Beberapa Persiapan yang Baiknya Dilakukan Sebelum Berlibur

Hawa liburan mulai menanjak. Tengak-tengok mau ke mana enaknya. Ingin yang agak jauh sebagai pengganti di rumah saja selama setahun ini. Kalau bisa, ada keluarga di sana, agar bisa berangkat sekeluarga. Sambil menunggu kesepakatan bersama, saya tulis dulu beberapa persiapan yang baiknya dilkukan sebelum berlibur. Tips ini sangat bermanfaat, kalau perlu dicatat. Pastinya ingin liburan yang aman dan nyaman di situasi pandemi gini, kan?

Beberapa Persiapan yang Baiknya Dilakukan Sebelum Berlibur


Beneran ingin liburan saat di masa pandemi ini? Tentunya tetap bisa. Syaratnya kita harus memperhatikan dan mempersiapkan  beberapa hal penting dan super penting. 

Liburan di masa Covid-19 memang harus dipersiapkan dengan lebih ekstra. Keamanan dan kesehatan tetap prioritas. Seperti yang diketahui, bahwa virus corona merupakan virus yang bisa berbahaya dan sangat menular. Jadi, harus hati-hati dalam beraktivitas di luar rumah. Apalagi jika bertemu dengan banyak orang, termasuk saat travelling atau liburan. 

Jika Anda memang sangat ingin untuk melakukan perjalanan liburan saat pandemi Covid-19 seperti ini, ada beberapa langkah persiapan yang harus dilakukan, selain mempersiapkan tiket transportasi ataupun tempat tinggal sementara nantinya. Baik sekali jika bisa mencari promo hotel.

Nah, apa saja langkah-langkah tersebut? Berikut ini ini persiapannya:


1. Melakukan Riset Aturan serta Protokol Kesehatan yang Diterapkan oleh Pengelola Destinasi Wisata

Sudah menentukan destinasinya? Beberapa kota mempunyai regulasi yang berbeda, terkait protokol kesehatan bagi pada tamu wisatawan di kotanya. Kita perlu melakukan riset kecil tentang tata aturan dan prokes di kota pilihan itu dan juga adakah aturan khusus dari pengelola destinasi wisata yang ingin kita kunjungi.

Ada beberapa kota wisata yang cukup ketat, misalnya di Bali. Ada yang cukup longgar misalnya Karimunjawa. Masing-masing aturan ini menjadi wewenang pemimpin kota dan pengelola destinasi wisata

Riset sebagai salah satu persiapan liburan


Masa pandemi ini juga mengubah jam operasional, cara untuk pembelian tiket, protokol kesehatan yang diterapkan, sampai berbagai dokumen yang harus untuk disiapkan. 

Riset ini penting untuk dilakukan karena bisa untuk menjaga diri sendri maupun orang lain dari bahaya penularan virus corona. Tidak hanya itu, riset ini penting karena bisa saja ada perbedaan aturan yang terkait dengan protokol kesehatan yang diterapkan dari satu destinasi dengan yang lainnya. 

Riset bisa dilakukan dengan cara googling, bertanya pada kenalan yang sudah pernah ke sana atau minta rekomendasi orang yang bisa membantu penggalian data yang kita lakukan. Liburan lebih nyaman kalau punya seseorang yang membantu persiapan.

Sekadar cerita, saya pernah menjadi perpanjangan tangan untuk persiapan liburan di Karimunjawa para wisatawan dari domestik dan mancanegara. Tugas saya mengurus  semua dokumen, ticketing, pesan hotel sampai armada penjemputan dan pengantaran. Banyak tipe the rich yang lebih suka liburan tanpa ribet, karena semuanya diserahan pada sekretaris dan orang yang berada di lokasi.

Apapun tipe liburan Anda, lakukan sesuai standar kesehatan dan keamanan di masa pandemi.


2. Membawa Perlengkapan Kesehatan dan Kebersihan Pribadi

Setidaknya ada empat perlengkapan yang harus untuk dibawa ketika liburan pada saat pandemi, yaitu

a. masker dan cadangannya,

b. hand sanitizer, sabun cair, dn semprotan desinfektan,

c. perlengkapan pribadi seperti peralatan makan, mandi, dan ibadah,

d. obat-obatan pribadi

Bawa semua perlengkapan pribadi


Hal pertama yang harus Anda bawa adalah masker dan cadangannya. Walaupun Anda sedang liburan, Anda harus tetap disiplin dan patuh pada protokol kesehatan dalam memakai masker. Tidak lupa untuk mengganti masker dengan masker cadangan setelah empat jam. 

Penting sekali untuk membawa masker cadangan dengan jumlah yang cukup banyak, agar lebih mudah untuk menggantinya kapan saja. Jangan lupa, bawalah hand sanitizer dan sabun cair. Benda-benda ini diperlukan untuk bisa menjaga tangan Anda selalu bersih selama Anda melakukan aktivitas. 

