Selamat Ulang Tahun Warung Blogger!

Tak terasa, sudah lima tahun saya menemani Komunitas Warung Blogger. Komunitas yang membesarkan saya dengan setengah memaksa. Menjadi adminnya, membuat saya memaksa diri agar menjadi sedikit lebih baik dari pada hari sebelumnya. Sedikit, sedikit, sedikit. Setapak demi setapak. Langkah-langkah kecil untuk melintasi jalur pendakian blogger yang terus menanjak. Dan ketika saya menengok ke bawah, saya menyadari, bendera Warung Blogger menghiasi jalur yang saya daki.


Sudah lima tahun saya bersama Warung Blogger. Dua puluh enam Mei adalah tanggal yang pasti. Saya menjadi anggota Warung Blogger satu hari setelah Warung Blogger berdiri. Mbak Lidya kala itu yang menyarankan saya dimasukkan ke grup Warung Blogger di facebook. Betapa bahagianya saya, memiliki grup blogger pertama kali. Apalagi saat itu istilah yang dipakai di sana adalah “cangkrukan bareng”. Ide komunitas ini memang berawal dari omong ngalor-ngidul di sebuah warung nasi kucing di Jember.

“Anggap saja kita sedang cangkrukan bersama di warung nasi kucing, Mbak Sus,” terang Mas Hakim dan Mas Lozz bergantian, dulu sekali, jika saya tiba-tiba sangat serius. “Kita ngobrol santai. Ngopi bareng sambil menjadi penonton cerita blogger di sekitar.” 


Bayangkan, betapa senangnya saya. Dan kami memang sering diskusi gayeng di sana. Ada saja yang kami diskusikan. Sebagian besar adalah hal sederhana yang renyah. Senang sekali rasanya. Ketika anggota semakin banyak, diskusi kadang disisipi letupan emosi. Maka kode etis pun disepakati agar tak ada yang sakit hati. 

Ah... lagi-lagi saya mengajak reuni. Saya rindu saat Komunitas Warung Blogger masih berisi seratusan anggota. Saya yakin, teman-teman yang mengalami kebersamaan yang saya ceritakan pastilah rindu. Beberapa kerinduan diwujudkan dalam bentuk membuat komunitas yang baru. 


Ah, kenapa pula saya mengenang masa itu? Saya tidak menyesal anggota warung blogger sekarang hampir mencapai lima ribu. Sebagai admin penjaga pintu, saya bahkan menjadi pembuka sebagian teman-teman yang menjadi anggota. Mengapa memberi kesan risau? Saya malah senang, ada banyak teman blogger yang mau meramaikan. Laki-laki-perempuan, tua-muda, remaja-sepuh, semua bisa menjadi anggota Warung Blogger. Grup ini tidak membatasi teman-teman blogger yang ingin menjadi anggota. Kami rangkul semua. Syaratnya hanya satu, memberitahu domain blognya pada admin sehingga kami tahu yang bersangkitan memiliki blog. 


Lima tahun sudah, usia Warung Blogger. Kami memaksa diri tetap menjadi komunitas yang bersahaja. Tak selalu mudah bagi admin. Kami telah berkembang menjadi pribadi yang dapat dilihat prestasinya. Kami, para admin telah berkembang. Beberapa dari kami telah menjadi leader di komunitas lokal dan nasional. Namun, kami harus menjaga agar Komunitas Warung Blogger tetap bersahaja dan nyaman bagi teman-teman blogger dari pemula sampai ahli di bidangnya. 

Kami tidak memiliki kelas sosial blogger. Monggo, silakan gabung. Monggo, silakan bersosialisasi. Monggo, silakan berkembang. Monggo, silakan beramahtamah. Kami malah senang jika ada teman yang membuat percakapan berisi sapaan dan diskusi ringan di grup. Karena “cangkrukan” semacam itulah yang melatarbelakangi kelahiran Warung Blogger. Cangkrukan yang tanpa misi ‘hanya demi keuntungan pribadi’, tentunya sangat kami hargai. Kami justru sedih jika Warung Blogger hanya menjadi tempat penitipan tautan blog, kemudian terburu-buru angkat kaki. Stay...monggo pinarak, tinggallah lebih lama. Hangatkan grup dengan percakapan yang ngalor-ngidul saling sapa.


Selamat ulang tahun Warung Blogger. Saya harap kamu tetap bisa menjaga pesan yang dititipkan pendirimu Mas Lozz dan para sahabat blogger dari Jember. Meski mereka sudah tidak aktif lagi, namun kami para peramu saji yang dititipi warung berusaha sekuat tenaga untuk mengingat tujuan kelahiranmu. Meski seperti saya terangkan di awal, ITU SANGAT TIDAK MUDAH. Admin Warung Blogger masih muda-muda. Blogger muda berprestasi. Adakalanya mereka lupa. Tak jarang mereka merajuk.  Mengapa memaksa bersahaja jika kita bisa istimewa seperti komunitas lain. Dan dengan berlagak ala ibu yang menenangkan anaknya, saya memohon pengertian mereka. Menjadi istimewa tak harus dengan cara berpendar. Menjadi istimewa bisa dengan cara tetap bersahaja. Begitulah jalan yang harus dipertahankan.

