Siap-siap lihat supermoon tanggal 20 Maret 2011


Ahad 20 Maret pukul 02.10 nanti akan ada purnama terbesar sejak 18 tahun lalu karena bulan berada pada titik terdekat bumi. Masih ingat bulan di awal tahun 2005 yang tampak lebih besar dari biasanya? Yep, fenomena ini disebut Supermoon, yaitu jarak terdekat bulan dengan bumi kita tercinta. Teknisnya purnama akan terlihat lebih besar 14% dan cahayanya lebih terang 30%. Bahkan kita bisa mengamati kawah bulan. Selain bulan purnama, kita juga bisa menikmati planet saturnus yang juga lebih terang dari biasanya. Ini benar-benar peristiwa langka dan patut dibela-belain ditonton! Susi tidak sabar menunggu keindahan bulan pada malam itu. Siap-siap gelar tikar di lantai atas sambil bawa kacang & wedang kopi. Jika di warung sebelah ada pisang kepok, boleh deh ditambahin pisang goreng ala Susi yang jadi favorit keluarga.


Sayang keindahan fenomena ini agak teracuni oleh beberapa teori tentang bencana yang terjadi setiap ada supermoon. Memang, banyak kebetulannya sih. Misalnya 2 minggu sebelum supermoon tahun ini ada bencana gempa bumi dan tsunami di Jepang, sama seperti supermoon tahun 2005 yang 2 minggu sebelumnya terjadi bencana gempa dan tsunami di Aceh. Teori semacam ini bisa membuat masyarakat resah karena fenomena supermoon selalu berulang. Memang, setiap bulan purnama, air laut selalu lebih tinggi dari biasanya. Ingat pelajaran SD tentang hubungan purnama dengan air laut, kan? Atau... jangan-jangan ingatan Susi lebih kuat karena kebetulan anak pantai? Hihi...

Sebaiknya tetap berpositif thinking dan menikmati keindahannya tanpa menghubung-hubungkan dengan mitos atau kebiasaan yang kebetulan terjadi karena semua adalah rahasia dan kehendak Allah.
Selamat menikmati supermoon!

Comments

  1. bisa terlihat ga ya dari daerah ku?

    ReplyDelete
  2. Pemandangan Bulan purnama begitu indah, agung dan sejuk. Semuanya terulang dan terulang, patuh mengikuti garis edarnya. Waktu terus berputar dan besok hari Minggu 20 Maret 2011 pukul 02.10 kita bisa melihat fenomena Supermoon. Semoga cuaca cerah dan langit tidak berawan, sehingga kita bisa melihat fenomena alam yang langka ini. Trims sharingnya. Salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  3. oh, baru tau nih mbak.. TFS

    'as a birthday gift for me'

    ReplyDelete
  4. iya ya mbak?waaah jd gak sabar pengen lihat..dpt kbr drmn mbak?koq aku gk tw y?apa aku yg kurang informasi..hehe
    thanks y mbak..:)

    ReplyDelete
  5. Wah terima kasih informasinya Bu ...

    Dan ya ... semoga fenomena ini tidak dikait-kaitkan dengan hal-hal lain yang tidak pada tempatnya

    salam saya

    ReplyDelete
  6. Mas Herdoni: Terima kasih, ya. Salam sukses juga.
    Mbak Hylsa: B'day-nya tanggal 20 maret? Wah, itu pantas dikenang & diabadikan.
    Mbak Amisha: Beritanya sudah santer sejak awal bulan lalu, mbak. Karena Saya tidak pernah lihat berita, cari beritanya di internet. Lebih up to date.

    ReplyDelete
  7. Pak Trainer: Terima kasih sudah berkenan mampir kemari. Saya tersanjung.
    Papa N13: uh.. uh .. semburat merah di pipiku siapa yang tahu? Teman2 kantor pulang semua. Xixixi.....

    ReplyDelete
  8. wah,kirain supermoon yang anime bakal tayang lagi ternyata,hehe..makasih atas postingannya.klu ada waktu maen2 keblog ane ya

    ReplyDelete
  9. kudu lihat langit malam nih :)

    ReplyDelete
  10. Mas Iwan, & Ica & Ica: Terima kasih kunjungan perdananya. Semoga menjadi awal silaturrahmi.
    Supermoon sudah dimulai malam ini. Indah sekali

    ReplyDelete
  11. saya liat semalam...

    tapi katanya yang puncak jam 2 malam yah?? saya ketiduran habis nonton bola...

    ReplyDelete
  12. saya udah liat dari update`an temen saya yang photographer. keren banget *,*

    ReplyDelete
  13. wahh koq sy ngga tau yach...kelewatan dech....lihat di internet aja dech

    ReplyDelete
  14. sayang aku terlambat.. jadi g bisa liat :(

    ReplyDelete
  15. aduh aku ketinggalan euy.. sayang banget nich

    ReplyDelete
  16. Teman-teman, Terima kasih atas perhatian & komentarnya. Semoga tali silaturrahmi kita tetap terjaga. Amin.
    Yang tidak bisa melihat supermoon tahun ini, semoga bisa menyaksikan supermoon selanjutnya. Amin.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)