Ancient Love Poetry: Kisah Cinta Purba dan Pengasuhan Anak

Cinta yang bertahan puluhan ribu tahun, atau cinta yang menghambat perkembangan anak? Saya agak bingung memilih yang mana, kalau bicara tentang drama Cina Ancient Love Poetry. Mungkin bisa memilihkan untuk saya setelah selesai membaca sinopsis dan review lengkapnya ini.

Ancient Love Poetry: Kisah Cinta Purba dan Pengasuhan Anak



Yang jelas sih drama xianxia ini sangat bagus dan wajib tonton karena punya banyak pesan juga untuk edukasi ke orangtua. 


Anak nakal? Hmm...

Syahdan ada seorang mahadewa yang terlahir dan harus berlatih untuk menjalankan perannya di dunia sebagai penguasa 3 alam: alam dewa, alam siluman dan alam manusia. Mahadewi ini bernama Sang Gu. Dia anak yang sangat cerdas, cerdik dan setia kawan. Namun dia juga termasuk anak nakal. Mungkin benar bahwa anak yang istimewa harus eksploratif meskipun menyusahkan orang dewasa di sekitarnya.

Kalimat terakhir ini mengingatkan saya pada si kecil Giandra yang sedang eksploratif. Aktif, menggemaskan dan memang pintar. Kosakatanya sangat cepat bertambah. Salah satu kegiatan coba-coba yang sangat jiwitable adalah dia pipis di wadah. Wadah apapun yang dia tertarik pertama kali saat ingin pipis. Ampuuun... Mata kami harus awas dan langsung membersihkannya. 

Nakal? Coba perhatikan matanya saat memperhatikan cipratan air yang keluar dari pe***nya. Mata ingin tahu. 


Dia putra ketiga kami. Kedua kakaknya sudah kelas 8 dan 10 sehingga bisa jadi pengasuh juga. Dan kami keluarga penyuka drama juga.

....

Balik ke cerita. Meski masa kecil Sang Gu hanya berupa cerita, namun kita bisa menemukannya di bagian nyaris akhir. Diwakili oleh kenakalan anaknya, Qi. Semua pengasuhnya hanya bisa geleng-geleng kepala. Tapi sebagian hanya berupa cerita, bukan perbuatan yang diperankan.

Qi, anak Shang Gu sebagai Hou Chi dan Bai Jue sebagai Qing Mu

Yang jelas sih bagi penonton, adegan kenakalan Qi (anaknya Sang Gu) sangat menghibur. Sering bikin gemes. Tapi kalah dengan kenakalan anak adorable yang dikisahkan di drama My Fated Boy. Ya Allah... saya terpingkal-pingkal setiap kali tokoh utama mengingat adegan masa kecil. Adegan masa lalu ini menjadi inti pesan tiap episode dan muncul di judul episode, jadi memang selalu ada. Drama My Fated Boy adalah salah satu drama yang wajib tonton kalau memang ingin cari hiburan.

Tak perlu langsung antipati karena kenakalannya khas anak kecil yang ingin tahu, misalnya:

Bagaimana jika si didi mandi pakai shampoo anjing? 

Benarkah mengubur kumbang mati bersama semua mainan kesayangan akan bikin dia jadi tanaman indah?

Bagaimana jadi orang dewasa?

Dan banyak lagi. Setiap kali drama My Fated Boy dibuka dengan masa kanak-kanak, saya selalu merasa bahagia dan tertawa.


Mempersiapkan mahadewa

Sang Gu lahir sebagai dewa tertinggi. Kalau sulit membayangkan, anggap saja kaisarnya para dewa. Tapi posisi ini tidak benar-benar gratis. Harus didapatkan melalui latihan dan ujian. Jadi meskipun dihormati, ia juga disepelekan beberapa dewa-dewi yang mungkin mengharapkannya lebih baik daripada kualitasnya saat itu. Harus sakti dan bijak bestari. 
Shang Gu masih mudah marah dan kesaktiannya sangat dangkal. Padahal usianya sudah hampir 70.000 tahun. Bahkan dewa kelas menengah saja bisa mengalahkan dia. Begitulah kira-kira. Ini semua karena pengasuhnya tidak tegas dan terlalu mencintainya.

Shang Gu saat masih muda, masih usil dan suka bermain

Sang Gu dididik oleh Tian Qi dan Yue Mie. Keduanya adalah dewa sejati. Memimpin para dewa lainnya bersama dengan Zhi Yang. Jabatan dewa sejati adalah pengakuan sebagai dewa tertinggi. 
Untuk mendapatkan posisi dewa sejati melalui ujian yang tak bisa diterima oleh semua dewa. Kalau tidak kuat tubuhnya akan tercerai berai tanpa sisa. Kalau tidak salah 99 petir. Dewata bisa menjadi dewa jika lolos 49 petir. Jadi tahulah seberapa berkuasanya mereka yang jadi dewa sejati dan kesaktian paripurna mereka....
Di masa itu ada 4 dewa sejati, yaitu Zhi Yang, Bai Jue, Tian Qi dan Yue Mie (satu-satunya perempuan). Salah satu tugas mereka adalah menyiapkan Shang Gu lulus cobaan utama agar layak menjadi mahadewi.
Tapi Shang Gu masih memiliki kemampuan rendah dan waktu semakin mendesak. Tian Qi dan Yue Mie terlalu lemah hati dan memanjakan Shang Gu. Tak ada jalan lain kecuali menyerahkan pelatihannya pada Bai Jue si es batu. 
Bai Jue si es batu dalam 3 karakter di hidupnya

