi (2015), Juara 1 Reward Sobat Wegi (Agustus 2015), Pembicara diskusi Kewirausahaan di kampus PBA FPBS UNNES, dan yang terbaru, menjadi juara pertama blog & twit competition WEGI 2016 dengan hadiah berwisata ke Padang dan Bukit Tinggi. Masih kalah banyak dibandingkan blogger lain, tetapi setidaknya saya terus berusaha menjadi terbaik yang saya bisa. Saat ini saya masih terus belajar mensejajarkan diri dengan para blogger yang usia produktif blognya sama dengan saya.

Kerjasama

Saya membuka peluang kerjasama menulis review, content placement,  dan content writing. Silakan hubungi saya di suzy120@gmail.com. Berikut data Media Sosial saya: (Update 10 April 2016)







Terima kasih sudah mencoba mengenal siapa saya. Semoga cukup memberi gambaran siapa Susindra sebenarnya.



Jabat erat nan hangat dari Jepara Kota Ukir,
Susi Ernawati Susindra


35 comments:

  1. Assalamu alaikum Bu Susi. Salam kenal dari Bogor.
    Saya sangat mengagumi Jepara dengan keindahan pantainya yg hingga kini belum kesampaian jalan-jalan ke sana. Saya juga senang mahakarya dari Jepara, jati jepara..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam mas Sultan. Salam kenal juga.
      Alhamdulillah, Jepara memang kota yang istimewa bagi saya. Jika berkunjung ke Jepara, silahkan menghubungi kontak saya di atas ya. Semoga kita ada jodoh bertemu. Aamiin

      Delete
  2. Salam kenal mba susi...wuih salut sama kegiatannya, meskipun bukan pekerja kantoran, kayanya penghasilannya jauh melebihi pegawai kantoran yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak Siti. Razeki bisa didapatkan dari mana saja kok

      Delete
  3. Salam kenal mba dari blogger Pontianak :D

    ReplyDelete
  4. Wowuuuw, runut dan bernas isi about mbak Susindra. Aktifitasnya se kampiun, bikin saya jiper akut. *jd keinget belum bikin rate card*.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... diingetin bikin rate card, nih. Makasih ya....

      Mbak Riri lebih hebat dari saya kok

      Delete
  5. Mba susi saya kadang suka iri lho sama blogger daerah. Bahkan kepikir mau balik kampung lagi aja biar bisa melakukan kegiatan komunitas lebih berarti. Suka seneng lihat blogger kayak mba susi yg terus menginspirasi... :-)

    ReplyDelete
  6. Kereeeennn banget mba susi :*
    Saya malu... Rasa cinta saya pada kota jepara rasanha belum ada seujung kuku jika dibandingkan dg rasa cinta mba susi :')
    Terus berkarya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rosa lebih sering di luar kota sih..... ayo balik ke Jepara

      Delete
  7. Kereeeennn banget mba susi :*
    Saya malu... Rasa cinta saya pada kota jepara rasanha belum ada seujung kuku jika dibandingkan dg rasa cinta mba susi :')
    Terus berkarya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... semoga diberi umur cukup untuk membuat perubahan di sekitar.

      Delete
  8. Wow, aktivitas mba Susi seabrek2. Keten dan inspiratif sekali. Sukses selalu, Mba Susi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dimampukan Mbak. Apalah saya ini tanpa izin dan support keluarga.

      Delete
  9. Keren mbak susi pengunjung blognya banyak,prestasinya oke

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Alhamdulillah saya cuma blogger ibu2 biasa Mbak. Terima kasih ya. pujiannya membuat saya bersemangat

      Delete
  11. Replies
    1. Hanya ingin membantu sekitar saja mbak

      Delete
  12. Gak sadar nih, tadi malem kedatangan admin wwbe di blog saya hehe Pantes tulisannya bagus. Udah berapa lama mba nulis-nulis? Masih inget ngga tulisan pertama yang ditulis tentang apa? (Diluar blog gado-gado yg niatnya Lifestyle Blog)???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Riky. Tulisan pertama masih... hehehe.. ya begitulah... kurang elok EYD-nya. Kalau tema, perkenalan blog saja sih dan to do list blog ini agar terindeks di google (bahasan pertama sudah berat ya)

      Delete
  13. Assalamu'alaikum bu susi. Saya tertarik belajar ngeblog. Bisakah ibu membimbing saya buat ngeblog? Kalo boleh saya pengen tanya tanya lewat email ibuk. Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam, Mas. Silakan email saya, insyaAllah jika memang saya bisa bantu akan saya bantu.

      Delete
  14. Cuit cuit... mbak susi ini ternyata romantis sekali.... #belum move on dari akronim nama susindra. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.... itu suami yg bikin, ketika kami persiapan menikah. Itu kado romantis pertama yg diberikannya

      Delete
  15. hihihihi hari ini saya lagi doyan banget nguli2 pages ini di blognya teman2 :)
    Kalo mb Susi maaaah, sapaaaa yg nggak kenal ya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo bikin killer page about me, Mbak.

      Delete
  16. Assalamualaikum Bu Susi
    Saya nambah guru hari ini, terimakasih semua yang telah bu Susi share. sangat bermanfaat
    saya pun sangat suka menulis, namun sayangnya tulisan sya masih sangat picisan.
    semoga kita berjodoh dan ibu bisa berbagi lebih banyak tentang perjalanan ibu, kesemangatan ibu, dan lagi prestasi ibu.
    Terimakasih, salam dari Cianjur :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge