Wisata Jawa Timur - 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur kerap kali dijadikan pilihan oleh para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Hal ini tentu saja dikarenakan berbagai atraksi menarik yang tersedia di Jawa Timur. Buat kamu yang masih galau memilih destinasi untuk berlibur, berikut 5 rekomendasi destinasi wisata Jawa Timur!




Yuk kita simak list-nya!


1. Gunung Bromo

Gunung yang terletak di Jawa Timur ini merupakan kawasan wisata terkenal di Jawa Timur. Gunung yang terletak di 4 kabupaten ini selalu dipadati wisatawan domestik maupun mancanegara. Tentu saja hal ini dikarenakan keindahan dan atraksi menarik yang tersaji.


pemandangan pananjakan di gunung bromo
Pananjakan, Bromo, Foto dari Trip Advisor.

Salah satu spot yang paling sering dikunjungi adalah “penanjakan”, di sini kamu bisa menyaksikan keindahan matahari terbit. Selain itu, wisata gunung Bromo juga menyajikan tempat-tempat menarik lainnya seperti Pasir Berbisik, Pura Luhur Poten, Bukit Teletubbies, dll.


2. Jatim Park

Ikon wisata yang terletak di Kota Batu Malang ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan Jawa Timur. Secara general, Jatim Park terdiri dari 3 kawasan wisata yaitu Jatim Park 1, 2, dan 3.


jatim park untuk wahana wisata apa
Jatim Park 1. Seumber foto dari airport.id


Jatim Park 1 merupakan amusement park yang menyajikan berbagai macam wahana permainan yang edukatif dan menghibur. 

Jatim Park 2 merupakan sebuah kebun binatang dengan berbagai koleksi satwa. 
Jatim Park 3 menyajikan berbagai atraksi bertemakan dinosaurus. Lengkap bukan?


3. Gua Gong Pacitan

Gua yang terletak di daerah Pacitan ini di gadang-gadang sebagai salah satu gua terindah se-Asia Tenggara. Tidak heran Gua Gong menjadi salah satu tempat wisata Jawa Timur terpopuler.

Penampakan luar gua ini terlihat biasa seperti gua pada umumnya. Namun, ketika kamu masuk ke dalam gua kamu akan terpukau dengan keindahan gua ini. Formasi stalaktit dan stalakmit serta kombinasi lampu warna-warni membuat gua ini terlihat sangat menawan.


4. Taman Nasional Baluran

Tempat wisata yang berada di kabupaten Situbondo ini juga disebut sebagai Africa Van Java. Cocok untuk kamu yang ingin menjelajahi wisata lokal rasa internasional. Inilah yang membuat Taman Nasional Baluran masuk dalam kategori objek wisata ternama di Jawa Timur.

Kawasan ini merupakan kawasan dengan ekosistem asli yang dilindungi. Sehingga di tempat ini terdapat banyak berbagai macam satwa liar yang dilindungi. Perjalanan pastinya sangat menyenangkan. Selain itu kamu juga bisa menikmati kecantikan Evergreen Forest yang berada di kawasan taman nasional ini.


taman nasional baluran
Taman nasional Baluran. SUmber foto dari goodnewsfromindonesia.id


5. Gili Labak

List yang terakhir ini sempurna bagi kamu yang menyukai wisata pantai. Gili Labak merupakan pulau kecil yang tepatnya berada di sebelah timur pulau Madura. Pulau ini dihiasi dengan pantai yang indah nan jernih dan juga pasir putihnya yang bersih. Tak heran jika pulau ini menjadi destinasi favorit di Jawa Timur.

Tentu saja di pulau ini kamu bisa menikmati pemandangan aneka biota laut dengan melakukan snorkeling. Selain itu, untuk pelancong backpacker, kamu juga bisa mendirikan tenda di tepi pantai. Tidur ditemani dengan deburan ombak bisa menjadi healing yang menyenangkan bukan?

Liburan memang paling nyaman membawa kendaraan sendiri, apalagi kalo destinasi kamu lebih dari satu seperti list di atas. Untuk menunjang kenyamanan saat berwisata kamu bisa rental mobil melalui situs, ikuti langkahnya dan kamu sudah bisa mendapatkan mobil yang nyaman untuk berlibur.

Itulah 5 rekomendasi destinasi wisata Jawa Timur. Jadi kamu sudah gak perlu bimbang lagi memilih objek wisata di Jawa Timur. Jangan lupa share artikel ini di sosial media kamu ya, biar bisa kodein teman, keluarga atau partner kalian untuk berwisata di Jawa Timur.

8 Komentar

  1. Aku warga Jawa Timur mbak, dan aku jadi malu nih belum semuanya kukunjungi hiks.. Gili Labak dan Baluran yang belum kesampaian. Harus banget nih biar bisa bantuin promosiin wisata Jawa Timur

    BalasHapus
  2. Aku pernah ke Jatim Park nih mbak. Cuma belum kesampaian aja ke Bromo. Pengin banget ke sana dan foto2 soalnya viewnya cakep bener deh. Makasih rekomendasinya Mb

    BalasHapus
  3. dulu pengen banget sih suatu hari nanti bisa jalan-jalan ke Jawa Timur. minimal ke surabayanya. semoga Semoga nanti ada rezekinya.

    BalasHapus
  4. Jawa timur sekarang banyak sekali destinasi unggulan. Kalau saya pengen banget wisata ke malang sambil kulineran...asyik banget kayaknya...

    BalasHapus
  5. Saya asli Kediri, Jawa Timur dan baru sempat ke nomor 1 dan 2..Duh penasaran banget sama Taman Nasional baluran, padahal pernah nyaris ke sana tapi batal padahal dah deket banget. Juga ke Gua Gong dan Gili Labak yang belum sempat juga Hiks

    BalasHapus
  6. Pengen banget ke Bromo, pemandangannya indah dan berualang naik kuda di savana, dan banyak destinasi wisata lainnya di Jatim yang pengen didatangi

    BalasHapus
  7. MasyaAllah jadi pengen mudik ke jatim, aku sebenarnya ada darah jatimnya loh mbak, tepatnya madiun, sayang semenjak ayah meninggal kami belum bisa lagi berkunjung ke sana.

    BalasHapus
  8. Wow masyaAllah,, Pananjakan Bromo yg eksotis yahh... Jatim Park yg menggoda terutama anak²ku nih hihi...kl liat kolam renang, waterboom wuihhh susah diajak pulang, kl bs nginep kali yaa di Jatim Park itu hihi... Nice info yaa Mbasayyy

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)