Pelatihan Bai Jue termasuk ekstrim karena langsung membawanya ke alam perbatasan antara dewa dan siluman. Namun pelatihan yang lemah sebelumnya jadi kendala sehingga ketika cobaan pertama datang dalam bentuk petir dahsyat, Bai Jue diam-diam mewakilinya. 
Pelatihan paling ektrem adalah memasukkan Shang Gu ke alam siluman selama 1000 tahun agar kekuatan mahadewanya segera terkumpul. Dan memang berhasil. Shang Gu siap menghadapi ujian utamanya sebagai mahadewa. Namun cobaan pertama ini sejak awal dimaksudkan untuk membuatnya meninggal demi semua alam semesta. 
Ketika Tian Qi tahu, bahwa Shang Gu harus mati sebagai mahadewa, ia mencoba menggantikannya, namun disalaharti oleh seluruh makhluk semesta. Ia dikira kemaruk dengan posisi mahadewa dan menganggapnya sebagai iblis utama.
 

Cinta para dewa sejati

Cinta sejati, hanya ingin memastikan yang dicintainya aman dan bahagia. Ini adalah inti cerita. Tian Qi sangat mencintai Shang Gu. Padahal ia tahu Yue Mi sangat mencintainya. Ia pura-pura tidak tahu agar mereka semua tetap kompak. Yue Mi juga hanya ingin Tian Qi bahagia. Jadi dia selalu datang sebagai pengobat hati Tian Qi yang patah. 


Ketika semua orang mengira Tian Qi menyeberang ke alam iblis, Yue Mi mempercayainya dan berakhir meninggal di pelukan Tian Qi demi melindunginya.

Bai Jue disebut es batu karena kaku, disiplin dan tidak pandang bulu. Wajah tampannya sangat dingin. Tapi semua wanita selalu tergila-gila padanya. Salah satunya adalah Dewi Salju Xue Ying. Meski sempat masuk ke dunia gelap namun ia mati demi cinta sejati.
Es batu juga bisa jatuh cinta secara mendalam, tentu pada Shang Gu. Dia tidak mengatakannya, hanya terus saja melindunginya. Kisah Cinta Bai Jue dan Shang Gu yang menjadi inti cerita. Cinta mereka melalui ujian perpisahan selama 60.000 tahun dengan ujian utama berupa kesalahpahaman yang sangat parah. Agak menyebalkan juga ketika Bai Jue menunggu 60 ribu tahun dan mengorbankan dirinya, Shang Gu hanya menunggu 500 tahun. Tapi 500 tahun dunia selalu bersalju tanpa dewa api sejati juga kasian semua makhluk di semesta ya? 



Shang Gu absen dari dunia selama puluhan ribu tahun juga hidup masih lumayan normal  kecuali kalau cobaan muncul dan kiamat terjadi lalu kehidupan baru terbentuk. Ngomong apaan sih ini? Hihihi.
Lupa di episode berapa, Yue Mi tanpa sengaja memasang benang jodoh antara Dewi Siang dan Dewi Malam. Apa yang terjadi? Sekacau apakah 3 dunia yang ada? Yah, ini hanya humor kecil.

Kehidupan para dewa sangat lama

Kehidupan para dewa sangat lama sehingga mereka sering lupa menghargainya. Awalnya saya kira kalau sudah jadi dewa berarti sudah bisa menguasai hawa nafsu. Sudah menjadi bijak bestari yang tidak lagi menginginkan hal atau benda keduniawian. Ternyata saya salah.
Di atas saya jelaskan tentang posisi mahadewa dan dewa sejati. Masih ada dewa-dewa kelas tinggi karena kemampuan, jasa atau usia dewanya. Ada dewa-dewa kelas rendah dan menengah berdasarkan 3 hal di atas juga. Dewa baru akan dipilih 4 terbaik untuk dilatih oleh 4 dewa sejati, kalau mau. 
Ada dewa dari binatang spiritual dewa sejati yang jadi pelayan terdekat. Mereka juga bisa menjadi dewa nantinya.Lalu ada juga pelayan dewa yang entah bagaimana ketentuannya. 
Ada dua dewa baru yang kelak menjadi pemimpin dunia ketika Alam Dewa terpaksa ditutup, yaitu Gu Jun (murid Shang Gu) dan Mu Guang (murid Yue Mi). Dewa siluman Yuan Yi mengulang pemberontakannya kembali, seperti perang 70 ribu tahun lalu, menghancurkan alam dewa. Di saat bersamaan, Tian Qi mencuri posisi mahadewa agar bisa mewakili cobaan utama Shang Gu, yaitu mati demi kedamaian alam semesta. Tian Qi melakukannya demi cinta. 