Bawa juga semprotan disinfektan, benda ini mempunyai fungsi untuk membunuh virus menempel di benda-benda rawan disentuh oleh banyak orang. Lalu bawalah peralatan makan, mandi, ibadah pribadi dan obat-obatan pribadi. 


3. Mengecek Kondisi Tubuh Sebelum Berangkat Berlibur

Cek dahulu kondisi tubuh sebelum pergi liburan. Kita harus pastikan jika tubuh sedang di dalam kondisi yang fit dan sehat. Hal ini penting supaya liburan bisa tetap menyenangkan dan bisa menjaga keamanan diri sendiri dan orang lain di destinasi wisata yang dituju. 

Dikarenakan hal tersebut, kita dapat untuk memakai berbagai aplikasi kesehatan yang ada dan menyediakan fitur khusus untuk melakukan cek risiko virus Covid-19. Apabila Anda sedang dalam keadaan sakit saat akan berangkat liburan, sebaiknya Anda menunda rencana liburan. Tubuh yang tidak fit mempunyai risiko yang lebih rentan untuk terpapar virus ataupun penyakit lainnya. 


4. Memesan Tiket dan Penginapan Secara Online

Untuk bisa meminimalkan kontak secara langsung, hampir semua destinasi wisata sekarang menerapkan pembelian tiket masuk online. Maka dari itu, kita sebaiknya memesan semua tiket tempat wisata yang akan dikunjungi sebelum pergi berlibur. Begitu pula untuk tiket transportasi maupun penginapan. 

Sangat disarankan untuk memesan secara online dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Dengan demikian, kita bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk memilih tiket transportasi maupun hotel dengan fasilitas dan harga yang terbaik. Bahkan bisa saja Anda mendapatkan promo harga sehingga lebih murah. 

Lakukan semua dengan benar lalu liburan dengan nyaman dan aman


5. Lakukan Check-In Pesawat Secara Online

Jika sudah memilih transportasi untuk keberangkatan ke kota tujuan wisata dengan menaiki pesawat, maka kita bisa melakukan check-in secara online. Sebagai salah satu bentuk menjaga keamanan dan kesehatan para penumpang, beberapa maskapai pesawat menawarkan layanan check-in online, salah satunya Batik Air. 

Memanglah sebaiknya kita melakukan check-in mandiri secara online, bahkan sebelum sampai di bandara. Bonusnya, kita tidak perlu antri. Sangat meminimalisir kerumunan dan berdekatan dengan penumpang lain. Jika Anda ingin check-in online Batik Air, kita bisa langsung buka Traveloka web check-in Batik Air dengan HP atau laptop. 


Pada prinsipnya kitalah yang menentukan diri kita sendiri, namun tetap harus sangat memperhatikan orang lain. Semua persiapan yang baiknya dilakukan sebelum berlibur adalah untuk melindungi diri sendiri dan orang lain yang bahkan tidak kita kenal pada saat kita ingin liburan. Disiplin menjadi sangat penting dalam prosesnya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan tak lupa selalu berdoa semoga pandemi Covid-19 segera bisa ditaklukkan. Yang paling penting, kita bisa liburan sambil mengangkat ekonomi berbasis wisata yang saat ini terpuruk.


Semua foto dari Canva

26 Komentar

  1. Ngga pernah kepikiran kalau saat ini apa2 bisa dijangkau dengan online ya mba. Bahkan untuk check in aja udah bisaa online. Terbantu bangett juga sebnernya

    BalasHapus
  2. Kalau sekarang pandemi, tetep yang utama siapkan kebutuhan yang bisa menghindarkan kita dari virus ya, lalu ikuti protokol kesehatan yang ada, habis itu yaudah tempat tujuan mau wisata kemana aja, tiket, penginapan wkwkw :D

    BalasHapus
  3. Memang perlu buat cek keadaan diri, apakah sehat dan kuat untuk bepergian atau tidak, jadi tetap aman dalam perjalanan

    BalasHapus
  4. Traveloka memang memudahkan ya. Mau booking hotel dan pesawat pun gampil karena aplikasi ini. Btw, semua persiapan yang dishare mbak Susindra aku setuju semuanya. Memang harus makin banyak stepnya ya berlibur di masa pandemi ini.

    BalasHapus
  5. meskipun pandemi, kita kadang kudu traveling juga biar tetap waras, tapi tentu dengan protokol kesehatan juga :)

    BalasHapus
  6. aku masih belum berani nih berlibur.. tapi memang dimasa pandemi ini, kalo mau berlibur persiapannya harus matang ya.. wajib banget untuk cari tau tentang prokes di destinasi wisata yang ingin kita tuju..