Selamat ulang tahun, Warung Blogger. Selamat ulang tahun semua anggota Warung Blogger, baik yang telah bergabung lima tahun lalu maupun baru saja hari ini. Selamat berbahagia bersama penambahan angka usia komunitas ini. Mari membuat keriangan kecil di blog, twitter maupun instagram. Ada lomba blog bertema Ulang Tahun dan bermain-main kata di foto yang kami sebut Photo quotes Contest di Instagram. Di twitter, ada kuis Rekam Jejak WB seperti biasanya. 


Selamat ulang tahun Warung Blogger. 
Semoga bahagia dn sukses bagi semua anggota Warung Blogger. Kami bahagia bisa menyertai perjalanan semua teman-teman yang tergabung di dalam komunitas Warung Blogger. Semoga semua bisa mengambil manfaat dan berkembang sesuai fitrahnya masing-masing. Kami hanya bisa memberi wadah, silakan kembangkan sesuai bakat, minat dan tujuan yang dituju masing-masing.

Salam sayang dari saya, untuk semua anggota Warung Blogger. Terima kasih sudah mengiringi dan memperbesar lingkungan kami. Jabat erat kita menghangatkan jiwa kami. Sekali lagi, Selamat Ulang Tahun, Warung Blogger!

PS: Semua foto diambil dari dokumentasi WB

47 Komentar

  1. Selamat hari ulang grup Warung Blogger semoga maju mapan jaya dan warganya terus semangat menerbitkan artikel yang menarik dan bermanfaat. Amiin.
    Terima kasih kepada para admin yang telah bekerja keras, tekun, ulet, sabar, dan ramah dalam mengelola grup keren ini. You are great administrators.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. Selamat ulang tahun warung blogger, terimakasih sudah mengizinkan saya masuk dan menjadi anggota pojok WB :)

    BalasHapus
  3. Selamat ulang tahun WB. Saya anggota baru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Thediokecenter. Semoga selalu berkembang bersama WB

      Hapus
  4. Selamat ulang tahun warung blogger!

    BalasHapus
  5. wah... selamat ulang tahun warung blogger :)

    BalasHapus
  6. Selamat Ulang Tahun Warung Blogger,,,

    semoga sukses selalu dan menjadi yang terbaik deh. :)

    Seru y mbak ngumpul"nya disana,, jadi pengen .. :)

    BalasHapus
  7. Terharu bacanya, Mbak Sus. Semoga Warung Blogger terus menjadi tempat buat menghangatkan hati para blogger :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin....
      Kehangatan di WB itu bagian dari misi kita

      Hapus
  8. Selamat ulang tahun Warung Blogger. Semoga semakin jaya selalu dan tidak berhenti menginspirasi banyak orang dengan tulisan-tulisan yang di upload oleh para member Warung Blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin....
      Semoga sukses tuk semua anggota WB

      Hapus
  9. Selamat ulang tahunyang ke 5 untuk warung blogger!

    BalasHapus
  10. Selamat ulang tahun Warung Blogger, sukses selalu... salam hangat dari Bojonegoro:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas Jatmiko.
      Aku pengen banget ke Bojonegoro

      Hapus
  11. kangen orang2 yg jadi dedengkot warung blogger. tp tetap selamat ulang tahun!!!

    BalasHapus
  12. aahhh nggak taunya, sejarah Warung Blogger Bermula dari JEmber.
    Subhanallah...
    Selamat Ulang Tahun Warung Blogger...
    Jayalah Selalu...

    BalasHapus
  13. Ya ampun, gak terasa udah lima tahun~ :'))
    Selamat ulang tahun webe! :D

    BalasHapus
  14. Senang bisa menjadi bagian dari warung blogger. selamat ulang tahun ke 5 yaaaaa :)

    BalasHapus
  15. wiii,
    foto2 di tomyam kapan tuh budhe?

    btw, selamat ultah aje ye WB.
    semoga suatu saat bisa berkonstribusi, hehhe

    BalasHapus
  16. Selamat ulang tahun Warung Blogger. Semoga semakin sukses dan semakin menyatukan para blogger di seluruh dunia. Aamiin :D

    BalasHapus
  17. met milad, moga sukses selalu

    BalasHapus
  18. Selamat ulang tahun WB. Wahh udah 5 tahun, moga semakin berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..

      Alhamdulillah sudah tahun ke lima. Duh senangnya

      Hapus
  19. Tak terasa sudah 5 tahun, komunitas pertama yang saya ikuti neh. Happy milad yg ke 5 ya semoga sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Aku juga begitu. Komunitas pertamaku di facebook

      Hapus
  20. Terharu baca tulisan ini Mbak Sus T.T
    Semoga Warung Blogger tetap hangat. Semoga kita para admin selalu punya energi untuk merangkul semua :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. ... aku menulisnya dengan sepenuh harap sambil bernostalgia

      Hapus
  21. warung blogger memang istimewaaaselamat ultah yaaaa WB!

    BalasHapus
  22. saya ingin sekali gabung di warung blogger tapi gimana caranya? kontaknya kemana? home basenya dimana? mohon penjelasannya ya mbak...bila perlu email ke alamat email saya ya mbak doninurdians86@gmail.com

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya inbox admin untuk memberitahukan url blog saja Mas. Kami tidak tahu yang klik gabung benar2 blogger atau bukan jika tidak diberitahu.

      Hapus
  23. Selamat ultah ya WB. Komunitas blogger yg aku akrab cuma KEB & WB. Sukses selalu :))

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)