Kehidupan dewa tidak sesakral yang saya kira kalau di versi fiksi entah drama atau novel. Juga games. The Ancient Love Poetry dari komik manga. Ada juga Miss the Dragon dan Legend of Chusen yang berasal dari game VR.

Jadi? Shang Gu sangat suka alat permainan manusia, tapi yang serba cowok. Ada pesta ulang tahun juga. Ada kasak-kusuk meskipun tidak sekejam tetangga kita. Ada jatuh cinta juga. Tak banyak yang negatif tapi lumayan jadi contoh. 

Nantinya juga ada kisah dunia dewata yang lebih bervariasi kisahnya.

Hewan Spiritual dewa sejati

Hewan spiritual ini berdasarkan karakter dewa sejati. Hong Ri dari suku Qilin adalah binatang spiritualnya Bai Jue si dewa api sejati. Zi Han dari alam siluman adalah hewan spiritualnya Tian 
Qi. Hewan spiritualnya Shang Gu harus dari suku phoenix. 
Mereka seperti asisten pribadi yang akan setia sampai akhir. Yang akan melindungi sampai nafas terakhir. Mereka sehati.
Hewan spiritual juga bisa mencapai level dewa. Dan biasanya mereka adalah yang terbaik dari suku mereka. 



Shang Gu ke suku phoenix untuk menjemput hewan spiritualnya, yaitu maharani phoenix bernama Feng Yan. Namun ternyata Feng Yan jatuh cinta pada penunggu pohon parasol, pohon tempat telur-telur phoenix terlahir. Bahkan keduanya, Feng Yan dan Wu Ji, memutuskan melarikan diri. Hukuman dari pembangkangan ini adalah mati. 
Shang Gu dan Bai Jue sepakat menyelamatkan keduanya, dan Shang Gu memaksa mengambil Wu Huan sebagai penggantinya. 
Wu Huan adalah phoenix 5 warna yang masih kelas rendah. Kelas yang tugasnya menyiangi rumput di hutan. Shang Gu mengangkatnya sebagai binatang spiritual agar menjadi contoh bahwa ia tidak membedakan kasta. Namun dalam hal ini ia tidak mempertimbangkan tekanan kehidupan alam dewa yang memuja mereka yang tinggi saja. 

Wu Huan selalu cemas jika digantikan, lalu tanpa sengaja membunuh Yue Mi; pengasuh dan sahabat terdekat Shang Gu.



Wu Huan menjadi antagonis utama karena selalu ketakutan dirinya akan diusir dari Alam Dewa ketika Feng Yan terlahir kembali. Dia bahkan memastikannya mati, termasuk anaknya, Feng Ran. Takdir membuat Feng Ran tetap hidup, menjadi pengasuh Shang Gu jilid 2 dan akhirnya menjadi pemimpin di alam dewata. Alam antara dewa dan siluman (serta manusia).

Mudahnya sih, siluman (mungkin manusia juga) bisa berultivasi menjadi dewata lalu naik menjadi dewa dan capaian tertinggi adalah dewa sejati.

Wah, ternyata sudah panjang dan saya bahkan belum menulis sinopsisnya di Cakrawala Susindra

Sinopsis drama The Ancient Love Poetry

Shang Gu adalah mahadewa yang menjadi penguasa alam semesta. Ia lahir 70 ribu tahun setelah perang antara dewa dan siluman di bawah pimpinan Xuanyi. Tak ada yang paham mengapa Xuan Yi memberontak. Ia adalah mahadewa, dengan sendirinya adalah pemimpin alam semesta. Hanya tinggal ujian sekali saja dan posisinya resmi. Tapi ia malah memberontak dan tidak mengakui kuasa Langit (pencipta segalanya).
Intinya, Shang Gu lahir setelah pemberontakan ini, dan tugas para dewa sejati untuk membuatnya mampu melewati cobaan. 


Sekilas di atas sudah saya paparkan kehidupan para dewa sehingga tak perlu diulang. Jadi singkat cerita, pada pada hari Shang Gu resmi menjadi mahadewa, banyak dewa, dewata dan suku binatang spiritual datang. Ini peristiwa besar. Shang Gu yang telah menguasai kemampuan mahadewa harus menerima petir cobaan. Surat takdir akan datang dan itulah tugas Shang Gu. Tiba-tiba surat itu dicuri oleh Tian Qi. 

Kepanikan ini masih ditambah dengan pemberontakan Xuan Yi kedua, menghancurkan separuh alam dewa. Banyak sekali yang terbunuh. Para dewa menyegel Alam Dewa, menyerahkan Alam Dewata pada Wu Huan, Mu Guang, dan Gu Jun. Sejak saat itu tak pernah ada dewa baru selama 60 ribu tahun.