    BalasHapus
  7. Untuk liburan yang jauh-jauh yang menggunakan kereta api/pesawat saya belum berani. Bukan soal virus, tapi juga soal uang hehe. Tapi bagi yang mau berlibur, persiapan-persiapan yang sudah dituliskan di atas wajib dilaksanakan.

    BalasHapus
  8. Riset ini penting banget, apalagi kalau nginep di hotel. Akupun sekarang carinya yang bisa dibuka jendelanya atau ada balkonnnya hehehe.

    BalasHapus
  9. Nggak lupa riset fasilitas tempat wisata pastinya. Zaman sekarang dah canggih ya mbak, tinggal klik dapet ribuan informasi.

    BalasHapus
  10. tips yg menarik. Bagi sy berlibur dimasa pandemi ptgnya badan dulu fit, klo sakit mending tunda dulu utk staycation

    BalasHapus
  11. Protokol Kesehatan emang nomor satu ya jika ingin bepergian, terutama di kala Pandemi seperti sekarang. Pastikan selain melindungi diri sendiri, kita juga lindungi orang-orang sekitar. Jadi gak sabar pengen segera liburan sekeluarga.

    BalasHapus
  12. rindu aku melakukan perjalanan dinas atau traveling menggunakan pesawat kayak gini, rushing hour menuju bandara, boarding checking dll.. kangen aku tuh

    BalasHapus
  13. Karena kita berada di masa adaptasi kebiasaan baru, jadinya kudu paham dan melakoni hal2 ini ya Mba
    Bismillah, buat yg mau ngetrip, semogaaa lancar jayaaa
    sehaatt dan selamaatt

    BalasHapus
  14. Memang agak panjang listnya ga seperti liburan sebelum pandemi tapi setuju jika semua persiapan yang baiknya dilakukan sebelum berlibur ini untuk melindungi diri sendiri dan orang lain yang bahkan tidak kita kenal pada saat kita ingin liburan. Demi keselamatan semua ya harus mentaatinya!

    BalasHapus
  15. betul nih, kalau memutuskan mau liburan harus bener-bener dipikirkan dengan baik. secara matang dan paham akan resikonya.

    BalasHapus
  16. traveling di masa pandemi banget ya itu!
    Sebelumnya, ga kepikiran kita bakalan ada satubag khusus buat bepergian (yang sekali pake cuci itu loh)

    Oya Batik Air terpercaya ya buat menjalankan prosedur kesehatan? Syukurlah!

    BalasHapus
  17. Udah harga mati sekarang melakukan tips2 di atas demi kemanan diri sendiri dan sekitar kita, jadi kangen traveling.
    Ku belom berani liburan ke luar, baru sekitaran bandung aja staycation, liburan tipis2.

    BalasHapus
  18. Cek... Cek... Cek... Sebelum berwisata dicek, makasih mbak, aku jadi lebih tau yang harus disiapkan pas mau berwisata.

    BalasHapus
  19. Aku juga selalu check in online khawatir mba kalau di jalan macet ah udahlah emoh lagi aku lari2 cuma buat check in aja hahaha

    BalasHapus
  20. aku suda curi start mudik antar pulau mbak (dan malah udah balik ke rantau lagi hihihi)
    Satu hal yang kemarin jd tambahan ribet : lupa isi data2 Ehac pas abis chec-in di bandara. Jadi deh, pas mau keluar bandara jogja mesti isi manual karena mau isi online ternyata wifi bermasalah dan jaringan seluler lemot :D

    BalasHapus
  21. kmrn udah sempat nyobain liburan sm anak2 (sambil kerja juga sih), cm sm anak2 blom berani naik pesawat euy..masih ngeri2 apalagi klo maskapainya yg ga ketat utk batasan jumlah penumpang, jdnya road trip aja kmrn..tentu tetap dg protokol

    BalasHapus
  22. Pastinya harus semakin berhati-hati ketika berlibur di masa pandemi, ya. Gak boleh abai dengan protokol kesehatan. Penting banget deh untuk patuh.

    BalasHapus
  23. Zaman telah berubah dan semakin cepat perubahannya sejak pandemi.
    Kini transaksi lebih nyaman secara online dan cashless, sungguh praktis berlibur. Dan tetap prokes yang ketat.

    BalasHapus
  24. Belum berani untuk liburan sih meski pengen banget. Tapi tips persiapan2 ini tetap bisa kita terapkan meski bukan buat liburan ya. Misal untuk perjalanan bisnis gitu.

    BalasHapus
  25. Makasih ya mbak. Kebetulan habis lebaran mau ajak ortu dan anak2 liburan. Jadi artikel ini bermanfaat banget utk aku

    BalasHapus
  26. ah iya, klo mau liburan itu banyak persiapannya ya mbak..
    apalagi saat pandemi seperti ini, pastikan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada ya, biar berlibuur tetap aman

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)