Bai Jue mencari Tian Qi dan mencoba menyadarkannya. Namun akhirnya tombak yang bicara dan Tian Qi mati. Namun entah karena Bai Jue sedang terluka parah atau tidak, Tian Qi sebagai dewa sejati yang punya kemampuan sama masih bisa mengumpulkan rohnya dan hidup kembali di pengasingan. Di dunia siluman, menyamar menjadi Jing Yuan.
Shang Gu tahu tugasnya dan memutuskan mati demi kedamaian alam semesta. Bai Jue dengan sepenuh hati berusaha menyelamatkan sebaran roh yang tersisa dan menyegelnya ke dalam telur. Perlu 40 ribu tahun bagi telur itu untuk menetas menjadi Hou Chi.  Hou Chi diakui sebagai anak Gu Jun dan Wu Huan, namun hidup menyendiri. 
Shang meski lahir sebagai Hou Chi namun tidak punya kekuatan mahadewa karena inti dewanya disimpan oleh Gu Jun. 
Gu Jun dan Bai Jue sepakat memenuhi keinginan Shang Gu untuk terlahir sebagai manusia biasa.

6o ribu tahun berlalu....
Dunia Dewa terkunci sehingga tidak ada yang bisa menjadi dewa kembali. Jadi di dunia hanya tersisa dua dewa yaitu Mu Guang (menjadi kaisar dewata) dan Gu Jun (menepi menjadi ayahnya Shang Gu versi Hou Chi. Meski inti mahadewa terkunci namun takdir tak bisa diubah. Hou Chi bisa jadi Shang Gu selama 30 menit dengan mengaktifkan gelangnya.
Selama 60 ribu tahun itu, Alam Dewata dan Alam Siluman selalu berperang tanpa henti. Wu Huan memicunya. Dia yang awalnya menjadi tamak karena kekuasaan. Juga kecemasan jika rahasianya sebagai pembunuh Yue Mi terkuak.
Gu Jun menepi di kediamannya, dan menstabilkan keadaan karena tahu dulu dewa dan siluman hidup berdampingan. Hanya karena Xuan Yi bukan berarti semua siluman jahat. Dia tidak memihak salah satunya.
Nantinya akan ketahuan bahwa ia berusaha menyimpan energi mahadewi dari gurunya. Dan itu butuh puluhan ribu tahun. Bahkan Hou Chi pun lebih banyak diasuh oleh Bo Xuan. Bisa ditebak jika Bo Xuan adalah nama samaran Bai Jue.

10 ribu tahun sebelumnya, ketika Hou Chi berusia 10.000 tahun, Bo Xuan menghilang. Hou Chi selalu menanti dia dan ayahnya Gu Jun yang juga pamit untuk mencari obat. Hou Chi dikabarkan sebagai anak penyakitan dan tak punya kesaktian. 
Hou Chi dikatakan punya nasib dewi tertinggi namun tenaganya masih lemah. Lebih parah dari Shang Gu, bahkan dewata paling kecil pun bisa mengalahkannya. Ia menjadi bahan tertawaan seluruh alam dewata. Ia sering dicemooh bahkan karena tak pernah keluar, banyak spekulasi bahwa ia buruk rupa dan cacat fisik. 
Saat ulang tahun Hou Du, itulah momen pertama Hou Chi keluar rumah dan mendapatkan petualangan seru. Hou Chi juga bertemu dengan pemuda tampan bernama Qing Mu. Pemuda paling sakti di alam dewata dan jadi incaran semuanya. Termasuk Jing Yao, anak ketiga Mu Guang dan Wu Huan. Keduanya menjadi kaisar para dewata. Qing Mu langsung jatuh cinta pada Hou Chi dan punya ingatan Shang Gu dengan Bai Jue. Tapi tanpa itu pun ia sudah jatuh cinta padanya karena karakter Hou Chi memang adorable



Kisah cinta Hou Chi dan Qing Mu sangat menarik. Dan sangat tragis. Bikin saya menangis sekaligus berseri-seri. Qing Mu yang jadi es batu saat masih menjadi Bai Jue, menjadi super romantis. Banyak tawa ketika ia susah payah melamar namun calon mertuanya selalu menolak dengan tegas. Gu Jun tahu kalau Qing Mu adalah wujud pecahan Bai Jue jadi tak boleh menikah dengan Hou Chi. Agar tak ada lagi kesakitan. Agar Shang Gu tidak bangkit sebagai mahadewa. Dan tentunya untuk memastikan keinginan Shang Gu sebagai manusia biasa terkabul.

Tapi cinta kedua anak muda itu tak bisa dilarang lagi. Setelah berkali-kali mengalami 'hidup-mati bersama' keduanya semakin tak bisa dilarang. Kebahagiaan mereka sangat sebentar karena Shang Gu harus 'dipenjara' selama 1000 tahun karena kesalahan fatal. Akhirnya Gu Jun mengizinkan mereka menikah di Alam Manusia, dan setelah itu terpisah. Belum genap 1000 tahun, Bai Jue bangkit dan mengambil alih tubuh Qing Mu.



Bagaimana dengan Qing Mu? Qing Mu adalah pecahan dari Bai Jue. Demi mempersiapkan diri mewakili Shang Gu menerima cobaan pada tahun ke-70.000-nya, Bai Jue membuat dirinya punya energi mahadewa. Ia memang menyerap inti siluman dan inti dewa untuk digabungkan agar mampu menjalani cobaan mahadewa serta meninggal menggantikan Shang Gu. Ia memecah dirinya menjadi dua, satu untuk mengolah energi tersebut (tidur abadi) dan satunya lagi tanpa sengaja terlahir sebagai dewata muda yang langsung cemerlang kariernya. Proses Qing Mu menyerahkan tubuhnya untuk Bai Jue tidak pakai drama.
Bai Jue yang baru menjadi berbaju hitam, karena inti dewanya ada inti silumannya. Bisa ditebak jika ia terus saja menjauhkan diri dari Hou Chi bahkan menyakiti hatinya. Ketika hari pertunangan dengan Jing Zhou, ia membuat Hou Chi diolok-olok oleh semua dewata, bahkan janin dalam perut Hou Chi juga terancam kematian. 
Gu Jun menyerahkan inti mahadewa kepada Hou Chi dan meninggal. Ia meminta maaf karena sebagai murid berani mencegah gurunya terlahir serta berani mengakuinya sebagai anak. Hal ini membuat mahadewayang ditunggu selama 60 tahun segera terlahir. 

Namun Hou Chi yang sudah sedemikian terluka fisik dan batin tak berumur lama. Ia melahirkan Qi lalu meninggal dunia. Ketika Hou Chi meninggal, kesadaran Shang Gu kembali dan tubuh Hou Chi menjadi miliknya. 
Jadi, Hou Chi meninggal lalu Shang Gu kembali ke dunia. Dan Bai Jue tetap menjauhi Shang Gu.




Dan begitulah. Shang Gu yang dengan bantuan semua orang kesayangan menjadi sangat benci pada Bai Jue yang sekarang jadi sok berkuasa, bahkan tidak mengakui anaknya Qi. Plotnya memang begitu. Shang Gu tak perlu tahu ada cobaan mahadewa lagi yang akan membuatnya hancu menjadi cahaya. Bai Jue akan melakukannya. Dan ia sudah janjian dengan Tian Qi, di 70 ribu tahun mendatang dialah yang menjadi penerima cobaan.

Bai Jue dan Tian Qi sudah menjadi ayah/ibu yang sangat melindungi Shang Gu, memastikannya tetap abadi dengan karakternya yang masih polos tanpa merasakan kejamnya dunia.
Lalu? Endingnya? Tonton sendiri ya....

Kisah cinta Hou Chi dan Qing Mu serta altar nisan Qing Mu


Pemeran dalam drama Ancient Love Poetry

Drama Ancient Love Poetry sangat banyak. Tapi tak perlu kesulitan menghapalnya. Nikmati saja. Untuk mudanhya saya bagi  saja:

Pemain utama

Zhou Dong Yu sebagai Shang Gu/Hou Chi
Xu Kai sebagai Bai Jue/Qing Mu/Bo Xuan


Pemeran pendukung

1. Babak Alam Dewa

Jenny Zhang sebagai Wu Huan
Liu Xue Yi sebagai Tian Qi/Jing Yuan
Li Ze Feng sebagai Zhi Yang
Leon Lai sebagai Gu Jun
Luo Qiu Yun sebagai Yue Mi
Fu Xin Bo sebagai Mu Guang
Liu Meng Meng sebagai Xue Ying [Snow God]
Fan Jin Wei sebagai Mo Yu (Tangan kanan, mungkin hewan spiritual Xan Yi)
Hankiz Omar sebagai Feng Yan (seharusnya hewan spiritual Shang Gu)
Ren Hao sebagai Wu Xi (suami Feng Yang)
Lu Peng sebagai Zi Han (hewan spiritual Tian Qi/Dewa Zi Han)
Huang Yi sebagai Hong Ri (hewan spiritual Bai Jue)
Edward Zhang sebagai Xuan Yi (mahadewa yang membelot pada kehendak Kaisar Langit)
Zhang Yue sebagai Yu Shen [Rain god]

Wu Huan saat menguasai ilmu iblis


2. Babak Alam Dewata

Leon Zhang sebagai Jing Jian
Tiffany Zhong sebagai Jing Zhao
Hao Shuai sebagai Jing Ran
Zhang Ya Qin sebagai Feng Ran (phoenix emas)
Daisy Dai sebagai Chang Qin (siluman rubah kekasih Sen Yu)
Lu Hong sebagai Sen Yu (putra mahkota dari Alam Siluman)
Zhang Song sebagai Dong Hua (salah satu dewa yang hidup)
Fu Bo Han sebagai Yuan Qi (anak Hou Chie dengan Qing Mu)

Informasi tambahan

Ancient Love Poetry (千古玦尘) adalah sebuah drama Cina yang bagus dan harus ditonton. Jenis drama xianxia yang apik dengan setting dan tata busana yang bagus sekali. Duh, jadi pengen banget punya baju dan aksesori begitu.....
Bagus banget ceritanya, penampilan pemainnya, juga semuanya. Takkan menyesal menghabiskan waktu 45 menit setiap episodenya. Hanya sampai 49 episode kok, dan ga ngebosenin. Hehehe
Yah, pecinta drama Cina memang harus tahan menonton dalam jumlah episode yang banyak. Beda dengan drakor yang hanya 16 episode.
Tapi menurut saya tetap layak ditonton karena jauh lebih baik.

Drama Ancient Love Poetry ini diadaptasi dari novel berjudul "Ancient God" (上古) karya Xing Ling (星零). Seorang novelis dan penulis manga yang menjadi terkenal. Masih muda dan layak ditunggu karyanya. Setidaknya sudah ada 4 novel yang didramakan. 

Selain judul Ancient Love Poetry, drama ini juga dikenal dengan nama Eternal Dust, The Legend of Gu and Jue, Gu Jue Zhuan , Shang Gu , Qian Gu Jue Chen , 上古 ,  dan 古玦传. Di My Dramalist nama yang dipakai adalah The Legend of Gu and Jue.



Tambahan informasi:

Penulis naskah: Rao Jun, Li Zhen Ru
Sutradara: Yin Tao, Li Cai
Jenis drama: aksi, sejarah, romansa, fantasi, xianxia
Negara asal: China
Episode: 49
Mengudara: Jun 17, 2021 - Jul 18, 2021
Hari:  Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu
Original Network: Tencent Video
Durasi: 45 min.

Pengasuhan anak?

Iya, pengasuhan anak adalah salah satu inti cerita di drama ini. Kehidupan panjang dan berliku para dewa tersebut tak terlepas dari kasih sayang dan pengasuhan pada anak.
Di awal cerita, Shang Gu diceritakan sebagai mahadewa yang sulit serius belajar. Ia hanya mau main-main saja. Namun aslinya ia merasa resah karena sudah belajar masih saja sulit menguasai materi. Maka ia berbuat kenakalan untuk menutupi keresahannya. 

Tian Qi dan Yue Mi yang mengasuhnya sejak lahir terlalu memanjakan dirinya. Tak ada disiplin sama sekali. Pada dasarnya Shang Gu sangat cepat mengerti namun energi spiritualnya seperti tertutup. Kedua dewa sejati tersebut tak mempermasalahkan apapun yang dilakukan oleh Shang Gu bahkan selalu membuatnya terhibur. Shang Gu jadi tambah tidak disiplin,
Namun tak ada maksud jahat sama sekali. Ia hanya seperti seorang anak yang tidak tahu dan belum berilmu. 
Ah, ini mengingatkan saya pada salah satu anak remaja saya yang selalu menyenangkan dirinya dengan bermain game dan saya selalu cemas. Saya dirundung kegelisahan, mau jadi apa ia kelak. Kecemasan ini beda sekali dengan Tian Qi dan Yue Mi yang meski gelisah juga tetap sayang. Meski akhirnya mereka sepakat untuk minta bantuan si es batu yang mereka enggan sekali melakukannya.
Bukan bermusuhan, hanya saja malas bertemu dengan orang pendiam dan selalu menjauhi teman, meski tahu kalau itu memang karakter yang tak mengurangi persahabatan. 
Ada yang begitu?

Atas dasar cinta juga yang membuat Tian Qi dan Bai Jue mengorbankan diri pada cobaan pertama. Juga atas nama cinta sehingga Bai Jue dan Gu Jun bahu membahu menyembunyikan identitas Hou Chi sebagai Shang Gu.
Padahal dunia menantikan sang mahadewa selama 60 ribu tahun.... dan selama itu Alam Dewa terkunci rapat menanti kelahirannya...


Yang jelas cukup banyak lah pesan cinta dan pengasuhan anak di drama ini meskipun bukan yang utama. Hanya serpihan kecil yang bisa ditangkap oleh para ibu yang gundah gaulana karena anak remajanya berulah, lalu sibuk meresahkan masa depan mereka.
Padahal anak punya masa depan sendiri di depan, tugas kita menyiapkannya sejak pertama merencanakan kehadirannya.

Silakan tonton ya. Sangat layak tonton. Jangan lupa untuk mencari referensi review dan sinopsis drama/film lainnya di Cakrawala Susindra...

38 Komentar

  1. Drama China kayak gini meski fiksi terasa menyegarkan saat ditonton, kisahnya sangat apik dan rasanya ini seperti benar dunia dewa-dewi saat nonton.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi inget serial apa itu ya yang diputer di tipi siluman ular putih apa ya..hehe dandanannya mirip ..

      Hapus
  2. mauuu.....saya paling suka kisah mitologi
    tadi udah lihat Ancient Love Poetry dapat rating 8.6, pasti syedapppp

    sekarang lagi beresin tears in heaven yang bikin termehek mehek :D

    BalasHapus
  3. 1000 tahun di alam para dewa kira-kira berapa tahun di alam manusia ya mba sus? Hihihi. Selalu suka sama cerita-cerita ancient ala drama china.

    Duh, saking banyaknya pilihan dan panjangnya episode, saya belum bisa nonton semua. Sekarang masih maraton nonton Unforgettable Love, tentang pengasuhan juga tapi untuk anak berkebutuhan khusus, dibungkus sama romcom yang khas drama china banget.

    Ai mak, Bai Jue ini Xu Kai yaaa. Lagi naik daun aktornya ini. Wkwkwk. Yang main Falling in to Your Smile kan ya mba. Tapi saya gak begitu suka sama FITYS, kayaknya lebih asik nonton dia di Ancient Love Poetry ini.

    BalasHapus
  4. drama china seperti ini masih bertahan hingga saat ini yaa, Mba. rasanya sejak saya masih kanak-kanak sampai saat ini drama seperti ini tetap eksis dan banyak peminatnya. Saya ingat, waktu kecil dulu suka nonton siluman ular putih dan Yoko (lupa judul dramanya)

    BalasHapus
  5. Ada beberapa hal yang bikin saya selalu terpesona dengan dracin. Pertama adalah topiknya selalu mengangkat pada kehidupan dewa dengan tema kehidupan sehari-hari terutama masalah cinta dan kasih sayang. Kedua adalah outfit dan tatatan visualnya. Ketiga adalah editingnya. Rapi dan halus banget untuk dilihat.

    BalasHapus
  6. Wiiksss DraChin makin hari kian populer bangett ya
    Plot dan karakternya emang mantulitaa
    pantesan banyak yg sukaaa

    BalasHapus
  7. Drama china ini emang menarik banget dari berbagai sisi... suka banget sama kostumnya dan setting jaman dulu banget ya.. Artisnya juga cantek2 banget...

    BalasHapus
  8. Aduh aku liat foto2nya menarik banget. Cantik dan ganteng as always. Kayak di negeri fantasi gitu ya bikin imajinasi melayang kesana. Jadi pingin segera cari filmnya

    BalasHapus
  9. Ini sisi uniknya drama China bertema kolosal. Wardrobe nya serta accesoriesnya bagus2
    Tema cerita yg diangkat juga beragam bukan sekedar berlatar sejarah kerajaan tapi juga ada fantasi maupun mitologi

    BalasHapus
  10. Duluu suka banget nonton2 drama kek gini dengan tema para dewa, alhamdulillah masih bertahan sampe sekarang ya. Suka seneng selain sma ceritanya,kisah cintanya, pakaiannya juga yang khas banget.
    Ternyata ya Drama Ancient Love Poetry ini emang keren banget, pantesan diadaptasi dari novel berjudul "Ancient God" karya Xing Ling . Seorang novelis dan penulis manga. Salut banget.

    BalasHapus
  11. Cerita cinta tidak pernah ada matinya, selalu menarik dan bikin baper penontonnya

    BalasHapus
  12. wah drama cina ya ini mbak?
    menarik nih, aku juga suka nonton kisah kisah mitologi

    BalasHapus
  13. Cerita cinta ga pernah habis, nonton kisah mitologi memang asyik ya

    BalasHapus
  14. Usianya 70.000 tahun bener-bener kelas dewa banget yaa. By the way aku setuju mba, kadang cerita seperti ini didalamnya ada pelajaran dan hikmah yang kita ambil ya mba

    BalasHapus
  15. Kisah dewa memang menarik. Fiksi sih tapi konflik di dalamnya kaya kehidupan manusia.

    BalasHapus
  16. Molly kalo nonton drama tentang dewa dewi dan kerajaannya kayak gini suka terkesan. Karena apa? karena fashionnya, kebanyakan busananya panjang dan tertutup. Jadi bisa dicontek yang pake hijab.

    BalasHapus
  17. Ternyata ada pelajaran parenting yang bisa diambil juga, ya. Menarik, sih, pemikiran tentang anak nakal. Memang terkadang seorang anak keburu dicap nakal. Padahal sebetulnya kalau dikenal lebih dekat ada sebab lain

    BalasHapus
  18. aku suka nih nonton drama china dengan genre maha dewa gini tapi aku engga sabaran kalau episodenya banyak-banyak mbak susi

    BalasHapus
  19. udah lama nggak nonton dracin gini mba, bapak aku suka nonton dracin, kakak2 aku juga. Jadi nongton bareng pas jaman dulu. Ini epsnya panjang ya, cuma nggak bosenin. Keren pasti deh. Ada pesan dalam mendidik anak ya mba, menarik deh. Bajunya bagus2 setujuuu. Terus tuh rambutnyaaa cakep2, aku sukaa. Jadi inget dulu ada jepitan hits yg ditusuk gitu karena dracin

    BalasHapus
  20. Aduduh... lengkap sekali reviewnya 😍 mantap👍
    Aku masih terbatas nonton drama cina atau drama jepang.. seperti yg lain aku masih betah ngdrakor..
    Tapi belakangan emang drama cina makin hits yaa

    BalasHapus
  21. ya ampun mbak, disebut 49 episode saja aku langsung istighfar hahaha. drakor yg 16 episode aja aku mumet apalagi 49 episode. tapi bener kata mbak mereka cantik ganteng dengan pakaian yang bagus dan elegan. suka banget liat foto2 yg mbak tampilkan. ide ceritanya bagus juga tentang pengasuhan anak yg disiplin dan yang lembek benar2 berpengaruh

    BalasHapus
  22. Ini udah kelar ya? Berarti bisa nih ditonton marathon. Aku mulai penasaran nonton drama china soalnya. Katanya banyak yg bagus.

    BalasHapus
  23. Episodenya panjang juga ya, kalau aku nonton kayaknya gak bakal kelar deh. 7 episode aja ada aja gangguan apalagi ini...hahaha...tapi seru ceritanya

    BalasHapus
  24. Bener ya, anak cerdas sering dianggap nakal atau rewel dan merepotkan oleh orang dewasa. Padahal proses pembelajaran justru sedang berlangsung saat itu.
    Makasih mba Susi, jadi punya rekomendasi film yang berisi tentang pengasuhan anak.

    BalasHapus
  25. aku lagi tergila-gila sama drama cina hahaha
    awalnya iseng-iseng aja, ehh kok bagus-bagus yak

    BalasHapus
  26. Kata temen saya yang penggemar drama China emang banyak banget pelajaran yang visa kita ambil khusus dalam pendidikan anak ya mbak, cuma aku kurang suka drama kolosal yang begini seperti kisah para dewa gitu.

    BalasHapus
  27. Udah lama aku ga nonton dracin nih mbak. Dari sebuh cerita film ga cuma bisa dinikmati untuk hiburan tapi bisa juga bisa diambil hikmahnya kaya film ini ya. Pengasuhan anak itu ga mudah & ortu harus terus belajar.
    Panjang juga ya mbak 49 episode, tapi kalau suka & bagus ceritanya pasti ketagihan sampai tamat ya

    BalasHapus
  28. Terakhir nonton dracin itu inget gàk yg dewi ular siapa itu lupa juga namanya??

    Jadi kepingin nonton Drama Ancient Love Poetry hampir mirip sepertinya cuma dia jatuh cinta sama manusia

    BalasHapus
  29. Terima kasih ya atas reviewnya mak yang lengkap banget ini. Saya soroti inti di bagian yang pengasuhan anak, bahkan sejak jaman dulu penting banget hal ini, apalagi ya zaman sekarang dimana ortu saingan ama gadget. Tentu kita harus lebih mawas lagi terhadap anak

    BalasHapus
  30. Kak Susi, kalau di drama China itu juga adaptasi dari kepercayaan mereka kah?
    Aku seneng banget sama kostumnya, mengingatkanku akan zaman Goryeo.
    Dan aku betah kok nonton ber-eps eps hehhe...sudah teruji ketahanannya.

    BalasHapus
  31. Ngos-ngosan mba rasanya mengikuti cerita perdewaan ini hehehee... banyak juga ya konflik yang dialami oleh dewa. Duh laah mana hidupnya mpe ribuan tahun gitu.

    BalasHapus
  32. Drama tema dewa2 gini sekilas aja aku ikuti, sejak zaman SMA jarang nonton. Dulu sih pas zaman kaset ya, nonton ama keluarga dan sekarang udah mabok tugas daring hahaha....

    BalasHapus
  33. Waah aku bener-bener awam nih sama series china sekarang. Lihat dari alur ceritanya menarik, ditambah produksi series-nya bener-bener terniat. Totalitas banget. Bikin tertarik buat nonton deh mbak.

    BalasHapus
  34. kalau dracin ngeliat pakaiannya gitu kayak sungguhuan rapi ya mak
    kalau drakor kalau film saeguk gini rasanya kok slebor kelihatannya
    aku belum nonton ini tapi emang laagi beralih ke dracin bentar secara dracin bikin senyum-senyum kalau drakor rasanya berat banget

    BalasHapus
  35. Drama Cina seperti ini tetap saja berkesan ya. Meski mungkin kalau kita telaah lagi termasuk yang banyak halu-nya. Namun sewaktu kecil saya suka banget nih nonton drama tentang dewa dewa dan siluman. Lebih seru ceritanya

    BalasHapus
  36. Drama China memang terkenal dengan tema dewa-dewa ya mbak, terakhir saya nonton drama china tentang dewa es dan dewa api, belum menonton yang ini.

    BalasHapus
  37. Drama china kolosal seperti ini menarik buat ditonton. Mulai dari jalan cerita hingga kostum yang digunakan. Cerita tentang dewa dewi seperti ini juga nggak bikin bosan..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)